cover
Contact Name
Agustina Tri Wijayanti
Contact Email
agustina_tw@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No 1 Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN : 23550139     EISSN : 26157594     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JIPSINDO, an academic journal that centered in social studies i.e social education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), moral education, and multicultural education. We are interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)" : 7 Documents clear
Efektifitas media pembelajaran Powtoon untuk meningkatkan hasil belajar IPS Eldi Mulyana; Alni Dahlena; Tetep Tetep; Slamet Nopharipaldi Rohman; Triani Widyanti; Ade Suherman; Lili Dianah; Indra Cahya Uno; Ane Rostiani
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.52706

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian nonequivalent control design. Populasi adalah peserta didik kelas VIII SMP Garut, dengan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang diidentifikasi melalui pretest dan posttest dan non tes melalui observasi, wawaancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dengan menggunakan media pembelajaran Powtoonterhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 dan α sebesar 0,05 menunjukan bahwa 0,000 0,05 maka Ho ditolak. The effectiveness of Powtoon learning media to improve social studies learning outcomesThe research objective was to determine the effectiveness of PowToon learning media in improving social studies learning outcomes. This research used a quasi-experimental method with a nonequivalent control design. The population is students of class VIII SMP Garut, with a sample using purposive sampling using one experimental class and one control class. Data collection techniques used tests, identified through pretests, posttests, and non-tests through observation, interviews, and documentation studies. Based on the results of statistical analysis, it was found that there was a significant influence of using PowToon learning media on student learning outcomes in social studies learning. The Asymp value evidences this. Sig. (2-tailed) 0.000 and α of 0.05 indicate that 0.000 0.05 then Ho is rejected.
Model Pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai Shasliani Shasliani; Nurfajrin Arafah; Riko Septiantoko
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.53048

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui Model-model pembelajaran yang digunakan guru di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai, 2) Mengetahui kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai, 3) Mengetahui upaya untuk mengatasi kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Model-model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai yaitu model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran kooperatif tipe CTL; 2) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai yaitu dalam pelaksanaan model pembelajaran masih ada siswa yang belum siap mengikuti pelajaran, serta penggunaan model pembelajaran yang belum pernah diaplikasikan sebelumnya, siswa masih bingung, kemudian terdapat faktor lain seperti latar belakang pendidikan guru, sehingga tidak menguasai materi yang diajarkan; 3) Beberapa upaya untuk mengatasi kendala yaitu melakukan pengayaan, melakukan refleksi, memberikan penguatan atau peningkatan motivasi atau keterampilan belajar dan menggunakan model pembelajaran yang tepat.Social Studies learning models in SMP Negeri 1 Atap Pangka, Sinjai RegencyThis study aims to 1) Know the learning models used by teachers at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, 2) Know the obstacles in using learning models in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, 3) Know the efforts to overcome obstacles in the use of learning models in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency. Data collection techniques were conducted through documentation, observation and interviews. The data obtained from the research results are processed using qualitative analysis. The results showed: 1) The learning models used by teachers in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, namely the direct learning model, the STAD type cooperative learning model, the jigsaw type cooperative learning model, the CTL type cooperative learning model;  2) There are constraints to using the learning model for social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka Sinjai Regency:  followed: students are not ready to take lessons; the use of learning models that have never been applied before; students are still confused; and teacher's educational background so that they do not master the material being taught; 3) Several attempts to overcome obstacles, namely conducting enrichment, reflecting, providing reinforcement or increasing motivation or learning skills and using appropriate learning models.
Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS Ali Imron; Dewa Akbar Pamungkas; Muhammad Ilyas Marzuqi; Dian Ayu Larasati
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.53199

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran WordWall terhadap motivasi belajar IPS. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas 7 SMP 58 Surabaya sebanyak 314 orang, dengan besaran sampel 40 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik dianalisis data menggunakan uji normalistas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2 tailed) 0,00 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai antara pretest dan posttest akibat pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS.The effect of using Word Wall learning media on social studies learning motivationThe research aims to determine the effect of WordWall learning media on social studies learning motivation. The study used an experimental method with the One-Group Pretest-Posttest Design model. The study population was 314 grade 7 students of SMP 58 Surabaya, with a sample size of 40 students. Samples were taken using a simple random sampling technique. Data collection techniques using tests. Techniques for analyzing data using the normality test, homogeneity test, and t-test. The results showed that the value of Sig. (2-tailed) 0.00 0.05, meaning that there is a difference in scores between the pretest and posttest due to the influence of the use of Wordwall learning media on social studies learning motivation.
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media rekaman suara Umi Fathonah Rubiyatin
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.47154

Abstract

Hasil belajar merupakan aspek yang sangat penting karena menjadi muara dari kegiatan pembelajaran. Hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi yang masih rendah di MAN 1 Gunung Kidul perlu ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan treatment berupa penggunaan media. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar melalui media rekaman suara. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X jurusan IPS 2 sebanyak 20 siswa MAN 1 Gunung Kidul. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif model Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar menggunakan media rekaman suara dapat meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan rerata kelas di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penggunaan media rekaman suara juga meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menyimak (listening) rekaman suara. The improvement of student learning outcomes through sound recording mediaLearning outcomes are crucial because they become the estuary of learning activities. The learning outcomes of the Economics Subject, which are still low at MAN 1 Gunung Kidul need to be improved in various ways. One way is to provide treatment in the form of the use of mediaThe research aims to determine efforts to increase learning outcomes through sound recording media. The research subjects consisted of 20 students of class X majoring in Social Studies 2, as many as 20 of MAN 1 Gunung Kidul. The study used the Kemmis Taggart class action research method, which was carried out in two cycles. Data collection methods used include interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is the qualitative data analysis technique of the Miles Huberman model. The study results in a show that applying learning strategies using sound recording media can improve learning outcomes, as indicated by an increase in the class average above the Minimum Mastery Criteria (KKM). Using sound recording media also increases students' competence in listening to sound recordings.
Nilai-nilai sosial tradisi Gusjigang sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Yusuf Falaq; Juhadi Juhadi
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.55284

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran IPS dengan mengintegrasikan nilai-nilai sosial kearifan lokal Gusjigang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi lapangan pada SMP dan MTs kemudian dianalisis data yang diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih mengutamakan orientasi lingkungan sosial penting. Nilai-nilai kearifan lokal “Gusjigang” dapat dimanfaatkan untuk memperkaya materi sebagai pengembangan topik atau tema. Pengembangan pembelajaran IPS yang berbasis nilai kearifan lokal, diantaranya; 1) proses penentuan topik atau tema; 2) menetapkan judul dari tema; 3) pemilihan serta analisis komponen silabus; 4) menyusun rancangan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa tema materi berdasarkan kompetensi dasar yang relevan.Social values of Gusjigang as Social Studies learning resourcesThis study aims to describe the preparation of Ethno pedagogy-based social studies learning materials by integrating social values of local wisdom "Gusjigang". The research method used is qualitative. Data collection techniques used in the form of field studies in SMP and MTs then analyzed the data obtained descriptively. The results show that learning that prioritizes social environment orientation is essential. The values of local wisdom, "Gusjigang", can enrich the material as a topic or theme development. Development of social studies learning based on local wisdom values, including 1) the process of determining the topic or theme; 2) setting the title of the theme; 3) selection and analysis of syllabus components; 4) developing thematic learning plans by combining several material themes based on relevant essential competencies.
Pendidikan bagi masyarakat miskin di Yogyakarta Yumi Hartati; Emilia Alya Sabila
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.51142

Abstract

Pendidikan tinggi memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional yang berkaitan dengan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas. Sayangnya aksesibilitas masyarakat terhadap pendidikan tinggi masih rendah. Tujuan dari penelitian adalah  untuk mengetahui kebijakan pemerintah daerah dalam menyediakan layanan pendidikan tinggi. Penelitian menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan menemukan sebab-sebab permasalahan serta solusinya melalui kajian dari referensi dan jurnal hasil penelitian yang sesuai dengan topik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah memiliki peranan yang sangat dibutuhkan dalam menetapkan kebijakan untuk dapat memberikan akses bagi masyarakat miskin agar dapat menempuh dan mengakses pendidikan tinggi. Education for poor people in Yogyakarta Higher education which has an essential role in national development has the right to be accessed by every citizen. However, the irony is that the higher the level of education, the lower the participation rate. It can be caused by several factors, one of which is the problem of access to higher education, experienced mainly by the poor. The research uses a literature study method by finding the causes of the problem and the solution through a study of references and research journals that follow the topic. The results of the study indicate that the role of the government needed to set policies to provide access for the poor so that they can take and access higher education more easily without discrimination.
Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram M. Gebryna Rizki Nantana; Agung Wiradimadja
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jipsindo.v10i1.57702

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen utama dari sebuah kegiatan belajar. Media pembelajaran merupakan sarana dalam mempermudah peserta didik memperoleh hasil belajar dan tujuan pembelajaran secara optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu; (1) mengembangkan produk podcast pembelajaran IPS berbasis instagram, (2) menguji kelayakan dari pengembangan media pembelajaran tersebut berdasarkan materi, media, bahasa, serta respon calon pengguna.  Proses pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan pendekatan RD (Research and Development) dengan model Borg Gall, 1989. Proses uji coba produk dilakukan di kelas 7 MTs Negeri 1 Kediri. Hasil validasi dari para ahli menunjukkan persentase nilai sebesar 84% untuk validasi materi, 83,7% untuk validasi media, dan 95% untuk validasi bahasa. Sedangkan hasil uji coba terhadap pengguna atau peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 85%. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat dinyatakan bahwa produk podcast pembelajaran IPS berbasis instagram “sangat layak” dijadikan media pembelajaran IPSThe 21st-century learning innovation through the development of Instagram-based IPS learning podcast mediaLearning media is one of the main components of a learning activity. Learning media is a means to make it easier for students to obtain learning outcomes and learning objectives optimally. The purpose of this research is; (1) develop the Instagram-Based IPS Learning podcast product, (2) to test the feasibility of developing these learning media based on material, media, language, and the responses of prospective users. The product development process in this study used the RD (Research and Development) approach with the Borg Gall, 1989 model. The product trial process was carried out in class 7 of MTs Negeri 1 Kediri. The validation results from the experts showed a percentage of 84% for material validation, 83.7% for media validation, and 95% for language validation. While the results of trials on users or students obtain an average of 85%. Based on these averages, it can be stated that Instagram-based social studies learning podcast products are "very feasible" to be social studies learning media

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 10, No 2 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 10, No 1 (2023): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 9, No 2 (2022): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 9, No 1 (2022): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 8, No 2 (2021): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 8, No 1 (2021): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 7, No 2 (2020): JIPSINDO, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Vol 7, No 2 (2020): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 7, No 1 (2020): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 6, No 2 (2019): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 6, No 1 (2019): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 5, No 2 (2018): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 5, No 2 (2018): JIPSINDO Vol 5, No 1 (2018): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 4, No 2 (2017): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 4, No 1 (2017): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 3, No 2 (2016): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 3, No 2 (2016): JIPSINDO, Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia Vol 3, No 1 (2016): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 2, No 2 (2015): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 2, No 1 (2015): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) 2014: Jipsindo No. 1, Volume 1, Maret 2014 Vol 1, No 2 (2014): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 1, No 1 (2014): JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Vol 1 More Issue