cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengajaran MIPA
ISSN : 14120917     EISSN : 24433616     DOI : -
Core Subject :
Journal of Mathematics and Science Teaching or Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) was founded in 1993 and published qualitative and or quantitative research concerning mathematics and science teaching. JPMIPA is published by Faculty of Mathematics and Science Education Universitas Pendidikan Indonesia (FPMIPA-UPI) in association with Indonesian Society for Science Educators (JPII), twice a year in April and October with 16 articles per number or 32 articles per year.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014" : 15 Documents clear
ANALISIS PENERAPAN SISTEM E-LEARNING FPMIPA UPI MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) Setiawan, Wawan; Hana, M. Nurul; Waslaluddin, Waslaluddin
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36165

Abstract

ABSTRAKE-learning adalah kegiatan belajar yang menggunakan internet yang dapat dikombinasikan dengan kegiatan tatap muka yang ada di lembaga pendidikan. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) UPI telah mengembangkan sistem e-learning berbasis open source sejak tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis tingkat penerimaan user yaitu dosen dan mahasiswa terhadap sistem e-learning FPMIPA UPI dengan Technology Acceptance Model (TAM) melalui analisis model persamaan struktural (Struktural Equation Modeling/SEM). Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor yang saling berhubungan serta berpengaruh terhadap tingkat penerimaan e-learning FPMIPA. Perbedaan individu berpengaruh terhadap persepsi kemudahan, organisasi bahan ajar elektronik dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan dan kemanfaatan berpengaruh terhadap minat, dan minat berpengaruh terhadap kondisi nyata penggunaan. Dari hasil tersebut, maka para pengguna akan senantiasa secara nyata menggunakan e-larning FPMIPA sebagai bagian dari sumber dan media pembelajaran sehari-hari. Keberadaan pemahaman akan manfaat sangat dipengaruhi oleh faktor di luar pengguna yakni organisasi bahan ajar elektronik yang dimiliki. Lain halnya untuk pemahaman akan adanya kemudahan menggunakan e-larning FPMIPA dipengaruhi oleh faktor luar yakni kondisi dari perbedaan individu pengguna.ABSTRACTE-learning is a learning activity that uses the internet which can be combined with face-to- face activities in the educational institutions. Faculty Education of Mathematics and Sciences of UPI has developed an e-learning system based on open source software since 2005. This study aims to analyze the level of user acceptance (lecturers and students) to the e-learning system of FPMIPA UPI with the Technology Acceptance Model (TAM) through structural equation modeling analysis (Structural Equation Modeling/SEM). The results of the analysis indicate that there are factors that are interconnected and affect the level of acceptance of e-learning of FPMIPA. Individual character affect to the perception of easeness, organization of electronic teaching material and perception effect to the perception of easeness, the perception of easeness and usefulness affect the interests, and the interests affect the real conditions of use. From these results, the user always use a real e-learning of FPMIPA as part of resources and learning media everyday. The existence of understanding to benefit greatly influenced by factors outside of user that is owned electronic materials organization. While the understanding of easeness to of use of e-larning of FPMIPA influenced by external factors, that are the condition of user individual characteristic.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR Annisa, Fanny Nurul; Karim, Saeful; Aminudin, Ahmad
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36160

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan hasil observasi yang menunjukan bahwa 60% siswa mendapat nilai di bawah nilai KKM yang sudah ditentukan. Metode pembelajaran Demonstrasi Interaktif dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan respon siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Postest Design, yang diterapkan pada 40 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap seri pembelajaran setelah diterapkannya metode pembelajaran Demonstrasi Interaktif. Pada seri I IPK pretest 38,86% (rendah) dan IPK postest 55,45% (sedang), pada seri II IPK pretest 36,59% (rendah) dan IPK postest 55,67% (sedang), pada seri III IPK pretest 29,06% (rendah) dan IPK postest 55,94% (sedang). Untuk profil aktifitas siswa rata-rata aktivitas motorik memiliki persentase 59,07% (cukup), aktivitas visual memiliki persentase 61,46% (baik), aktivitas lisan memiliki persentase 64,24% (baik). Respon siswa untuk pernyataan positif, jumlah responden menjawab ya sebesar 84,4% dan tidak sebesar 15,6%, untuk persentase rata-rata pernyataan negatif, jumlah responden menjawab ya sebesar 42,5% dan tidak sebesar 57,5%.ABSTRACTBased on observations which showed that 60% of students scored below a predetermined value of KKM. Interactive Demonstration method that can be an alternative learning methods were applied to improve learning outcomes and student response. The study design used was one group pretest posttest design, which is applied to 40 students. The result showed that the learning outcomes of students has increased in each series learning after the implementation of an Interactive Demonstration methods. In the first series of pretest GPA 38.86% (low) and 55.45% GPA posttest (medium) , the second series of pretest GPA 36.59% (low) and posttest GPA 55.67% (moderate), the GPA Series III pretest 29.06% (low) and posttest GPA 55.94% (moderate). For the activity profile of the average student has a percentage of motor activity 59.07% (enough), visual activity has a 61.46% percentage (good), the percentage of oral activity has 64.24% (excellent). Students' positive response to the statement, the number of respondents answered yes by 84.4% and 15.6%, for the average percentage of negative statements, the number of respondents answered YES by 42.5% and NO by 57.5% .
MEMBANGUN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA HUMANIS Hendriana, Heris
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36152

Abstract

ABSTRAKSalah satu fungsi pendidikan adalah sebagai proses pembentukan pribadi. Dengan demikian pendidikan harus mampu berperan dalam menyiapkan peserta didik membangun kepribadian, dan menumbuhkan nation and character building, diantaranya adalah memiliki visi, komitmen, konsisten dan tanggung jawab. Pembelajaran matematika humanis yang dilaksanakan oleh guru bersama siswa di kelas memegang peranan penting pada pembentukan karakter. Pembelajaran ini akan membentuk nilai-nilai kemanusiaan dalam diri siswa. Selain memahami dan menguasai konsep matematika, siswa akan terlatih bekerja mandiri maupun bekerjasama dalam kelompok, bersikap kritis, kreatif, konsisten, berpikir logis, sistematis, menghargai pendapat, jujur, percaya diri, dan bertanggung jawab. Kemudahan dalam mempelajari matematika dapat membuat siswa menghargai dan mencintai matematika. Dengan adanya ketertarikan dalam belajar matematika membuat siswa percaya diri bahwa pelajaran sesulit apapun dapat dipelajarinya.ABSTRACTOne of the functions of education is a process of personal formation. Thus education should be able to play a role in preparing students to build a personality, and growing nation and character building, including the vision, commitment, consistency and responsibility. Learning mathematics humanist implemented by teachers with students in the classroom plays an important role in the formation of character. These lessons will shape human values in students. In addition to understanding and mastering math concepts, students will be trained to work independently as well as work in teams, to be critical, creative, consistent, logical, systematic, value the opinions, honest, confident, and responsible. Ease in learning mathematics can make students appreciate and love math. With the interest in learning mathematics makes students confident that any difficult lessons can be learned.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMODELAN (MATHEMATICAL MODELING) BERBASIS REALISTIK UNTUK MAHASISWA Turmudi, Turmudi; Hidayat, Asep Syarif; Prabawanto, Sufyani; Jupri, Al
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36145

Abstract

ABSTRAKBeberapa latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pengajaran matematika saat ini masih menekankan pada metode ekspositori, komunikasi satu arah, dan penggunaan pendekatan kapur dan bicara. Sebagian besar kinerja siswa dalam pengajaran matematika hanya menonton guru memecahkan masalah di papan tulis . Kurang kesempatan diberikan kepada siswa untuk melakukan matematika kreatif untuk menunjukkan kegiatan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam matematika pemodelan dan mengajar matematika menggunakan model untuk siswa sekolah menengah pertama dan atas. Bahan awal dan workshop pemodelan matematika dilakukan untuk sejumlah guru dan mahasiswa. Empat mahasiswa terlibat dalam penelitian pemodelan matematika bersama dengan tim peneliti. Dengan menggunakan model matematika memungkin bagi siswa untuk menemukan kembali konsep-konsep matematika, prosedur, atau hukum matematika yang telah ditemukan oleh matematikawan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemodelan matematika meningkatkan komunikasi dalam matematika, kompetensi siswa dalam matematika strategis, kemampuan dalam pemecahan masalah dan penalaran adaptif siswa. Model matematika ini juga memuncul sikap positif terhadap matematika bahwa kegiatan model matematika yang menarik, membantu siswa untuk memahami konsep-konsep matematika , dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkomunikasikan ide-ide matematika mereka. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu untuk mengajar matematika dengan proses pemodelan berdasarkan pendekatan realistis.ABSTRACTSome background of this research are that current mathematics teaching still emphasize on the expository method, one way communication, and chalk and talk approaches. Most of students’ performance in mathematics teaching are watching the teacher solved the problems on the chalkboard. Less opportunity is given to the students for doing mathematics creatively to show their activities. The aim of this study is to develop university students’ ability in mathematical modeling and teaching mathematics using modeling for junior as well as senior secondary students. The initial materials and the workshop on mathematical modeling were conducted for a number of teachers and university students. Four university students were involved in mathematical modeling research along with the research team. By using mathematical modeling, it is possible for students to reinvent mathematical concepts, procedures, or the law of mathematics which has been discovered by mathematicians previously. Results indicated that mathematics modeling improved students’ communication in mathematics, students’ competence in mathematical strategic, students’ ability in problem solving and students’ adaptive reasoning. This mathematical model also emerged positive attitude towards mathematics that mathematical model activities were interesting, help students to understand mathematical concepts, and to give opportunity for students to communicate their mathematical ideas. This indicates that the university students were able to teach mathematics by modeling process based on the realistic approaches.
ANALISIS MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN ANGKET RESPON MODEL ARCS Santini, Santini
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36161

Abstract

ABSTRAKPentingnya mengetahui minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar dan cara menganalisisnya mendorong peneliti melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis minat dan motivasi belajar mahasiswa dengan model ARCS. Instrumen yang digunakan adalah angket respon mahasiswa model ARCS yang dikembangkan oleh Keller. Data respon diambil sebanyak dua kali yaitu pada bulan Februari dan Mei 2009 pada dua kelas reguler pedidikan fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Data di analisa untuk mengetahui minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar. Peneliti menyimpulkan bahwa minat dan motivasi mahasiswa dalam belajar berkategori baik dan peneliti berpendapat hal ini menjadi salah satu penyebab hasil belajar mahasiswa yang menurut dosen pengajar cukup baik.ABSTRACTThe importance of knowing the interest and students learning motivation and how to analyze it encourages researcher to conduct a study with the aim of analyzing the students' interest and students learning motivation with ARCS model. The instrument which is used is students’ questionnaire responses of ARCS model which is developed by Keller. Response data are taken twice in February and May 2009 in two regular classrooms of physics on Physics Department of State University of Surabaya. Data is analyzed to determine student interest and motivation in learning. Researcher concludes that the interest and motivation of students in learning are in good category and researcher believes it becomes one of the causes of students learning outcomes are good enough according to the lecturer.
BAGAIMANA IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM AKTIFITAS LESSONS STUDY? Sriyati, Siti
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36153

Abstract

ABSTRAKKesamaan istilah dalam tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Pengamatan dan Refleksi dengan tahap-tahap kegiatan dalam lesson study yaitu : Plan, Do dan See membuat orang yang belum begitu mengenal lesson study secara mendalam akan mempertanyakan hal ini. Samakan PTK yang lebih dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) dengan Lesson Study? Apakah tujuan dari kedua kegiatan ini sama? Memang tujuan utama dari kedua kegiatan ini adalah sama yaitu meningkatkan mutu pembelajaran. Akan tetapi ada aspek lain yang membedakan PTK dan Lesson study yaitu Lesson study merupakan suatu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan belajar dari pembelajaran orang lain. Sebenarnya perbedaan prinsip antara PTK dan Lesson study adalah : PTK berbasis penelitian, sedangkan lesson study tidak selalu berbasis penelitian dan lesson study mempunyai cakupan yang lebih luas dari pada PTK, bahkan tidak hanya PTK yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan lesson study, akan tetapi jenis penelitian lain juga bisa dilaksanakan dengan persiapan instrumen yang lebih terencana, agar mendapatkan data yang diharapkan. ABSTRACTSimilar term in CAR (Classroom Action Research) steps are planning, acting, observing and reflecting with an activity steps in lesson study are plan, do and see make people that don’t know much about lesson study will keep asking. Are the CAR and lesson study the same? Is the purpose of this two are the same? Although the main purpose of this two activities are the same that is to improve the quality of the teaching, but there’s another aspect that differentiate the CAR and lesson study. The lesson study is a strategy to improve professionalism of the teachers, through teaching activity from other people’s teaching. Actually the main difference between the CAR and lesson study is that CAR is research basis while the lesson study is not always research basis. The lesson study has more coverage than CAR. Even more is not only the CAR that can be done in lesson study but also other researchs are can be done with good planned instrument preparation to get the expected data.
PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN PELUANG: STUDI KASUS DI SATU SEKOLAH MENENGAH DI JOHOR BAHRU, MALAYSIA Aisyah, Maizatul Nur; Sumintono, Bambang; Ismail, Zaleha
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36147

Abstract

ABSTRAKMatematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menantang pemahaman siswa; pokok bahasan peluang dalam topik statistik merupakan hal yang bermanfaat dan mempunyai aplikasi ke berbagai disiplin ilmu. Namun, pokok bahasan ini termasuk yang kurang dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah peluang (probabilitas) dan untuk mengetahui masalah yang dihadapi oleh siswa dalam menyelesaikan masalah peluang. Untuk tujuan tersebut, satu studi kualitatif dengan pendekatan studi kasus telah dilakukan dengan jumlah sampel secara purposif sebanyak delapan orang pada siswa kelas sepuluh di sekolah menengah negeri di daerah Johor Bahru, Malaysia. Data penelitian pada tahap awal didapat dengan memberikan ujian diagnostik kepada sampel, kemudian empat orang diantaranya dipilih untuk di wawancara secara mendalam mengenai jawaban yang diberikan. Wawancara difokuskan kepada pola pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah peluang dan masalah yang di hadapi oleh mereka dalam menyelesaikan masalah peluang tersebut. Data kualitatif kemudian dianalisis menggunakan kaedah analisis tematik. Hasil studi mendapati beberapa tema dan pola yang menjelaskan tentang pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah peluang yaitu miskonsepsi, penguasaan konsep yang lemah dan tidak memahami kalimat dan istilah.ABSTRACTMathematics is one the challenging subject to students’ understanding, and probability concepts in statistics is one of the concept that used in many disciplines. However, this topic is one that not comprehensively understood by students. This study purpose is to seek students understanding about probability topic and to know problem that students’ face when solving prability problems. A qualitative study that employed case study design has been coducted with sampling of eight of year 10 students selected purposively in one public secondary school in Johor Bahru, Malaysia. First stage of data collection came from diagnostic tests to students; then four of the students are chosen to be interviewed. Data from interviews and diagnostic test analyse with thematics method. The study found that students have misconception to probability concept, they have poor understanding and cannot understand terms used.
PEMBELAJARAN MODEL SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS Johan, Henny
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36162

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian untuk memperoleh gambaran mengenai pembelajaran model search, solve, create and share (sscs) problem solving untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada konsep listrik dinamis serta untuk mengetahui tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap model ini. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen desain “The randomized Pretest-Posttest control group design” yang dilaksanakan di semester dua prodi Pendidikan Fisika Fakultas KIP Universitas Bengkulu pada tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes awal dan tes akhir untuk penguasaan konsep, lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk mengetahui tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap model ini. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain penguasaan konsep 0,49 berada pada kategori sedang untuk kelas eksperimen dan 0,32 untuk kelas kontrol berada pada kategori sedang. N-gain penguasaan konsep kelas eksperimen 17% lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap model ini pada umumnya baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen dengan SPSS 16 menunjukkan peningkatan penguasaan konsep dan berpikir kritis mahasiswa pada konsep listrik dinamis pada kelas eksperimen yang menggunakan model SSCS problem solving secara signifikan lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol. Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model ini secara signifikan dapat lebih baik dalam meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa.ABSTRACTA study has been done to obtain an indication of the effect of the use of search, solve, create, and share (SSCS) problem solving model in learning to enhance the mastery of concepts of college students, the unit concepts of dynamic electricity and to determine the responses of lecturer and college students to this model of learning. This study uses a method quasi-experimental with "The Pretest-Posttest Randomized Control Group Design" that was implemented in the second semester of physics education study program teacher training and science education faculty University of Bengkulu in the 2011/2012 school year. The data was collected using a pretest and posttest for mastery of concepts, observation sheets for implementation of model and a questionnaire to know the lecturers, and college students responses. Based on the result of data analysis obtained the N-gain average of mastery concept 0.49 in category enough for the experimental class and 0.32 in category enough for control classes. N-gain mastery of the concept class experiments 17% higher than the control class. Responses of lecturer and college studenst to the search, solve, create and share (sscs) problem solvingthis model is generally good. The results of hypothesis test using two independent samples t test with SPSS 16 shows that enhancement of mastery concepts of college students to the dynamic electricity concept in the experiment class using search, solve, create and share (sscs) problem solving model is significantly higher than control class. It can be concluded that this model can significantly enhance the mastery concepts of college students.
KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE GURU BIOLOGI YANG BERPENGALAMAN DAN YANG BELUM BERPENGALAMAN Anwar, Yenny; Rustaman, Nuryani Y.; Widodo, Ari; Redjeki, Sri
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36155

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru biologi senior (mengajar 20 th) dan guru junior ( mengajar 10 th). Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, partisipannya adalah dua orang guru biologi junior dan dua orang guru biologi senior. Kemampuan ini diukur dengan meminta guru membuat CoRes dan PaP-eRs pada materi transportasi zat yang dilanjutkan dengan teknik wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru senior memunculkan tujuh konsep penting yang harus diajarkan sedangkan guru junior memunculkan antara delapan sampai 10 konsep. Guru senior lebih fokus pada konsep-konsep yang cenderung menimbulkan miskonsepsi dan pada bagian sulit dipahami oleh siswa seperti konsep difusi dan osmosis, serta pembelajaran lebih kepada penggunaan metode. Guru senior lebih fleksibel menggunakan strategi mengajar, disesuaikan dengan kondisi dilapangan dan keadaan siswa. Guru junior lebih fokus pada kedalaman materi dan model-model pembelajaran yang akan digunakan. Penggunaan strategi cenderung kurang fleksibel, lebih dikaitkan pada perencanaan yang sudah dibuat.ABSTRACTThis study aims to describe the ability of a senior biology teacher (teaching 20 years) and junior teachers (teaching 10 years) on Pedagogical Content Knowledge (PCK). This research was a case study, and the participants were two junior biology teachers and two senior biology teachers. This ability was measured by asking teachers to make CoRes and PaP-ers on the transport of material substance, followed by interview. Data were analyzed with descriptive qualitative techniques. The analysis showed that the senior teachers raises seven important concept that should be taught while the junior teacher raises between eight to 10 concepts. The senior teachers were more focus on the concepts that lead to misconception, such as the concepts about diffusion and osmosis, and more to learning methods. The senior teachers were more flexible in the use of teaching strategies according to students conditions and circumstances. The junior teachers were focus more on the depth of the material and learning models that will be used. The use of strategies tend to be less flexible, more linked to the planning that has been made.
PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA SETARA PISA PADA KONTEN SHAPE AND SPACE DAN CHANGE AND RELATIONSHIP UNTUK SISWA SMP Irnanda, Irnanda; Johar, Rahmah; Subianto, Muhammad
Jurnal Pengajaran MIPA Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014
Publisher : Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18269/jpmipa.v19i1.36149

Abstract

ABSTRAKProgram International for Student Assessment (PISA) merupakan program penilaian tingkat Internasional yang diselengarakan setiap tiga tahun sekali yang bertujuan untuk meneliti kemampuan siswa usia 15 tahun dalam literasi membaca, matematika, dan sains. Hasil PISA tahun 2009 dan tahun 2013 menunjukkan bahwa prestasi siswa Indonesia pada literasi matematika masih berada pada level 2. Rendahnya prestasi tersebut tidak terlepas dari proses belajar di sekolah, salah satunya siswa belum dibiasakan menyelesaikan soal-soal yang menuntut kemampuan siswa untuk menganalisis, bernalar, beragumentasi, merepresentasikan permasalahan dalam berbagai situasi, dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlu dikembangkan soal matematika setara PISA yang sesuai dengan konteks siswa Indonesia yang dapat digunakan guru sehingga literasi matematika siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menghasilkan soal matematika setara PISA pada konten shape and space dan change and relationships untuk siswa SMP yang valid dan praktis dan (2) untuk mengetahui level siswa dalam menyelesaikan soal matematika setara PISA pada konten shape and space dan change and relationships. Penelitian ini menggunakan alur pengembangan instrumen oleh Tessmer. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas IX-5 MTsN Model Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diperoleh perangkat soal matematika setara PISA pada konten shape and space dan change and relationship sebanyak 12 butir yang valid dan praktis dan (2) rata-rata pencapaian level siswa dalam menyelesaikan soal matematika setara PISA masih berada pada level 2.ABSTRACTProgram for International Student Assessment (PISA) is a study of the International level student assessment program is held from once every three years which aims to examine the ability of 15 year old students in reading, mathematics, and science literacy. The PISA results in 2009 and 2013 showed that Indonesia student's achievements in mathematics literacy is still at the lower level. Low achievement is closely connected to the learning process in schools, such as students are not accustomed to solve the problems which require the student's ability to analysing, reasoning, arguing, and representing problems in a variety of situations and solving problems related to their daily life. Therefore, it is necessary to develop the equivalent of PISA mathematical problems in Indonesian context so that teachers can increase the students’ mathematical literacy. The purpose of this study was (1) to produce the equivalent PISA mathematical problem on the shape and space and change and relationships for junior high school students that fulfill the validity and practicality criteria, and (2) to determine the level of students in solving mathematical problems similar to the content of PISA. Tessmer development design was used in this study. The subjects were 36 students grade IX-5 MTsN Model Banda Aceh. The results showed that (1) obtained the equivalent PISA mathematical problem on the shape and space and change and relationships content as much as 12 items are fulfill the validity and practicality criteria (2) The average of students’ achievement in level of students in solving mathematical problems PISA equivalent is at the baseline of level 2 (siswa yang mana? Semua siswa? Pada umumnya, atau rata-rata?).

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 27, No 2 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 2, 2022 Vol 27, No 1 (2022): JPMIPA: Volume 27, Issue 1, 2022 Vol 26, No 2 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 2, 2021 Vol 26, No 1 (2021): JPMIPA: Volume 26, Issue 1, 2021 Vol 17, No 2 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 2, 2012 Vol 25, No 2 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 2, 2020 Vol 25, No 1 (2020): JPMIPA: Volume 25, Issue 1, 2020 Vol 25, No 2 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2020 Vol 25, No 1 (2020): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2020 Vol 24, No 2 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 2, 2019 Vol 24, No 1 (2019): JPMIPA: Volume 24, Issue 1, 2019 Vol 24, No 1 (2019): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2019 Vol 23, No 2 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 2, 2018 Vol 23, No 1 (2018): JPMIPA: Volume 23, Issue 1, 2018 Vol 23, No 2 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2018 Vol 23, No 1 (2018): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2018 Vol 22, No 2 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 2, 2017 Vol 22, No 1 (2017): JPMIPA: Volume 22, Issue 1, 2017 Vol 22, No 2 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - Oktober 2017 Vol 22, No 1 (2017): Jurnal Pengajaran MIPA - April 2017 Vol 21, No 2 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 2, 2016 Vol 21, No 1 (2016): JPMIPA: Volume 21, Issue 1, 2016 Vol 20, No 2 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 2, 2015 Vol 20, No 1 (2015): JPMIPA: Volume 20, Issue 1, 2015 Vol 19, No 2 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 2, 2014 Vol 19, No 1 (2014): JPMIPA: Volume 19, Issue 1, 2014 Vol 18, No 2 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 2, 2013 Vol 18, No 1 (2013): JPMIPA: Volume 18, Issue 1, 2013 Vol 17, No 1 (2012): JPMIPA: Volume 17, Issue 1, 2012 Vol 16, No 2 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 2, 2011 Vol 16, No 1 (2011): JPMIPA: Volume 16, Issue 1, 2011 Vol 15, No 2 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 2, 2010 Vol 15, No 1 (2010): JPMIPA: Volume 15, Issue 1, 2010 Vol 14, No 2 (2009): JPMIPA: Volume 14, Issue 2, 2009 Vol 13, No 1 (2009): JPMIPA: Volume 13, Issue 1, 2009 Vol 12, No 2 (2008): JPMIPA: Volume 12, Issue 2, 2008 Vol 11, No 1 (2008): JPMIPA: Volume 11, Issue 1, 2008 Vol 9, No 2 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 2, 2007 Vol 9, No 1 (2007): JPMIPA: Volume 9, Issue 1, 2007 Vol 8, No 2 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 2, 2006 Vol 8, No 1 (2006): JPMIPA: Volume 8, Issue 1, 2006 Vol 6, No 2 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 2, 2005 Vol 6, No 1 (2005): JPMIPA: Volume 6, Issue 1, 2005 Vol 5, No 2 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 2, 2004 Vol 5, No 1 (2004): JPMIPA: Volume 5, Issue 1, 2004 Vol 4, No 2 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 2, 2003 Vol 4, No 1 (2003): JPMIPA: Volume 4, Issue 1, 2003 Vol 3, No 1 (2002): JPMIPA: Volume 3, Issue 1, 2002 Vol 2, No 2 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 2, 2001 Vol 2, No 1 (2001): JPMIPA: Volume 2, Issue 1, 2001 Vol 1, No 1 (1993): JPMIPA: Volume 1, 1993 More Issue