cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Role Play sebagai Media Belajar Berbicara dan Kosakata dalam Bahasa Inggris Guru PKBM Harmonis Rima Novia Ulfa; Rr. Astri Indriana Octavita; Tiarma Ika Yuliana; M. Ali Ghufron
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.17864

Abstract

AbstrakBahasa Inggris memberikan kontribusi yang luar biasa sebagai sarana komunikasi yang dapat menghubungkan kita dengan negara luar. Pembelajaran Bahasa Inggris yang baik dan benar harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Diantara jenis  keterampilan  yang harus diasah yaitu berbicara dan peningkatan kosakata sangat perlu untuk dibuat dan diteliti. Era globalisasi menuntut setiap individu untuk dapat setidaknya memahami bahwa Bahasa Inggris sudah menjadi pajanan umum yang bisa dijumapi diberbagai tempat di negara kita, contohnya bisa kita jumapi dalam alat -alat berbasis teknologi dan komunikasi. Guru sebagai salah seorang yang memiliki peran dominan dalam membantu siswa menguasai keterampilan dalam berbahasa Inggris. Guru seyogyanya bisa terus mengembangkan diri sehingga menjadi lebih kreatif, inovatif dan juga dapat membuat proses pembelajaran yang efektif bagi para siswa. Games memberi peluang untuk guru agar dapat diterapkan pada siswa sebagai cara menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam belajar Bahasa Inggris khususnya keterampilan berbicara dan peningkatan kosakata. Metode Role Play atau bermain permainan adalah salah satu games yang dapat diterapkan kepada siswa sehingga tim menjadikan metode ini sebagai salah satu kegiatan  pelatihan bagi guru khususnya pengajar PKBM Harmonis kecamatan Matraman Jakarta Timur ,agar dapat sebagai satu diantara berbagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan agar meningkatkan Kosakata dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris.
Pelatihan Bahasa Verbal yang Baik Menjalin Networking Berkualitas Masayu Endang Apriyanti; Ana Widyastuti
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.9181

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini bertujuan memberi pemahaman tentang pentingnya penggunaan bahasa verbal yang baik dalam beraktivitas, agar tercipta networking berkualitas dalam jangka waktu panjang, dengan penggunaan bahasa verbal yang senantiasa baik dan indah, maka akan tercipta jalinan interaksi harmonis, bahkan seiring perjalanan waktu relasi dapat terus bertambah luas. Namun, kenyataan yang masih kita rasakan adalah dalam keseharian, tidak setiap orang mampu melaksanakan penggunaan bahasa verbal yang baik jika tidak dibiasakan sejak dini, Apalagi bagi masyarakat yang kurang berkesempatan mengenyam pendidikan yang layak, pasti akan mengalami hambatan dalam menggunakan bahasa verbal yang baik dan tepat di setiap aktivitasnya.  Sejatinya, penggunaan bahasa verbal yang baik sangat penting tentunya tanpa membedakan status lawan bicara, karena sesungguhnya setiap kebaikan akan kembali pada diri sendiri, jadi, selama kita berbahasa verbal yang baik, maka kesan dan  hubungan yang tercipta akan berkualitas dengan banyak orang dari kalangan luas dan lokasi tidak terbatas. Semakin baik bahasa verbal seseorang, semakin berkualitas networking yang dimilikinya. Artikel ini dibuat dari hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang kami lakukan awal bulan Maret 2020 kepada guru-guru bertempat di TK. As saadah, Limo, Depok. Abdimas ini memberikan dampak baik bagi guru dalam meningkatkan penggunaan bahasa verbal yang baik secara efektif sehingga tercipta networking berkualitas.
Perencanaan Desain Renovasi Masjid Ahyani Thoriqul Jannah Tangerang Banten Indah Yulia Sari; Andra Arie Anto; Karya Widyawati
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.16503

Abstract

Abstract This community service activity was carried out in the Tangerang sub-district. This Abdimas is a partnership program with cooperation partners Ahyani Thoriqul Jannah Masjid Prosperity Council (DKM) Mosque Tangerang Banten. The Ahyani Thoriqul Jannah Mosque, Tangerang, Banten is currently an old building which is feared to endanger the safety of the congregation/community who are carrying out worship. In addition, the capacity of the mosque is no longer sufficient to accommodate the Friday prayer congregation. Therefore, DKM Ahyani Thoriqul Jannah Tangerang Banten intends to completely renovate the mosque building with the principles of the congregation, by the congregation and for the congregation. DKM Ahyani Thoriqul Jannah Tangerang Banten faces a problem where there are no congregation members who are experts in their field. The team of community service lecturers at Indraprasta University PGRI offered DKM Ahyani Thoriqul Jannah Tangerang Banten a mutually beneficial partnership to carry out the renovation of the Ahyani Thoriqul Jannah mosque. DKM Ahyani Thoriqul Jannah resolved licensing issues, residents/congregants objected to mosque renovations and so on. While the team of community service lecturers at Indraprasta PGRI University prepared experts who would carry out tasks including pre-planning including reviewing the location of the mosque, land area, land form and soil structure, planning in the form of mosque architectural design and budget plans and participating in supervising the implementation of development from a technical point of view. Keywords: mosque design, mosque,   
Implementasi E- Modul Digital Terintegrasi Media Pembelajaran sebagai Penunjang Kompetensi Inovatif Guru di SMPN 271 Jakarta Rayung Wulan; Ardhi Dinullah Baihaqie; Suranto Saputra; Eddy Saputra
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.17872

Abstract

E -Modul digital melesat cepat didunia cyber dengan menawarkan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam media pembelajaran. Berbagai macam aplikasi diluncurkan dengan tren keunikannya , aplikasi canva menjanjikan kemudahan dan inovatif dikalangan guru dan siswa. Aplikasi canva mudah dalam pemahamannya dan memiliki efek tampilan yang menambah kreasi dan edukasi bagi lingkungan sekolah di SMPN 271 Jakarta. Tujuan penerapan aplikasi Canva sebagai kreasi dan edukasi dalam media pembelajaran inovatif pengganti modul cetak, seiring tren teknologi digital yang melesat ditahun digital. Aplikasi canva diterapkan sebagai pengganti modul cetak yang biasa digunakan dikalangan sekolah. Tampilan aplikasi canva yang memukau dan nyaman dipandang menambah kreasi, memacu semangat dalam pembelajaran dilingkungan sekolah. E -Modul digital dengan aplikasi canva disajikan dengan keunikan dan beragam pilihan tema yang disediakan diaplikasi tersebut. Hasil E-Modul digital sebagai media pembelajaran inovatif menerapkan aplikasi canva sebagai pengganti modul cetak sangat dibutuhkan dalam era digital saat ini sebagai upaya kreasi dan edukasi dikalangan tingkat sekolah khususnya di SMPN 271 Jakarta.
Pemanfaatan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa Mercy Hermawati; Ade Kurnia Solihin
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.10477

Abstract

Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai alat dan sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu bentuk inovasi dalam pembelajaran, dengan mengintegrasikan teknologi dan informasi adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran. Kahoot adalah salah satu media pembelajaran berupa aplikasi berbasis game digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Akan tetapi, lemahnya pengajar atau guru dalam mengetahui dan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Dengan teknologi yang sangat memiliki peran sebagai penarik perhatian dalam belajar sehingga lebih menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan, Oleh karena itu pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemanfaatan media kahoot sebagai media pembelajaran interaktif siswa menciptakan proses pembelajaran aktif sehingga pengajar atau guru dapat menunjang proses belajar dan mengajar sehingga siswa dapat lebih termotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa, sehingga pengajar atau guru dapat mengukur kemampuan sejauh mana siswa memahami apa yang telah diterangkan atau diberikan guru.
Meningkatkan Motivasi Warga Untuk Kesadaran Gotong Royong Dalam Membangun Desa Tanjung Tambak Baru Kabupaten Ogan Ilir Yuniar Yuniar; Ibrahim Ibrahim; Amilda Amilda; Megawati Megawati; Alvi Delta Viani
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.16536

Abstract

This community education program is based on the collaboration of real work college students in Tanjung Tambak Baru Village, Tanjung Batu District, Ogan Ilir Regency. The purpose of this service is to provide awareness to the public to maintain cleanliness more. The UIN Palembang KKN program in carrying out programs to increase community motivation through mutual cooperation activities in building the East Santapan village has been implemented, community awareness will build a better village, still needs to work hard and there needs to be participation from the Government, especially the Santapan Timur village government, as well other stakeholders. Public awareness is still low, it is necessary to implement a good program in building an independent village. The village government has tried through several activities such as mutual cooperation, instilling motivation in life as well as other activities by involving existing elements in the education process for the community, such as the involvement of this UIN Raden Fatah Palembang KKN student.
Penguatan Wawasan Program Inklusi melalui Layanan Informasi di SMAN 51 Jakarta Cindy Marisa; Siti Aminah Alfalathi; Sara Sahrazad
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.17884

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan yang diselenggarakan pada anak berkebutuhan khusus untuk memberikan kesempatan belajar di sekolah umum sebagai upaya pemerataan hak Pendidikan bagi Warga Negara Indonesia. Kolaborasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah merupakan upaya Pendidikan sistematis yang membantu siswa mencapai tugas perkembangan sesuai dengan potensinya. Pemberian penguatan program inklusi melalui layanan informasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, keahlian dan keterampilan guru dalam menangani anak inklusi dan sebagai langkah pencegahan dalam kesalahan penanganan pada siswa inklusi di sekolah. Pemberian layanan informasi pada kegiatan PkM ini dilakukan melalui metode seminar yang melibatkan guru-guru di SMAN 51 Jakarta sebanyak 31 orang. Berdasarkan data diperoleh simpulan bahwa setelah kegiatan dilakukan guru memperoleh perubahan positif yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001<0,005. Layanan informasi yang diberikan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan program inklusi bagi siswa di sekolah sehingga siswa dengan kebutuhan khusus dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.
Pelatihan Pembuatan Dashboard Menggunakan Pivot Table di Excel Arie Gunawan; Olipa Sarta Matilda Purba; Munawaroh Munawaroh; Chaerunnisa Chaerunnisa; Deny Hidayatullah
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.15605

Abstract

Microsoft Excel dianggap sebagai program spreadsheet yang sangat berguna karena memiliki fungsi perhitungan dan grafik dalam bentuk angka aritmatika dengan berbagai formulasi untuk mengolah data secara otomatis, termasuk perhitungan dasar dan penggunaan fungsi, pengelolaan data, dan pembuatan data. Dalam waktu singkat, Microsoft Excel dapat merampingkan laporan, dan jika terjadi kesalahan input, dapat diperbaiki tanpa memulai dari awal. Tujuan dari PKM ini adalah untuk mengajar para guru di MTS Assyafi'iyah 04 Cipayung Jakarta Timur tentang cara membuat dashboard menggunakan fungsi pivot table Microsoft Excel. Sebuah aplikasi sistem informasi yang dikenal sebagai “dashboard” menyediakan data tentang indikator utama kegiatan organisasi secara sekilas dalam satu layar. Penyajian data/informasi, personalisasi, dan kolaborasi pengguna adalah tiga (tiga) komponen utama pemodelan dasbor.
Desain Musala di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor Dian Nugraha; Muhammad Sega Sufia Purnama; Mukhamad Risa Diki Pratama
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.16542

Abstract

terencana dan banyak hal lain membuat tempat tersebut kurang terawat. Musala di Desa Sukaharja adalah desa yang terletak di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Berjarak lebih dari 60 km dari pusat kota Bogor. Kondisi Musala sudah tidak layak digunakan lagi. Hal ini tentu membuat peribadahan yang dilakukan akan mengurangi kekhusyuan. Melihat kondisi tersebut mitra memiliki keinginan untuk memugar bangunan musala tersebut akan tetapi tidak mempuyai tenaga ahli dalam perencanaan bangunan yang baik sehingga kami memberanikan diri melakukan diskusi dengan Kepala Desa untuk melakukan desain ulang terhadap musala. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan melakukan survei lokasi secara langsung. Kedua adalah  diskusi bersama mitra. Ketiga mendesain dibantu oleh mitra. Perspektif yang ingin diubah oleh tim adalah tempat beribadah yang estetis, menarik dan representatif dibutuhkan untuk membuat masyarakat tertarik untuk datang. Desain musala ini mencoba memberikan pemahaman kepada penggunanya bahwa sebuah bangunan yang terlihat baik dan indah haruslah berfungsi optimal dalam memberikan kenyamanan dan keamanan penggunanya. Jadi, keindahan itu bisa mencul dengan sendirinya saat elemen desain tersebut bisa berfungsi melindungi penggunanya. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya tindak lanjut pembangunan musala tersebut agar dapat segera digunakan 
Pelatihan Menulis Karya Ilmiah dan Blog di Internet pada Para Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Farabi Ila Nafilah; Reni Rokhayati; Rifai Baron
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v6i2.7080

Abstract

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 18 Tahun 2007 menyatakan bahwa sertifikasi bagi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui uji kompetensi untuk memperoleh sertifikat pendidik. Berbagai macam unsur penilaian, salah satu komponen karya pengembangan guru dapat berwujud penulisan karya ilmiah.  Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki manfaat paling besar bagi kehidupan manusia, di samping keterampilan berbahasa yang lain. Sebab, dengan menulis seseorang dapat menuangkan segala ide, perasaan, dan gagasan yang dimilikinya ke dalam sebuah tulisan. Blog dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis guru. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah 1) Mengenalkan konsep-konsep, jenis-jenis dan bentuk-bentuk karya tulis ilmiah kepada guru-guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Farabi Depok Jawa Barat agar dapat diterapkan kepada anak-anak didik atau siswa-siswanya ; 2) Memberikan penjelasan kepada guru-guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Farabi mengenai proses penggunaan email, memiliki, membuat, menggunakan atau memanfaatkan blog pribadi sebagai media pembelajaran sehingga para guru tersebut diharapkan dapat memiliki keterampilan dalam kegiatan menulis secara produktif. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode ceramah, diskusi, dan tanya-jawab.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue