cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 7 Documents clear
TINJAUAN KURIKULUM DARURAT (DALAM KONDISI KHUSUS) Zuniar Kamaluddin Mabruri
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.075 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.397

Abstract

Abstrak Kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan dalam perkembangan kehidupan manusia, maka dalam menyusun kurikulum tidak bisa dilakukan tanpa menggunakan landasan yang kokoh dan kuat. Keadaan Pandemi Covid-19 merupakan darurat ketatanegaraan yang memberikan akibat yang besar bagi seluruh negara, termasuk Indonesia. Akibatnya diberbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Banyak dari warga negara Indonesia yang merasa hak pendidikannya tidak terpenuhi karena harus menjalani Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Kajian dilakukan dengan tinjauan literatur sistematis. Berbagai informasi dikumpulkan melalui berbagai sumber berupa, buku, jurnal prosiding, dan sumber lain dai internet. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemerintah merespon dengan Menyusun Kurikulum Darurat. Kurikulum tersebut merupakan kurikulum yang memiliki kesamaan dengan Kurikulum Nasional karena merupakan penyederhanaannya. Kurikulum darurat merupakan suatu langkah untuk dapat beradaptasi dan berproses menuju kondisi negara normal, terutama untuk memenuhi hak pendidikan warga negara Indonesia. Kata Kunci: kurikulum darurat, pandemi, pendidikan Abstract The curriculum as an educational design has a very strategic position in all aspects of educational activities. Given the importance of the role of the curriculum in education and in the development of human life, it is impossible to develop a curriculum without using a solid and strong foundation. The Covid-19 pandemic is a constitutional emergency that has had major consequences for all countries, including Indonesia. As a result in various fields of life, including the field of education. Many Indonesian citizens feel that their education rights are not being fulfilled because they have to undergo Distance Education (PJJ). The study was conducted by means of a systematic literature review. Various information is collected through various sources in the form of books, proceedings journals, and other sources on the internet. The results of the study show that the government responds by developing an Emergency Curriculum. The curriculum is a curriculum that has similarities with the National Curriculum because it is a simplification. The emergency curriculum is a step to be able to adapt and process towards normal state conditions, especially to fulfill the education rights of Indonesian citizens. Keywords: emergency curriculum, pandemic, education
KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN MENTORO Ratih Arum Nastiti; Eny Setyowati; Vit Ardhyantama
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.241 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.393

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar berseri pada proses pembelajaran .Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mentoro yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa: keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar berseri siswa kelas IV SDN 2 Mentoro dengan kategori tinggi sebesar 71%, kategori sedang 18%, dan kategori rendah 11%. Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis deskripsi yaitu siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam bentuk kata atau kalimat, serta siswa merasa kesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang yang benar dalam sebuah tulisan. Kata kunci: Media, Keterampilan Menulis, Gambar Berseri Abstract This study aims to determine the skills of writing descriptions using picture series media in the learning process .This type of research is a qualitative. The subjects of this study were the fourth grade students of SDN Mentoro, totaling 28 students.Data collection methods were obtained from observation, interviews, tests, and documentation. The data analysis technique uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of data analysis concluded that: Skill of writing descriptions using picture series media for fourth grade students of SDN 2 Mentoro with a high category of 71%, a medium category of 18%, and a low category of 11%. Constraints faced by students in writing descriptions are that students find it difficult to put ideas into words or sentences, and students find it difficult to write the correct spelling and punctuation in a piece of writing. Keywords: Media, Writing Skills, Series Image
EVALUASI DISEMINASI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI PEMBELAJARAN INOVATIF Tri Astari
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.365 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.398

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan peserta dalam diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai pembelajaran inovatif. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 184 orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Analisis data yang berasal dari hasil observasi, pengamatan, dan angket. Hasil analisis pengetahuan peserta di awal sebanyak 60% (110 orang) sudah mengetahui VR, tidak mengetahui 37% (68 orang), dan tidak menjawab 3% (6 orang). Sedangkan hasil observasi dan pengamatan ketika pelaksanaan diseminasi hanya 23% (44 orang) peserta yang aktif dan sisanya tidak aktif sebesar 77% (140 orang). Peserta yang memiliki pengetahuan dan terampil berhasil mengembangkan VR sebesar 3,3% (6 orang), dan sebesar 20,7% (38 orang) sampai tahap menyelesaikan materi di pelantar “Guru Binar” sedangkan sisanya tidak mengikuti diseminasi. Hal ini disebabkan beberapa kendala yang terjadi dalam proses diseminasi VR seperti waktu diseminasi singkat (1 bulan) sebesar 26%, pembelajaran hybrid learning sebesar 24%, kendala kuota dan jaringan terbatas sebesar 23%, selanjutnya perangkat belum memadai sebesar 21%, dan lain-lain sebesar 6%. Kata Kunci: Evaluasi, Virtual Reality, Pembelajaran Inovatif Abstract This study aims to evaluate the knowledge and skills of participants in the dissemination of Virtual Reality (VR) as innovative learning. This type of research is descriptive qualitative. The population and sample of this study were 184 people from various educational and occupational backgrounds. Analysis of data derived from the results of observations, observations, and questionnaires. The results of the analysis of participants' knowledge at the beginning as much as 60% (110 people) already knew VR, 37% (68 people) did not know, and 3% (6 people) did not answer. While the results of observations and observations during the dissemination were only 23% (44 people) of active participants and the remaining 77% (140 people) were not active. Participants who have knowledge and skills succeeded in developing VR by 3.3% (6 people), and 20.7% (38 people) until the stage of completing the material on the “Guru Binar” platform while the rest did not participate in the dissemination. This is due to several obstacles that occur in the VR dissemination process such as short dissemination time (1 month) by 26%, hybrid learning by 24%, quota constraints and limited network by 23%, then inadequate equipment by 21%, and so on. another 6%. Keywords: Evaluation, Virtual Reality, Innovative Learning
IMPLEMENTASI GOOGLE CLASSROOM PADA STUDI KELAYAKAN BISNIS MAHASISWA IKIP PGRI BOJONEGORO Fifi Zuhriah; Mia Nur Fadhillah; Anita Dewi Utami
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.835 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.394

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan desktiptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi aplikasi Google Classroom pada mata kuliah studi kelayakan bisnis di IKIP PGRI Bojonegoro. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi tingkat II Fakultas Ilmu Pendidikan Sosial di IKIP PGRI Bojonegoro tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 32 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran studi kelayakan bisnis dengan menggunakan aplikasi Google Classroom di masa pandemi covid-19 teridiri tiga kegiatan yaitu pembuka, inti, penutup. Meski teramati kegiatan pembuka, inti dan penutup di aplikasi Google Classroom tampak samar namun setiap kegiatan sudah terlaksanakan dan tujuan pembelajaran telah tercapai. Aplikasi Google Classroom dapat diterima mahasiswa dalam pembelajaran daring selain itu performa Google Classroom juga optimal dan memudahkan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Google Classroom, implementasi, proses pembelajaran, respon Abstract This research is a qualitative research using a qualitative descriptive approach.This study aims to describe the implementation of the Google Classroom application in the business feasibility study course at IKIP PGRI Bojonegoro. The population in this study were students of Economic Education level II, Faculty of Social Education at IKIP PGRI Bojonegoro for the academic year 2020/2021 with a total of 32 students. Collecting data using the method of observation, interviews, documentation. Based on the research results of the learning process of a business feasibility study using the Google Classroom application during the covid-19 pandemic consists of three activities, namely opening activities, core activities, and closing activities. But in reality, the opening, core and closing activities in the Google Classroom application seem vague, but each activity has been carried out and the learning objectives have been achieved. The Google Classroom application can be accepted by students in online learning, besides that, the performance of Google Classroom is also optimal and makes learning activities easier. Keywords: Google Classroom, implementation, learning process, response
PROBLEMATIKA YANG MUNCUL PADA PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL SEBAYA Muhammad Muzakki; Abdul Gani; Zulkifli Zulkifli
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.226 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.395

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika yang muncul pada program Tahfidz Al-Qur’an dengan model pembelajaran Tutorial Sebaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Metode pengambilan data menggunakan wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan Miles and Huberman dan Spradley. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika program Tahfidz Al-Quran model Tutor Sebaya adalah metode, perekrutan calon Tutor Sebaya, materi dan waktu bimbingan Tutor Sebaya dan Tahfidz Al-Qur’an di kelas; para Tutor Sebaya dan siswa terkendala dengan waktu yang telah ditentukan dengan alasan masih repot membantu orang tua serta waktu bimbingan Tutor Sebaya dan Tahfidz Al-Qur’an terlalu singkat sementara kendala teknis setor hafala adalah minimnya kontrol dan pengawasan para guru pembimbing saat Tahfidz Al-Qur’an Tutorial Sebaya berlangsung di dalam kelas yang kemudian berdampak banyak siswa yang tidak menyetorkan hafalannya, waktu setor hafalan terbentur dengan waktu mengajar guru di kelas. Kata kunci: Problematika, Program Tahfidz Al-Qur’an, Tutorial Sebaya. Abstract The purpose of this study is to find out the problems that arise in the Tahfidz Al-Qur'an program with the Peer Tutorial learning model. The method used is a qualitative descriptive method in the form of words, pictures and not numbers. Methods of data collection using interviews, field notes and documentation. The data analysis technique used in this research is qualitative data analysis, following the concept given by Miles and Huberman and Spradley. The results showed that the problems of the Tahfidz Al-Quran program with the Peer Tutor model were the method, recruitment of Peer Tutor candidates, the material and time of guidance for Peer Tutors and Tahfidz Al-Qur'an in class; Peer Tutors and students are constrained by the time allotted for the reason that they are still busy helping parents and the guidance time for Peer Tutors and Tahfidz Al-Qur'an is too short, while the technical obstacle for depositing memorization is the lack of control and supervision of the supervising teachers during Tahfidz Al-Qur'an The peer-to-peer tutorials take place in the classroom which then affects many students who do not submit their memorization, the time for depositing the memorization collides with the teacher's teaching time in class. Keywords: Problematics, Tahfidz Al-Qur'an Program, Peer Tutorial.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI PROGRAM ASRAMA AL-MANAR DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Budi Santoso; Ambo Tang; Jumadi Jumadi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.129 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.396

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan sarana untuk mencentak yang tidak hanya cerdas secara otaknya tetapi juga memiliki karakter atau budi pekerti yang baik. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter disiplin di Rusunawa Al-Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo melalui program asrama Al-manar. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Pengambilan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi karakter dilakukan dengan cara perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil implementasui pendidikan karakter disiplin Rusunawa Al-Manar melalui: Disiplin ketika masuk Asrama di Rusunawa Al-Manar, Disiplin ketika mengambil makan malam dan Disiplin ketika bangun malam. Dampak Implementasi Pendidikan Karakter berbasis Asrama di Rusunawa Al-Manar di Universitas Muhammadiyah ponorogo dapat dilihat dari pengakuan alumni santri. Diantaranya; sisiplin dalam bangun pagi, membaca Al-Qur’an, shalat Tahajjud dan Dhuha bahkan ada yang dipercaya menjadi Khatib tetap dalam ibadah shalat Jum’at. Kata Kunci: Penguatan, karakter, disiplin, Asrama al-Manar Abstract Education is a means to print those who are not only intelligent in their brains but also have good character or character. This study aims to determine the implementation of disciplined character education in Al-Manar Rusunawa, Muhammadiyah University of Ponorogo through the Al-manar dormitory program. The research method uses a qualitative case study approach. Collecting data by means of observation, interviews and documentation. The results showed that the character implementation was carried out by planning, implementing and evaluating. The results of implementing disciplined character education in Rusunawa Al-Manar through: Discipline when entering the Dormitory at Rusunawa Al-Manar, Discipline when taking dinner and Discipline when getting up at night. The impact of the Implementation of Dormitory-based Character Education in Rusunawa Al-Manar at the University of Muhammadiyah Ponorogo can be seen from the recognition of the alumni of students. Among them; discipline in getting up in the morning, reading the Qur'an, praying Tahajjud and Duha and some are even believed to be regular preachers in Friday prayers. Keywords: Strengthening, character, discipline, Al-Manar Dormitory
EFFECTS OF INCOHERENT SENTENCES IN ENGLISH UNDERGRADUATE STUDENTS' THESIS BACKGROUND Agung Budi Kurniawan; Sumani Sumani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.051 KB) | DOI: 10.21137/jpp.v13i2.391

Abstract

Abstract An incoherence sentence is a sentence whose content is out of a paragraph or text main topic. This research has a purpose to analyze the effects of incoherence sentence application in English undergraduate background thesis. There are four thesis background texts which were chosen carefully to be analyzed by using a case study design. Findings of this research show that information accuracy gets the worst effect of incoherence sentence application. Other effects are misleading concepts, hypotheses, and research frameworks. One interesting finding is that incoherent sentences can be applied unconsciously by writers. Besides, the effects of incoherent sentence application could also manipulate readers' agreement unconsciously. Avoiding applying incoherent sentences is a skill that must be trained by writers. All of the findings of this study are never found by other researchers. Also, the findings could be developed to construct steps of constructing a draft of effective writing for further study. The conclusion is that incoherent sentences must be avoided by writers because they could decrease the truthfulness and trustworthiness level of a text. Keywords: incoherence, sentences, English, background Abstrak Kalimat tidak koheren memiliki konten di luar topik paragrapnya. Penelitian ini bertujuan menganalisa efek-efek penggunaan kalimat tidak koheren pada penulisan empat buah latar belakang penelitian skripsi yang dipilih secara selektif. Penelitian ini telah diselesaikan dengan menggunakan design studi kasus. Temuan utama menunjukkan keakuratan informasi mendapatkan efek paling buruk dari penggunaan kalimat tidak koheren. Temuan lain menunjukkan akibat pada kesalahan penyampaian konsep, hipotesis, dan kerangka kerja penelitian. Hal menarik diantara semua temuan adalah penggunaan kalimat yang tidak koheren dapat dilakukan dengan tidak disadari oleh para penulis. Selain itu, efek lain dari penggunaan kalimat yang tidak koheren adalah para pembaca dapat sejutu dengan informasi yang salah dipahami tanpa mereka sadari. Menghindari penggunaan kalimat tidak koheren adalah satu keterampilan yang harus dilatih oleh para penulis. Semua temuan dalam artikel ini belum pernah ditemukan oleh para peneliti lain. Selain itu, semua temuan penelitian ini dapat dipakai untuk mengkonstruksi langkah-langkah dalam penulisan karya ilmiah pada penelitian di masa yang akan datang. Kesimpulan utama bahwa penggunaan kalimat tidak koheren harus dihindari oleh para penulis karena mereka dapat menurunkan tingkat kebenaran dan keterpercayaan pada text. Keywords: tidak koherensi, kalimat, bahasa Inggris, latar belakang

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue