cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 10 Documents clear
HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS XI MIPA SMAN 10 LUWU Haslindah Alimuddin; Bunga Dara Amin; Kaharuddin Kaharuddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.31182

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan korelasi antara motivasi belajar dan hasil belajar pada tingkatan C1 (pengetahuan), C2 (pemahaman), C3 (aplikasi), dan C4 (analisis) peserta didik dalam pembelajaran fisika secara daring di Kelas XI MIPA SMAN 10 Luwu pada tahun ajaran 2021/2022. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi belajar sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 10 Luwu tahun ajaran 2021/2022 sedangkan sampelnya adalah 134 peserta didik yang dipilih secara acak. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar pada materi fluida statis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran daring. Motivasi belajar dan hasil belajar fisika pada penelitian ini berada pada kategori sedang.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 2 LUWU UTARA Tuti Widayana; Abdul Haris; Mutahharah Hasyim
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.31018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar fisika di SMAN 2 Luwu Utara. Indikator efektivitas yang digunakan yaitu ketercapaian tujuan pembelajaran yang ditinjau berdasarkan hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang pernah mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom sebanyak 151. Sampel dalam penelitian berjumlah 80 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan instrumen test secara langsung kepada 80 responden. Data hasil penelitian melalui metode survei dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa 0% peserta didik berada pada kategori sangat baik, 0% peserta didik berada pada kategori baik, 10% peserta didik berada pada kategori cukup, 51,25% peserta didik berada pada kategori kurang, dan 38,75% peserta didik berada pada kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik berada pada kategori kurang sehingga penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring di SMAN 2 Luwu Utara yang telah dilaksanakan tidak efektif.
PEMODELAN TEMPERATUR UDARA PERMUKAAN DENGAN MENGGUNAKAN GEOMETRIC BROWNIAN MOTION (STUDI KASUS WILAYAH MAKASSAR) Miftafari Zakaria; Pariabti Palloan; Agus Susanto; Sulistiawaty Sulistiawaty; Usman Usman
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.32855

Abstract

Penelitian berupa pemodelan terhadap temperatur udara pemukaan di wilayah Makassar dari Juli 2016 sampai Desember 2019. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan dan mengevaluasi temperatur udara permukaan di wilayah Makassar menggunakan metode Geometric Brownian Motion dan MAPE (Mean Absolute Percentage Error) serta membandingkan trend (kecendrungan) secara aktual dengan hasil prediksi temperatur udara. Adapun hasil berupa nilai ekspektasi, variansi, dan volatilitas secara berurutan untuk wilayah Paotere (0,000015), (0,000537), (0,023183), wilayah Parangtambung (0,000016), (0,000565), (0,023774), dan wilayah Sudiang (0,000016), (0,000565), (0,0237). Dari hasil analisis menggunakan MAPE (Mean Absolute Percentage Error) diperoleh nilai untuk Paotere Ra1 4,90%, Ra2 5,65%, Ra3 4,34%, Parangtambung Ra1 4,23%, Ra2 3,42%, Ra3 5,03%, dan Sudiang Ra1 4,43%, Ra2 5,19%, Ra3 3,67%. Berdasalkan hasil perbandingan trend temperatur secara aktual dengan hasil prediksi menggunakan Geometric Brownian Motion maka pemodelan yang dilakukan dapat digunakan untuk memprediksi temperatur udara permukaan di wilayah Makassar.
ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PESERTA DIDIK DI SMAN 11 MAKASSAR Asniar Asniar; Nurhayati Nurhayati; Khaeruddin Khaeruddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.31622

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 11 Makassar dalam pembelajaran fisika pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 11 Makassar yang berjumlah 125 orang. Indikator keterampilan berpikir kritis yang diteliti meliputi interpretasi, analisis, dan inferensi. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal fisika berada pada kategori rendah, dimana 67 peserta didik berada dalam kategori rendah dengan persentase 53,6%. Untuk indikator interpretasi berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 20%, serta analisis dan inferensi  berada pada kategori rendah dengan persentase masing-masing 40%.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPA (FISIKA) SMPN DI KABUPATEN ENREKANG Andriyana Andriyana; Usman Usman; Helmi Helmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.32958

Abstract

Analisis Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA (Fisika) SMPN di Kabupaten Enrekang. Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang pada mata pelajaran IPA(Fisika) pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun variabel dalam penelitian ini yaitu kemampuan berpikir divergen peserta didik. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang. Dalam penelitian ini, peneliti membagi wilayah Kabupaten Enrekang menjadi 3 bagian, yaitu Enrekang bagian Utara (Enrekang Duri), Enrekang bagian tengah (Enrekang Kota), dan Enrekang bagian Selatan (Enrekang Maiwa) dimana masing masing bagian diwakili oleh 1 sekolah sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa.  Indikator kemampuan berpikir divergen yang diteliti meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes kemampuan berpikir divergen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata kemampuan berpikir divergen peserta didik kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang berada pada kategori sedang dengan persentase 45,71%.
SINTESIS HIBRID KOMPOSIT SERBUK CANGKANG KEMIRI DAN HIDROKSIAPATIT DARI CANGKANG TELUR SEBAGAI MATERIAL PENGGANTI TULANG Mardiana Mardiana; Subaer Subaer; Abdul Haris
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.32846

Abstract

Penelitian ini mengkaji sintesis hibrid komposit berbahan dasar hidroksiapatit dari cangkang telur dan MgO dari serbuk cangkang kemiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penambahan MgO yang diekstraksi dari serbuk cangkang kemiri  dengan variasi massa 0%, 10%, 20% dan 30% terhadap kekuatan mekanik dan struktur mikro hidroksiapatit yang disintesis dengan metode presipitasi. Sampel hibrid komposit disintesis dengan cara kedua bahan diaduk dengan gelatin sebagai perekatnya kemudian dipelet dan dipress selama 30 menit lalu dioven selama 2 jam pada suhu 110 oC. Hasil XRD yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak terjadi perbedaan yang signifikan dari segi fase kristal yang terbentuk. Struktur morfologi sampel hibrid komposit dengan penambahan serbuk cangkang kemiri sebesar 20% menunjukkan bahwa hidroksiapatit dan serbuk cangkang kemiri belum terjadi ikatan kimia, melainkan hanya terjadi ikatan mekanik. Struktur hibrid komposit yang dihasilkan dari FTIR menunjukkan bahwa puncak pada bilangan gelombang (cm-1) untuk setiap spektrum sampel hibrid komposit tidak terjadi pergeseran pita serapan yang signifikan pada setiap sampel dan gugus fungsi yang terbentuk yaitu PO43-, OH, C=O, CO32- dan MgO. Pengujian kuat tekan dan kuat lentur sampel hibrid komposit menunjukkan bahwa penambahan serbuk cangkang kemiri tidak membuat kekuatan mekanik hidroksiapatit lebih baik jika dibandingkan dengan tanpa penambahan serbuk cangkang kemiri. 
MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMAN 22 BONE Sri Neta Utari; M Sidin Ali; Salmiah Sari
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.33611

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran fisika. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar obsrvasi dengan dua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap sosial peserta didik pada siklus I dengan indikator jujur menunjukkan persentase tertinggi sebesar 41,41% dan persentase rendah sebesar 4,69%. Untuk indikator disiplin diperoleh persentase ttertinggi sebesar 40,63% sedangkan persentase rendah 2,34%. Pada indikator bertanggung jawab memiliki persentase tertinggi sebesar 44,53% dan persentase rendah 4,69%. Untuk indikator toleransi terdapat persentase tertinggi 48,44% dan terendah 3,906%. Pada indikator santun memperoleh persentase tertinggi 53,94% dan persentase rendah 3,906% sedangkan untuk indikator disiplin diperoleh persentase tertinggi 54,69% dan persentase rendah 0,78%. Pada siklus II sikap sosial peserta didik pada indidkator jujur persentase tertinggi 73,43% dan rendah 9,37%. Untuk indikator disiplin skor persentase tertinggi 83,37% dan rendah 1,56%. Pada indikator bertanggung jawab skor persentase tertinggi 78,12% sedangkan skor rendah 14,06%. Dengan indikator toleransi diperoleh persentase tertinggi 92,18% dan persentase rendah 3,12%. Untuk indikator santun menunjukkan persentase tertinggi 79,68% dan persentase rendah 20,31%. Sedangkan untuk indikator percaya diri perolehan persentase tertinggi 81,25% dan rendah 1,56%, maka dapat dikatakan sikap sosial peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkam bahwa melalui penilaian autentik sikap sosial peserta didik dalam pembelajaran fisika dapat dikatakan meningkat.
POLA PENALARAN FISIKA PESERTA DIDIK SMA DALAM MEMAJUKAN RUMAH TERAPUNG DI DANAU TEMPE M A Martawijaya; Besse Elviana; Helmi Helmi
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.34440

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penalaran fisika peserta didik SMA dalam memajukan rumah terapung di danau tempe.  LKPD yang dirancang merujuk pada kearifan lokal di Wajo dengan objek “ Rumah Terapung di danau Tempe”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Wajo yang menyukai mata pelajaran fisika dan erat kaitannya dengan mata pelajaran IPA yang lain dan pernah berkunjung ke rumah terapung di danau Tempe. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh melalui tes tulis dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu bernalar dan menggunakan pola penalaran deduktif dan induktif. 
PENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBANTUAN APLIKASI LINEWEBTOON Mifthahul Khaeria Khaeria M. Arsyad; Nurhayati Nurhayati; Ahmad Yani
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.31525

Abstract

Penelitian ini merupakan desain dan pengembangan (R2D2). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pelengkap pembelajaran yang layak dan memperoleh respon positif dari peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui tahap mendefenisikan, tahap perencanaan & pengembangan, dan tahap penyebaran  untuk menghasilkan media Komik Fisika yang layak serta memperoleh respon sangat positif dari peserta didik. Linewebtoon disini berperan sebagai platform komik online yang digunakan untuk menyebarkan media komik fisika yang telah dikembangkan. Subjek uji coba pada penelitian ini berjumlah 295 siswa kelas X hingga kelas XII SMAN 1 Makassar yang dipilih dengan menggunakan metode simple random sampling . Data penelitian diperoleh dengan proses validasi lembar penilaian media oleh tim validator, penyebaran angket respon kepada peserta didik menggunakan platform google form, dan wawancara dengan salah seorang guru sebagai stakeholder. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh dari validitas media sebesar 100% dan hasil analisis angket respon peserta didik adalah 80,88 %. Sedangkan hasil wawancara  menunjukkan bahwa guru memberikan respon yang baik terhadap media komik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media komik fisika yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dan memperoleh respon sangat positif dari peserta didik dan guru.
PENGARUH VARIASI TEGANGAN TERHADAP MORFOLOGI DAN KONDUKTIVITAS LISTRIK NANOFIBER PANI/PVA Alifia Wahyu Febyana; Nugrahani Primary Putri
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v18i2.35397

Abstract

Polimer konduktif polianilin (PANi) saat ini banyak diteliti karena sifatnya yang cukup mudah disintesis, memiliki nilai konduktivitas listrik cukup tinggi, mempunyai sifat optik yang baik dan cenderung stabil. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan sintesis nanofiber PANi/PVA menggunakan metode  electrospinning dengan melakukan variasi tegangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil morfologi dan nilai konduktivitas listrik nanofiber PANi/PVA dari variasi tegangan yang dilakukan. Variasi nilai tegangan electrospinning yang digunakan yaitu 10 kV, 15 kV, dan 20 kV. Dari hasil karakterisasi FTIR diperoleh hasil gugus fungsi O-H strech terdeteksi pada serapan PVA dan gugus fungsi N-H stretching vibration terdeteksi pada serapan PANi. Morfologi dan diameter nanofiber PANi/PVA dianalisis menggunakan mikroskop optik dan SEM-EDX menunjukan bahwa nanofiber PANi/PVA dapat terbentuk dengan perbandingan konsentrasi 1:1 relatif homogen dan seiring dengan bertambahnya nilai tegangan maka ukuran diameter fiber akan menurun.  Diameter yang didapat dari fiber PANi/PVA terbaik pada tegangan 20 kV yaitu 249 nm. Metode Four-Point Probe (FPP) digunakan untuk mengukur nilai konduktivitas listrik. Nilai konduktivitas listrik dari pengukuran sampel PANi/PVA terbaik yaitu sebesar 9.37  S/cm pada tegangan 20 kV dengan bentuk fiber yang homogen dan munculnya beads yang cukup sedikit.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue