cover
Contact Name
M Rusli B
Contact Email
mruslib@gmail.com
Phone
+6285242908070
Journal Mail Official
pusdig.id@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Lumandi Permai Blok B19, Kec. Wara Selatan, Palopo
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 28087224     DOI : https://doi.org/10.54065/28087224
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat (IPMAS) merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan Hilirisasi Hasil Penelitian, implementasi teknologi tepat guna, dan kebijakan tentang pemberdayaan masyarakat. Fokus Kajian & ruang lingkup, Seperti (1) Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, (2) Pemberdayaan Masyarakat Mitra (Petani, Nelayan, UMKM, dll), (3) Pemberdayaan Masyarakat Mitra Non Profit (Sekolah, PKK, Komunitas, dll), (4) Pengembangan Desa/Wilayah Berbasis Science Techno Park, (5) Inovasi Kewirausahaan, Digital Marekting, E Commerece, (6) Pengembangan Produk Unggulan Daerah, dll
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember" : 10 Documents clear
Pendampingan Proses Penambangan Mata Uang Digital Untuk Pemuda di Kota Makassar Faidul Adzim; Ahmad Harakan; Muhammad Zia Ul Haq; Abdan Syakur
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.93

Abstract

Peminat para pelaku pertambangan saat ini semakin meningkat, hal ini dikarenakan besarnya peluang untuk mendapatkan keuntungan melalui kegiatan pertambangan tersebut. Setiap tahun, semakin banyak penambang berduyun-duyun ke jaringan bitcoin, membuat penambangan lebih kompetitif. Namun dalam proses penambangannya banyak pemula menemui kendala. Kendala yang sering ditemui adalah kurangnya pemahaman para miner pemula dalam optimasi mesin mining dan mengikuti proses update yang harus selalu terpantau agar dapat terus melakukan aktivitas mining coin pada blok baru di jaringan terupdate. Dengan kendala tersebut maka perlu pendampingan penambang pemula di Kota Makassar sebagai bentuk pemberdayaan dan penguatan digitalisasi UKM berbasis digital. Kegiatan pendampingan mining cryptocurrency untuk pemula ini diikuti oleh 33 peserta dari berbagai daerah dan pelaksanaan kegiatan mentoring mining cryptocurrency dibagi menjadi dua sesi; Materi pengenalan Cryptocurrency dan bantuan untuk memulai proses penambangan cryptocurrency melalui Tab Crypto
Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Syariah UKM Ajjulukana di Desa Tamalate Kabupaten Takalar Mahmud Mahmud; Muhammad Nur Rasyid; Abdul Khaliq; Nasrullah Nasrullah; Muhammad Yusuf Alfian Rendra
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.94

Abstract

Permasalahan yang hadapi mitra yaitu keterbatasannya alat yang dimiliki sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk produksi yang relative besar, keterbatasannya pengetahuan dalam mengatur keuangan dan kesulitan untuk memasarkan produknya melalui sosial media. Adapun solusi yang ditawarkan kepada mitra dalam bidang produksi yakni pembelian alat produksi yang dibutuhkan seperti freezer untuk menyimpan stok ikan, kompor untuk menambah kapasitas dalam produksi serta oven untuk proses pemanasan. Sementara solusi untuk bidang manajemen yakni pendampingan penyusunan laporan keuangan berbasis Syariah sesuai standar akuntansi Syariah. Terkahir solusi untuk masalah di bidang pemasaran yakni membantu mitra untuk mendaftarkan produk yang telah dibuat pada merchant online seperti shoope, Lazada, dan aplikasi lapak online yang lain yang sejenis. Setelah dilaksanakan PKM maka pihak UKM Ajjulukana dapat menerapkan manajemen usaha dengan baik. terlihat adanya peningkatan perkembangan knowledge (pengetahuan) mengenai penyusunan laporan keuangan secara sederhana, meskipun masih tahapan membuat bukti kas keluar, membuat buku kas harian atas pengeluaran dan pemasukan sampai pada membuat laporan laba Rugi.
Pelatihan Literasi Digital Bagi Guru SMPN 7 Palopo Fitrah Al Anshori; Eva Sohriati; Sukmawati Syam; Muhammad Rusli Baharuddin
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.95

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk 1) Memberikan pengetahuan mengenai program literasi digital dari pemerintah, 2) Memudahkan guru dalam menemukan sumber buku bacaan yang terbaik dan murah serta akurat melalui gramedia digital, 3) Memberikan kemudahan bagi guru untuk menemukan penelitian untuk membantu dalam membuat penelitian dan mempublikasikan di jurnal secara online, 4) Memenuhi salah satu kewajiban tridarma perguruan tinggi yaitu melakukan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini dilaksanakan di aula SMPN 7 Palopo dengan melibatkan 32 orang guru dan kepala sekolah. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, tanya jawab, praktek dan diskusi mengenai aplikasi gramedia online dan pencarian jurnal penelitian. Peserta mengikuti pelatihan menggunakan handphone dan laptop masing – masing. Tim pelaksana berkesimpulan bahwa kegiatan pelatihan literasi digital ini telah berjalan sesuai dengan rencana dan telah mencapai tujuan yang diinginkan yaitu terjadi peningkatan kemampuan literasi digital peserta pelatihan.
Pembinaan Masyarakat Pesisir Melalui Program Integrasi Berbasis Ecosmarthealth Preneurship di Desa Tamasaju Kabupaten Takalar Sitti Hadijah; Andi Husnul Khatimah Amin; Dian Pramana Putra
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.96

Abstract

Desa Tamasaju merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar. Posisi Desa Tamasaju yang bersentuhan langsung dengan selat makassar menjadikan Desa Tamasaju merupakan daerah pesisir yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar memiliki potensi yang menjanjikan antara lain hasil laut yang melimpah, hasil laut ini sudah dikelola dan dimanfaatkan sejak dahulu oleh masyarakat. Akan tetapi, kekayaan atau potensi alam di Desa Tamasaju tidak semuanya dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah setempat. Keunggulan yang dimiliki seharusnya bisa membuat kesejahteraan mitra sudah lebih baik. Metode yang digunakan yaitu metode kerja kolaborasi antara Masyarakat, nelayan, guru, mahasiswa dari lembaga LKIM-PENA, pihak kampus, dosen pendamping dan pemerintah setempat serta mitra yang yang berkaitan dengan kegiatan. Jenis kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tim PHP2D dari Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) kepada kelompok masyarakat pesisir yaitu kegiatan sosialisasi, kegiatan focus group discussion (fgd), kegiatan workshop media pembelajaran, kegiatan pemberian materi & aplikasi media pembelajaran, kegiatan workshop digital marketing, kegiatan penyuluhan kesehatan, kegiatan pelatihan pembuatan alat pengering ikan, kegiatan pembuatan abon ikan tuna, kegiatan workshop branding produc dan pengurusan PIRT. Keberlanjutan pasca pelaksanaan program telah kami rancang tidak hanya berakhir pada kegiatan pelatihan, namun tim mendampingi masyarakat dalam mengembangkan usaha ikan kering dan abon ikan tuna. Kami berharap usaha ini dapat berkembang dan membantu perekonomian masyarakat desa.
Kampung Inggris Pakatto: Menyulap Desa Pakatto Menjadi Destinasi Eduwisata Melalui Pembinaan Pemuda Desa Berbasis Edukasi dan Wisata Besse Arma; Sarah Latifah
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.97

Abstract

Program berikut yakni kegiatan membangun Desa dari segi pengetahuan bahasa serta meningkatkan Desa dari lingkup wisata. Sarjana bahasa inggris di Desa adalah sasaran utama program Kampung Inggris sebagaimana diperlukan kesadaran pemuda untuk peningkatan mutu Edu-Wisata Desa Pakatto. Pendaftaran Kampung Inggris tersedia dalam bentuk pendaftaran online serta offline serta peserta yang diterima dari semua kalangan. Hal ini membuka peluang bagi Desa Pakatto untuk dikenal lebih luas utamanya pada bidang bahasa serta wisata alam
Mengenal dan Mendampingi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Sekolah Ramah Anak Muhammad Yunus; Husain As Husain As; Ahmad Hasyim; Muhammad Yahya; Sapinah Sapinah
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.99

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai pendidikan inklusi di sekolah formal bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Kegiatan dilakukan dengan memberikan sosialisasi secara online melalui zoom dan youtube STKIP Pembangunan Indonesia. Peserta yang mengikuti kegiatan berasal dari kalangan dosen, guru, mahasiswa, dan umum. Kegiatan ini diharapkan menjadi media kepada masyarakat agar pembelajaran inklusi bisa diberika secara tepat. Pendidikan inklusi ini diharapkan bisa menjadi pembuka jalan untuk anak Indonsia yang berkebutuhan khusus bisa bersekolah dan berdampingan bersama dengan anak normal tanpa ada stigma negativ bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Antusiasnya peserta yang ikut dalam kegiatan ini memberi banyak saran agar kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan membahas kurikulum pendidikan inklusi, metode pembelajaran dalam pendidikan inklusi, dan beberapa masukan dalam membahas jenis jenis anak ABK yang umum dijumpai
Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Optimalisasi Lahan Kosong Sebagai Upaya Pendukung Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid 19 Kelurahan Songka Kota Palopo Ridha Yulyani Wardi; Nurasia Nurasia; Besse Helmi Mustawinar
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.101

Abstract

Kegiatan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga (IRT) dalam mengoptimalkan lahan kosong sebagai upaya mendukung ketahanan pangan di masa pandemi Covid 19 di Desa Songka Kota Palopo ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan motivasi kepada para ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Songka Kota Palopo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan terhitung mulai bulan November sampai dengan Desember 2021. Tahapan dalam pengabdian ini adalah tahap persiapan yang meliputi pengamatan dan penyiangan lahan. Tahapan pelaksanaan terdiri dari peremajaan lahan, pengaplikasian kompos pada lahan untuk meningkatkan kesuburan tanah, proses penanaman bibit tanaman berupa tanaman jangka pendek seperti kangkung, bayam merah, kacang panjang dan lain-lain. Tahap selanjutnya adalah tahap pemeliharaan dan pemanenan. Kegiatan dilanjutkan dengan tahap evaluasi, penyusunan laporan dan penerbitan artikel di jurnal nasional serta penerbitan artikel HKI.
Pendampingan Penyusunan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit Guru dan Penelitian Tindakan Kelas Pada SDN 49 Mappatongko Kota Palopo Akramunnisa Akramunnisa; Hardiana Hardiana; Andi Kilawati
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.102

Abstract

Pengajuan pangkat guru dengan sistem angka kredit menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Namun, Kenyataannya menunjukkan, hambatan sebagian besar Guru pada Sekolah Dasar dalam memenuhi angka kreditnya. Kegiatan ini memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SDN 49 Mappatongko. Kegiatan pertama diawali dengan memberikan materi pelatihan kepada guru berupa unsur-unsur Daftar Usul Penetapan Angka Kredit dan materi PTK serta Publikasi Ilmiah. Selanjutnya kegiatan kedua penelusuran ide-ide penelitian menggunakan handout dan melakukan pendampingan dalam proses penyusunan PTK kepada guru yang akan mengajukan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit. Pada proses pendampingan mengacu kepada materi yang telah disusun dalam bentuk buku panduan berdasarkan pelatihan pada kegiatan pertama dan kedua. Jadi, secara keseluruhan kegiatan abdimas ini dilaksanakan dalam 2 bentuk kegiatan selama 2 kali pertemuan. Indikator capaian kegiatan ini guru-guru SDN 49 Mappatongko mampu menyusun Laporan PTK dan adanya artikel ilmiah
Pelatihan Baca Tulis Aksara Lontara Berbasis Kearifan Lokal di Rumah Baca Akkitanawa Kabupaten Luwu Andi Kilawati; Rusdiana Junaid
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.103

Abstract

Aksara Lontara merupakan salah satu prestasi peradaban yang harus dibumikan mulai jengang sekolah dasar, namun faktualnya siswa SD dan SM di lingkungan Pattedong masih belum menguasai baca tulis aksara ini. Pengabdian ini hadir memberikan pelayanan kepada siswa binaan di rumah baca Akkitanawa kecamatan Ponrang Selatan untuk revitalisasi baca tulis aksara Lontara’ pada jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Rumah Baca Akkitanawa Kabupaten Luwu. Sasaran Program ini adalah 9 orang siswa Sekolah Dasar dan 5 Orang siswa Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini menggunakan pendekatan kearifan lokal yang dengan mengusung keunggulan lokal daerah di kabupaten Luwu. Pelatihan dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu : a) pelatihan aksara lontara menngunakan metode Sulo (Sulawesi Lontara) yang dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dengan rincian kegiatan: 1) Penguasaan Indoq sure/induk aksara dengan menggunakan metode SULO, 2) penguasaan anaq sure’ (penanda vokal) dengan menggunakan metode SULO, 3) penguasaan kombinasi antara anaq sure’dengan indo’Sure’ menggunakan metode SULO dan 4) menulis karya ber-aksara Lontara, bentuk ke-2 kegiatan ini adalah lontara camp yang dilaksanakan selama 1 kali camp pada tanggal 18 Novemver 2021. Jadi, secara keseluruhan kegiatan abdimas ini dilaksanaka dalam 2 bentuk kegiatan selama 5 kali pertemuan. Indikator capaian kegiatan pelatihan baca tulis aksara lontara ini merujuk/berdasar pada indikator membaca dan menulis permulaan konten aksara Lontara.
Pendampingan dan Pengenalan Metode Ajar Interaktif dengan Augmented Reality untuk Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar Muhamad Idham Rusdi; Dianradika Prasti; Abdul Rais
Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Vol. 1 No. 3 (2021): September - Desember
Publisher : Pustaka Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54065/ipmas.1.3.2021.104

Abstract

Penggunaan teknologi Augmented Reality pada dunia pendidikan menjadi sangat berkembang dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, dengan banyak manfaat diantaranya meningkatkan minat, motivasi, interaksi, kepuasan dan pengalaman siswa dalam belajar. Aplikasi media pembelajaran buku tematik Kelas 1 SD berbasis Augmented Reality merupakan hasil penelitian yang dapat menjadi materi bantu dalam pelajaran ditingkat Sekolah Dasar. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini telah dilakukan penerapan aplikasi mefia ajar berbasis augmented reality sebagai media ajar interaktif untuk kelas 1 pada SD Negeri 1 Lalebbata, di mana sekolah ini menerapkan kurikulum 2013 dan terdapat tema 2 kegemaranku yang memuat subtema gemar berolah raga, gemar bernyanyi dan menari, gemar menggambar dan gemar membaca. Melalui metode ceramah, tanya jawab dan praktik simulasi menggunakan aplikasi augmented reality langsung kepada siswa tingkat kelas 1 (satu) dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa saat pelaksanaan kegiatan dapat mempercepat pemahaman dan penyampaian materi sub tema 1 Gemar berolah raga, selain juga sebagai alternatif dan penambah media pembelajaran buku teks yang telah ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 10