cover
Contact Name
Galeh Nur Indriatno Putra Pratama
Contact Email
galeh@uny.ac.id
Phone
+6283867920124
Journal Mail Official
jpts@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Depok, Sleman, DIY Jurusan Pendidikan Teknik Sipil, Fakultas Tenik, Universitas Negeri Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPTS)
ISSN : 27157601     EISSN : 27150437     DOI : -
JPTS (Journal of Civil Engineering Education) is a journal of research results and scientific studies in the field of Engineering or Vocational/Civil Vocational Education. The Civil Engineering Education Journal is published twice a year, every June and November. Journal of Civil Engineering Education is published to disseminate information related to various results of model development, experiments, classroom action research, model evaluation, development of educational media in the field of Civil Engineering Education. JPTS is open to academics, education practitioners to express the phenomena that are happening.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2020): November" : 11 Documents clear
EVALUASI PASCA HUNI (EPH) PADA RUANG BENGKEL TEKNIK FURNITURE DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO DITINJAU DARI ASPEK TEKNIS (PENCAHYAAN) Ignasius Bonaventura Markevin Martana; Hasbi Hasbi; Nuryadin Eko Raharjo
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36344

Abstract

Penelitian Evaluasi Pasca Huni (EPH) ini meninjau aspek teknis pada ruang bengkel teknik furniture di SMK Negeri 1 Purworejo. Peninjauan ini bertujuan untuk mencari tahu apakah pencahayaan pada ruang bengkel kayu Program Keahlian Konstruksi Kayu di SMK Negeri 1 Purworejo sudah memenuhi standar minimal ditinjau dari SNI 03-6197-2000. Penelitian ini menjadikan ruang bengkel teknik furniture SMK Negeri 1 Purworejo sebagai objek penelitian dan analisis datanya di bagi menjadi 4 bagian, 2 pengukuran cahaya pada kondisi terang tanpa menggunakan bantuan lampu dan menggunakan lampu serta 2 pengukuran cahaya dalam kondisi mendung-hujan tanpa menggunakan bantuan lampu dan menggunakan lampu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pada tingkatan investigative. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu pengukuran, dokumentasi. Pengukuran dilakukan pada bulan maret 2020 sampai dengan april 2020. Alat atau instrument yang digunakan yaitu pocket meter, pita ukur (50m), bolpoint warna, kamera, lux meter. Pengambilan data dilakukan sesuai SNI, kemudian data yang didapat lalu di bandingkan dengan standar yang ada. Hasil rata-rata pengukuran pada kondisi cuaca terang pencahayaan alami yaitu sebesar 121,4444 Lux. Pada saat kondisi cuaca terang pencahayaan alami di bantu dengan bantuan lampu yaitu sebesar 172,6110 Lux. Pada saat kondisi cuaca mendung-hujan pencahayaan alami sebesar 65,6666 Lux. Pada saat kondisi cuaca mendung-hujan di bantu dengan bantuan lampu pencahayaan alami sebesar 105,6666 Lux. Hasil pengukuran menunjukkan pencahayaan alami dan campuran di ruang bengkel praktik furniture belum memenuhi standar 250 lux. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas ruang bengkel teknik furniture di SMK Negeri 1 Purworejo untuk proses KBM belum memenuhi standar kenyamanan, maka perlu ada usaha perbaikan kuratif maupun preventif untuk kelancaran proses KBM dimasa mendatang.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN MUTU DAN DISTRIBUTIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIDKAN (SNP) Indah Wahyuni; Muhammad Nuruzzaman; Husaini Usman; Darmono Darmono
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36350

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sejauhmana pengaruh kepemimpinan mutu kepala SMKN 2 Depok Sleman dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP); (2) sejauhmana pengaruh kepemimpinan distributif kepala SMKN 2 Pengasih Kulon Progo dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kajian ini merupakan kajian kuantitatif. Populasi kajian adalah seluruh guru (termasuk kepala sekolah) yang mengajar di SMKN 2 Depok Sleman dan SMKN 2 Pengasih Kulon Progo di Provinsi D.I Yogyakarta. Sampel penelitian dipilih 30 Guru (termasuk kepala sekolah) berjumlah 30 masing-masing sekolah, sehingga total sampel berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dimana untuk menambahan informasi menggunakan observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik statistik kuantitatif dengan terlebih dahulu data diuji normalitas, linieritas dan multikolinieritas kemudian baru dapat dilanjutkan dengan analisis regresi tunggal. Hasil kajian adalah sebagai berikut. (1) Kepemimpinan mutu (X1) Kepala SMKN 2 Depok tidak berpengaruh terhadap SNP (Y) dengan nilai Sig. 0,543 (syarat berpengaruh nilai sig. 0, 05); (2) Kepemimpinan distributif (X2) Kepala SMKN 2 Pengasih berpengaruh terhadap SNP (Y) dengan nilai Sig. 0,004 (syarat berpengaruh nilai sig. 0, 05).
EFEKTIVITAS MODUL ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI JALAN PADA MATA PELAJARAN ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI DI SMK N 1 PURWOREJO Sumardjo Sumardjo; Galeh Nur Indriatno Putra Pratama; Turas Nur Vemantyasto
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36345

Abstract

Tujuan kajian ini adalah: (1) mengetahui tahap pengembangan modul estimasi biaya konstruksi jalan pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi dan (2) mengetahui tingkat kelayakan modul estimasi biaya konstruksi jalan pada mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi untuk siswa kelas XI kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Purworejo. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah Research and Development. Desain kajian ini menggunakan 4D (four-D) Thiagarajan dengan empat tahapan pokok, yaitu: Define (pendefisian); Design (perancangan); Develop (pengembangan); dan Disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data melalui angket dengan didukung oleh observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan cara mengolah data kuantitatif yang kemudian ditafsirkan menjadi data kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan modul pada tahap define menunjukkan belum tersedianya modul estimasi biaya konstruksi jalan, pada tahap design modul disusun sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang telah dibuat, pada tahap develop adanya saran dari ahli materi mengenai runtutan materi perlu dibuat lebih terstruktur dan sistematis dilain itu adanya saran dari ahli media mengenai perbaikan penulisan indek tabel dan gambar serta posisi penulisan konten pada halaman landscape, dan pada tahap disseminate penyebaran modul dilakukan kepada guru mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi; (2) tingkat kelayakan modul estimasi biaya konstruksi jalan menurut ahli materi diperoleh persepsi kelayakan sebesar 3,425 dengan kategori sangat layak, menurut ahli media diperoleh persepsi kelayakan sebesar 2,96 dengan kategori layak, dan menurut guru sebagai pengguna diperoleh persepsi kelayakan sebesar 4 dengan kategori sangat layak.
PERAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DALAM MENYALURKAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK N 2 KLATEN KE DUNIA INDUSTRI Fany Dwi Sasongko; Abdul Malik; Sativa Sativa
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja Bursa Kerja Khusus di SMKN 2 Klaten khususnya kompetensi keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Pertama, bagaimana perannya dalam menyalurkan lulusan memasuki dunia industri. Kedua, untuk mengetahui kesiapan siswa mendapatkan pekerjaan setelah mendapat bimbingan dari BKK. Ketiga, untuk menemukan hambatan yang dialami BKK serta upaya mengatasinya. Studi ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah 65 siswa kelas XII kompetensi keahlian DPIB SMKN 2 Klaten tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Hasil kajian ini sebagai berikut: (1) Peran BKK SMKN 2 Klaten termasuk kategori tinggi dengan presentase 84%. (2) Kesiapan siswa mendapatkan pekerjaan termasuk kategori cukup dengan presentase 77%. (3) Hambatan yang ada yaitu berkurangnya kerja sama BKK dengan beberapa perusahaan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah BKK mencari dan melakukan pendekatan kepada perusahaan untuk menjalin kerja sama dalam hal penyaluran tenaga kerja.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA DASAR BERBASIS E-MODUL DI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Muhammad Agphin Ramadhan; Santoso Sri Handoyo; Muhammad Mahameru Alfarisi
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis e-modul pada matakuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta, untuk menunjang proses pembelajaran, baik di dalam kelas maupun secara mandiri. Penelitian dilakukan pada bulan April 2020 - Agustus 2020. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RD) dengan model pengembangan 4D. Model pengembangan 4D terdiri dari empat tahap: Define, Design, Development, dan Disseminate. Pengumpulan data melalui angket analisis kebutuhan, validasi bahan ajar oleh para ahli, dan menilai pengguna bahan ajar. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar berupa e-modul yang terdiridari 7 (tujuh) materi. Penilaian oleh ahli media diperoleh data pada persentase validitas e-modul 90%, termasuk kategori sangat layak. Penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase rata-rata data validitas e-modul sebesar 82% dan termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil penilaian pengguna produk memperoleh nilai 4,24 dan kategori sangat baik, dan hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan skor peserta sebesar 39% setelah menggunakan e-modul.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN OPEN STREET MAP UNTUK PEMBUATAN PETA DIGITAL FORMAT SHAPEFILE MENGGUNAKAN SPATIAL MANAGER Ilham Marsudi; Febtri Yanna Ramadani; Sunar Rochmadi; Nuryadin Eko Raharjo; Nur Hidayat
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36353

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video pembelajaran OpenStreetMap untuk pembuatan peta digital format shapefile menggunakan Spatial Manager. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (Research and Development/RD) yang mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate) oleh Thiagarajan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna (mahasiswa). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Tahap define menghasilkan kebutuhan pembelajaran tentang OpenStreetMap untuk pembuatan peta digital format shapefile menggunakan Spatial Manager; (2) Tahap design menghasilkan flowchart, storyboard, dan take video yang sesuai serta produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran dengan teknik animasi dan screen record berformat *.mp4 yang dapat diputar di komputer/laptop maupun smartphone standar, berdurasi selama 15 menit 50 detik, dan ukuran file sebesar 56,7 MB; (3) Tahap development menghasilkan penilaian tingkat kelayakan media video pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian oleh ahli materi adalah 90,91 % termasuk dalam kategori “layak”, sedangkan penilaian oleh ahli media adalah 91,13 % termasuk dalam kategori “layak”, dan penilaian pengguna (mahasiswa) adalah 86,62 % termasuk dalam kategori “layak”; (4) Tahap disseminate merupakan penyebarluasan hasil penelitian berupa produk video yang diunggah melalui platform Youtube dan memberikan file kepada pengguna.
POLA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK FURNITUR DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO Agum Anugrah Ugama Hendra; Amat Jaedun; Wisnu Rachmad Prihadi
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36347

Abstract

Teaching factory merupakan suatu langkah dalam menyiapkan SDM yang unggul.. Tujuan Penelitian ini untuk 1) mengetahui proses pembelajaran teaching factory; 2) mengetahui sumber daya teaching factory yang dimiliki; 3) mengetahui produk yang dihasilkan dari kegiatan teaching factory; 4) mengetahui kerja sama teaching factory. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskiptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) proses pembelajaran teaching factory telah terintegrasi cukup baik dengan Program Keahlian Teknik Furnitur; 2) sumber daya pendidik masih belum memenuhi jumlah yang seharusnya, serta kelengkapan sarana dan prasana di SMK Negeri 1 Purworejo masih kurang lengkap dari segi jumlah alat dan mesin, sehingga berpengaruh terhadap pelaksanaan praktik; 3) produk yang dihasilkan siswa kelas XI pada Program Keahlian Teknik Furnitur seperti almari, dipan, meja, kursi, rak cermin, pintu, dan jendela berdasarkan kebutuhan konsumen; 4) kerjasama antara pihak SMK Negeri 1 Purworejo dengan pihak industri furnitur belum terjalin, namun untuk kedepannya pihak sekolah terus berusaha untuk dapat berkerjasama dengan industri.
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 CILAKU CIANJUR Rieske Iswardhany; Sri Rahayu
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36342

Abstract

Interaksi sosial guru dengan siswa sebagai faktor eksternal yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar perlu sekali adanya interaksi guru dengan siswa yang komunikatif, kondisi yang menyenangkan dan suasana keakraban antara guru dan siswa. Sehingga dengan adanya rasa senang kepada guru. Maka, siswa dan siswi akan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh gambaran Interaksi Sosial guru dengan siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 2) Memperoleh gambaran Motivasi siswa di Jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur; 3) Mengetahui seberapa besar Pengaruh pengaruh Interaksi Sosial guru dengan siswa terhadap motivasi belajar jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitan Deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa dari jumlah populasi 66 siswa kelas XI program keahlian TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur. Dari hasil analisis data diperoleh hubungan yang terjadi antara kedua variabel tersebut positif dan signifikan. Gambaran interaksi sosial siswa dengan  guru dalam kriteria baik. Sedangkan gambaran umum dari motivasi belajar siswa di jurusan TGB SMK Negeri 1 Cilaku Cianjur adalah tinggi. Berdasarkan pada kriteria penafsiran koefisien korelasi, hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk dalam kategori kuat.
EVALUASI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PRAKTIK FINISHING BANGUNAN SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA Monica Erfian; Nuryadin Eko Raharjo
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  antecedents (input), transcription (process), dan output (hasil) dari penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di SMK Negeri 2 Yogyakarta pada praktik finishing bangunan, (2) pemahaman siswa terhadap penerapan K3 di bengkel Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP). Metode evaluasi yang digunakan adalah Countenance Stake dengan 3 tahapan meliputi antecedents (input), transcription (process), dan output. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI KGSP SMK Negeri 2 Yogyakarta. Obyek penelitian adalah penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Data di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) antecedents (input) penerapan K3 pada praktik finishing bangunan dalam aspek kesiapan guru dan siswa sudah baik, ditinjau dari penetapan dasar hukum dan perencanaan K3 sudah terlaksana. (2) transcription (process) penerapan K3 pada praktik finishing bangunan telah berjalan dengan baik dilihat dari persentase penerapan K3 sebanyak 96%. (3) output penerapan K3 pada praktik finishing bangunan ditinjau dari hasil Pemantauan dan evaluasi kinerja K3 yang dicapai sudah baik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI UNTUK MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK N 2 YOGYAKARTA Tiara Titania; Slamet Widodo
Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2020): November
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpts.v2i2.36343

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi untuk mekanika teknik berdasarkan kurikulum SMK 2013 Revisi 2016 yang layak dan dapat menjadi alternatif sumber belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RD) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Development and Disseminate) dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pengumpulan data menggunakan angket ahli dan kuisioner didukung dengan kegiatan observasi. Angket ahli diberikan kepada ahli materi, ahli media dan angket kuisioner diberikan untuk pengguna (guru pengampu Mekanika Teknik SMK N 2 Yogyakarta). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran video animasi untuk mata pelajaran Mekanika Teknik dengan hasil setiap tahap sebagai berikut: (1) Hasil tahap define adalah analisis kebutuhan awal yaitu siswa belum mengetahui konsep dari pemodelan struktur, cara belajar setiap siswa yang berbeda dan media yang digunakan kurang bervariasi. Analisis konsep menghasilkan konsep tampilan media secara umum dan analisis tugas menghasilkan penetapan kompetensi dasar yang menyesuaikan dengan analisis kebutuhan awal untuk kemudian dirumuskan tujuan pembelajarannya; (2) Hasil tahap design adalah susunan materi berdasarkan kompetensi dasar dan indikator yang telah ditetapkan. Hasil akhir media berformat .exe terdiri dari animasi, video dan teks; (3) Hasil tahap development berupa nilai dari validasi ahli dan calon pengguna sebagai berikut: a) penilaian ahli materi pada media pembelajaran animasi mekanika teknik mendapatkan skor 68 dan persentase 100% dan dinyatakan bahwa media sangat layak, b) penilaian ahli media pada animasi media pembelajaran mekanika teknik mendapatkan skor 84 dan persentase 91,6% dan dinyatakan bahwa media sangat layak, dan c) penilaian dari uji coba calon pengguna pada media pembelajaran video animasi mekanika teknik mendapatkan rata-rata skor 39,5 dan persentase 76,3%  dan dinyatakan bahwa media layak digunakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11