Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024"
:
15 Documents
clear
Digital Pocket Book Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika
Eka Pasca Surya Bayu;
Nadia Anasthasya
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5300
Pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah Padangpanjang cukup optimal, namun penggunaan dan pengembangan media pembelajaran matematika oleh pendidik masih tergolong lemah, media yang digunakan pendidik hanya buku paket dan pendidik menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa untuk belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis data validitas pengembangan media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang memenuhi kriteria valid. Persentase validitas produk sebesar . Hasil analisis data praktikalitas memperoleh persentase dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas memperoleh persentase dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital pocket book berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang dapat digunakan, karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Digital Pocket Book, Poblem Based Learning, Operasi Aljabar Pada Matriks
Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Inovasi Pendidikan
Ade Lestari;
Aldri Frinaldi;
Yulia Septi Wahyuni
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5267
Artikel ini mengkaji strategi optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui inovasi pendidikan sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. Pendidikan diidentifikasi sebagai kunci utama dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan memacu perkembangan ekonomi daerah. Penulis mengulas peran sentral pendidikan dalam membentuk SDM yang unggul, terampil, dan siap bersaing di pasar kerja. Strategi inovatif dalam pendidikan menjadi fokus utama artikel ini. Pemanfaatan teknologi, kemitraan industri-pendidikan, dan pengembangan kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan pasar kerja lokal dijelaskan sebagai langkah-langkah kunci untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Artikel ini juga menyoroti peran pemberdayaan komunitas melalui pendidikan, dengan pendekatan yang menekankan pada keusahawanan dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan pendidikan. Dalam upaya untuk diversifikasi sumber pendapatan daerah, artikel ini mengusulkan strategi seperti memanfaatkan potensi pendapatan dari alumni, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler berbasis bisnis, dan menggandeng sektor swasta dalam mendukung program-program pendidikan inovatif. Pembahasan juga mencakup pengukuran kinerja dan evaluasi untuk menilai dampak sebenarnya dari inovasi pendidikan terhadap PAD. Sementara itu, artikel mencermati hambatan-hambatan yang mungkin dihadapi, termasuk keterbatasan anggaran dan tantangan implementasi. Artikel ini berusaha memberikan wawasan yang mendalam mengenai bagaimana penerapan strategi pendidikan yang inovatif dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Kata Kunci: Optimalisasi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Inovasi Pendidikan
Perbandingan Hasil Belajar Biologi Antara Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Problem Posing
Yendrita Yendrita;
Sri Nengsi;
Frima Frima
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5247
Salah satu masalah dalam pembelajaran biologi pada tingkat SMA adalah kurangnya motivasi dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini mungkin salah satu penyebab rendahnya hasil belajar biologi siswa, khususnya pada siswa fase F SMA N I Kecamatan Suliki. Salah satu alternative pemecahan masalah tersebut adalah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar Biologi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model Problem Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan data dianalisis dengan uji t. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar biologi antara pembelajaran yang dilaksanakan dengan model Problem Based Learning dan model Problem Posing pada siswa fase XI F SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.Kata kunci : Hasil belajar biologi, Problem Based Learning, Problem Posing
Keanekaragaman Jenis Amfibi Ordo Anura Di Hutan Kemasyarakatan Harapan Jaya Batu Ampar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman
Fauzan Fauzan;
Eko Subrata;
Rahmi Ummi Kalsum
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5238
ABSTRAK : Hutan memiliki fungsi sebagai habitat bagi keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu keanekaragaman fauna tersebut adalah amfibi. Amfibi merupakan salah satu komponen penyusun ekosistem, baik secara ekologis maupun ekonomis. Pulau Sumatera sebagai salah satu pulau besar, tetapi belum banyak dilakukan penelitian mengenai Amfibi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis ordo Anura dan untuk mengetahui indeks keanekaragaman, indeks kemerataan serta indeks kesamaan di Hutan Kemasyarakatan Harapan Jaya Batu Ampar Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman pada habitat akuatik (air) dan terestrial (darat). Metode yang digunakan dalam pengambilan data amfibi adalah Visual Encounter Survey (VES) dengan metode jalur transek. Setiap individu amfibi yang ditemukan diindentifikasi, kemudian dilakukan analisis data untuk menghitung Indeks Keanekragaman, Indeks Kemerataan, dan Indeks Kesamaan Jenis. Ditemukan sebanyak 116 individu terdiri dari 10 jenis amfibi yang tergabung dalam 3 famili: Bufonidae 2 jenis, Dicroglossidae 2 jenis, Ranidae 6 jenis. Pada habitat akuatik ditemukan 90 individu dan habitat terestrial 26 individu. Nilai Keanekaragaman total dikategorikan sedang yaitu H`=2.16, pada habitat akuatik H`=1.90 dan terestrial H`=1.58. Nilai Kemerataan total yaitu J =0.94, pada habitat akuatik J =0.83 dan terestrial J =0.68 dan tingkat kesamaan jenis Amfibi pada kedua habitat yaitu 82% yang dikategorikan tinggi.Kata kunci: Keanekaragaman, Amfibi, Anura, Hutan Kemasyarakatan
Kebijakan Desentralisasi Pendidikan Serta Implmentasi Dalam Pendidikan di Indonesia
Nancy Sofiani;
Aldri Frinaldi;
Lince Magriasti;
Yulia Septi Wahyuni
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5273
Desentralisasi pendidikan merupakan strategi pemerintah Indonesia untuk memberikan kewenangan lebih besar kepada pemerintah daerah dalam mengelola sistem pendidikan. Kebijakan ini diimplementasikan sebagai upaya untuk meningkatkan akses, kualitas, dan relevansi pendidikan di berbagai wilayah. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan desentralisasi pendidikan dan mengidentifikasi dampak serta tantangan implementasinya dalam konteks pendidikan di Indonesia. Kajian ini menggunakan analisis kebijakan untuk mengevaluasi langkah-langkah kebijakan desentralisasi pendidikan yang telah diterapkan oleh pemerintah. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan studi literatur dan data empiris terkait implementasi desentralisasi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Kajian ini menunjukkan bahwa kebijakan desentralisasi pendidikan telah membawa dampak positif, seperti peningkatan partisipasi siswa, pemberdayaan pemerintah daerah, dan adaptasi kurikulum yang lebih sesuai dengan kebutuhan lokal. Namun, implementasinya juga dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti disparitas kualitas pendidikan antar daerah, kurangnya sumber daya manusia yang terlatih, dan kendala birokrasi. Kajian ini memberikan kontribusi pemahaman lebih lanjut tentang dinamika kebijakan desentralisasi pendidikan di Indonesia. Implikasi dari temuan ini dapat membantu penyusunan kebijakan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan lokal, serta memberikan arahan bagi upaya peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh. Kata Kunci: Desentralisasi Pemerintahan Daerah, Desentralisasi Pendidikan.
Analisis Dari Mulut Ke Mulut, Harga, Dan Bauran Produk Pada Keputusan Pembelian Famosta Shop Payakumbuh
Nurhaida Nurhaida;
Raftul Fedri;
Yana Yetria Susanti
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5248
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari mulut ke mulut, harga, dan bauran produk terhadap keputusan pembelian di Famosta Shop Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu situasi secara objektif dengan menggunakan angka. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling . Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diketahui bahwa mayoritas responden yang mengetahui dan pernah membeli di Famosta Shop adalah perempuan (71%), mayoritas beralamat di Payakumbuh Barat (29%), rentang usia 15-25 tahun (85%), dan mayoritas pekerjaan dipegang oleh mahasiswa (73%). Hasil analisis data mengungkapkan pengaruh tiga variabel yaitu word of mouth, price, dan product mix terhadap keputusan pembelian. Hasil yang diperoleh pada uji validitas masing-masing variabel yaitu diperoleh hasil yang valid, dan juga pada uji reliabilitas, dimana variabel word-of-mouth diperoleh hasil yang dapat diandalkan dan variabel price and mix tidak dapat diandalkan produk. Menurut temuan penelitian ini, toko famosta harus memperhatikan penawaran diskon harga yang besar dan perluasan fasilitasnya.Kata kunci: Dari Mulut ke Mulut, Harga, Bauran Produk, dan Keputusan Pembelian
Pengaruh Penggunaan Metode Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Payakumbuh
Neneng Wahyuni;
Lili Hasmi
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5239
ABSTRAK: Penulisan teks resensi dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu metode Problem Based Learning. Pada metode ini siswa dituntut untuk aktif dalam memecahan masalah berkaitan dengan strukturk serta kerbahasaan teks resensi siswa. Tujuan yang akan dicapai antara lain menjelaskan perngaruh signifikan metode Problem Based Learning terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Payakumbuh. Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan satu kelas, pada kelas tersebut dilaksanakan dua kali tes. Jumlah populasi 120 siswa, penarikan sampel menggunakan purposive sampling , dengan jumlah sampel 30 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dengan indikator penilaian yang pertama sistematika teks resensi dan yang kedua unsur kebahasaan teks resensi. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil uji t (t-test) dalam pretest membuktikan thitung lebih besar dari pada ttabel (4,46 > 1,711), karena thitung lebih besar dari ttabel maka H1 (hipotesis alternatif) diterima. Jadi, keterampilan menulis teks resensi siswa menggunakan metode Problem Based Learning sangat berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional.Kata kunci : Menulis, Teks Resensi, Metode Problem Based Learning
Meningkatkan Standar Dan Etika Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling
Yulianti Yulianti;
Siti Sariyati;
Uswatun Dwi Hasanah;
Zidan Alhamdika
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5274
Konseling adalah praktek yang memerlukan tingkat profesionalisme yang tinggi untuk memastikan kesejahteraan klien. Artikel ini membahas pentingnya profesionalisasi dalam bidang konseling, dengan fokus pada penetapan standar praktik yang jelas, etika dalam konseling, dan pengembangan profesionalisme melalui pelatihan dan supervisi. Pertama, artikel menyoroti pentingnya penetapan standar praktik yang tinggi untuk memandu konselor dalam menjalankan tugas mereka dengan integritas dan kompetensi yang tinggi. Kedua, artikel membahas pentingnya etika dalam konseling, termasuk tanggung jawab konselor terhadap keadilan, kerahasiaan, dan penghargaan terhadap martabat klien. Terakhir, artikel menyoroti pentingnya pengembangan profesionalisme melalui pelatihan lanjutan dan supervisi untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman konselor tentang teori dan praktik konseling. Dengan demikian, artikel ini menegaskan bahwa profesionalisme dalam konseling melibatkan komitmen terhadap standar etika yang tinggi, pengembangan kompetensi yang berkelanjutan, dan pemberian layanan yang terbaik bagi klien.Kata kunci: Standar, Etika, Bimbingan Konseling
Analisis Laporan Keuangan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Periode 2021-2022 Dengan Rasio Likuiditas untuk Mengukur Kinerja Keuangan
Silvi Delfiani;
Herlinda Fitri Febriyanti
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5242
AbstrakAnalisis laporan keuangan digunakan untuk menilai keberhasilan bisnis suatu perusahaan dilihat dari sisi pengelolaan keuangan. Analisis rasio adalah salah satu dari banyak analisis yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah keadaan keuangan perusahaan dalam keadaan baik atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan setelah dan sebelum IPO dengan membandingkan rasio likuditas perusahaan pada tahun 2021 dan 2022. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website idx.co.id. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat penurunan kinerja perusahaan setelah IPO dibandingkan sebelum IPO dilihat dari rasio lancar, rasio cepat, dan rasio kas perusahaan.Kata Kunci: kinerja perusahaan, likuiditas, initial public offering
Analisis Perhitungan Dan Pelaporan Pajak Penghasilan (Pph) Pasal 21 Atas Gaji Pegawai Negeri Sipil Pada Mtsn 2 Bukittinggi
Yuli Ardiany;
Kuntum Khaira
Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 APRIL 2024
Publisher : LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31869/mi.v18i1.5240
ABSTRAK:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan Wajib Pajak Badan yang terdaftar atas penyampaian SPT Tahunan PPh Badan, hambatan yang timbul terkait kepatuhan Wajib Pajak Badan atas Penyampaian SPT Tahunan dalam meningkatkan Penerimaan PPh Badan serta untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan KPP Pratama Padang Satu untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak badan atas penyampaian SPT Tahunan dalam meningkatkan Penerimaan PPh Badan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh Badan dari tahun 2018-2022 terus menurun tiap tahunnya berada pada persentase 6,61%-53,50% dan tingkat penguasaan 0-54% dengan skor standar rendah. Begitu pun jumlah penerimaan PPh Badan dalam 5 tahun terakhir mengalami hasil fluktuasi. Hal ini menggambarkan bahwa peningkatan jumlah Wajib Pajak Badan terdaftar tidak diiringi dengan peningkatan jumlah penyampaian SPT Tahunan PPh Badan. Kata Kunci: Perhitungan, Pelaporan, PPh 21