cover
Contact Name
Bambang Eko Susilo
Contact Email
bambang.mat@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
bambang.mat@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
D7 Building 1st Floor, Sekaran Campus, Gunungpati, Semarang, Central Java, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Unnes Journal of Mathematics Education
ISSN : 22526927     EISSN : 24605840     DOI : https://doi.org/10.15294/ujme
Core Subject : Education,
Unnes Journal of Mathematics Education (UJME) publishes research issues on mathematics education. The UJME processes manuscripts resulted from a research in mathematics education scope, which includes, but is not limited to the topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in mathematics education, ethnomathematics, realistic mathematics education, psychology of mathematics education and technology in mathematical instruction. The manuscript must be original research, written in English, and not be simultaneously submitted to another journal or conference.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education" : 11 Documents clear
KEEFEKTIFAN MODEL TGT DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI LINGKARAN Baswendro, Singgih; Suyitno, Amin; Kharis, Muhammad
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9043

Abstract

Artikel ini dibuat berdasarkan penelitian skripsi yang telah dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran dengan menggunakan model TGT mencapai KKM, dan (2) untuk mengetahui rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model TGT lebih tinggi daripada dengan model ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ungaran dengan populasi siswa kelas VIII tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan kelas sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, data hasil akhir diuji dengan uji proporsi dan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa (1) hasil kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada materi lingkaran dengan menggunakan model TGT mencapai KKM, dan (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model TGT lebih tinggi daripada dengan model ekspositori. Dengan ini maka model TGT dengan pendekatan scientific berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TAPPS STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MATERI LINGKARAN Isnaeni, Ari; Mashuri, Mashuri; Hendikawati, Putriaji
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9044

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran TAPPS strategi REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII pada materi lingkaran. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Ungaran tahun ajaran 2014/2015 yang sampelnya diambil secara cluster random sampling. Kemampuan komunikasi matematis peserta didik diambil berdasarkan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah: pembelajaran TAPPS strategi REACT tuntas dan rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik mencapai KKM; persentase ketuntasan belajar peserta didik padapembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada persentaseketuntasan belajar peserta didik pada pembelajaran DI; serta rata-ratakemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada pembelajaran DI. Hasil tersebut menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran TAPPS strategi REACT efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada sub materi garis singgung lingkaran; dan (2) pembelajaran TAPPS strategi REACT lebih efektif daripada pembelajaran DI terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN STRATEGI REACT DENGAN MODEL SSCS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS VIII Sapto, Argiyanto Dwi; Suyitno, Hardi; Susilo, Bambang Eko
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah (1) kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS dapat mencapai ketuntasan belajar, (2) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori, (3) percaya diri siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada percaya diri siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori, dan (4) percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Batang. Dengan teknik cluster random sampling terpilih sampel yaitu siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan komunikasi matematika siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori; (3) percaya diri siswa kelas eksperimen yang menggunakan strategi REACT dengan model SSCS lebih baik daripada siswa kelas kontrol yang menggunakan model ekspositori; dan (4) percaya diri siswa berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematika.
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SELF-EFFICACY SISWA KELAS X SMK TEUKU UMAR SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN Aziz, Muhammad Abdul; Rochmad, Rochmad; Wijayanti, Kristina
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9050

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen meningkat, untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, dan untuk mengetahui bagaimana self-efficacy siswa pilihan kelas eksperimen dan siswa pilihan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kelompok bisnis dan manajemen SMK Teuku Umar Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji-t, uji gain, dan analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil uji-t diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen  lebih dari rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol, dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol. Dari hasil uji gain diperoleh kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Osborn meningkat dengan indeks gain sebesar 0,400, termasuk dalam kategori sedang. Self-efficacy ketiga siswa pilihan pada kelas eksperimen yaitu E-1, E-2, dan E-3 dalam kategori tinggi, sedangkan self-efficacy ketiga siswa pilihan pada kelas kontrol yaitu K-1, K-2, dan K-3 dalam kategori sedang.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBANTUAN POMAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI SEGITIGA Hapsari, Desy Trya; Supriyono, Supriyono; Hendikawati, Putriaji
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9052

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP dapat mencapai ketuntasan secara klasikal, mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model pembelajaran MMP lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran ekspositori, dan mengetahui terdapat pengaruh keaktifan siswa dengan model MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP N 14 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih sampel kelas VII-E sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model MMP berbantuan media pomat dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran ekspositori. Hasil uji ketuntasan klasikal, diperoleh ketuntasan belajar dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen. Hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh adanya pengaruh positif keaktifan siswa kelas eksperimen terhadap kemampuan berpikir kreatif. Simpulan diperoleh pembelajaran dengan model MMP mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa model MMP lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran ekspositori, dan terdapat pengaruh positif keaktifan siswa model pembelajaran MMP terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X Tyas, Marita Ayuning; Mulyono, Mulyono; Sugiman, Sugiman
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E efektif terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA N 2 Kendal tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Terpilih dua kelompok sampel, yaitu kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dan X-5 sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji proporsi, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji gain.. Diperoleh hasil bahwa penggunaan model Learning Cycle 7e dapat menjadikan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa mencapai kriteria ketuntasan, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan (3) menjadikan minat siswa terhadap aktivitas belajar matematika lebih tinggi daripada minat siswa terhadap aktivitas belajar matematika yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran learning cycle 7E efektif terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas X.
PEMBELAJARAN MODEL REACT DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA Wulandari, Novi Citra; Dwijanto, Dwijanto; Sunarmi, Sunarmi
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9054

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model REACT dengan pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Slawi tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sampel diambil dua kelas yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji rata-rata, uji proporsi, uji perbedaan rata-rata, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar individu dan klasikal, hasil tes kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan ada pengaruh kerjasama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran model REACT dengan pendekatan saintifik efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kerjasama siswa kelas VIII.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII Kuneni, Erna; Isnarto, Isnarto; Sugiarto, Sugiarto
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9055

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan teknik probing prompting berbantuan CD Pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sehingga terpilih kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan pembelajaran CPS dengan teknik probing prompting berbantuan CD Pembelajaran, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Pengambilan data diperoleh dengan metode dokumentasi untuk mendapatkan data nilai UAS gasal tahun pelajaran 2014/2015, metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif siswa serta metode observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa serta fenomena apa yang muncul yang memungkinkan terjadinya perbedaan di antara kedua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran CPS dengan teknik probing prompting berbantuan CD Pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII Abdullah, Dian Insani; Mastur, Zaenuri; Sutarto, Hery
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9056

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas VIII SMP N 1 Demak tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan menggunakan uji One Sample T Test, uji proporsi, uji Independent Samples T Test dan uji regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika mencapai KKM, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL mencapai KKM (3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan  masalah siswa dengan model PBL, (4) terdapat perbedaan sikap terhadap budaya lokal antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran model PBL bernuansa etnomatematika dan (5) aktivitas belajar siswa dan sikap terhadap budaya lokal siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.
PENCAPAIAN KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN MODEL CPS DAN TAPPS Utami, Retno; Kartono, Kartono; Waluya, Stevanus Budi
Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Publisher : Department of Mathematics, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/ujme.v4i3.9060

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil secara acak dan terpilih tiga kelas sebagai kelas eksperimen I, eksperimen II, dan kontrol. Berdasarkan hasil uji proporsi diperoleh kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pembelajaran yang menggunakan model CPS dan TAPPS mencapai ketuntasan belajar. Hasil uji anava dan uji lanjut  LSD menunjukkan bahwa kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model TAPPS lebih baik daripada model ekspositori, kemampuan dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran yang menggunakan model CPS lebih baik daripada model TAPPS.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2023): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 12 No 1 (2023): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 3 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 2 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 11 No 1 (2022): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 3 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 2 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 10 No 1 (2021): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 3 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 2 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 9 No 1 (2020): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 3 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 2 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 8 No 1 (2019): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 3 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 2 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 7 No 1 (2018): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 3 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 2 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 6 No 1 (2017): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 3 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 2 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 5 No 1 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 3 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 4 No 1 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 3 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 3 No 1 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 3 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 2 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 2 No 1 (2013): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 1 No 2 (2012): Unnes Journal of Mathematics Education Vol 1 No 1 (2012): Unnes Journal of Mathematics Education More Issue