cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA" : 12 Documents clear
KESULITAN MATERI FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA SMA NEGERI 14 BULUKUMBA Syahrul Salassa; Bunga Dara Amin; Muh Sidin Ali
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.32349

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan materi fisika peserta didik dan faktor-faktor penyebab kesulitan materi fisika peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 14 Bulukumba. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 14 Bulukumba tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 43 peserta didik. Data tingkat kesulitan materi fisika peserta didik diperoleh dari two-tier multiplechoice diagnostic test. Sedangkan data faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan materi fisika, diperoleh dari lembar kuesioner yang diisi oleh peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan materi fisika pada materi pengukuran besaran pada kategori sedang, materi vector pada kategori sedang, materi gerak lurus pada kategori tinggi, materi gerak parabola pada kategori sangat tinggi, dan materi gerak melingkar pada kategori sangat tinggi. Kesulitan belajar materi fisika yang dialami peserta didik disebabkan oleh faktor usaha untuk belajar materi fisika, ketertarikan pada materi fisika, kecakapan dalam mempelajari materi fisika, teman bergaul dan relasi antar peserta didik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR Ratna Dwi Rahayu; Eko Prayitno
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.44491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CRH, TPS berbantuan alat peraga dan ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika pokok bahasan alat optik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data awal dalam penelitian ini diperoleh dari hasil mid semester mata pelajaran fisika semester 2 pada materi getaran dan gelombang. Hasil data awal kelas eksperimen I, eksperimen II dan kontrol dilihat secara berurutan 39.64, 42.53, 45.82. Hasil data akhir diperoleh dari hasil evaluasi dilihat secara berurutan 56, 47.43, 42.18. Karena hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II lebih besar dari kelas kontrol, jadi dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CRH dan TPS lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori pada pemebelajaran fisika materi alat optik di SMP N 2 Bangsri Jepara.
PEMAKNAAN FISIKA PESERTA DIDIK TERHADAP OBJEK TOJANG TRADISIONAL (MATTOJANG) DI KABUPATEN SOPPENG Wirdatul Jannah; M A Martawijaya; Khaeruddin Khaeruddin
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.32857

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis fenomenografi yang bertujuan untuk mengetahui pemaknaan fisika peserta didik terhadap kearifan lokal mattojang di kabupaten Soppeng. Subjek pada penelitian ini yaitu 5 orang peserta didik kelas XI MIA MA DDI Pattojo yang menyukai mata pelajaran fisika dan menurut guru konsep fisikanya baik. Pengumpulan data dilakukan melalui cara wawancara kepada responden dengan memperlihatkan video dan gambar komponen pada mattojang. Pertanyaan yang diajukan yakni seputar pemaknaan fisika peserta didik terhadap objek tojang tradisional. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa peserta didik mampu memaknai kosnep fisika terhadap kearifan lokal mattojang. Ditinjau dari semua pertanyaan yang diberikan kepada responden dapat dikatakan bahwa responden sudah termasuk dalam kategori mampu memaknai konsep fisika yang terdapat pada kearifan lokal mattojang di kabupaten Soppeng.
PEMANFAATAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS E-MODUL PRAKTIKUM FISIKA Rina Wati; Putut Marwoto; Siti Wahyuni
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.43997

Abstract

Penguatan profil pelajar Pancasila dapat dilakukan melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakurikuler dan kegiatan ekstrakulikuler yang didalamnya fokus terhadap pembentukan karakter dengan memanfaatkan bahan alam berbasis e-modul praktikum fisika. Tujuan dari penelitian untuk memahami mengenai profil pelajar Pancasila sebagai orientasi baru dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia dengan memanfaatkan bahan alam sebagai bahan praktikum pada materi fisika berbasis e-modul. Penulisan penelitian ini menggunakan penelitian pustaka untuk mendapatkan data dan sumber yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengembangkan karakter peserta didik melalui penguatan profil pelajar Pancasila dengan memanfaatkan bahan alam berbasis e-modul praktikum pada materi fisika dapat meningkatkan pembentukan karakter dan kemampuan yang dibangung dalam keseharian dan kehidupan dalam diri setiap individu. Hal ini didukung oleh beberapa indicator yang mencakup profil pelajar Pancasila, diantaranya adalah; beriman bertaqwa kepada tuhan YME dan berakhlak mulia, mandiri, berfikir kritis, kreatif, bergotong royong, berkhibenikaan global. Kata Kunci : Penguatan Profil Pelajar Pancasila, E-Modul, Praktikum Fisika.
ANALISIS POROSITAS MATERIAL KAWASAN KARST MAROS PANGKEP TAMAN NASIONAL BANTIMURUNG BULUSARAUNG BERBASIS VARIASI UKURAN BUTIR Herlina Bunga' Karongi; Muhamad Arsyad; Usman Usman; Pariabti Palloan; Sulistiawaty Sulistiawaty
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.39250

Abstract

Abstrak-Telah dilakukan penelitian tentang porositas berdasarkan variasi ukuran butir batuan kawasan Karst Maros-Pangkep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nilai porositas batuan di Kawasan Karst Maros-Pangkep berdasarkan variasi ukuran butir dan menentukan pengaruh ukuran butir terhadap porositas batuan di Kawasan Karst Maros-Pangkep. Proses dimulai dari penentuan ukuran butir menggunakan lima macam saringan/ayakan, yaitu dengan nomor 50 mesh, 30 mesh, 16mesh, 10 mesh dan 4 mesh. Porositas ditentukan dengan menggunakan metode penimbangan. Setelah perhitungan ukuran rata-rata butir didapat selanjutnya dihubungkan dengan porositas dengan metode analisis regresi. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh persamaan regresi linear batuan Karst Maros-Pangkep, yaitu Y=15,00-2,82X dengan R2.=0,78. Diperoleh pengaruh ukuran butir terhadap porositas batuan kawasan karst Maros-Pangkep bernilai negatif artinya ukuran butir berbanding terbalik dengan porositas batuan di kawasan karst Maros-Pangkep. Semakin kecil ukuran butir maka porositas semakin besar dan semakin besar ukuran butir porositas semakin kecil. Kata kunci : Porositas, ukuran butir, batuan karst Pangkep, batuan karst Maros  Abstrak-Research on porosity has been carried out based on variations in grain size of the Maros-Pangkep Karst area. The purpose of this study was to describe the value of rock porosity in the Maros-Pangkep Karst Region based on grain size variations and to determine the effect of grain size on rock porosity in the Maros-Pangkep Karst Region. The process starts from determining the grain size using five kinds of sieves, namely with numbers 50 mesh, 30 mesh, 16mesh, 10 mesh and 4 mesh. Porosity is determined using the weighing method. After calculating the average grain size obtained, it is then connected to the porosity by using the regression analysis method. Based on statistical calculations obtained linear regression equation Maros-Pangkep karst rock, namely Y=15.00-2.82X with R2.=0.78. The effect of grain size on the rock porosity of the Maros-Pangkep karst area is negative, meaning that the grain size is inversely proportional to the porosity of the rocks in the Maros-Pangkep karst area. The smaller the grain size, the larger the porosity and the smaller the porosity. Keywords: porosity, grain size, Pangkep karst rock, Maros karst rock
ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Nur Hijrah Muthmainnah; Eko Hadi Sujiono; Abdul Haris; Nurhayati Nurhayati; Mutahharah Hasyim
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.30943

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design. Penelitian ini menggunakan desain One-Shot Case Study dimana tidak ada kelompok kontrol dan peserta didik diberikan perlakuan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar fisika peserta didik dengan penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi Google Classroom selama pembelajaran daring. Aplikasi Google Classroom sebagai media pembelajaran interaktif berbasis e-learning yang memudahkan guru dan peserta didik melakukan proses belajar mengajar dari rumah khususnya pembelajaran fisika pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke dapat dilihat dari tes hasil belajar fisika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 13 Takalar dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 32 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian untuk tes hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 68 dengan persentase tingkat ketuntasan 66%.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MAS AL-MUBARRAK DDI TOBARAKKA Nur Fadhilah; Pariabti Palloan; Mutahharah Hasyim
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.35778

Abstract

Penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain penelitian one-grop pretest- posttest yang bertujuan untuk mengetahui besarnya  (1) hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi; (2) hasil belajar fisika peserta didik setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi; dan (3) peningkatan hasil belajar fisika peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAS Al-Mubarak DDI Tobarakka Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik sebelum diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi adalah 20,18 (kategori sedang) dan setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi skor rata-rata peserta didik adalah 34,09 (kategori tinggi).  N-gain diperoleh N=0,57 yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA 2 MAS Al-Mubarak DDI Tobarakka setelah diajar menggunakan media pembelajaran berbasis animasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran berbasis animasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik, karena terdapat perbedaan skor rata-rata antara sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran tersebut. Kata Kunci : Gelombang Bunyi, Hasil Belajar Fisika, Media Pembelajaran Berbasis Animasi
KAJIAN PERBANDINGAN ARAH ANGIN PERMUKAAN TERHADAP UNSUR CUACA DAN IKLIM PADA WILAYAH PESISIR DAN DATARAN TINGGI (STUDI KASUS : STASIUN METEOROLOGI SOEKARNO-HATTA DAN STASIUN METEOROLOGI CITEKO) Ilil Firrizqi Nur Ilahi; Bella Puspita dewi; Yusuf Isa Nur Muhammad; Bagus Prabadi Wibowo; Giarno Giarno
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.42933

Abstract

Angin merupakan salah satu komponen parameter cuaca penting yang dapat mempengaruhi kegiatan masyarakat setiap harinya baik di wilayah pesisir dan wilayah dataran tinggi. Angin dapat mempengaruhi keadaan cuaca di suatu wilayah seperti suhu dan kelembaban relatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola angin di wilayah pesisir dan dataran tinggi serta hubungan terhadap unsur cuaca dan iklim seperti suhu dan kelembaban relatif menggunakan metode windrose. Data yang digunakan berupa data arah angin, suhu dan kelembaban relatif dari Stasiun Meteorologi Soekarno-Hatta sebagai representasi wilayah pesisir dan Stasiun Meteorologi Citeko sebagai representasi wilayah dataran tinggi. Metode windrose dapat menunjukkan dominasi arah angin di suatu wilayah. Hasil analisis windrose menunjukkan bahwa pola arah angin memiliki perbedaan arah pergerakan pada waktu siang dan malam juga dan pada saat musim kemarau dan musim hujan. Kata Kunci : angin, windrose, pesisir, dataran tinggi
HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI TEKNOLOGI DAN INFORMASI (TI) DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 MAKASSAR Qonita Deifaky Tsauria; Kaharuddin Kaharuddin; Nurhayati Nurhayati
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.39905

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kemampuan literasi Teknologi dan Informasi (TI) dengan hasil belajar Fisika peserta didik di SMAN 1 Makassar. Kemampuan literasi TI merupakan variabel independen pada penelitian ini, sedangkan variabel dependen yakni hasil belajar Fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Data hasil penelitian yang diperoleh merupakan data primer berupa tes kemampuan literasi TI peserta didik, serta data sekunder untuk hasil belajar Fisika peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik simple random sampling. Analisis data yakni menggunakan uji korelasi Pearson dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kemampuan literasi TI peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 1 Makassar berada pada kategori tinggi, sedangkan hasil belajar Fisika peserta didik berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan literasi TI dengan hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI di SMAN 1 Makassar.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI SMA NEGERI 22 MAKASSAR Nurmilandari Syamsul; Helmi Helmi; Ahmad Yani
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35580/jspf.v19i1.36302

Abstract

Analisis Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar”. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Helmi dan Ahmad Yani). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik  Kelas XI SMA Negeri 22 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah Keterampilan proses sains peserta didik. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMAN 22 Makassar sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 85 orang. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan membagikan kuisioner berbentuk soal pilihan ganda melalui aplikasi Google Form. Teknik analisis data yang digunakan dengan menilai hasil hasil kuisioner yang telah dikerjakan oleh peserta didik berdasarkan indikator keterampilan proses sains yang telah ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu: 1) rerata skor untuk indikator menafsirkan sebesar 12,24, yang berada pada kategori baik; 2) rerata skor untuk indikator merencanakan percobaan sebesar 19,04 yang berada pada kategori cukup baik; 3) rerata skor untuk indikator menerapkan konsep sebesar 18,21 yang berada pada kategori cukup baik; 3)rerata skor untuk indikator mengkomunikasikan sebesar 19,06 yang berada pada kategori cukup. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan analisis keterampilan proses sains peserta didik SMAN 22 Makassar dapat dikategorikan memliki kemampuan proses sains fisika. Kata kunci : Keterampilan Proses Sains, Indikator Keterampilan Proses Sains, Hasil Proses Sains

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 19, No 1 (2023): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 3 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 18, No 1 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 3 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 2 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 17, No 1 (2021): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 3 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 16, No 1 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 15, No 2 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 15, No 1 (2019): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 3 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 2 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 14, No 1 (2018): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 13, No 3 (2017): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 3 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika Vol 11, No 1 (2015): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 10, No 3 (2014) Vol 10, No 3 (2014): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 3 (2012) Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 8, No 1 (2012) Vol 8, No 1 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 7, No 2 (2011) Vol 7, No 1 (2011) Vol 7, No 1 (2011): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA More Issue