cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
Pemanfaatan Gaphics Designer Software untuk Meningkatkan Kreativitas Promosi Produk para Pengusaha UMKM di Kota Tegal Muhammad Fikri Hidayattullah; M. Yoka Fathoni; Dairoh Dairoh; Yustia Hapsari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.5481

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang cukup tinggi dalam perekonomian di Indonesia. UMKM mampu menyediakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan output yang berguna bagi masyarakat. Akan tetapi dalam perkembangannya UMKM masih menemui berbagai kendala untuk memajukan usahanya. Salah satu kendala tersebut terkait pemasaran produk usahanya. Langkah solutif yang dapat ditempuh untuk meningkatkan promosi produknya adalah dengan membuat desain promosi yang menarik. Dari hasil analisis Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi D IV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama Tegal bahwa para pengusaha UMKM dapat diberikan pelatihan untuk mampu membuat sendiri segala bentuk promosi usahanya yang meliputi logo dan pamflet. Oleh karena itu dipilihlah graphicsdesigner software yang sangat mudah dan cepat dalam pengoperasiannya yaitu AAA Logo dan Canva. Pelatihan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 23-24 Desember 2017. Pelaksanaan pelatihan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakatberjalan dengan sangat baik dan para peserta mampu membuat logo dan brosur produk usahanya secara mandiri.
Penyuluhan Pengembangan Kreativitas Siswa melalui Manajemen Pemecahan Masalah Secara Kreatif di SMK Kahuripan Jagakarsa Jakarta Selatan Nani Hanifah; Saring Ariyanto; Heru Sriyono; Sabrina Dachmiati
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.7639

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai Desember 2017 adalah “Penyuluhan Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Manajemen Pemecahan masalah secara Kreatif di SMK Kahuripan Jagakarsa Jakarta Selatan”, mulai dari pengajuan usulan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, sampai laporan akhir kegiatan. Sasaran abdimas adalah siswa kelas IX yang berjumlah 5 kelas. Tujuan abdimas adalah agar siswa dapat mengembangkan kreativitasnya sehingga dapat memecahkan masalah secara kreatif dalam belajar.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yaitu menjelaskan sejelas-jelasnya dengan rinci tentang materi abdimas, dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan pemecahan masalah (problem solving) dengan menggunakan alat bantu laptop dan proyektor. Hasil pelaksanaan abdimas adalah siswa dapat memahami teknik, tahapan/langkah pemecahan masalah dan dapat memecahkan masalah secara kreatif. Luaran yang dihasilkan adalah laporan akhir abdimas dan artikel untuk jurnal. 
Kolaborasi Aplikasi, Pop-Up, dan Movable Book untuk Membuat Media Pembelajaran 3D bagi Guru-Guru di Desa Geger Cahyo Hasanudin; Novi Mayasari; Kundharu Saddhono; Ega Wahyu Mahardika
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.6718

Abstract

Desa Geger memiliki jenjang pendidikan pos paud hingga madrasah aliyah. Namun, lengkapnya jenjang pendidikan di Desa Geger ini belum mengakomodir pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran 3D. Selain itu, hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa guru-guru di desa Geger perlu mendapat pelatihan. Oleh karena itu, tim pengabdi merumuskan sebuah tujuan pengabdian yaitu 1) Ingin meningkatkan pengetahuan tentang media pembelajaran 3D, 2) ingin meningkatkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran 3D bagi guru-guru di Desa Geger, Kecamatan Keduangadem, Kabupaten Bojonegoro. Metode Pelaksanaan pelatihan secara tatap muka dan daring dengan menggunakan aplikasi zoom sedangkan pelaksanaan pelatihan dimulai dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Ketiga tahapan ini berfungsi untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan mitra pengabdian. Cara mengukurnya yaitu membandingkan hasil pretes dan postes. Soal pretes dan postes terlebih dahulu sudah divalidasi oleh tiga orang validator. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahun dan keterampilan mitra pengabdian. Simpulan pengabdian ini adalah 1) pengetahuan mitra pengabdian tentang media pembelajaran 3D meningkat 57%. Peningkatan ini dapat dilihat dari perbandingan rerata hasil pretes sebesar 38% dan rerata hasil postes sebesar 94%, 2) keterampilan mitra pengabdian dalam membuat media pembelajaran 3D meningkat 70%. Pengingkatan ini dapat dilihat dari perbandingan rerata hasil pretes sebesar 25% dan rerata hasil postes sebesar 95%.
Peningkatan Kemampuan Beternak Melalui “Akon-Akon Kambing” Bagi Warga Retradasi Mental Muhammad Hanif; Raras Setyo Retno; Andista Candra Yusro
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.6262

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan warga retardasi mental Dusun Sidowayah, Sidoharjo, Jambon, Ponorogo, Jawa Timur dalam beternak kambing. Program ini dilaksanakan mulai bulan April-November 2019. Sedangkan metodenya menggunakan akon-akon kambing. Metode ini merupakan teknik pemeliharaan kambing milik orang lain dan dianggapnya miliknya sendiri, bagi hasil dan pengelolaan bergulir. Hasilnya  pelaksanaan kegiatan akon-akon ini, warga retardasi mental termotivasi dan keterampilannya beternak menjadi meningkat. Peningkatannya ditunjukan memberi perlakuan awal pada kambing peliharaannya sebesar 29,55%, memberi perlakuan harian 11,93%, memberi perlakuan musiman 20,5%, dan memberi perlakuan akhir 22,5%. Investasi program ini dalam 151 hari telah kembali modal dan mendapatkan keuntungan dalam bentuk anak kambing dan uang dari penjualan.
Penggunaan Komputer dan Pengolahan Data dengan Microsoft Excel pada Posyandu Asoka Ii Jatiranggon Bekasi Nunu Kustian; Nurul Badriyatul Muthoharoh; Rizki Ridwan
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4190

Abstract

Kegiatan Posyandu di dalam masyarakat merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebulan sekali oleh Kader Posyandu yang kompeten dalam membantu program pemerintah di bidang kesehatan dan dibantu dengan adanya buku panduan Posyandu sebagai acuan dalam pelaksanaannya, akan tetapi pada Posyandu Asoka II Jatiranggon Bekasi dikarenakan kegiatan Posyandu masih dilakukan secara manual menyulitkan kader dalam pengolahan data dalam melaporkan kegiatannya sehingga membutuhkan waktu yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan sosialisasi sederhana untuk memanfaatkan komputer dan penggunaan Microsoft Excel sebagai database nya. Hasil dari sosialisasi ini meningkatkan pemahaman dan keterampilan kader Posyandu Asoka II Jatiranggon Bekasi dalam menggunakan komputer dan pemeliharaan data sehingga berkurangnya kesulitan dalam mengolah data.
Penerapan E-Commerce pada Kelompok PKK di Kelurahan Pabuaran – Cibinong Rahmatika Rahmatika; Harry Dhika; Nasrulloh Isnain
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4614

Abstract

Penggunaan E-commerce dalam teknologi informasi semakin meningkat. Salah satu e-commerce yang sering digunakan akhir-akhir ini adalah marketplace. Dari sekian banyak yang marketplace yang tersedia, shopee adalah marketplace yang sering digunakan pelanggan, termasuk ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga). Selama ini ibu-ibu PKK hanya berperan sebagai pelanggan tanpa menyadari potensi keuntungan finansial yang dapat diraih. Maka dari itu kami menyelenggarakan kegiatan abdimas dengan bentuk pembelajaran dan pemberian pelatihan berniaga menggunakan marketplace shopee. Kegiatan ini secara khusus bertujuan untuk membekali ibu-ibu PKK di kelurahan Pabuaran-Cibinong dalam memaksimalkan marketplace shopee agar dapat berperan aktif dalam kegiatan perniagaan yang menghasilkan keuntungan finansial. Memaksimalkan market place shopee dapat meningkatkan penjualan dan meminimalisir pengeluaran karena tidak memerlukan toko fisik, biaya promosi atau biaya untuk membayar karyawan. Apalagi jika penjualannya masih dalam skala kecil, khususnya ibu-ibu PKK yang dapat melakukan penjualan tanpa harus meninggalkan kegiatan mereka sehari- hari sebagai ibu rumah tangga
Rancangan Poster oleh Pengrajin Botol Plastik Bekas di Perumahan Adiwira Persada Kecamatan Cibinong Hamidah Apriani; Iis Purnengsih; Fitria Iswari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4197

Abstract

Sampah merupakan masalah utama dalam upaya mewujudkan Kampoeng Ramah Lingkungan di Perumahan Adiwira. Berdasarkan hal tersebut, tim PKM berinisiatif untuk membuat solusi dari permasalahan tersebut yaitu membuat media yang dapat mendukung keberhasilan KRL. Tujuannya diadakan kegiatan ini adalah untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Kampung Ramah Lingkungan atau biasa di singkat KRL adalah suatu lokasi yang masyarakatnya melakukan upaya atau tindakan nyata dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup secara terukur dan berkesinambungan. Kampung Ramah Lingkungan memiliki tujuan untuk mendorong pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat setempat untuk memahami permasalahan lingkungan dan dampaknya, serta melakukan tindakan nyata secara proaktif yang berkontribusi kepada upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menganalisis model rancangan poster, melakukan survei ke lokasi mitra, wawancara, dan pelatihan membuat rancangan poster. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan media informasi berupa poster sebagai media yang efektif untuk penunjang dalam mewujudkan kampung ramah lingkungan di Perum Adiwira Persada.
Pelatihan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di SMP PGRI 1 dan SMPN 1 Cibinong Roni Al Maududi; Rezkiyanah Hikmah; Sri Rezeki
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.3948

Abstract

Penggunaan teknologi memberikan banyak manfaat. Para peneliti yang akan mengolah banyaknya data yang diperoleh dari hasil penelitian, dengan menggunakan teknologi saat ini dapat diselesaikan dalam waktu singkat sehingga hasil yang diperoleh menjadi lebih tepat dan akurat. Penggunaan teknologi di bidang pendidikan juga memberikan banyak kemudahan bagi para siswa, guru, dosen, dan insan pendidikan lainnya. Pembuatan bahan ajar, simulasi penelitian, visualisasi data, dan lainnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini, misalnya dengan menggunakan komputer. Komputer saat ini telah lazim digunakan oleh para siswa, mahasiswa, guru, atau dosen. Pada bidang Matematika, melalui teknologi komputer, komputasi dari masalah model Matematika yang rumit, visualisasi geometri yang kompleks, penggambaran grafik atau kurva dari fungsi yang implisit dan eksplisit, dan berbagai masalah Matematika lainnya, dapat diselesaikan secara akurat, tepat, dan presisi dengan menggunakan teknologi komputer. Secara sederhana, teknologi komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran Matematika, sehingga guru dapat menyampaikan materi secara lebih mudah dan menarik serta siswa menjadi lebih berminat dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran Matematika. Hal tersebut dapat dilihat  dalam pembelajaran Matematika dengan materi geometri, aljabar, dan statistika. Oleh karena itu, guru perlu untuk belajar menggunakan software pembelajaran yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut, diantaranya software GeoGebra. 
Penguasaan Layanan Konten Entreprenuership melalui Manajemen Diri di SMK Mahadhika 1 Jakarta Timur Djoni Aminudin; Anggia Evitarini; Dewi Purwaningsih
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.5278

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini yakni memberikan layanan penguasaan konten tentang membangun mindset enterpreunership para siswa agar mampu berfikir mandiri dan kreatif melalui wawasan manajemen diri untuk para peserta diantaranya tujuan dan manfaat manajemen diri, mengenai kepercayaan diri, kreativitas, dan manajemen waktu. Metode pelaksanaan dengan Observasi langsung dan workshop yaitu: pengabdi langsung datang ke lokasi pengabdiaan untuk memperoleh data kemudian memberikan materi entrepreneurship dan manajemen diri. Simpulan pengabdian masyarakat ini didapatkan para siswa SMK Mahadhika 1 ditemukan masih banyak yang berorientasi menjadi pegawai atau karyawan perusahaan, terutama bercita-cita menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Hal ini disebabkan kurangnya informasi-informasi yang diberikan oleh personil B&K yang terhambat tidak tersedianya jam khusus di dalam kelas. Hal ini menyebabkan kemampuan manajemen diri dan wawasan tentang entrepreneur para siswa SMK Mahadhika 1 masih sangat rendah.  Personil B&K masih berfokus yang bersifat mengentasan/mengatasi masalah. Pemberian layanan penguasaan konten efektif dalam meningkatkan pengetahuan para peserta terkait entreprenuership melalui manajemen dirinya.
Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Android sebagai Media Penyampaian Informasi Kesehatan di Posyandu Intan Mutia; Wahyu Nur Cholifah; Yulianingsih Yulianingsih
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i3.4158

Abstract

Pemerintah tidak semata-mata bertanggung jawab dalam hal upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu, namun semua komponen yang ada di masyarakat, termasuk Kader.  Peran Kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat. Juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Proses penyebaran informasi di posyandu umumnya masih dalam bentuk pamflet dan buku panduan berwarna berukuran A3 (Flipchart). Buku panduan ini merupakan sumber utama posyandu dalam memberikan informasi layanan kesehatan kepada warga, hal ini selain merepotkan kader juga monoton dalam penyampaian sehingga dibutuhkan keahlian dan kreatifitas kader dalam menyampaikan materi yang baru. Tujuannya merupakan pelatihan peningkatan keterampilan kader posyandu dalam menyebarkan materi layanan kesehatan yang sudah diolah melalui ponsel Android, Kader posyandu lebih mudah dalam mengolah data layanan masyarakat menggunakan ponsel Android, Kader posyandu mampu membuat materi layanan kesehatan untuk kegiatan berkala penyuluhan masyarakat yang sudah dibuat untuk disebarluaskan menggunakan media Android. Hasil yang diperoleh dengan adanya pelatihan ini dapat membantu meningkatkan kinerja Kader Posyandu dalam menyebarluaskan informasi kesehatan masyarakat dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue