cover
Contact Name
Izzat Pratama
Contact Email
jurnal.swarna@gmail.com
Phone
+6287843305581
Journal Mail Official
jurnal.swarna@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tawak-Tawak Karang Sukun, Mataram - NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 2963184X     EISSN : 2963184X     DOI : https://doi.org/10.55681/swarna
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023" : 13 Documents clear
PELATIHAN POTENSI DESA (PEPAYA DAN UBI JALAR) DAN PENGUATAN KAPASITAS BUMDES BALU Fransina Nomleni; Gabriela Elysia Hetharia
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.987

Abstract

Pengolahan Abon pepaya dan keripik ubi jalar ini dapat mendorong pengelolaan dan peningkatan kapasitas BUMDes sebagai produk yang dijadikan salah satu alternatif pemanfaatan potensi lokal dalam peningkatan BUMDes. Hal ini juga dapat meningkatkan penanganan Kesehatan dan ketahanan ekonomi dan pangan keluarga. Pelatihan diharapkan adanya peningkatan kapasitas BUMDes serta meningkatnya taraf hidup masyarakat. Penguatan ekonomi masyarakat melalui penggalian potensi Desa. Target yang dihasilkan produk Abon Pepaya dan keripik ubi berbagai rasa. Tujuan dari PKM DPL menghasilkan peningkatan kapasitas BUMDes, peningkatan pengetahuan pembuatan Abon Pepaya dan keripik dengan berbagai rasa dan peningkatan kerjasama UKAW dan mitra. Metode yang digunakan: penyuluhan dan penyadaran dan manajemen Bumdes, pengelolaan produk, rancangan produk (pengemasan), pemasaran dan pendampingan berkelanjutan. Hasilnya dari kegiatan ini adalah adanya kesadaran dari para aparat Desa dalam hal ini pengurus BumDes untuk memajukan pengurusan dan pengelolaan BumDes yang sudah terbentuk namun tidak berjalan dengan baik. Adanya juga peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta keterampilan dalam pengelolaan abon pepaya dan kripik bagi ibu-ibu di Desa Balu maupun pengurus BumDes untuk meningkatkan pengelolaan BumDes.
PELATIHAN MEMPRODUKSI STIK PEPAYA SEBAGAI ALTERNATIF USAHA BAGI MASYARAKAT DUSUN PADAMARA Sabahiyah Sabahiyah; Sri Wahyuni; Niswatul Hasanah; Ihwan Ihwan
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.988

Abstract

Pepaya merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Dusun Padamara, namun buah pepaya memiliki nilai jual yang rendah dan permintaan konsumen masih sedikit. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, ibu-ibu di Dusun Padamara diberikan pelatihan tentang cara memproduksi makanan dari pepaya sehingga dapat bernilai jual tinggi. Produk yang dihasilkan berupa stik pepaya untuk dijadikan sebagai alternatif usaha dan nantinya dapat menambah pendapatan keluarga. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 21 September 2023 dan diikuti oleh 15 orang peserta. Peserta kegiatan merupakan masyarakat Dusun Padamara Desa Pringgabaya. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil evaluasi dari kegiatan ini menunjukkan bahwa semua peserta berpartisipasi aktif untuk mengikuti kegiatan pelatihan, memiliki keseriusan dan ketekunan serta mendapatkan respon positif. Evaluasi produk menunjukkan bahwa stik pepaya yang dihasilkan tampilannya bagus, teksturnya renyah, rasanya enak dan aromanya sedap.
PENINGKATAN KUALITAS PRODUK UMKM MITRA KADIN SURAKARTA Miftachul Ma’arif; Adnan Effendi; Reza Rahardian; Yong Dirgiatmo; Hidajat Hendarsjah
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.989

Abstract

Indonesia mendapatkan sokongan besar PDB dari UMKM baik skala Mikro, Kecil dan Menengah. Namun sayangnya hal tersebut belum sejalan dengan perkembangan UMKM yang cenderung masih bersifat Tradisional dalam pengelolaannya. Hal tersebut senada dengan pelaku UMKM Mitra Kadin Surakarta yang memiliki kecenderungan minim dalam proses pengembangan produk. Pengembangan produk menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja. Dengan adanya Pengembangan Produk, diharapkan segmen pasar UMKM dapat diperluas untuk mendapatkan potensi pendapatan yang semakin tinggi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM MItra Kadin dalam proses pengembangan Produk yang lebih kompleks. dengan menggunakan metode Plan, Do, Check, Analysis, diharapkan Produk-produk UMKM semakin berkembang dan mampu menciptakan value added sebagai keunggulan bersaing dalam dunia bisnis.
PROGRAM PELATIHAN PELAYANAN PRIMA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MELALUI APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SDN 87 DAN SDN 22 KOTA JAMBI Failasofah Failasofah; Mayasari Mayasari; Nunung Fajaryani; Masbirorotni Masbirorotni; Reny Heryanti
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.990

Abstract

Sepanjang pengamatan dilakukan di SDN 87 dan 22 Kota Jambi Kecamatan Danau Telauk Kota Jambi, ditemukan permasalahan klasik yakni proses pembelajaran yang berorientasi pada penguasaan materi pelajaran dan tidak memperhatikan substansi, makna atau nilai yang terkandung dari materi pelajaran. Permasalahan lainnya ditemukan perbedaan-perbedaan gaya belajar peserta didik yang menjadi ciri khas dalam membentuk struktur pengetahuannya, berkurangnya jumlah permintaan atau jumlah peserta didik yang masuk di sekolah tersebut karena masyarakat sekitar beranggapan bahwa kurangnya pelayanan dan kualitas pembelajaran yang diterima di sekolah tersebut mengingat jumlah yang masuk ke sekolah tersebut semakin berkurang. Sehingga seharusnya guru memberikan pelayanan yang prima bagi peserta didik yang memiliki karakteristik belajar yang berbeda tersebut. Metode analisis dilakukan secara analisis SWOT, survey pelaksanaan pelayanan prima. Perancangan yang dilakukan: 1). Frame work penerapan pelayanan prima berbasis digital melalui aplikasi “rumah Belajar”; 2). Model pelayanan prima yang diterapkan; 3). Intervensi peserta didik dengan mendesain tampilan kebutuhan peserta didik 4) Komunikasi guru dan peserta didik; 5) Implementasi; dan 6) Pengukuran. Adapun hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa 1) pelayanan prima pembelajaran berbasis digital melalui aplikasi “rumah belajar” bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada di sekolah SDN 87 dan SDN 22 Kota Jambi. Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan masyarakat terkait kurang maksimalnya para guru dalam memberikan pembelajaran karena terhambat teknologi. Untuk itu, pengabdian ini membina dan melatih guru-guru agar dapat mengoperasikan media digital melalui aplikasi “rumah belajar” dalam proses pembelajaran sebagai wujud dari bentuk pelayanan prima yang diberikan sekolah tersebut kepada masyarakat, dan 2) Dari hasil evaluasi dan monitoring diketahui bahwa diterapkannya pelayanan prima melalui media digital aplikasi “rumah belajar” yang dilakukan penyelenggara pendidikan dalam hal ini SDN 87 dan SDN 22 Kota Jambi dapat disimpulkan bahwa kesulitan peserta didik dalam belajar, kegundahan orang tua dalam menghadapi anaknya yang kesulitan belajar, dan peserta didik juga merasa puas terhadap jawaban guru dari kesulitan peserta didik yang dialami, yang pada akhirnya guru adalah sebagai pelayan peserta didik.
PENGEMBANGAN KAPASITAS KEPEMUDAAN DI SUMATERA BARAT MELALUI WORKSHOP BRANDING DAN DIGITAL MARKETING Haris Satria; Dwi Mutia Sari; Budiwirman Budiwirman; Eko Purnomo
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.992

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengembangkan kapasitas kepemudaan di Sumatera Barat melalui workshop branding dan digital marketing. Adapun mitra dalam pelaksanaan workshop yaitu DPD KNPI Sumatera Barat. Metode workshop menggunakan pendekatan student centered learning (SCL), dilaksanakan secara offline/ tatap muka dan dibagi menjadi dua sesi yang menghadirkan praktisi branding dan digital marketing. Luaran workshop yaitu menghasilkan new knowledge dan new strategy dalam pengembangan bisnis berkelanjutan untuk anak muda. Implementasi branding dan digital marketing dapat dilaksanakan dengan sinergi dan kolaborasi yang dilaksanakan secara masif.
FINANCIAL MANAGEMENT AND FINANCIAL REPORTING TRAINING FOR SMALL BUSINESSES IN NEGERI KEDAH Hamdi Agustin; Halimahtussakdiah Halimahtussakdiah; Haswari Hasan
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.994

Abstract

The problems faced by small business actors in Kedah Malaysia are: 1. The lack of knowledge of business actors regarding business financial management, such as business and household finances are still mixed up. 2. Bookkeeping is still kept simple in their efforts. The problem that often occurs in small businesses is that household finances often get mixed up with business finances. The same thing happened with businesses in Kedah, Malaysia. This problem raises the problem of not being able to determine the results of operations precisely. This may occur due to a lack of knowledge or understanding of business actors regarding the recording of their business finances or they may consider this financial separation to be less important. The solution that can be done is training to make bookkeeping so that they can accurately calculate and know the profit or loss of their business results. With this financial report, it will be possible to carry out Financial Management and Financial Reporting to manage small business finances in Kedah Malaysia. The target of this Community Service program is: business actors in Kedah Malaysia are able to do bookkeeping properly and have the skills to record financial items correctly. The output produced in this activity is the ability of business actors to properly record, book and report finances in order to obtain maximum profit from operations. Seeing the resulting output, it is hoped that business actors in Kedah Malaysia will be able to develop their business more.
PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SMP WAINGGAI Riwa Rambu Hada Enda; Yohana Makaborang; Delti Rambu Lunga; Hernida Hada Inda; Anisa Safitri Tanggu Hana
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.996

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing wajib yang dipelajari di Indonesia di tingkat SMP dan SMA. Di tingkat SMP, tujuan pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka adalah mengembangkan kompetensi komunikatif dalam Bahasa Inggris dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulisan visual, dan audiovisual). Penggunaan berbagai multimodal sebagai media pembelajara baik verbal dan visual sangat penting untuk menarik minat peserta didik untuk mempelajari bahasa. Karena itu, penggunaan audio berupa lagu untuk pembelajaran Bahasa Inggris sangat perlu untuk membawa peserta didik pada pengalaman belajar yang melibatkan native speaker maupun dilakukan menggunakan audio. Berdasarkan pengamatan dalam PKM sebelumnya, ditemukan bahwa peserta didik di SMP Negeri Wainggai masih belum terbiasa menggunakan kata-kata bahasa Inggris sederhana. Pengucapan bahasa Inggris masih kaku dan peserta didik sangat sulit untuk mengingat kosakata bahasa Inggris sederhana. Maka pelaksanaan PKM selanjutnya ini berfokus kepada bagaimana untuk membuat peserta didik terbiasa dengan menggunakan bahasa Inggris, yaitu dengan menggunakan lagu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode tutorial dan praktik langsung, yaitu: 1) pemberian materi; 2) Pemberian pendampingan langsung; 3) Praktek langsung dan evaluasi; 4) Mengisi formular evaluasi Kegiatan PKM ini akan dilaksanakan di SMP Negeri Wainggai. Hasil PKM ini adalah: 1) Peserta didik mendapatkan materi berupa lagu dan kosakata bahasa Inggris, beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia; 2) Peserta didik mendapatkan pelatihan langsung berupa audio lagu yang dimainkan untuk membantu peserta didik belajar pengucapan yang benar, juga pendampingan langsung oleh tim PKM; 3) Peserta didik mengisi lembar kerja dan dievaluasi dievaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami kosakata bahasa Inggris melalui lagu.
PELATIHAN GERABAH DALAM KRIYA KERAMIK SERTA STRATEGI PROMOSI IBU-IBU PKK KELURAHAN KOTO PANJANG DI KOTA PADANG Angga Elpatsa; Siti Aisyah; San Ahdi; Ary Ramadhan; Zubaidah Zubaidah
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.999

Abstract

Gerabah dalam kriya keramik salah satu jenis kerajinan yang bisa menambah keterampilan Ibu-ibu PKK Kelurahan Koto Panjang, Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah, dengan bertambahnya wawasan mengenai kriya keramik maka akan menambah income untuk Ibu-ibu yang mayoritas sebagai ibu rumah tangga. Selain pengetahuan mengenai kriya keramik, pada pelatihan ini juga memberikan teori mengenai strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Seperti kiat-kiat menggunakan media sosial yang bisa dimaksimalkan untuk memasarkan produk yang telah dihasilkan dari pelatihan. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan evaluasi. Pada umumnya masyarakat memerlukan keterampilan, khususnya Ibu-ibu PKK yang berasal dari Kelurahan Koto Tangah, Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah. Dimana kelompok PKK sangat antusias dan bersemnagat untuk memperoleh ilmu dan keterampilan. Hal ini terbukti dengan aktivnya diberbagai kegiatan, hal ini menjadikan kelompok PKK menjadi teladan bagi kelompok PKK lainnya. Namun sejak tahun 2021, kelompok PKK tidak mendapat pelatihan dibidang kerajinan tangan karena tidak adanya dana dari kelurahan.
PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, LABELLING, DAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL BAGI KAUM WANITA JEMAAT GMIT BETEL OESAPA TENGAH Arista Marlince Tamonob; Herry Aprilia Manubulu
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.1004

Abstract

Usaha kuliner adalah usaha yang sangat membutuhkan inovasi dari segala sisi baik dari jenis, packaging, produksi, dan pemasaran. Salah satu usaha kuliner yang sedang digalakkan yaitu oleh kaum wanita GMIT Jemaat Betel Oesapa dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian para kaum wanita GMIT (mitra). Mitra belum dibekali dengan manajemen usaha yang baik dalam menjalankan usahanya, belum ada label dari produk jualan, dan penjualan masih dilakukan sebatas di halaman gereja saat kebaktian minggu berlangsung. Melalui kegiatan PKM, mitra dilatih mengenai manajemen usaha, pembuatan label produk, dan pelatihan pemasaran secara digital melalui akun sosial media (Facebook dan Instagram). Setelah selesai pelatihan, mitra terus didampingi, dimonitoring, dan dievaluasi oleh tim PKM.
PENGENALAN NEGARA-NEGARA KEPADA SISWA (KELAS 4 SD-SMP) DI RUMAH BACA “NGUDI KAWRUH” DUSUN ONGGOPATRAN BANTUL Viola Marsela Agustin; Yeyen Subandi; Diansari Solihah Amini; Tanti Nurgiyanti; Bagus Subekti Nuswantoro; Harits Dwi Wiratma
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v2i11.1010

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca dan belajar dengan kegiatan “Pengenalan Negara-Negara Kepada Siswa (Kelas 4 SD-SMP) di Rumah Baca “Ngudi Kawruh” Dusun Onggopatran”. Pengabdian yang sudah dilaksanakan fokus dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan siswa rumah baca “Ngudi Kawruh” di Onggopatran terhadap Negara-negara di dunia. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan turun lapangan dengan menggunakan kajian pustaka dari jurnal dan website resmi. Hasil dari pengabdian yang sudah dilakukan menunjukkan dengan bertambahnya pengetahuan siswa di rumah baca serta meningkatkan minat siswa untuk belajar mengenai Negara-negara.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 7 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2024 Vol. 3 No. 6 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2024 Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024 Vol. 3 No. 4 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2024 Vol. 3 No. 3 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2024 Vol. 3 No. 2 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2024 Vol. 3 No. 1 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2024 Vol. 2 No. 12 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2023 Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023 Vol. 2 No. 10 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2023 Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023 Vol. 2 No. 8 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2023 Vol. 2 No. 7 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2023 Vol. 2 No. 6 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2023 Vol. 2 No. 5 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2023 Vol. 2 No. 4 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2023 Vol. 2 No. 3 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2023 Vol. 2 No. 2 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2023 Vol. 2 No. 1 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2023 Vol. 1 No. 4 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2022 Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022 Vol. 1 No. 2 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2022 Vol. 1 No. 1 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2022 More Issue