cover
Contact Name
M. Miftach Fakhr
Contact Email
fakhri@unm.ac.id
Phone
+62+6282192119493
Journal Mail Official
ptk.pps@unm.ac.id
Editorial Address
https://ojs.unm.ac.id/UJTV/about/contact
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
UNM Journal of Technology and Vocational
ISSN : 25800418     EISSN : 25800434     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and Scope UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and training. Managing the transition from school/college to work Education-Business partnerships and collaboration Edupreneurship Curriculum Links between education and industry The graduate labour market Work experience and placements The recruitment, induction and development of school leavers and graduates Young person employability and career development Teaching and learning practice in vocational school Vocational education in electronics Vocational education in automotive Vocational behaviour
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2: Juni (2023)" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN APLIKASI INFORMASI TA’LIM DENGAN LOCATION BASED SERVICE PADA PLATFORM ANDROID DI MASA PANDEMI COVID-19 Muhammad Fadhil Fikri; Muh Yahya; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan aplikasi location based service pada platform Android yang dapat digunakan untuk mencari informasi ta’lim di masa pandemi Covid-19, (2) mengetahui keefektifan aplikasi informasi ta’lim dengan location based service pada platform Android di masa pandemi Covid-19, (3) mengetahui kepraktisan aplikasi informasi ta’lim dengan location based service pada platform Android di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model prototype. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) hasil pengembangan aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan valid dan layak digunakan diukur dari validasi ahli media dan ahli konten kemudian diujicobakan pada aspek functionality dan maintainability, (2) hasil pengujian aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan dinyatakan efektif digunakan diukur dari aspek functionality, portability, reliablity, dan usability, serta validasi ahli konten., (3) hasil pengujian aplikasi informasi ta’lim dengan menggunakan location based service pada platform android di masa pandemi Covid-19 dinyatakan dinyatakan praktis digunakan diukur dari aspek portablity, security, dan usability serta validasi ahli media.
ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA SMK NEGERI 1 KOLAKA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Husna Saleh; Purnamawati Purnamawati; Anas Arfandi; Alimuddin Sa'ban Miru; Abdul Muis Mappalotteng
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku penggunaan e-learning: (1) persepsi kemudahan penggunaan e-learning (Perceived Ease of Use), (2) persepsi kegunaan/kemanfaatan e-learning (Perceived Usefulness), (3) sikap penggunaan e-learning (Attitude Toward Using), (4) niat perilaku penggunaan e-learning (Behavioral Intention to use), dan (5) implementasi e-learning (Actual technology use) dalam penerapan media pembelajaran berbasis komputer pada SMK Negeri 1 Kolaka menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat persepsi kemudahan penggunaan e-learning (Perceived Ease of Use) dengan kategori sedang. (2) Terdapat persepsi kegunaan/kemanfaatan e-learning (Perceived Usefulness) dengan kategori sedang. (3) Terdapat sikap penggunaan e-learning (Attitude Toward Using) dengan kategori lebih tinggi dari pada kategori lainnya. (4) Terdapat niat penggunaan e-learning (Behavioral Intention to use) dengan kategori rendah dibandingkan dengan level kategori sebelumnya. (5) Terdapat implementasi e-learning (Actual technology use) dengan kategori rendah dibandingkan dengan level kategori sebelumnya. 
KEDUDUKAN DAN STATUS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN VOKASI DI DENMARK DAN INDONESIA Mawaddah A; Hamsu Abdul Gani; Purnamawati Purnamawati
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari review literatur mengenai kedudukan dan status pendidikan dan pelatihan vokasi di Denmark serta membandingkan dengan pendidikan vokasi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan yang disusun dengan sistematis, sehingga menghasilkan output yang berkualitas. Sumber dari studi literatur ini berupa artikel yang berjumlah 11 artikel dan peraturan pemerintah atau undang-undang sebanyak 2 peraturan. Berdasarkan hasil review dengan dibantu oleh referensi dapat ditarik kesimpulan, bahwa reformasi 2014 pada pendidikan kejuruan di Denmark belum mampu mendekati target dari pencapaian yang diinginkan termasuk upaya-upaya yang dilakukan tidak membuat VET di Denmark diminati oleh kaum muda. Berbeda dengan Indonesia yang setiap tahunnya pendaftar sekolah kejuruan semakin meningkat mengingat bahwa peluang untuk siap kerja pada sekolah kejuruan sangat besar tetapi hal tersebut tidak didukung oleh sumber daya dan infrastruktur yang memadai, implementasi peraturan yang belum dilaksanakan dengan baik serta hal-hal lainnya yang membuat proses pembelajaran tidak efektif.
Rancang Bangun Sistem Pelaporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Peserta Didik Berbasis Website Di UPT SMK Negeri 7 Jeneponto Miftahur Risky Jufri; Hendra Jaya; Purnamawati Purnamawati
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui hasil pengembangan sistem pelaporan praktek kerja lapangan (PKL) peserta didik di UPT SMKN 7 Jeneponto, 2) mengetahui validasi sistem pelaporan praktek kerja lapangan (PKL) peserta didik di UPT SMKN 7 Jeneponto, 3) mengetahui kepraktisan sistem pelaporan praktek kerja lapangan (PKL) peserta didik di UPT SMKN 7 Jeneponto, 4) mengetahui efektivitas sistem pelaporan praktek kerja lapangan (PKL) peserta didik di UPT SMKN 7 Jeneponto dan 5) mengetahui tanggapan pengguna setelah menggunakan sistem pelaporan praktek kerja lapangan (PKL) peserta didik di UPT SMKN 7 Jeneponto. Penelitian ini  menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan prototyping. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, koesioner dan software yang mengukur kualitas perangkat lunak yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) sistem pelaporan PKL atau SIP-PKL merupakan sistem yang digunakan untuk membantu pelaporan PKL di SMKN 7 Jeneponto yang terdiri dari 4 akses pengguna yaitu admin, guru, pembimbing lapangan dan siswa, 2) pengujian sistem menggunakan ISO 25010 pada aspek functionality suitability dengan hasil pengujian adalah valid yang diuji oleh ahli, 3) kepraktisan SIP-PKL merujuk pada pengujian aspek usability dan reliability dimana hasil pengujian usability menunjukkan persentase 95,7% dari 6 aspek pengujian dan hasil pengujian reliability menggunakan software WAPT 10.1 didapatkan nilai sebesar 98,46% sehingga memenuhi aspek reliability, 4) pengujian portability dan performance efficiency digunakan untuk mengukur keefektifan suatu sistem dimana diperoleh hasil 100% pada pengujian portability pada lingkungan desktop dan mobile dan grate B (80-89%) pada pengujian performance efficiency dengan tools GTMetrix, dan 5) SIP-PKL yang telah dikembangkan mendapat tanggapan baik dari pengguna.
Pengaruh Pelatihan, Pendidikan Lanjutan, dan Pengalaman Mengajar Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru Produktif Pada SMK Negeri di Kota Makassar Husnaeni Husnaeni; Muh Nasir Malik; Hasanah Nur
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar terhadap peningkatan profesionalisme guru. Metode penelitian ex-post facto. Jumlah populasi sebesar 423 orang dan sampel berjumlah 112 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas data, uji linearitas data, uji multikolinearitas data, dan uji heteroskedastisitas data. Hasil analisis deskriptif menunjukkan pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar terhadap peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar berada pada kategori sangat tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 33,1%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan lanjutan dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, dan berpengaruh sebesar 31,3%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman mengajar dengan peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, dan berpengaruh sebesar 46,4%. (4) pelatihan, pendidikan lanjutan, dan pengalaman mengajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan profesionalisme guru produktif pada SMK Negeri di Kota Makassar. Hasil uji menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 dan berpengaruh sebesar 50,6%.
PENGARUH SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM TEKNIK KOMPUTER JARINGAN TERHADAP KOMPETENSI SISWA DI SMKT SOMBA OPU KABUPATEN GOWA Nurhuda Nurhuda; Muhammad Yahya; Yusuf Mappeasse
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh  Sarana Dan Prasarana Laboratorium TKJ Terhadap Kompetensi Siswa di SMK Somba Opu Kabupaten Gowa. (dibimbing oleh: Muhammad Yahya dan Muh Yusuf Mappeasse).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh tingkat kecukupan sarana dan prasarana praktik di Laboratorium TKJ terhadap kompetensi siswa di SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa; (2) Pengaruh tingkat kemutakhiran sarana dan prasarana praktik di Laboratorium TKJ terhadap kompetensi siswa di SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa; (3) Pengaruh motivasi belajar terhadap kompetensi siswa di SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa; (4) Pengaruh secara bersama-sama kecukupan sarana dan prasarana, kemutakhiran sarana dan prasarana dan motivasi belajar terhadap kompetensi siswa di SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Ex-post Facto. Sampel pada penelitian sebanyak 90 orang siswa. Data penelitian diperoleh dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik desktiptif dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kecukupan sarana dan prasarana praktik di Laboratorium TKJ terhadap kompetensi siswa sebesar 7,9%,(2) terdapat pengaruh yang signifikan tingkat kemutakhiran sarana dan prasarana praktik di Laboratorium TKJ terhadap kompetensi siswa sebesar 4,7%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap kompetensi siswa sebesar 6,2%, terdapat pengaruh secara bersama-sama kecukupan sarana dan prasarana, kemutakhiran sarana dan prasarana dan motivasi belajar terhadap kompetensi siswa di SMK Teknologi Somba Opu Kabupaten Gowa sebesar 16,2%.
PENGARUH PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF DAN MINAT BERWIRAUSAHA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK NEGERI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI KOTA MAKASSAR Yermia Yunus; Abdul Muis Mappalotteng; Syafiuddin Panrenrengi
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK merupakan pendidikan menengah kejuruan yang bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang profesional untuk bekerja dalam bidang tertentu. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa kesiapan kerja siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif, minat berwirausaha dan kesiapan kerja serta untuk menganalisis pengaruh praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat berwirausaha terhadap kesiapan kerja siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa SMK Negeri Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling sebanyak 122 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedang analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat praktik kerja industri dikategorikan dalam kategori baik sebesar 91%, prestasi belajar mata pelajaran produktif dikategorikan dalam kategori baik sebesar 89%, minat berwirausaha dikategorikan pada kategori tinggi sebesar 86% dan kesiapan kerja dikategorikan pada kategori tinggi sebesar 84%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat bewirausaha terhadap kesiapan kerja kerja siswa secara parsial masing-masing sebesar 61%, 77,5%, 29% dan secara simultan 85,3%. 
PENGARUH PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR KETERAMPILAN, PRAKTIK KERJA LAPANGAN, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA DI SMK NEGERI TAKALAR TAHUN 2023 Ariyanto ariyanto; Amiruddin Amiruddin; Faizal Amir
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa di SMK Negeri Takalar, (2) gambaran Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa di SMK Negeri Takalar, (3) gambaran Self-Efficacy siswa di SMK Negeri Takalar, (4) gambaran kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (5) pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) pengaruh secara bersama-sama pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Sampel pada penelitian sebanyak 123 siswa kelas XII. Data penelitian diperoleh dengan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik desktiptif, statistik inferensial dan uji hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pembelajaran kompetensi dasar keterampilan siswa berada pada kategori “tinggi”, (2) Praktik Kerja Lapangan siswa berada pada kategori “tinggi”, (3) Self-Efficacy berada pada kategori “tinggi”, (4) kesiapan kerja siswa berada pada kategori “tinggi” (5) ada pengaruh pembelajaran kompetensi dasar keterampilan terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (6) ada pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (7) ada pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kesiapan kerja siswa di SMK Negeri Takalar, (8) adanya pengaruh secara bersama-sama antara pembelajaran kompetensi dasar keterampilan, praktik kerja lapangan, dan self efficacy terhadap kesiapan kerja siswa  di SMK Negeri Takalar.
PENGARUH MINAT, MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Nur Intan Baharsyah; Aisyah Aisyah; Samnur Samnur
UNM Journal of Technology and Vocational Vol 7, No 2: Juni (2023)
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar merupakan proses perubahan tingkah laku manusia menjadi lebih baik. Di lingkungan sekolah, perubahan tersebut dapat dilihat melalui hasil belajar, dimana dalam pelaksanaan untuk mencapai hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain minat dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat dan motivasi belajar secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian adalah literature review. Sampel berjumlah 10 jurnal internasional dan nasional. Teknik pengumpulan data artikel dan jurnal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode review jurnal, menggunakan Google Scholar. Pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai artikel pendukung jurnal Nasional dan Internasional. Kriteria artikel ilmiah yang digunakan sebagai data berupa artikel ilmiah yang bersumber dari jurnal dengan kemuktakhiran 5 tahun terakhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan berbagai artikel pendukung yaitu beberapa jurnal Nasional dan 10 jurnal Internasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 9