cover
Contact Name
Christine Diah Wahyuningsih
Contact Email
garuda@apji.org
Phone
+6287832428937
Journal Mail Official
isipuntag@gmail.com
Editorial Address
Jln Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Cidea Journal
ISSN : 29626544     EISSN : 29637317     DOI : 10.56444
Core Subject : Science,
Ruang lingkup kajian jurnal mencakup bidang kreativitas dan inovasi dalam dunia bisnis, termasuk di dalamnya antara lain : 1. Pengembangan Bisnis 2. Kewirausahaan 3. Pemasaran 4. Perilaku Konsumen 5. SDM 6. Digital Bisnis 7. Manajemen Keuangan Bisnis 8. Inovasi dan Kreativitas
Articles 28 Documents
ANALISIS STRATEGI ONE STOP SHOPPING DALAM MEMENUHI KEPUASAN PELANGGAN SUMMARECON MALL BEKASI Catarina Cori; Tresia Tresia
CiDEA Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i1.76

Abstract

Keberhasilan suatu usaha dapat dicapai diantaranya melalui pemenuhan kepuasan pelanggan. Dalam memenuhi kepuasan pelanggan, perusahaan harus memiliki strategi salah satunya adalah pemasaran. Pemasaran dalam suatu perusahaan selain bertindak dinamis harus selalu menerapkan prinsip-prinsip unggul dan perusahaan harus meninggalkan kebiasaan lama yang sudah tidak berlaku lagi dan terus berinovasi salah satunya One Stop Shopping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi One Stop Shopping untuk memenuhi kepuasan pelanggan Summarecon Mall Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pemasaran One Stop Shopping yang memiliki indikator yang terdiri dari pelayanan, kelengkapan produk, dan fasilitas dapat memenuhi kepuasan konsumen yaitu pengunjung Summarecon Mall Bekasi. Hal ini terlihat dari strategi pemasaran One Stop Shopping yang diterapkan oleh Summarecon Mall Bekasi untuk menarik minat konsumen agar lebih memilih berbelanja di Summarecon Mall Bekasi dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, menyediakan tenaga penjual yang ramah dan baik, menciptakan tata letak yang rapi, harga yang terjangkau, menciptakan suasana yang aman. suasana dan nyaman, dan melakukan one stop service. Dengan adanya strategi pemasaran One Stop Shopping yang diberikan/dibuat oleh Summarecon Mall Bekasi dapat meningkatkan penjualan dan berdampak positif terhadap penjualan, serta konsumen merasa terbantu dan memberikan respon yang positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh Summarecon Mall Bekasi.
Bagaimana Kepuasan Memediasi Citra Merek Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet OVO Alya Takwarina Cahyani; Maliki Aji Prakoso; Murdiansyah Herman
CiDEA Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i1.77

Abstract

Pada saat ini dunia semakin berkembang dan kemajuan IPTEK tidak bisa dihindarkan karena hampir seluruh kehidupan berkaitan dengan teknologi. Termasuk pembayaran melalui telepon seluler telah menjadi cara pembayaran termudah, menggantikan cara pembayaran tradisional. Kemajuan teknologi menyebabkan konsumen bergantung pada seluler karena lebih cepat, lebih mudah, dan praktis untuk melakukan transaksi sehari-hari dengan menggunakan ponsel. E-wallet adalah salah satu metode yang kuat untuk melakukan pembayaran melalui online, pengguna sadar bahwa menggunakan e-wallet dapat membantu transaksi keuangan menjadi sederhana dan cepat. Dalam hal aplikasi keuangan, keamanan/ kerahasiaan privasi sangat penting di era digital di antara kelompok generasi milenial.
FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING PADA MASA PANDEMI COVID-19 FACTORS AFFECTING IMPULSE BUYING DURING THE COVID-19 PANDEMIC Mochamad Hangga Novian
CiDEA Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i1.80

Abstract

Soft Kopi adalah sebuah kedai kopi yang berlokasi di Kendal. Seperti kebanyakan kedai kopi lainnya, Soft kopi ini menyediakan berbagai macam seduhan kopi dan menu andalannya. Dalam aktivitas usahanya peneliti menemukan beberapa masalah dalam pemasarannya. Hambatan yang dihadapi Kedai Kopi Soft Kopi dimasa pandemi adalah tingkat penjualan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik produk dan karakteristik pemasaran terhadap Impulse Buying di kedai kopi Soft Kopi Kendal. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian,menunjukan bahwa kualitas produk yang disajikan oleh kedai kopi Soft Kopi semuanya sudah baik, ini artinya kedai dapat memuaskan konsumen yang datang berkunjung, namun ada beberapa aspek yang membuat konsumen sedikit tidak puas untuk berkunjung ke kedai kopi. Saran yang dapat diberikan pada pemilik Soft Kopi diharapkan dapat meningkatkan kembali strategi pemasaran yang lebih baik sehingga dapat menarik pelanggan baru untuk berkunjung ke Soft Kopi.
PENGARUH KUALITAS PRODUK SMARTPHONE IPHONE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PT. DATA CITRA MANDIRI (IBOX) CABANG MENTENG CENTRAL Teddy Teddy; Shilvya Shara Lisa
CiDEA Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i1.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan sejauh mana pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang Menteng Central. Kualitas produk sangatlah menentukan loyalitas konsumen demi menarik konsumen agar terus menggunakan produk dari smartphone iphone. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif pencarian data dengan menggunakan buku-buku referensi yang berhubungan dengan masalah yang sesuai dengan judul jurnal ini, dengan melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan data melalui penyebaran kuisioner kepada customer pengguna smartphone iphone yang membeli di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang Menteng Central. Populasi dari penelitian ini adalah customer di PT Data Citra Mandiri (iBox) Cabang menteng Central. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti bahwa variabel kualitas produk smartphone iphone mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan dari uji koefisien determinasi menunjukan kualitas produk smartphone iphone memberikan kontribusi terhadap variabel loyalitas konsumen sebesar 75%.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN SISTEM REWARD TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DRIVER GRAB BIKE (STUDI PADA KOMUNITAS GRAB BIKE RUMPUN ONLINE SEMARANG) Muhammad Whisnu Agitia; Nadia Dwi Irmadiani
CiDEA Journal Vol. 1 No. 1 (2022): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i1.85

Abstract

Faktor – faktor yang mempengruhi produktivitas kerja driver Grab bike komunitas rumpun online Semarang yaitu komitmen organisasi dan system reward. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris yang menunjukan bahwa komitmen organisasi dan sistem reward secara simultan maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja driver Grab bike studi pada komunita srumpun online Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai kumulatif komitmen organisasi aadalah sebesar 89,29% yang bermasuk dalam kategori tinggi. Nilai kumulatif system reward adalah 76,83% yang termasuk dalam kategori tinggi, dan nilai kumulatif produktivitas kerja adalah 83,94% yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi ganda pengaruh komitmen organisasi dan sistem reward terhadap produktifitas kerja driver Grab bike adalah sebesar 0,750. Hasil uji F sebesar 43,7 (> F tabel 3,13), yang menunjukkan bahwa komitmen organisasi dan sistem reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja driver Grab bike (studi pada komunitas rumpun online Semarang) secara parsial dan simultan.
Analisis Hubungan Antara Digital Entrepreneurship, Marketing Mix dan Tam, Terhadap Kinerja Pemasaran Bumdes Nerang Jaya M. Zakaria Dzul Fikri; Ratih Hesty Utami; Qristin Violinda
CiDEA Journal Vol. 1 No. 2 (2022): Desember : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v1i2.572

Abstract

This research is motivated by the performance of BUMDES marketing during the 4.0 revolution, entering the era of modern development of digital information and communication technology, especially the internet, which seems to be a primary human need and is almost involved in daily activities. In today's all-digital situation, the right promotion strategy is needed to increase sales. The purpose of this study was to determine the effect of digital entrepreneurship, marketing mix and technology acceptance models on the marketing performance of BUMDES Nerang Jaya. The quantitative method used is a technique of collecting, processing, simplifying, presenting and analyzing data in order to provide an overview of an event through the distribution of questionnaires which are carried out and expressed in the form of numbers, so that they can be measured and calculated. The number of samples used were 95 respondents. This study uses the SmartPLS 3.0 program to process data.
Pengaruh Inflasi dan Nilai Tukar (Kurs) Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Perbankan Syariah di Indonesia Aas Ariska; Alfi Nihayatul Rohmah; Agus Eko Sujianto
CiDEA Journal Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v2i2.734

Abstract

Over time, Islamic banking is growing more rapidly, this phenomenon also affects the economic system in Indonesia. This study aims to determine the effect of inflation and exchange rates on mudharabah financing in Islamic banking in Indonesia. This research is a quantitative study using time series data. The data used is secondary data obtained from the official website of Bank Indonesia (BI) and the Central Bureau of Statistics (BPS). The samples used in this study are inflation, exchange rates and mudharabah which are annual historical data starting from 2013-2021. The data analysis technique is using multiple regression analysis with the Ordinary Least Square (OLS) method. This study shows the results that inflation has a significant negative effect on mudharabah financing. Meanwhile, the exchange rate does not have a significant effect on mudharabah financing.
Analisis Rekrutment dan Penempatan Kerja pada Kinerja Karyawan Perusahaan Trans Berjaya Sri Mulyeni; Santi Santi; Lien Nurliah; Imas Siti Masitoh; Hanifah Sukmana; Sobarna Kartamihardja
CiDEA Journal Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v2i2.756

Abstract

The research explains the relationship between employee recruitment and work placement on employee performance at CV Trans Berjaya, the research sample used is a saturated sample because population under 100. The research instrument used a questionnaire, tested data through partial and simultaneous tests, multiple regression test using SPSS 25 software. Partial test results revealed that variabel X1 recruitment affected employee performance by 0,722 or 72,2% and variable X2 work placement influenced performance employees by 0,631 0r 63,1%. And the simultaneous test of recruitment and work placement variables on employee performance has an impact of 0,731 or 73,1%. Thus, the performance of Trans Berjaya employees is influenced by recruitment and job placement. Variables X1 and X2 have a positive and significant effect variable Y.
Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint Alimatuts Satdiah; Elmira Siska; Natal Indra
CiDEA Journal Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v2i2.775

Abstract

This study aims to analyze the effect of price, product quality on the decision to buy paint at the Paint De'lucent Paint shop. This research design uses a quantitative approach. Samples were taken by accidental sampling technique which was collected by distributing questionnaires when the buyer was shopping at a paint shop. The analytical method used is validity and reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing by processing using the SPSS program. The results of this study show that price has a negative but not significant effect on, while purchasing decisions have a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, both price and product quality affect the decision to buy paint
Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Biro Umum Pengadaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian RI Nanda Amelia Agustina; Elmira Siska; Natal Indra
CiDEA Journal Vol. 2 No. 1 (2023): Juni : CiDEA Journal
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56444/cideajournal.v2i1.790

Abstract

This study focuses on determining the effect of compensation, work discipline, work environment on the work productivity of employees of Biro Umum Pengadaan in Sekretariat Jenderal of the Republic of Indonesia using quantitative approaches. The sampling technique uses simple random sampling and the number of samples obtained by 53 respondents using questionnaires. In data processing using SPSS 26.0 software data instrument tests, multiple linear regression analysis, and hypothesis tests. Based on the results of simultaneous research, it was found that compensation, work discipline and work environment have a positife and significant effect on work productivity of employees of Biro Umum Pengadaan in Sekretariat Jenderal of the Republic of Indonesia.

Page 1 of 3 | Total Record : 28