cover
Contact Name
Yesi Franita
Contact Email
yesi.franita@untidar.ac.id
Phone
+6289689511677
Journal Mail Official
mathlocus@untidar.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Suparman 39, Potrobangsan, Magelang Utara, Magelang 56116
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Published by Universitas Tidar
ISSN : 27231208     EISSN : 27231194     DOI : https://doi.org/10.31002/mathlocus
Core Subject : Education,
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika menerbitkan penelitian artikel, ulasan artikel, dan studi kasus yang berfokus pada matematika dan pendidikan matematika. Ruang lingkup artikel yang terbit di MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika merupakan artikel dalam bidang: 1. Pendidikan Matematika 2. Matematika (analisis, geometri, aljabar, statistik, matematika terapan)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika" : 8 Documents clear
Metode Infografis dalam Trigonometri Melalui Pembelajaran Daring Quizizz untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI Nisa Nur Hidayati; Latifa Nur Aini; Aurora Novianty; Tri Astutiningsih; Trisia Br Manurung
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.977 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1172

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat membantu pendidik menciptakan media pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada masa pandemi COVID-19. Dalam menentukan media pembelajaran ini, pendidik membutuhkan kompetensi dan wawasan yang cukup. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berupa teknik tes yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman pada belajar matematika subbab trigonometri melalui hasil belajar subjek. Penelitian ini menggunakan dua tes yaitu pre-test dan post-test melalui media Google Form dan Quizizz dengan infografis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka. Data penelitian ini adalah tabel yang berisi nilai siswa dengan rentang yang ditentukan berdasarkan nilai pre-test dan post-test. Dari data tersebut, kemudian dibandingkan antara hasil tes menggunakan Google Form dan Quizizz yang disertai infografis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Quizizz dengan infografis berhasil diterapkan pada pembelajaran trigonometri. Melalui infografis siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi, menghafal rumus-rumus trigonometri, dan meningkatkan daya ingat siswa terhadap rumus matematika yang disertai ilustrasi gambar.
Identifikasi Tingkat Keaktifan Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Siti Rohmatul Fitriani; Emerald Kristalia Dewi; Hemas Nabila Ardelia Arrofat; Mydha Lunica
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.667 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1084

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat keaktifan siswa saat melakukan pembelajaran daring di masa pandemi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Siswa yang menjadi subjek dan berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 50 siswa SMP di Kabupaten Temanggung, terdiri dari 34 perempuan dan 16 laki-laki. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang sesuai dengan indikator keaktifan siswa dan observasi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tersebut terdapat beberapa siswa yang sangat aktif, aktif, kurang aktif, dan tidak aktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil persentase, yaitu siswa sangat aktif adalah 38%, siswa aktif adalah 32%, siswa kurang aktif adalah 16%, dan siswa tidak aktif adalah 14%.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Luas Selimut Kerucut Terpancung Melalui Pendekatan Luas Trapesium Lailatul Masfufah; Suroso Suroso
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.381 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1046

Abstract

 Kerucut terpancung merupakan salah satu materi dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya kerucut. Dalam penerapannya, luas selimut kerucut terpancung dapat diperoleh menggunakan pendekatan luas trapesium. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah pembelajaran langsung berbantuan GeoGebra. Melalui pemanfaatan GeoGebra ini diharapkan dapat menjadi media belajar siswa yang menyenangkan dan dapat merangsang siswa berpikir kreatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Dengan pembelajaran ini, siswa akan mudah memahami pendekatan luas trapesium untuk menentukan luas selimut kerucut terpancung. Hasil pengamatan melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data kuantitatif deskriptif menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang sisi lengkung, khususnya luas selimut kerucut terpancung. Pengamatan hasil belajar yang dilakukan terhadap 33 siswa kelas IX MTsN 4 Magelang diperoleh rata-rata hasil belajar berturut-turut dari kondisi awal 52,33, siklus I meningkat menjadi 73,71 dan pada siklus II 79,18.
Deskripsi Literasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Kemandirian Belajar Wanda Nugroho Yanuarto; Laila Nur Qodariah
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.535 KB) | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1070

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto ditinjau dari kemandirian belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII D dengan menggunakan teknik purposive sampling. Siswa dikelompokan kedalam 3 kelompok yaitu kelompok kemandirian belajar tinggi, kelompok kemandirian belajar sedang, dan kelompok kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket kemandirian belajar, tes kemampuan literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemandirian belajar tinggi cenderung mampu merumuskan masalah, menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur dan penalaran, serta mampu menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil yang diperoleh. Siswa dengan kemandirian belajar sedang mampu merumuskan masalah dan menggunakan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran terhadap masalah yang diberikan. Siswa dengan kemandirian belajar rendah cenderung belum mampu memenuhi indikator kemampuan literasi matematika.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Belajar Rista Nur Eka Budiyani; Seprial Alit Febrian; Rizqi Nurjanah; Isnaeni Muhaenifah; Ardhia Siva Wardhani; Fadhilah Rahmawati
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geometri kelas XII ditinjau dari gaya belajar dengan kategori visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa kelas XII yang diambil acak dari daerah Magelang, Temanggung, dan Sragen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui gaya belajar siswa, tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa, dan wawancara. Tes dilaksanakan pada materi geometri kelas XII. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis: (1) Focus (fokus); (2) Reason (alasan); (3) Inference (simpulan); (4) Situation (situasi); (5) Clarity (kejelasan); dan (6) Overview (tinjauan kembali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 34 siswa terdapat 23 siswa memiliki gaya belajar visual, 7 siswa memiliki gaya belajar auditorial, dan 4 siswa memiliki gaya belajar kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa gaya belajar siswa tidak memengaruhi kemampuan berpikir kritis.
Peran Serta Orang Tua dalam Proses Pembelajaran Matematika dengan E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 Rossa Isnaeni Mutik; Nur Annisa Firdaus; Ema Amalia Shaliha; Elsa Khotimah
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.1083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam membimbing proses pembelajaran matematika dengan e-learning di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen non-tes berupa angket yang terdiri dari  penelitian ini terdiri 30 orang peserta didik pada jenjang SMP beserta 30 orang tua. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menyajikan data, menganalisis data, kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak saat pembelajaran matematika dengan e-learning adalah sebagai fasilitator, motivator, pendampingan, dan guru utama. Minimnya pengetahuan yang dimiliki oleh orang tua menjadi faktor penghambat dalam proses pembelajaran e-learning ini.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Terhadap Soal Cerita SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar Estina Widyaningsih; Aprilia Nurul Chasanah
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.2315

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII terhadap soal cerita materi SPLDV ditinjau dari gaya belajar David Kolb. Jenis penelitian ini adalah deksriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Muntilan sebanyak 32 siswa, yang kemudian diambil sampel penelitian sebanyak 8 siswa dengan gaya belajar diverging, assimilating, converging, dan accommodating, masing-masing 2 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar David Kolb, soal tes kemampuan pemecahan masalah soal cerita SPLDV, dan pedoman wawancara. Data dianalisis berdasarkan gaya belajar siswa, hasil tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar diverging dan assimilating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, yaitu mampu melaksanakan semua langkah-langkah kemampuan pemecahan masalah, siswa dengan gaya belajar converging memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun cukup dalam memahami masalah yang diberikan, sedangkan siswa dengan gaya belajar accommodating memiliki kemampuan pemecahan masalah berada pada kategori baik, namun kurang dalam memahami masalah yang diberikan.
Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Mata Kuliah Kalkulus Integral Yesi Franita; Zuida Ratih Hendrastuti; Khoirun Nisa Asna; Saniatun Nafisah
MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2020): MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/mathlocus.v1i2.2605

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan merujuk pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis Problem Based Learning pada mata kuliah Kalkulus Integral dan mengetahui kelayakan LKM tersebut bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar. Kelayakan lembar kerja mahasiswa ditinjau dari beberapa aspek melalui pengujian lembar kerja mahasiswa oleh validator, serta penggunanya, yaitu mahasiswa. Subjek penelitian yang digunakan sebagai subjek uji coba adalah mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tidar tahun akademik 2019/2020. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar observasi, pedoman wawancara, angket analisis kebutuhan, dan angket validasi. Teknik analisis data menggunakan penentuan penskoran pada masing-masing aspek kelayakan LKM. Dari hasil penelitian pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa berbasis Problem Based Learning pada mata kuliah Kalkulus Integral ini diperoleh hasil penilaian tingkat kelayakan LKM melalui pengujian kepada validator sebesar 91,07% dengan kategori sangat layak dan uji coba terhadap respon mahasiswa sebagai pengguna memperoleh nilai 82,58% dengan kategori sangat baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8