cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021" : 12 Documents clear
Masalah Optimasi Fungsi dalam Matematika Bisnis: Bagaimana Mahasiswa Manajemen Menyelesaikannya? Nurfadilah Siregar; Mohamad Rif'at; Dona Fitriawan; Revi Lestari Pasaribu; Agatha Rinta Suhardi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18489

Abstract

Peranan matematika dalam bidang ekonomi dan bisnis sangatlah besar, di antaranya dalam meramalkan suatu kejadian yang terkait dengan perubahan suatu variabel. Perubahan variable-variabel tersebut dituangkan dalam suatu fungsi seperti fungsi biaya, pendapatan, laba, dan lainnya. Diperlukan pemahaman yang baik dari mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan terkait optimasi fungsi-fungsi tersebut. Namun demikian, mahasiswa pada program studi manajemen masih mengalami beberapa hambatan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan berupa kesulitan dan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan terkait optimasi fungsi ditinjau dari taksonomi SOLO. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pendekatan kualitatif ini adalah deskpritif. Adapun subjek penelitian adalah mahasiswa tahun pertama yang mengambil matakuliah matematika bisnis pada salah satu universitas di Kota Bandung. Partisipan dalam penelitian selanjutnya dipilih secara purposive yang memenuhi kriteria tertentu, yakni yang mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal optimasi fungsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan taksonomi SOLO, kurang dari setengah mahasiswa mengalami kesalahan dalam penyelesaian soal optimasi fungsi dan berada pada level prestructural sampai relational. Dari hal tersebut dapat disarankan selama perkuliahan sebaiknya dosen mengadakan penguatan terkait konsep dasar seperti operasi aljabar sederhana, begitupun untuk membiasakan mahasiswa melakukan operasi aritmatika sederhana secara manual.
Hubungan antara Habits of Mind dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Nurul Badriyah; Kiki Nia Sania Effendi; Alpha Galih Adirakasiwi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18394

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara habits of mind dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan metode yang dipilih adalah correlational research. Sampel penelitian yang terpilih adalah siswa dari kelas IX E di SMP Negeri 1 Karawang Barat dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling dengan spesifikasi cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa uraian dan non tes berupa angket skala likert. Teknik pengolahan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah uji korelasi pearson. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan bahwa nilai korelasi pearson yang diperoleh sebesar 0,520 dengan nilai signifikansinya adalah 0,001 < 0,05. Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan keeratan hubungan yang cukup.
Pembelajaran Matematika Online Melalui WhatsApp Berbantuan Blog Azzah Amany; Rita Pramujiyanti Khotimah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18576

Abstract

Efektivitas pembelajaran matematika online melalui WhatsApp dan blog telah banyak menjadi bahan kajian penelitian terdahulu, namun deskripsi runtut proses pembelajaran kurang dikaji secara mendetail. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi, respon siswa dan kendala pembelajaran melalui WhatsApp berbantuan blog. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus yang menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas VIIIB SMPIT Ar Rahmah Pacitan. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran matematika online melalui WhatsApp berbantuan blog pada tahap pelaksanaan pembelajaran meliputi pemberian salam pembuka, pemberian rangkuman materi, penjelasan materi berupa gambar dan audio, pemberian kesempatan menyimak, menanggapi dan bertanya, pemberian kuis, penugasan, link blog, link presensi, dan pemberian salam penutup. 2) Respon siswa saat pembelajaran antara lain siswa fast respond, menanggapi penjelasan guru, menjawab pertanyaan guru, 78% siswa menyimak penjelasan guru, tidak terdapat siswa yang membicarakan hal lain, serta siswa tidak mengeluh kesulitan dalam menggunakan aplikasi. 3) Kendala yang muncul saat pembelajaran yaitu jaringan internet kurang stabil. Namun demikian, tidak ditemukan kesulitan berarti bagi siswa untuk menerima penjelasan guru. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam melaksanakan pembelajaran online melalui WhatsApp dan blog.
Analisis Kedisiplinan Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 Dyahsih Alin Sholihah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18193

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kedisiplinan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini meliputi persiapan, pelaksanaan, pengolahan data, dan pelaporan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pemdidikan Matematika Universitas Alma Ata. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive random sampling. Peneliti memilih sebanyak 54 mahasiswa sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket kedisiplinan belajar. Data hasil angket selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif untuk memperoleh skor kedisiplinan belajar mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 10 mahasiswa (18,52%) berada pada kriteria sangat tinggi, 20 mahasiswa (37,04%) berada pada kriteria tinggi, 17 mahasiswa (31,48%) berada pada kriteria sedang, 7 mahasiswa (12,9%) berada pada kriteria rendah, dan tidak ada satupun mahasiswa yang berada pada kriteria sangat rendah. Kedisiplinan belajar mahasiswa ditinjau dari indikator-indikator kedisiplinan belajar ditemukan bahwa indikator ketersediaan bahan dan materi berada pada kategori sangat tinggi, indikator kemampuan untuk mengelola waktu, peraturan sebagai pedoman, hukuman, konsistensi, kondisi fisik, dan lingkungan berada pada kategori tinggi, sedangkan indikator penghargaan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat kedisiplinan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata berada pada kategori tinggi.
Pengembangan E-Modul dengan Model Pembelajaran Knisley Menggunakan Platform Android sebagai Alternatif Pembelajaran Trigonometri SMA Riski Rosmawanti; Anwar Mutaqin; Ihsanudin Ihsanudin
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.19057

Abstract

Penyajian e-modul sudah terintegrasi dengan memanfaatan teknologi, salah satunya adalah menyajikan e-modul berorientasi model pembelajaran Knisley yang dapat diintegrasikan berupa aplikasi yang kemudian dapat di install pada android. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berorientasi pembelajaran Knisley pada materi trigonometri untuk kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D atau penelitian pengembangan dengan tipe ADDIE (Analyze, Design, Development, Imlementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yakni 25 peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pandeglang tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data digunakan dengan cara melakukan wawancara, penyebaran angket, dan tes uraian. Berdasarkan penilaian oleh validator ahli materi dan ahli media diperoleh sebesar 92,38% dan 89,17% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Kemudian, hasil uji kepraktisan berdasarkan respon pendidik diperoleh persentase sebesar 82,31% dan dengan kategori sangat praktis. Adapun rata-rata hasil tes evaluasi yang dilakukan oleh 25 peserta didik yakni 77,6 dan presentase ketuntasan klasikal rata-rata sebesar 72%, dengan kualifikasi keefektifan berada pada kategori baik (60%-80%). Selanjutnya adalah persentase respon peserta didik setelah menggunakan E-Modul sebesar 85,69% dengan kategori sangat baik (80%-100%) sehingga e-modul dengan model pembelajaran Knisley menggunakan platform andorid layak, praktis, dan efektif untuk digunakan pada peserta didik.
Profil Komunikasi Matematika Tertulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open Ended Berdasarkan Kemampuan Matematika Enita Enita; Rini Setianingsih
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.16147

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematika tertulis siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan masalah open ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan matematika dan tes pemecahan masalah open ended. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas tiga siswa kelas IX SMP, satu siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, satu siswa dengan kemampuan awal matematika sedang, dan satu siswa dengan kemampuan awal matematika rendah. Teknik analisis yang digunakan yaitu Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi, akurat dan lengkap dalam menulis aturan dan langkah-langkah perhitungan, dan lancar dalam menulis aturan, langkah-langkah perhitungan, kesimpulan dan alternatif penyelesaian. Sedangkan siswa berkemampuan matematika sedang, akurat dan lengkap dalam menulis aturan, dan lancar dalammenulis aturan, langkah-langkah perhitungan, kesimpulan dan alternatif penyelesaian. Selain itu, siswa berkemampuan matematika rendah, akurat dan lengkap dalam menulis aturan, dan lancar dalam menulis aturan dan langkah-langkah perhitungan.
Literasi Matematis Berbasis Budaya Bromo Tengger dalam Perspektif Etnomatematika Sisva Lestari Mangiri; Mega Teguh Budiarto
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.17873

Abstract

Etnomatematika merupakan salah satu jembatan yang menggabungkan matematika dan budaya yang bermakna konstektual untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sistem pengetahuan budaya Bromo Tengger, sistem peralatan hidup dan teknologi budaya Bromo Tengger, serta literasi matematis budaya Bromo Tengger dalam perspektif etnomatematika. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data terdiri dari observasi masyarakat Bromo Tengger, wawancara oleh perangkat desa, dukun, dan pengrajin batik tengger, dan dokumentasi pada daerah Bromo Tengger. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada sistem pengetahuan yang ada di Bromo terdapat konsep matematika barisan aritmetika, penggunaan modulo, dan geometri. Pada sistem peralatan hidup dan teknologi terdapat konsep matematika geometri dan konsep transformasi geometri pada batik yang ada di Desa Ngadas. Literasi matematis yang memenuhi adalah aspek berupa ruang dan bentuk (space and shape) dan kuantitas (quantity). Konteks yang yang terdapat dalam Budaya Bromo Tengger yaitu konteks sosial dan konteks ilmiah Sehingga, pada budaya Bromo Tengger memenuhi aspek literasi matematis dalam perspektif etnomatematika.
Analisis Resiliensi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP Asri Nurjannah; Rina Marlina
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18234

Abstract

Sikap positif terhadap matematika merupakan bagian yang sangat pokok dan perlu ada dalam diri siswa karena dapat membantu mengurangi hambatan yang dimiliki selama menjalankan aktivitas pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan guna mengkaji seberapa besar sikap resiliensi dalam pembelajaran matematika yang dimiliki oleh siswa SMP. Subjek yang dipilih merupakan siswa kelas IX pada satu SMP Negeri di kabupaten Bekasi sebanyak 30 siswa. Penggunaan metode didalam penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah pemberian data jenis angket atau kuesioner. Instrumen angket yang digunakan adalah jenis angket tertutup berjumlah 37 butir pernyataan atau pertanyaan yang dapat ditanggapi maupun direspon oleh siswa melalui skala Likert dan mempunyai rentang point 1 sampai 4. Setelah mendapatkan data kemudian dilakukan analisis sesuai dengan indikator resiliensi matematis, kemudian data diolah lebih lanjut untuk mengetahui tingkatan resiliensi yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebesar 73% siswa memiliki kategori resiliensi sedang dan 27% siswa memiliki kategori resiliensi tinggi. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 73, 29% yang menunjukkan bahwa resiliensi matematis siswa kelas IX di satu SMP Negeri di kabupaten Bekasi termasuk dalam kategori sedang, sehingga masih diperlukan upaya maupun strategi untuk meningkatkan sikap positif dalam diri siswa sehingga dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan dan keberhasilan dalam belajar matematika.  
Students' Mathematical Problem Solving Ability in Terms of Gender Differences Fathiyah Fathiyah; Ibrahim Ibrahim; Mulin Nu’man
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.18054

Abstract

This study describes students' problem-solving abilities in solving exponential problems in terms of gender differences. Studies on this matter are still rarely done. This research is descriptive qualitative research. The research procedure includes: 1) the pre-field stage, namely interviews with mathematics teachers and the preparation of research instruments; 2) the research stage, namely the provision of problem-solving ability tests, gender scales, and interview guidelines; 3) The data analysis stage, namely reducing data, presenting data and making conclusions. This research was conducted at SMA N 1 Banguntapan Bantul class X MIPA 2. The instruments used were researchers, problem-solving tests, interview guidelines, and gender scales. The results of this study indicate that there are differences in gender types in the context of problem-solving. The masculine gender student solves problems and makes decisions quickly, chooses practical ways of counting, and writes short answers. Feminine gender students have good memorization in solving problems, writing down answers in detail, but hesitating in writing down answers. Students with androgynous gender in solving problems write down answers in detail and have the ability to re-explain the solving process. Meanwhile, students of the sexes cannot be differentiated in solving problems by writing inconsistent answers, using a mathematical model. 
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Nikmatun Nur Rahmadani; Hartatiana Hartatiana; Harisman Nizar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 12, No 2 (2021): EDISI JULI 2021
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jpm.v12i2.19083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan*Lembar Kerja Siswa*berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Teluk Bayur Prosedur pengembangan yang digunakan mengikuti model pengembangan ADDIE yaitu tahap analisis (analyze), tahap perencanaan (design), tahap*pengembangan (development), tahap*implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation).  Data kevalidan produk diperoleh berdasarkan lembar validasi dan lembar saran. Data*kepraktisan terdiri dari data penilaian kepraktisan LKPD yang dianalisis dengan mengkonversikan skor menjadi data kualitatif skala empat. Data keefektifan dianalisis dari hasil belajar siswa*yang ditentukan berdasarkan*penilaian absolut. Hasil penelitian ini adalah : (1) berdasarkan penilaian dari validator, LKPD yang*dikembangkan peneliti telah memenuhi kategori valid; (2) berdasarkan pengolahan angket respon siswa yang memperoleh*jumlah rata-rata semua komponen sebesar 37,45 dan rata-rata semua*komponen 3, 74 telah mencapai kriteria praktis; (3) berdasarkan hasil analisis*tes hasil evaluasi siswa dimana telah*memperoleh persentase ketuntasan 79,16%, sehingga dapat disimpulkan*bahwa LKPD ini*efektif digunakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12