cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran
ISSN : 25805525     EISSN : 25805533     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
The journal publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of study).
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 45, No.2 (2015)" : 9 Documents clear
PERBANDINGAN AKURASI PENGGUNAAN SKALA LIKERT DAN PILIHAN GANDA UNTUK MENGUKUR SELF-REGULATED LEARNING Heri Retnawati
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.103 KB) | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan akurasi penggunaan skala Likert dan bentukpilihan ganda untuk mengukur self-regulated learning (SRL). Instrumen pengukur SRL denganformat Likert dan pilihan ganda yang diskor berjenjang dikembangkan dengan kisi-kisi yang sama.Responden penelitian yaitu 125 mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan IPAUniversitas Negeri Yogyakarta. Karakteristik butir instrumen dianalisis dengan graded responsemodel menggunakan TESTFACT. Dengan menggunakan karakteristik butir-butir penyusun skala,nilai fungsi informasi perangkat dan kesalahan pengukuran standar diestimasi. Semakin tingginilai fungsi informasi perangkat, semakin tinggi akurasinya untuk mengukur SRL. Semakin kecilkesalahan pengukuran standar, semakin tinggi akurasinya untuk mengukur SRL. Hasil analisisdengan menggunakan nilai fungsi informasi dan kesalahan pengukuran standar menunjukkan bahwaperangkat menggunakan skala Likert lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan pilihan ganda
KELAYAKAN ANBUSO SEBAGAI SOFTWARE ANALISIS BUTIR SOAL BAGI GURU Ali Muhson; Barkah Lestari; - Supriyanto; Kiromim Baroroh
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.683 KB) | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan mengidentifi kasi kendala yang dihadapidalam menggunakan software AnBuso. Penelitian ini menggunakan metode RD. Data dikumpulkanmelalui dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian inimenghasilkan produk berupa software AnBuso yang dapat dimanfaatkan guru dalam melakukananalisis butir soal secara praktis dan aplikatif. Aspek yang dinilai sangat layak adalah kepraktisan dankemudahan, substansi isi, dan kebermanfaatan. Aspek yang dinilai layak adalah tampilan. Kendalayang dihadapi dalam menggunakan software adalah penguasaan guru terhadap program MicrosoftExcel masih kurang. Guru juga kurang terbiasa melakukan analisis butir soal karena pemahamanterhadap konsep analisis butir soal yang masih terbatas
ANALISIS BUTIR DAN IDENTIFIKASI KETIDAKWAJARAN SKOR UJIAN AKHIR SEKOLAH UNTUK STANDARISASI PENILAIAN Dadan Rosana; - Sukardiyono
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.924 KB) | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil kajian empirik tentang kualitas butir soalpada UAS Mata Pelajaran Fisika di Kabupaten Lombok Timur tahun 2015 dengan menggunakanteori respon butir dan sekaligus untuk mengidentifi kasi ketidakwajaran (inappropriateness) skor testersebut. Penelitian menggunakan metode deskriftif kuantitatif, ketidakwajaran skor dideteksi dengankorelasi person biserial (person-fi t statistic) dan indeks kehati-hatian (caution index) dari Sato. Paketprogram yang digunakan untuk melakukan analisis butir adalah Quest, dengan elemen sentral RaschModel (RM). Subjek penelitian adalah 15 sekolah menengah atas sampel dari populasi 137 sekolah diKabupaten Lombok Timur, yang diambil secara purposive sampling. Soal UAS digunakan bersamaoleh 15 sekolah pada tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas butirbaik karena memiliki tingkat kecocokan dengan model Rasch dengan nilai infi t meansquare-nya 0,77-1,30. Caution index dari Sato terdeteksi 3,01 persen sampel mempunyai ketidakwajaran, dan 9,68persen sampel yang diambil mempunyai tingkat ketidakwajaran yang tinggi
THE INFLUENCE OF INQUIRY METHOD IN MOTIVATING THE SMP' STUDENTS Agi Ginanjar
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.255 KB) | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7489

Abstract

This study was aimed at comparing the result of the students’ learning motivation by usinginquiry method and direct method and fi nding out the interaction between the learning method andthe goal of learning towards students’ learning motivation. This study used experimental methodwith the factorial design 2 x 2 (ANAVA).The population was consisted of 272 students of 8th gradeof SMP 1 Ngamprah. It was involved 8 classes; each class consisted of 35 students. This study usedpurposive sampling technique with two-way ANAVA. The results shows that the inquiry learningmethod is much better than direct learning method with 31,591 value and there is no correlationbetween learning methods and students' scores.
KETERKAITAN ANTARA MORAL KNOWING, MORAL FEELING, DAN MORAL BEHAVIOR PADA EMPAT KOMPETENSI DASAR GURU Leoni Fransisca; Clara R.P. Ajisuksmo
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7500

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru (moral knowing), keinginanguru (moral feeling) untuk melakukan, dan perilaku guru (moral behavior) pada kompetensi pedagogi,kepribadian, sosial, dan profesional dalam pendidikan karakter; serta keterkaitan antara moral knowing,moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, panduanobservasi, dan focus group discussion. Hasil data kuantitatif menunjukkan sekitar 66.67% guru beradapada taraf cukup memadai di keempat kompetensi dasar guru terkait komponen pembentukan karakter.Data kualitatif menunjukkan bahwa pada proses pendidikan karakter, kompetensi dasar guru tidakselalu berdasarkan ketiga komponen pembentukan karakter tersebut. Akibatnya, guru-guru menjadikurang tepat saat mengajarkan pendidikan karakter kepada peserta didik
KECERDASAN EMOSI GURU, STRES KERJA, DAN KINERJA GURU SMA A.A. Anwar Prabu Mangkunegara; Mela Puspitasari
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7491

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kecerdasan emosi guru dan stres kerjaterhadap kinerja guru. Metode pengujian validitas instrumen menggunakan pendekatan korelasiproduct moment dengan ketentuan kevalidan instrumen apabila nilai rhitung  nilai r. Metodepengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach, dengan ketentuannilai Alpha Cronbach 0,6. Teknik sampling digunakan teknik klaster dengan penentuan sampelsecara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi berpengaruh terhadap kinerjaguru, stres kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, tetapi secara simultan (bersama-sama)kecerdasan emosi dan stres kerja berpengaruh terhadap kinerja guru
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI KONSERVASI BERBASIS ETNOPEDAGOGI Suroso Mukti Leksono; Ahmad Syachruroji; Pipit Marianingsih
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7494

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengekplorasi kearifan lokal di Banten untuk pengembangan bahan ajarbiologi konservasi berbasis etnopedagogi.  Metode RD digunakan untuk mengembangkan bahanajar.  Ditemukan tiga konsep kearifan lokal yang dapat digunakan untuk konten pembelajaran biologikonservasi yaitu (1) konsep pembagian lansekap untuk pembelajaran konsep biodiversitas tingkatekosistem; (2) pemanfaatan spesies untuk kehidupan seharai-hari untuk konsep biodiversitas tingkatspesies; (3) kearifan dalam menanam padi lokal untuk konsep biodiversitas pada tingkat genetika.Konten-konten tersebut selanjutnya dikembangkan untuk bahan ajar biologi konservasi dengan tujuanuntuk mengembangkan literasi konservasi. Prinsip-prinsip yang dikembangkan dalam bahan ajartersebut meliputi tujuan; nilai-nilai; konsep; ancaman dan tindakan konservasi terhadap biodiversitas.Hasil validasi ahli tentang kemampuan penyajian, materi dan penggunaan bahasa dalam bahan ajarmenunjukkan hasil yang baik dan layak digunakan, sedangkan uji coba keterbacaan menunjukkanhasil bahwa bahan ajar tersebut dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi, meningkatkanketerampilan proses biodiversitas dan kepedulian terhadap lingkungan
PILOTING A MODEL OF EDUCATIVE AND ATTRACTIVE PHYSICAL ACTIVITIES BASED ON DOLANAN ANAK Wawan Sundawan Suherman; Soni Nopembri; Nur Rohmah Muktiani
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7488

Abstract

This study was aimed at applying Majeda based on Dolanan Anak as a means of optimizingkindergarteners’ growth and development. This study was conducted in small- and large-scaletryouts. The study employed the research and development approach. The small-scale piloting wasconducted at TK/SD Model Sleman and TK PKK Temanggal, Sleman while the large-scale tryoutwas conducted at TKN Pembina Wonosari, TK ABA Kauman Yogyakarta, TKN Pembina Galur,TKN 1 Sleman, and TK ABA Karangmojo XVII. The results show that the model format needs tobe revised into new Majeda that consist of six components. The guideline needs to be revised intofour sections. Based on the results of the piloting, it can be concluded that Majeda based on DolananAnak is appropriate for further operational testing
STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PENYELENGGARAAN KHUSUS DI PASCASARJANA Vera Nora Indra Astuti; Idqan Fahmi; Musa Hubeis
Jurnal Kependidikan Vol. 45, No.2 (2015)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jk.v45i2.7496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Program Studi Magister PengembanganIndustri Kecil Menengah (PS MPI) dan penyelenggaraan yang perlu dikembangkan di masa-masamendatang. Penentuan responden berdasarkan tingkat kepakarannya yang berasal dari pihakmanajemen dan stakeholders. Alat analisis yang digunakan meliputi Matriks IFE dan EFE, MatriksIE, Matriks SWOT, QSPM, dan Implementasi Strategi. Posisi PS MPI terletak pada sel V, yaitu jagadan pertahankan. Strategi pengembangan yang bisa diimplementasikan oleh PS MPI yaitu strategipemutakhiran metode pembelajaran sesuai kebutuhan pasar dan perkembangan jaman. Strategi inibisa diimplementasikan oleh program penyelenggaraan khusus lainnya di Sekolah Pascasarjana IPB.Implementasi strategi tersebut da

Page 1 of 1 | Total Record : 9