cover
Contact Name
Richki Hardi
Contact Email
richki@universitasmulia.ac.id
Phone
+6281227224080
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Letjend. TNI. Z.A Maulani No. 9 Damai Bahagia, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76114
Location
Kota balikpapan,
Kalimantan timur
INDONESIA
Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Administrasi [SEMINASTIKA]
Published by Universitas Mulia
ISSN : -     EISSN : 26550881     DOI : -
Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Administrasi [SEMINASTIKA] adalah luaran dari Seminar Nasional (Call for Paper) yang diselenggarakan oleh Universitas Mulia, Indonesia. Luaran berupa prosiding ini adalah hasil dari naskah/ paper yang telah dinyatakan diterima yang kemudian dipresentasikan saat Seminar Nasional di depan para peserta. Presentasi naskah dipandu oleh moderator dalam ruangan yang telah ditentukan dengan jadwal yang telah ditetapkan.
Articles 105 Documents
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUKSESAN EGOVERNMENT KOTA BALIKPAPAN Erick Sorongan; Qory Hidayati
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi e-government menggunakan pendekatan teori public value yang merupakan pengembangan model kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean. Sedangkan variabelvariabel pengaruh kesuksesan implementasi sistem informasi e-government yang diuji dalam penelitian ini antara lain well-informedness, communication, information retrieval, trust dan participation. Penelitian ini juga menganalisa pengaruh manfaat bersih dengan dimensi nilai publik. Penelitian ini bersifat eksploratif melihat hubungan sebab akibat dengan menggunakan data primer berupa kuesioner yang didistribusikan ke 150 orang pengguna aktif layanan website egovernment. Data dianalisa melalui pengujian outer model untuk memastikan ketepatan dan kehandalan instrumen variabel dan pengujian inner model untuk mengetahui pengaruh yang subtantif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi kesuksesan implementasi e-government Kota Balikpapan dalam model ini dapat dijelaskan melalui variabel dependen kesuksesan e-government sebesar 53,6%, sedangkan variabel yang terbukti memiliki pengaruh signifikan adalah kepercayaan dan partisipasi.
FORMULASI DAN EVALUASI KARAKTERISTIK SALEP HERBAL DENGAN EKSTRAK BINAHONG (ANDRADERA CORDIFOLIA) DAN IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) Fadhil Muhammad Tarmidzi; Chyntia Roma Uli Tarihoran; Faisol Risal Jarkasih
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melimpahnya berbagai macam obat modern saat ini tidak menjadikan minat obat-obat tradisional menjadi turun. Banyak sekali pemanfaatan tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. Anredera cordifolia atau yang lebih dikenal dengan binahong dikenal sebagai tanaman herbal dengan berbagai macam manfaat. Umumnya binahong digunakan oleh masyarakat sebagai obat untuk mempercepat pemulihan luka. Selain itu, pemanfaatan ikan gabus (Channa striata) sebagai sumber albumin yang juga digunakan untuk mempercepat pemulihan luka. Pada penelitian ini ingin dikaji dan mengevaluasi kombinasi ekstrak dari binahong dan ikan gabus dalam sediaan salep berbasis minyak untuk proses penyembuhan luka terbuka serta tingkat efektivitas penyembuhan luka. Ekstraksi binahong dilakukan dengan metode maserasi alkohol dan dilanjutkan dengan pemisahan secara vakum. Ikan gabus diekstraksi dengan metode infundasi kemudian dilakukan pemisahan dengan menggunakan saringan dan dilanjutkan dengan sentrifugasi. Bahan dasar salep diformulasikan dan dibuat dengan metode fusi. Setelah itu, ekstrak yang dihasilkan akan diuji kandungan fitokimia yang meliputi uji flavonoid, saponin, tanin, dan albumin, sedangkan salep akan diuji parameter fisiokimianya yang meliputi warna, bau, pH, dan daya sebar serta pengujian in vivo dengan menggunakan mencit. Hasil menunjukkan bahwa secara kualitatif ekstrak positif mengandung senyawa flavonoid, saponin, tanin, dan albumin dan salep yang dihasilkan memiliki pH dan daya sebar yang mirip dengan salep komersil. Organoleptik bau dan warna diperoleh secara dominan dari ekstrak binahong, sehingga memberikan warna dan bau khas binahong. Hasil uji in vivo pada sampel B2G1 menunjukkan bahwa penambahan ekstrak dapat mempercepat penyembuhan luka mencit hingga 87.5% dalam waktu 10 hari.
PENERAPAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER UNTUK KLASIFIKASI BERITA KRIMINAL DI KALIMANTAN SELATAN Herfia Rhomadhona; Jaka Permadi
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terdapat beberapa media online terpercaya yang menghadirkan berita-berita kriminal di Kalimantan Selatan. Namun media-media online tersebut tidak menyediakan fitur pencarian berdasarkan kategori jenis kriminalitasnya. Naïve Bayes Classifier (NBC) adalah metode yang dapat digunakan untuk mengklasifikasi suatu dokumen berita berdasarkan kategorinya. Pada penelitian ini dibatasi pada lima kategori, yaitu pembunuhan, pencurian, korupsi, narkoba dan pemerkosaan. NBC dilatih menggunakan 180 data latih dan diuji menggunakan 45 data uji yang jumlahnya sama untuk setiap kategori. Besarnya akurasi pengujian yang didapatkan adalah sebesar 77,78 %.
ANALISIS EFEKTIFITAS LAYANAN TERPADU SATU ATAP DALAM RANGKA MELINDUNGI PEKERJA MIGRAN INDONESIA Yeni Nuraeni; Ari Yuliastuti
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Minat masyarakat Indonesia untuk bekerja di luar negeri tetap tinggi meskipun permasalahan sering terjadi, khususnya untuk Pekerja Migrant Indonesia (PMI) yang berpendidikan rendah dan bekerja di sektor informal. Pemerintah terus menerus mengadakan terobosan untuk memperkuat perlindungan bagi PMI, salah satuny melalui reformasi birokrasi berupa pembangunan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) di beberapa daerah Kantong PMI. Penellitian ini bertujuan untuk melakukan analisis efektifitas dari LTSA dalam menyediakan perlindungan bagi PMI. Penellitian menggunakan pendekatan deskriptif dengan mengambil sampel LTSA yang telah dibangun di Kota Cirebon dan Kota Kupang sebagai dua daerah yang termasuk Kantong PMI. Pengumpulan data primer dilakukan melalui pengisian angket/kuesioner dan wawancara mendalam terhadap informan kunci. Hasil penelitian menunjukan LTSA di Kota Cirebon sudah beroperasi walaupun belum maksimal, hal ini disebabkan ada beberapa instansi yang belum bergabung dengan LTSA. Adapun LTSA di Kota Kupang belum beroperasi sama sekali karena belum ada instansi terkait yang bergabung dalam LTSA. Untuk dapat meningkatkan efektivitas LTSA diperlukan rantai komando yang tegas untuk memerintahkan instansi-instansi terkait segera bergabung dalam LTSA. Hambatan dari segi regulasi dan ketersediaan sarana dan prasarana yang menyebabkan beberapa instansi terkait sulit untuk bergabung dengan LTSA guna memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap PMI.
EVALUASI KUALITAS INFORMASI SITUS WEB PEMERINTAH KABUPATEN JAYAWIJAYA Gasper Tabuni; Teguh Priyantoro
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya sejak lama memiliki Situs Web dengan nama domain http://www.jayawijayakab.go.id. Dalam pemanfaatannya ditemukan kurang efektif yang mengakibatkan kurang optimalnya dalam ketersediaan data dan informasi layanan publik. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk dievaluasi dan memberikan rekomendasikan kepada para pengambil kebijakan agar melakukan langkah-langkah penyempurnaan secara taktis dan strategis, agar website ini lebih efektif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menggambarkan isi konten Situs Web menggunakan dua instrumen, yaitu: (1) menggunakan standar isi Situs Web Pemerintah Daerah yang ditetapkan Depkominfo dan (2) menggunakan 20 dimensi kualitas informasi menurut Knight & Burn. Evaluasi tersebut dilakukan per-tanggal 1 Juli sampai 6 Agustus 2019. Berdasarkan hasil Evaluasi Kualitas Informasi ditarik kesimpulan bahwa, Situs Web Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya belum cukup menyediakan informasi yang berkualitas bagi publik dan kualitas kontennya belum memenuhi standar yang ditetapkan Depkominfo.
PENGGUNAAN MIKROKAPSUL OLEORESIN FULI PALA (Myristica fragrans HOUTT) UNTUK MENINGKATKAN DAYA SIMPAN DAGING AYAM BROILER Alston Millan; Yohanis Sirante
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mikrokapsul oleoresin fuli pala dapat mempertahankan dan mengawetkan daging ayam broiler yang disimpan pada suhu ruangan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan, dengan konsentrasi mikrokapsul fuli pala adalah : P1= (0 ppm), P2= (50 ppm), P3= (100 ppm), P4= (150 ppm) dan P5= (200 ppm). Variabel yang diamati adalah kadar air, nilai pH, total mikroba dan sifat organoleptik (warna, aroma dan tekstur). Data-data dianalisa statistik dengan analisis varian dan apabila ada perbedaan antar perlakuan dilanjutkan dengan uji lanjutan (DMRT) menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daging ayam broiler yang direndam menggunakan mikrokapsul oleoresin fuli pala tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap kadar air dan total mikroba daging ayam tetapi berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai pH. Hasil uji organoleptik panelis pada tingkat kesukaan terhadap warna daging, aroma dan tekstur daging ayam berada pada kisaran angka 3 (agak suka) sampai 4 (agak tidak suka) dan menunjukan bahwa daging ayam broiler tidak berpengaruh (P>0,05) terhadap warna, aroma dan tekstur daging ayam broiler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perendaman daging ayam menggunakan berbagai konsentrasi mikrokapsul oleoresin fuli pala mempengaruhi nilai kadar air dan mampu menurunkan nilai pH dan menghambat aktivitas mikroba serta tidak mempengaruhi tingkat kesukaan panelis terhadap warna daging, aroma dan tekstur daging ayam broiler.
SISTEM PENDETEKSI DEHIDRASI DAN SUHU URIN BERBASIS FUZZY LOGIC PADA KLOSET BERDIRI Aditya Kurniawan; Hadiyanto; Suhaedi; Nur Yanti; Fathur Zaini Rachman
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengukur parameter-parameter untuk membandingkan tingkatan dehidrasi dari warna dan kadar amonia pada urin manusia serta suhu urin yang dijadikan indikasi jika terkena infeksi saluran. Penggunaan parameter urin sebagai obyek penelitian dikarenakan kondisi urin mencerminkan kondisi cairan yang ada pada tubuh manusia. Proses penentuan tingkatan dehidrasi melalui warna diperoleh dari nilai hasil pembacaan sensor warna TCS3200 yang berfungsi untuk membaca nilai Red, Green dan Blue, kemudian nilai RGB akan digunakan sebagai parameter proses oleh mikrokontroler Arduino yang menggunakan metode fuzzy logic sugeno dan kadar amonia dan suhu urin menggunakan sensor gas MQ135 dan sensor suhu DS18B20 yang kemudian diproses oleh mikrokontroler Arduino Mega. Dari hasil beberapa pengujian yang dilakukan diketahui pembacaan sensor warna TCS3200 sering mengalami ketidakstabilan dan nilai rata-rata error pembacaan sensor gas MQ135 sebesar 0.14%, serta nilai rata-rata error pembacaan sensor suhu DS18B20 sebesar 0.017%, Selanjutnya metode fuzzy mampu bekerja sesuai dengan yang diinginkan hal ini diperlihatkan dari pengujian kestabilan fuzzy dalam membaca tingkat keputusan pada satu sampel yang sama dan perbandingan keputusan fuzzy dengan hasil matlab memiliki rata-rata error sebesar 0.168%.
STRATEGI INTEGRASI DATA MENGGUNAKAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS MULIA Subur Anugerah
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setelah berjalan kurang lebih 19 tahun, tiga perguruan tinggi kecil, yakni STMIK Balikpapan, STMIK SPB Samarinda, dan ASMI Airlangga Balikpapan bersatu (merger) dan berkembang menjadi Universitas Mulia. Bermula dari hanya enam program studi dari perguruan tinggi asal, kini bertambah menjadi 11 program studi, termasuk program studi baru. Seribuan civitas akademika yang dimiliki sebelumnya, baik mahasiswa, dosen, serta komponen lainnya seperti mata kuliah dan aktivitas yang dikelola, kini juga berkembang jumlahnya seperti deret ukur. Hal ini mendorong terciptanya inovasi yang tepat guna mengelola ribuan sumber daya dan data yang ada tersebut. Tuntutan pengelolaan sumber daya perguruan tinggi yang efektif dan efisien dalam sisi waktu yang pendek menjadi tidak mudah. Untuk itu, diperlukan strategi agar pemanfaatan sumber daya dan teknologi yang sudah dimiliki sebelumnya (Legacy Systems) dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan dan proses bisnis perguruan tinggi baru. Salah satu cara yang bisa diterapkan dan dianggap tepat adalah menggunakan Enterprise Architecture Planning. Dengan penerapan metode ini, terbukti mampu mengatasi permasalahan sulitnya mengintergrasikan data dan sistem pada beberapa program studi di Univeritas Mulia.
POLTEKBA CURRICULUM REVITALIZATION IN THE ERA OF INDUSTRY 4.0 Gozali Gozali; Nur Amaliah; Elisabeth Milaningrum
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum pengembangan kurikulum Politeknik Negeri Balikpapan yang disesuaikan dengan tantangan industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengumpulan daa dilakukan melalui observasi, wawancara, dan FGD. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menjadi kalimat-kalimat yang bermakna dan dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, revitalisasi kurikulum perlu dilakukan meningkatkan kemampuan kebekerjaan dalam upaya menjawab ragam tantangan industry 4.0, penyelarasan kurikulum sangat penting dilakukan dalam upaya mengiramakan kompetensi yang diajarkan di POLTEKBA dengan kompetensi yang dibutuhkan pengguna lulusan, orientasi pengembangan kurikulum POLTEKBA memuat konsep literasi baru (digital, teknologi, manusia). Kesimpulan, keterlibatan industry merupakan kunci keberhasilan dalam mengembangkan kurikulum dengan harapan kelak pada gilirannya dapat menghasilkan lulusan yang sesuai standar pengguna lulusan yang mampu bergerak lincah, adaptif, dan sensitif terhadap perubahan lingkungan industri dan ekonomi.
PERANCANGAN SPESIFIKASI KEAMANAN APLIKASI SISTEM KOMPETENSI PERSONIL LSPRO BSSN “SIKOMPRONAS” VERSI 1.0.0 BERDASARKAN SNI ISO/IEC 15408:2014 Esti Rahmawati Agustina; Alfred Saut Sibarani; Magdalena Christine; Irma Fitriani
PROSIDING SEMINASTIKA Vol 2 No 1 (2019): 2nd SEMINASTIKA 2019
Publisher : Universitas Mulia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang dilaksanakan oleh Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian adalah melaksanakan kegiatan sertifikasi keamanan perangkat teknologi informasi (TI). Dalam meningkatkan kepercayaan pelaksanaan kegiatan ini diperlukan suatu Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro) yang diakui oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Standar yang digunakan untuk mengakreditasi LSPro adalah SNI ISO/IEC 17065:2012 yang salah satunya mengatur tentang Persyaratan Sumber Daya. Dalam mendukung pemenuhan klausul persyaratan tersebut, dibangunlah suatu aplikasi terkait kompetensi personil LSPro yaitu Aplikasi SIKOMPRONAS versi 1.0.0. Dalam tahap perencanaan dan analisis kebutuhan didefinisikanlah kebutuhan fungsional dan non fungsional aplikasi. Salah satu kebutuhan non fungsional adalah spesifikasi keamanan sistem. Pada makalah ini dirancang spesifikasi keamanan aplikasi SIKOMPRONAS versi 1.0.0 berdasarkan SNI ISO/IEC 15408:2014. Metode perancangan mengikuti mengikuti langkah – langkah yang tertuang pada ISO/IEC TR 15446:2017. Hasil perancangan diperoleh 7 kelas spesifikasi keamanan yaitu FIA_UID.1.1 Timing of identification, FIA_UID.1.2 User identification before any action, FIA_UAU.2 User authentication before any action, FIA_SOS.1 Verification of secret, FCS_COP.1 Cryptographic operation (password verification), FAU_GEN.1.1& 1.2 Audit data generation, dan FAU_SAR.1.1 Audit data review.

Page 1 of 11 | Total Record : 105