cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
redaksijse@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Social Empowerment
ISSN : 25035371     EISSN : 28096894     DOI : DOI: 10.21137/jse
Journal of Social Empowerment (JSE) sebagai wadah publikasi artikel ilmiah dari berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang berkaitan tentang pengabdian pada masyarakat. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalan satu tahun pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment" : 7 Documents clear
Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Melalui Inovasi Pembuatan Kerajinan Tangan Rajut di Wilayah Kembangan Utara Silvia; Rosita Tandos
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.865 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi Ibu PKK melalui inovasi pembuatan kerajinan tangan rajut agar dalam pembuatan keterampilan kerajinan tangan rajut yang diharapkan dapat bernilai jual tinggi. Sehingga pendapatan ibu-ibu PKK dapat bertambah dan juga menjadikan ibu-ibu PKK lebih kreatif dan juga memiliki pengetahuan serta pemahaman dalam melakukan pemanfaatan keterampilan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengamatan dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, serta studi literatur dalam menggali data. Pelaksanaan kegiatan pembuatan rajut yang telah terlaksana diantaranya sosialisasi, pelatihan dan desain rajut berupa tas, dompet. Hasil menunjukkan bahwa (1) ibu-ibu PKK sangat semangat ketika diberikan pengetahuan dan pelatihan dalam kerajinan tangan merajut, (2) kegiatan pelatihan merajut ini berjalan dengan lancar sesuai apa yang direncanakan, (3) Ibu-ibu PKK diberikan tips dan trik dalam memilih dan merawat rajutan.
Pemberdayaan Ekonomi Lapak Kuliner Kampung Wisata Bekelir melalui Media Promosi Tiktok Khairatul Jannah; Tantan Hermansah
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.965 KB)

Abstract

Pemberdayaan ekonomi adalah kekuatan individu atau kelompok dalam memenuhi kebutuhannya dari produksi dan distribusi barang untuk mencapai kesejahteraan. Atas dasar itulah peneliti melakukan penelitian terhadap Lapak Kuliner Kampung Wisata Bekelir dalam memanfaatkan Tempat Wisata sebagai penunjang ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif dan dengan data primer dan sekunder. Letak Kampung Bekelir yang strategis, karena dekat dengan Pusat kota Tangerang yang sangat padat. Sehingga kampung ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat dari kesibukan. Hal ini membuat penduduk kampung bekelir merencanakan untuk membangun tempat usaha seperti membuka tempat kuliner makanan, aneka minuman, dan kegiatan lainnya. Selain itu dengan adanya media Tiktok saat ini dijadikan senjata untuk mereka melakukan promosi Lapak Kuliner Kampung Wisata Bekelir agar bisa terkenal secara luas dimasyarakat luar. Dampak tersebut membuat pendapatan masyarakat sekitar khususnya yang melakukan usaha mengalami peningkatan pendapatan yang cukup bahkan lebih dari memenuhi kebutuhan ekonomi mereka.
Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran yang Menarik dan Interaktif dengan Classpoint Tri Astari
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.917 KB)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pembuatan media pembelajaran agar guru di seluruh Indonesia dapat mempersiapkan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa dengan memanfaatkan fitur ClassPoint. Metode yang digunakan dalam kegiatan pendampingan ini terdiri dari empat tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan reflektif. Pelatihan pendampingan berjalan dengan lancar dan diikuti oleh 28 peserta. Namun, 29% (8 orang) tidak dapat menginstal ClassPoint karena kapasitas PC/Laptop peserta tidak mencukupi, dan 71% (20 orang) berhasil. Peserta yang telah mampu membuat slide presentasi dengan topik sesuai mata pelajaran yang diajarkan dan memuat fitur interaktif ClassPoint sebanyak 13 orang. Hasil evaluasi dan refleksi yang menjadi kendala utama kegiatan antara lain PC/Laptop peserta belum mencukupi untuk menginstal ClassPoint, dan kegiatan pendampingan dilakukan secara online. Waktu yang dianggap relatif singkat dalam kegiatan pendampingan. Sehingga diperlukan rencana tindak lanjut untuk kembali mendedikasikan ClassPoint sebagai bentuk pendalaman.
A Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai upaya peningkatan Profesionalitas SDM Sekolah Penggerak di Kota Kupang Putu Agus Indrawan; Kadek Ayu Astiti; Engelbertus Nggalu Bali
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.549 KB)

Abstract

Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi kepada Guru Kelas pada Sekolah Penggerak di Kota Kupang diharapkan memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran di kelas. Selain itu, Guru diharapkan mampu menanamkan budaya positif kepada siswa agar memiliki karakter sesuai dengan Profil pelajar Pancasila.
Sharing Pengetahuan Analisis Butir Tes dan Praktiknya Menggunakan Program R Hari Purnomo Susanto; Koirul Qudsiyah; Nely Indra Meifiani; Dwi Cahyani Nur Apriyani; Taufik Hidayat; Mega Isvandiana Purnamasari
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.113 KB)

Abstract

Kalibrasi butir tes menggunakan konsep IRT masih dikuasai oleh beberapa pengajar di STKIP PGRI Pacitan. Konsep IRT memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan CTT. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu, 1) Melakukan sharing pengetahuan CTT dan IRT, 2) Pelatihan kalibrasi butir tes dengan menggunakan CTT dan IRT menggunakan program R untuk sintrumen unidimensi. sasaran dari kegiatan ini yaitu Pengajar Pendidikan program Pendidikan matematika, dan perwakilan dari setiap prodi di STKIP PGRI Pacitan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu 1) Metode Ceramah untuk menyampaikan materi pengetahuan kalibrasi dengan CTT dan IRT. 2) Metode diskusi dilakukan pada setiap pertemuan setelah materi pegetahuan dan pelatihan dilaksanakan. 3) Metode Pelatihan, dilakukan dengn mempraktikan secara langsung Langkah-langkah dlam melakukan kalibrasi butir tes dengan CTT dan pada khsusunya dengan IRT. Hasil dari kegiatan ini yaitu 1) 100 % peserta merefresh pengetahuannya tetang konsep CTT dan memiliki pengetahuan baru terkait kalibrasi butir dengan IRT. 2) 100% peserta mampu mengaplikasikan kalibrasi butir dengan IRT menggunakan program R. 3) pesrta dapat membedakan CTT dan IRT, serta kapan harus menggunakan salah satu dari konsep tersebut.
Pemberdayaan Ekonomi Desa Melalui Digitalisasi Badan Usaha Milik Desa Rina Dian Rahmawati; Lailatul Mathoriyah; M.Dzikrul Hakim; Laylatul Desia Rohmawati; Hilda Nur Roudhotul Jannah; Lubis Kurniawan
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.86 KB)

Abstract

Competence in the field of information technology is an important thing needed in this current era, where collaboration between academia and industry is needed to accelerate the realization of Industry 4.0 which is expected to have a negative impact on the economy, especially for developing countries with relatively high income levels. The Industrial Revolution also gave birth to a technology-based economy, which is commonly referred to as economic digitization. The development of village digitization is very useful and beneficial to boost the regional economy. The adoption of digital systems is said to be able to increase the potential of micro, small and medium enterprises (MSMEs). BUMDes is a legal entity created by the village for the purpose of running a business, using assets, investing in development and productivity, providing services and providing other types of businesses for the benefit of the village. BUMDes was born as a new approach to improve the village economy based on the local needs and potential of each region. The purpose of this research is to empower the village economy by utilizing information and communication technology through Village Owned Enterprises (BUMDes). In this study, combining the R&D (Research and Development) method, which is a research method used to produce certain products, and testing the effectiveness of these products with the Participatory Action Research (PAR) method. The results of this study are the optimal use of Facebook Marketplace in the efforts of BUMDes partners and MSME activists to promote products online and increase knowledge that there are several other social media that can be used as promotional media besides Facebook. Building interest in people who have businesses and MSME activists in training on the use of technology to facilitate promotion.
Penerapan Pengembangan Diri Siswa di Sekolah Dasar Melalui Pembuatan Batik Vit Ardhyantama; Lina Erviana; Wisnu Dwi Prabowo; Siti Anisah; Mega Isvandiana Purnamasari
Journal of Social Empowerment Vol. 7 No. 2 (2022): Journal of Social Empowerment
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.589 KB)

Abstract

Pendidikan adalah upaya mengarahkan pengembangan kepribadian manusia sesuai hakikatnya agar menjadi insan kamil dalam rangka mencapai tujuan akhir kehidupannya. Kegiatan pengembangan diri pada anak usia Sekolah Dasar harus senantiasa berorientasi pada kebutuhan anak. Tujuan pelaksanaan abdimas ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil pengembangan diri siswa Sekolah Dasar melalui kegiatan membatik dan aspek pengembangan diri apa yang muncul dalam proses membatik. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Yakni metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Pengembangan diri siswa di Sekolah Dasar melalui kegiatan membatik menggunakan Ecoprint mampu mengembangkan kerjasama dan kemampuan motorik halus siswa. Aspek pengembangan diri yang muncul dalam proses membatik menggunakan Ecoprint yakni kreativitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 7