cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 24427063     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 15 Documents clear
Revitalisasi Civic Disposition Melalui Mata Kuliah Kewarganegaraan Hotma Siregar; Sri Nurabdiah Pratiwi
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9410

Abstract

Tujuan khusus penelitian ini untuk menganalisis apakah mata kuliah Kewarganegaraan dengan materi-materi yang ada didalamnya dapat dijadikan alat revitalisasi karakter kewarganegaraan (civic disposition). Keutamaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi-materi yang menjadi substansi kajian dalam mata kuliah kewarganegaraan ditingkat perguruan tinggi Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana tehknik pengumpulan data yang digunakan studi literatur. Tekhnik analisis datanya dilakukan dengan cara membaca buku-buku yang dijadikan referensi dan selanjutnya dilakukan analisis. untuk memudahkan memilih materi yang cocok dengan pokok bahasan Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Kewarganegaraan dapat menjadikan karakter kewarganegaraan menjadi penting melalui pokok-pokok bahasannya. Kesimpulannya menunjukkan bahwa pokok bahasan filsafat Pancasila memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar menjadi manusia yang mempunyai tanggung jawab moral. Pokok bahasan identitas nasional bertujuan agar mahasiswa memiliki kesopanan dalam bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat. Pokok bahasan politik dan negara bertujuan menjadikan setiap mahasiswa memiliki sikap disiplin agar dapat mendukung kebijakan-kebijakan pemerintah yang telah disusun. Pokok bahasan hak dan kewajiban warga Negara bertujuan agar mahasiswa dapat mengindahkan aturan-aturan yang ada. Materi dari pokok bahasan demokrasi bertujuan memberi pengetahuan kepada mahasiswa agar menjadi individu yang mampu mendengar pendapat orang lain dengan cara negosiasi dan kompromi. Sebagai calon pemimpin, maka mahasiswa juga harus mampu berpikir kritis dan memiliki kepedulian kepada sesamanya. Kedua sikap tersebut akan didapat setelah mempelajari pokok bahasan geopolitik dan geostrategi.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Tua Halomoan Harahap; Rahmat Mushlihuddin; Nur Afifah
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v7i2.7063

Abstract

Penelitian ini menggunakan Prosedur penelitian dan pengembangan yang di modifikasi dari ADDIE yang memiliki lima fase yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.Namun,karena penelitian ini hanya menilai kelayakan produk maka hanya dikembangkan sampai tahap 3, yaitu tahap Analysis, Design, dan Development).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suatu kelayakan produk berupa Bahan Ajar dan RPP yang telah dikembangkan. pada pengembangan Bahan Ajar maupun RPP peneliti melakukan penilaian oleh 3 validasi yang terdiri dari Dosen Ahli. Penilaian bahan ajar dari ketiga validasi tersebut memperoleh nilai awal yang memiliki nilai rata-rata 72,04% dengan kriteria Layak akan tetapi masih perlu dilakukan revisi dari saran setiap validasi, Kemudian Validasi terhadap RPP dari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 75,26% dengan kriteria Layak dan peneliti juga harus malakukan revisi dari setiap saran yang diberikan oleh validasi. Setelah melakukan revisi terhadap bahan ajar dari ketiga validasi memperoleh nilai rata-rata sebesar 82.74% dengan kriteria Sangat Layak,Kemudian nilai RPP dariketiga validasi memperoleh nilai rata-rata 88,08%dengan kriteriaSangat Layak.Setelah melakukan validasi produk selajutnya melakukan Uji Coba yang memperoleh nilai rata-rata 92,3% dengan kreteria Sangat Menarik.Sehingga pengembangan bahan ajarberbasis masalah terhadap kemampuan bepikir kreatif matematis siswapada pokok bahasan bentuk aljabar sangat layak untuk digunakan sebagai alat bantu dalam dalam proses pembalajaran.
Pemanfaatan E-Learning Sebagai Adaptasi Pembelajaran New Normal Uun Ahmad Saehu; Henny Zurika Lubis; Pipit Putri Hariani MD
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.8784

Abstract

This research was conducted to determine the use of e-learning as an adaptation of new normal learning. descriptive qualitative as data analysis with data collection techniques in the form of literature studies, documentation and questionnaires. From the test, through e-learning used properly because by utilizing e-learning it can provide convenience for students and lecturers. Students can easily study anytime anywhere without fear of missing out on the material because they are able to manage and store existing files. From the lecturer's point of view, they are not always the benchmark of learning resources so they have the opportunity to challenge themselves to learn, learning is achieved and lecturers become innovative in improving the presentation of material there and to students
Strategi Pembelajaran Aktif dan Peran Warga Sekolah dalam Membangun Sekolah Berkualitas Johan Dwi Saputro
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teori-teori tentang peran sekolah dalam membangun pendidikan berkualitas. Tentunya membangun sekolah dengan pelaksanaan pembelajaran berkualitas bukan hanya tugas pendidik, namun juga terkait peran kepemimpinan kepala sekolah juga seluruh tenaga pendidik untuk Bersama-sama menciptakan visi sekolah yang baik. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah Literature Review melalui kajian-kajian teori terkait topik bahasan utama, serta studi dokumentasi yang diperoleh melalui data E-book, Thesis, dan E-Journal untuk memperoleh data yang terpercaya tentang strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson dalam meningkatkan keaktifan belajar mengajar di sekolah dan peran Kepala Sekolah, pendidik, dan Peserta didik dalam menciptakan system Pendidikan yang berkualitas. bahwa dalam proses belajar mengajar di kelas tentunya seorang pendidik akan dapat dinilai bagaimana profesionalitasnya dalam mengajar. Melalui kajian buku William Glasser dan Edwards Deming tentunya dimulai dari peran dan tanggungjawab kepala sekolah tentunya penting untuk memiliki sikap positif dalam mengambil Tindakan. Sikap positif pemimpin atau kepala sekolah dapat ditunjukkan dengan upaya-upaya untuk memajukan kualitas sekolahnya dari berbagai hal mulai dari pengembangan kurikulum belajar, fasilitas sekolah, dan bahkan sumber daya manusianya mulai dari pendidik tenaga pendidik dan para peserta didik. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan tentang profesionalitas pendidik tentunya dapat dilakukan agar keinginan kepala sekolah dan peningkatan profesionalitas pendidik saling bersinergi dalam membangun iklim sekolah yang lebih baik.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V SDN 1 Poso Sisriawan Lapasere; Rizal Rizal; Surahman Surahman; Pahriadi Pahriadi; Amin Basri
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9356

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Poso pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V dengan jumlah total 23 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data maka faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di SDN 1 Poso terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi (1) faktor psikologi yang terdiri dari kesiapan, intelegensi, bakat dan minat. (2) faktor perhatian dan (3) faktor cacat tubuh. Faktor Eksternal terkait dengan metode mengajar. Hasil analisis data menunjukan bahwa faktor internal masuk dalam kategori sangat layak dan faktor eksternal dalam kategori layak.
An Analysis of Connotative Meaning in the Subtitle of Capciptop! Short Movie Rita Harisma; Vivin Agustin
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.7930

Abstract

This research focuses on analysing the connotative meaning contained in Capciptop! Short Movie by using Chaers theory (1994). The objective of this research is to find out connotative meaning in the subtitle of a movie. The problems of the study are what are the connotative meaning and the kinds of connotative meaning in the subtitle of CapCipTop! short movie. This research used descriptive qualitative method because the data are in the form of the subtitle. Documentary analysis was applied to find out the connotative meaning contained in the subtitle of short movie. The researcher collected the data by downloading the short movie, watching it, and making a list of the utterances that contain connotative meaning. The result of the research shows that there are 9 utterances containing connotative meanings in the short movie. There are three kinds of connotative meaning found there; two positive connotations, one neutral connotations, and six negative connotations. Thus, the most connotative that used in the data are negative connotation. The connotations used in the short movie are to portray images and build certain atmospheres. The connotations found in the short movie play an important role in creating particular senses and delivering the messages.
Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara Surahman Surahman; Rizal Rizal; Sisriawan Lapasere; Kadek Hariana; Azizah Azizah
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9357

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 didesain dengan berdasar pada pendekatan belajar kontekstual konstruktivis. Melalui desain ini, siswa kelas IV SD Inpres Koya akan dibiasakan untuk membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan konteks nyata yang bermakna bagi dirinya melalui kegiatan saintifik seperti pengamatan, eksperimen, observasi, maupun melakukan atiktivitas pengumpulan informasi dari berbagai sumber seperti di lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan di SD Inpres Koya. Metode penelitian menggunakan rancangan model hopkins, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Inpres Koya subyek penelitian sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif untuk daya serap klasikal (DSK) pratindakan (57,50%), siklus I (74,14%) dan siklus II (85,83%) peningkatan sebesar 11,69% dan ketuntasan belajar klasikal (KBK) pratindakan (41,66%), siklus I (75%) dan siklus II (100%) peningkatan sebesar 25%; pada ranah afektif sikap siswa menunjukkan perubahan positif (mereka sadar bahwa tindakan menjerat burung Alo dan kegiatan lainnya yang merusak lingkungan adalah tindakan tidak baik; pada ranah psikomotor siklus I diperoleh kategori cukup (71,33%), meningkat pada siklus II kategori sangat baik (86,66%) dengan peningkatan sebesar 15,33%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara
Media Zoom as an Active Debate Method to Improve Learning Activities in Anthropology Courses at Elementary School Teacher Education Study Program Zulkifli Amin; Irfan Dahnial
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9935

Abstract

The purpose of this research is to see how far students like using zoom media in learning that uses an active debate approach in anthropology courses. This research begins by looking at the phenomenon that the corona virus was first discovered when someone in the city of Wuhan, China was infected. The disease is caused by the SARSCoV2 virus which was previously thought to have symptoms like the common cold, until the WHO declared a COVID-19 pandemic. As of May 26, 2020, the entire country had 5,06,282 cases, including 3,562 deaths. This study uses mixed methods as one of them is to use a literature review in order to be one of the reinforcements for the data in this study, with the analysis followed by a qualitative description. The results of this study can be seen that every student participant likes to use zoom media in carrying out learning, but there are several obstacles faced by students because they are constrained by network barriers that exist in each area, for students who do not experience obstacles for them this is a mistake. one advantage in carrying out learning activities. In addition, the obstacle experienced by lecturers is the lack of active process of students in dialogue and interacting in the online learning process using zoom in the active debate method. For students who do not experience obstacles , this is one of the advantages in carrying out learning activities. In addition, the obstacle experienced by lecturers is the lack of active process of students in dialogue and interacting in the online learning process using zoom in the active debate method. For students who do not experience obstacles , this is one of the advantages in carrying out learning activities. In addition, the obstacle experienced by lecturers is the lack of active process of students in dialogue and interacting in the online learning process using zoom in the active debate method.
Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dosen dan Kepemimpinan Ketua Program Studi Terhadap Kinerja Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Guci, Faya Kunisa
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9870

Abstract

Dosen adalah seseorang yang memiliki kompetensi serta memiliki kemampuan dan keunggulan berdasarkan pendidikan dan keahliannya yang diangkat oleh penyelenggara perguruan tinggi dengan tugas utama yaitu mengajar. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan merupakan wujud pelaksanaan kinerja dosen. Kinerja dosen merupakan hal utama yang harus diperhatikan dalam segala proses internalisasi nilai di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat pengaruh budaya organisasi, kompetensi dosen dan kepemimpinan ketua program studi terhadap kinerja dosen Pascasarajana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. AdapunĀ  populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen sebanyak 64 orang di program studi Pascasarjana Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara (UMSU). Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi tersebut yakni 64 orang dosen Universitas Muhammadiayah Sumatera Utara (UMSU). Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket yang diukur dengan skala likert. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa adanya pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi Dosen dan Kepemimpinan Ketua Program Studi terhadap kinerja Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) hal ini dapat dilihat dari nilai R square yaitu sebesar Besarnya nilai pengaruh tersebut ditunjukkan oleh nilai koefisien R square sebesar = 0,941, sehingga nilai koefisien determinasi (D) sebesar D =0,941 x 100%; D =94,1%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variable independen budaya organisasi, kopetensi dosen dan kepemimpinan ka.prodi memiliki pengaruh terhadap variable dependen kinerja dosen sebesar 94,1%, sisanya 5,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar pada penelitian ini. Persamaan garis regresi yang positif ini mengindikasikan bahwa jika Budaya Organisasi, Kompetensi Dosen dan Kepemimpinan Ketua Program Studi semakin meningkat maka kinerja dosen pascasarjana akan meningkat juga.
Analisis Pengaruh Resilensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa DI MTs Ruhul Islam Sialambue Irham Habibi Harahap; Asrar Aspia Manurung
EDUTECH Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/edutech.v8i1.9962

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh resiliensi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ruhul Islam Sialambue Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas kelas Vlll. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket resiliensi matematis, soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri (human instrument) dan instrumen pendukungnya meliputi angket resiliensi matematis dan soal kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dalam penelitian ini diambil 1 subjek dari masing-masing kategori resiliensi matematis yang dipilih secara purposive. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis tinggi mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis menggunakan empat langkah pemecahan masalah menurut Polya, subjek penelitian yang memiliki resiliensi sedang mampu menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dua langkah pemecahan masalah menurut Polya dan subjek penelitian yang memiliki resiliensi matematis rendah hanya mampu menggunakan satu langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah

Page 1 of 2 | Total Record : 15