cover
Contact Name
Desyanti
Contact Email
jurnalabdine@gmail.com
Phone
+6282163150305
Journal Mail Official
desyanti734@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai Jl. Utama Karya Bukit Batrem II Dumai
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Abdine : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 27982882     EISSN : 27982890     DOI : https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1
ABDINE ialah Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang didedikasikan untuk mempublikasi hasil-hasil kegiatan Pengabdian yang dilakukan oleh Dosen maupun akademisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat ini merupakan jurnal bidang Ilmu Teknologi dan Ilmu – Ilmu Terapan seperti teknik komputer , teknik industri, teknik sipil, ilmu sosial, ilmu ekonomi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ( LPPM) ,Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Dumai. Jurnal Pengabdian Masyarakat ABDINE berisi tentang kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat serta berupa hasil penelitian yang diimplementasikan kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian diorganisir menjadi kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 16 Documents clear
Pengembangan dan Sosialisasi Aplikasi E-Commers Parea di KUBE Sekar Muria Hadipolo Kudus Diana Laily Fithri Diana; Andy Prasetyo Utomo; Fajar Nugraha
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.204

Abstract

Abstract           Hadipolo Village is one of the villages in Jekulo District, Kudus Regency. In this village there are several bitter melon farmers who process it into snacks that are nutritious and very beneficial for health. So far, the marketing process for bitter melon chips is still done traditionally so that sales of bitter gourd chips are not optimal in quantity and the range of promotions is still limited around the city of Kudus, although there are some requests from outside the city but the numbers are still large. still a little because of lack of promotion. The purpose of this community service is to develop and socialize e-commerce applications which are expected to help and increase the income and welfare of the bitter melon chip craftsmen in Hadipolo Village. With a specific target in the use of Pare e-commerce, namely increasing the marketing quantity of bitter gourd chips by expanding the marketing area by promoting the results of bitter melon chips through e-commerce so that they can reach a wider market. Pare e-commerce is an e-commerce used by Kube Pare chips in developing and marketing products from Pare chips. The way this system works is by conducting online buying and selling transactions, so that the marketing area is also wider.  Abstrak           Desa Hadipolo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Di desa ini terdapat beberapa petani pare yang mengolahnya menjadi makanan ringan yang berkhasiat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selama ini proses pemasaran keripik pare masih dilakukan secara tradisional sehingga penjualan keripik pare secara kuantitas belum maksimal dan jangkauan promosi masih terbatas di sekitar kota Kudus, walaupun ada beberapa permintaan dari luar kota namun jumlahnya masih banyak. masih sedikit karena kurang promosi. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk pengembangan dan sosialisasi aplikasi e-commerce yang diharapkan dapat membantu dan meningkatkan pendapatan, kesejahteraan para pengrajin keripik pare di Desa Hadipolo. Dengan target khusus dalam penggunaan e-commerce Parea  yaitu meningkatkan kuantitas pemasaran keripik pare dengan memperluas wilayah pemasaran dengan mempromosikan hasil keripik pare melalui e-commerce sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.  E-commerce Parea merupakan e-commerce yang digunakan Kube keripik pare dalam mengembangkan dan memasarkan produk dari keripik Pare tersebut. Cara kerjanya dari sistem tersebut adalah dengan melakukan transaksi jual beli secara online, agar wilayah pemasaran juga semakin luas.  
Pemanfaatan Big Data Dalam Era Teknologi 5.0 Luluk Setyowati; Deni Nasir Ahmad
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.205

Abstract

Masyarakat era 5.0 merupakan konsepsi masyarakat yang sudah melek terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan informasi kepada para peserta bahwa terjadinya gerak positif era komunikasi secara sosial dari era 4.0 menuju era 5.0. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu : a. Observasi langsung yakni pengabdi langsung datang ke lokasi pengabdian untuk memperolah data. b. Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan sistem daring dalam pemberian materi kegiatan pengabdian masyarakat. c. Melakukan evaluasi dan shering bersama untuk menemukan kesepakatan bersama dalam melakukan perbaikan lingkungan. Kegiatan pengabdian yang telah dilakukan memberikan suatu manfaat bagi mahasiswa yang akan terjun kedalam masyarakat mengenai perkembangan teknologi pada 5.0. Kesimpulan kegiatan pengabdian yaitu Perkembangan informasi 5.0 merupakan dasar peningkatan perekonomian masyarakat guna menuju masyarakat modern.
Pelatihan Pemetaan Potensi Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Maros Sulawesi Selatan Harifuddin Halim; Ibrahim Ibrahim; Rasyidah Zainuddin
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.207

Abstract

Kabupaten Maros merupakan wilayah yang kaya budaya dengan potensi alam yang indah yang berpeluang menjadi aset wisata pemerintah setempat. Banyaknya potensi wisata tersebut tidak serta merta signifikan terhadap tingkat partisipasi masyarakatnya. Oleh karena itulah, dianggap perlu untuk memberdayakan masyarakat agar mereka sadar dan terlibat dalam pengembangan pariwisata lokal yang kemudian dapat berdampak terhadap kehidupan ekonomi mereka. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pemetaan pariwisata di Kabupaten Maros. Kegiatan pengabdian ini merupakan hasil kerjasama antara ADPERTISI dengan Pemerintah Kabupaten Maros dengan lokasi pelatihan di Kecamatan Bontoa. Pengabdian ini dihadiri oleh kurang lebih 40 warga masyarakat berasal dari berbagai kelompok seperti kelompok karang taruna, kelompok pencinta desa wisata. Pelatihan ini bertujuan (1) memetakan potensi wisata di Kabupaten Maros khususnya di Kecamatan Bontoa, dan (2) menyadarkan masyarakat atas potensi kesadaran yang mereka miliki untuk berkembang menjadi lebih baik. Pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan FGD. Hasil pelatihan ini menghasilkan luaran-luaran sebagai berikut: (1) lahirnya pemetaan potensi wisata lokal di kecamatan Bontoa, (2) lahirnya banyak gagasan masyarakat tentang persoalan sosial terkait pariwisata, (3) Lahirnya kesediaan kelompok masyarakat untuk terlibat secara serius dalam mengembangkan potensi wisata lokal mereka
Pelatihan Digital Marketing untuk meningkatkan Penjualan UMKM di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros Salmiyah Thaha; St Hatidja; Hasniati Hasniati
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.208

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 16 mitra UMKM di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros dengan tujuan menambah pengetahuan peserta akan pentingnya pemasaran produk melalui media online dari  smartphone. permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah minimnya pengetahuan mengenai digital marketing atau pemasaran online. Pada sesi diskusi, para mitra UMKM dibekali dengan aplikasi yang  dibutuhkan untuk pemasaran produk secara digital dan pelatihan dalam menggunakan perangkat dan aplikasi media sosial  sehingga para pelaku UMKM dapat membuat atau menggunakan salah satu aplikasi digital  online atau beberapa  situs penjualan online dengan biaya”minimal.Salah satu contoh yang di paparkan oleh pemateri adalah teknik atau cara melakukan pengambilan foto produk yang akan ditampilkan dan dipromosikan melalui media sosial. Kegiatan sosialisasi terlaksana dengan baik dan sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM. Di akhir acara sosialisasi, masih ada peserta yang meminta waktu selama  beberapa hari ke depan untuk melakukan kegiatan serupa  dan mau mengajak temannya yang belum sempat mengikuti kegiatan supaya memiliki pengalaman yang sama.
Penyuluhan Dan Sosialisasi Perda Kota Makassar No 7 Tahun 2009 St.Hatidja Idja; Apiaty K Amin; Lina Mariana; Salmiyah Thaha
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.210

Abstract

The purpose of community service activities is to provide education and information to the people of the city of Makassar specifically in Ujung Pandang, Makassar and Rappocini sub-districts. The people of Makassar city in general are still not aware of local regulations regarding health services. Most residents of Makassar city complain about health services in the city of Makassar. And some residents only know about health services through BPJS and KIS (Healthy Indonesia Card). So it is necessary for the government to cooperate with related parties to conduct socialization and counseling of Regional Regulations regarding health services. The result of PKM activities is that participants know the regional regulation number 7 of 2009, participants are able to socialize to their environment about the regulation. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat kota Makassar khususnya kecamatan Ujung Pandang, Kecamatan Makassar dan Kecamatan Rappocini. Masyarakat kota Makassar pada umumnya masih kurang mengetahui peraturan daerah tentang pelayanan kesehatan. Sebagian besar warga kota Makassar mengeluhkan pelayanan kesehatan di kota Makassar. Dan sebagian warga hanya mengetahui pelayanan kesehatan melalui BPJS maupun KIS (Kartu Indonesia Sehat). Sehingga perlunya pihak pemerintah bekerjasama dengan pihak terkait untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan Perda mengenai pelayanan kesehatan. Hasil kegiatan PKM adalah peserta mengetahui perda nomor 7 tahun 2009,  peserta mampu mensosialisasikan ke lingkungan mereka tentang perda tersebut.
Literasi Digital Untuk Penjualan Bagi Komunitas UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang Budi Sudrajat; Fahlepi Roma Doni; Hasta Herlan Asymar
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.211

Abstract

Dimasa pandemi covid-19 yang bisa mengancam kehidupan kita baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun bernegara dan menganjurkan seluruh masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar rumah. Harapannya supaya masyarakat bisa terhindar dari virus corana atau yang lebih dikenal covid-19, maka dari itu kami dari prodi Teknik Komputer Universitas Bina Sarana Informatika melakukan Pengabdian Masyarakat dengan tema atau materi tentang Dampak Teknologi dan Literasi Digital Bagi Pelaku UMKM untuk penjualan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengan (UMKM), mengapa demikian karena hampir seluruh kegiatan ataupun aktivitas masyarakat dapat dilakukan dirumah. Misalnya dalam kegiatan jual beli dapat dilakukan dirumah, beribadah dirumah, dan juga kegiatan sosial lainnya dan seefektif mungkin kita lakukan di dalam rumah agar kita bisa terhindar dari paparan virus corona atau covid-19 tujuan dari dilakukannya kegiatan ini agar pelaku UMKM khususnya dan masyarakat pada umumnya tetap beraktifitas terutama selama masa pandemi. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang meningkat bagi peserta, memberikan perubahan dengan meningkatnya omzet dan keuntungan bagi pelaku UMKM dan dapat menambah jumlah wirausaha yang mau bergerak di bidang UMKM
Pendampingan Pengembangan Wisata Desa Blarang Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Wisma Soedarmadji; Abdul Wahid
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.212

Abstract

Desa Blarang merupakan salah satu desa yang bertempat di wilayah Kecamatan Tutur berada di ujung barat daya Kabupaten Pasuruan, yang memiliki luas wilayah 612 heaktar, dan memiliki 5 Dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Cemoro, Dusun Manggungan, Dusun Banyusari, dan Dusun Pronojiwo. Desa Blarang potensi tempat wisata dengan pemandangan alam yang menarik diantaranya bukit Lawangan, bukit Kukusan, gunung Suwati, dan gunung Tanggung. Desa wisata Blarang belum banyak wisatawan lokal secara kontinu (berkala), hal ini banyak faktor penyebabnya seperti infrastruktur belum siap dan belum adanya sistem manajemen yang baik dalam pengelola desa wisata sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Tujuan p engabdian kepada masyarakat inimelakukan pendampingan dalam pembentukan desa wisata binaan Universitas Yudharta Pasuruan di desa Blarang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan . Metode pengabdian ini dilakukan melalui Observasi dan FGD, survey wawancara, dan dokumentasi , serta memberikan sosialisasi pelatihan. Hasil pengabdian yang didapat dukungan masyarakat akan terciptanya desa wisata karena akan berdampak positif pada ekonomi masyarakat, terciptanya website desa wisata blarang .
Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum Fauzi Yusa Rahman; Erfan Karyadiputra; Agus Setiawan; Indu Indah Purnomo
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.214

Abstract

Learning media is an important part of learning activities. Books are part of learning media that can be displayed following the progress of the times and advances in technology. Teachers play a very important role in learning at school, usually teachers provide material to students using textbooks, whiteboard media or using slides on Microsoft Power Point. In the implementation of this community service activity, training for SDIT Sullamul 'Ulum teachers on how to make digital books using flipbooks, such as using existing tools, making the content in digital books presented interesting so that students are easy to understand and can be applied to Learning Activities. Based on the results of the practice carried out by the participants, it was concluded that the average expertise of 90% of participants could follow and practice in making digital learning media using flipbooks.
Pelatihan Penyusunan Modul Blended Learning Sebagai Upaya Pembelajaran Kreatif Abad 21 R. Eka Murtinugraha; Ririt Aprilin S; M. Agphin Ramadan
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.215

Abstract

Abad ke-21 adalah abad digital. Komunikasi dilakukan melewati batas wilayah negara dengan menggunakan perangkat teknologi yang semakin canggih. Kemajuan teknologi tersebut dirasakan oleh berbagai industri dan manufaktur. Namun dari berbagai bidang yang ada, pendidikan adalah bidang yang paling merasakan dampak positif terhadap kemajuan teknologi dan informasi. Salah satu penerapan pembelajaran abad 21 adalah modul blended learning. Modul berbasis blended learning akan memberikan warna baru yang dapat dengan mudah dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru. Salah satu kelebihan modul blended learning yaitu bahan ajarnya memberikan pengalaman bagi peserta didik dalam belajar mandiri dengan melakukan intruksi-instruksi untuk melakukan tugas dengan bisa mengakses materi-materi secara online. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih peserta dalam menyusun modul Blended Learning yang dapat digunakan pada pembelajaran. Peserta merupakan guru-guru SMKN 6 Kota Bekasi dan SMKN 1 Cikarang Barat sejumlah 45 orang. Peningkatan nilai dari pretest (62,22) ke posttest (69,33) menunjukkan pemahaman peserta mengenai penyusunan modul Blended Learning meningkat.
Peningkatan Kemampuan Pelaporan dan Analisis Laporan Keuangan pada PT Jaya Persada Indonesia Elmira Siska; Nurlaela Eva Puji Lestari; Lela Ervira; Siti Mabrur Rachmah
ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): ABDINE : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52072/abdine.v1i2.218

Abstract

  Abstract This Community Service activity is being carried out in collaboration with PT Jaya Perdasa Indonesia (PT JPI), a property development and agency company. Despite the fact that it has been in operation since 2014, partners continue to do traditional financial statement (not yet using an integrated system). Furthermore, financial statement analysis is a critical component that cannot be separated from the business. This is because; financial statement analysis is used to describe a company's health as well as a foundation for making strategic business decisions. The implementation of Community Service activities is divided into three stages: preparation, online implementation, and activity evaluation. This training increases participants' understanding and knowledge of the importance of producing good financial reports using an integrated system, resulting in more comprehensive financial reports. Furthermore, this training improves participants' skills and expertise in reporting, analyzing, and interpreting the results of the company's financial statement analysis.  Abstrak Kegiatan Pengabdian Masyarat ini bermitra dengan PT Jaya Perdasa Indonesia (PT JPI) yang bergerak dalam bidang pengembangan dan keagenan properti. Walapun sudah beroperasi sejak tahun 2014, mitra masih melakukan pembukuan laporan keuangan dengan cara yang konvensional (belum menggunakan suatu sistem yang terintegrasi). Selanjutnya analisis laporan keuangan merupakan elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dari perusahaan. Hal ini disebabkan karena selain digunakan untuk mengetahui gambaran terhadap sehat-tidaknya suatu perusahaan, analisis laporan keuangan juga menjadi salah satu dasar untuk mengambil keputusan strategis pada bisnis. Pelaksanan kegiatan Pengabdian Masyarat dilakukan melalui tiga tahap yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan secara daring, dan tahap evaluasi kegiatan. Pelatihan ini menambah wawasan dan pengetahuan peserta terhadap pentingnya membuat laporan keuangan yang baik dengan suatu sistem yang sudah terintegrasi, sehingga laporan keuangan yang dibuat menjadi lebih komprehensif. Selain itu, pelatihan ini juga menambah keterampilan dan keahlian peserta dalam pelaporan, menganalisis dan menginterprestasi hasil analisis laporan keuangan perusahaan.  

Page 1 of 2 | Total Record : 16