cover
Contact Name
Rini Intansari Meilani
Contact Email
intanmusthafa@upi.edu
Phone
+628121988394
Journal Mail Official
jpmanper@upi.edu
Editorial Address
This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in this journal include the teaching and learning of office management, archives management, quality management systems, office communications, human resources management, information systems management, and education organizations behavior.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
ISSN : 26865491     EISSN : 26564734     DOI : https://doi.org/10.17509/jpm
Core Subject : Education, Social,
This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in this journal include the teaching and learning of office management, archives management, quality management systems, office communications, human resources management, information systems management, and education organizations behavior.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023" : 10 Documents clear
Implementasi Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Manajemen Kearsipan (Studi pada Sekolah Dasar Muhammadiyah Priangan Kota Bandung) Raden Fitri Karina Suryadhiningrat; Asep Wahyudin; Ade Sobandi
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.47246

Abstract

Perkembangan sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam manajemen kearsipan, akan mempermudah proses pencarian data, dokumen atau arsip yang diperlukan. Rentannya tempat penyimpanan tidak akan melindungi arsip ketika terkena debu ataupun terkena bencana alam. Maka diberikanlah pelatihan kepada para guru dan staf Tata Usaha (TU) khususnya di SD Muhammadiyah Priangan Kota Bandung. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, artinya penulis terjun secara langsung ke lapangan. Untuk mengumpulkan data yang valid dan objektif, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Solusi yang ditemukan yaitu dengan adanya manajemen kearsipan berbasis TIK dengan digitalisasi arsip dokumen, kemampuan pencarian dan bagian data dapat dengan mudah ditemukan dan diambil untuk digunakan kembali. Pencadangan data juga dapat digunakan sebagai rencana cadangan apabila terjadi kerusakan dari berkas atau dokumen arsip agar dapat dipulihkan kembali.
Analisis Kemampuan Kerja, Komunikasi, dan Konflik Kerja-Keluarga terhadap Kepuasan Kerja Guru Mila Budi Ardiyati; Asep Rokhyadi Permana Saputra
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.47981

Abstract

Pendidikan adalah salah satu kunci awal yang akan membawa kesuksesan suatu bangsa. Sebagai tenaga pendidik yang profesional seorang guru harus memiliki tanggung jawab pribadi, sosial, moral, spiritual dan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan kerja, komunikasi, dan konflik kerja-keluarga terhadap kepuasan kerja para guru. Penelitian ini dilakukan pada para tenaga pendidik atau guru sekolah menengah pertama dan menengah kejuruan swasta yang berasal dari Sekolah Yayasan Insan Cendekia - Yogyakarta. Model Penelitian ini digunakan statistik inferensial. Uji kualitas instrumen menggunakan uji reliabilitas dengan metode Cronbah’s Alfa dan Composite Reliability 0.7 Uji validitas menggunakan validitas konvergen dan validitas diskriminanat dengan outer loading factor 0.70 dan Validitas Diskriminan dengan Average Variable extrac (AVE) 0.50. Inner model dengan melihat Goodness-of-fit. Alat analisisnya dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM), dengan software SmartPLS versi 3. Hasil menunjukkan bahwa, kemampuan kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Konflik kerja-keluarga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru.
Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Risma Agustina; Imam Bukhori
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.49089

Abstract

Pendidikan adalah upaya yang mendasar dalam pengembangan derajat manusia, dengan cara mendorong aktivitas belajar dengan berbagai sumber informasi dan memfasilitasi kegiatan belajar siswa agar mencapai tujuan secara maksimal. Didalam proses belajar mengajar tentu terjadi sebuah hubungan diantara tenaga pendidik dengan siswa. Bukan hanya kemampuan tenaga pendidik saja, suatu kemajuan dalam kegiatan belajar mengajar diduga disokong oleh sarana atau pendukung pembelajaran yang dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ialah siswa kelas X dan XII jurusan OTKP dan BDP di SMK Ardjuna 2 Malang. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian t dan pengujian F. Instrument pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner yang diberikan kepada responden untuk diisi. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa kompetensi guru dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan dalam hasil belajar siswa.
Meningkatkan Berpikir Kritis Melalui Media Pembelajaran Google Site Model Case Based Learning Silvia Sella Gesy; Andi Basuki; Madziatul Churiyah; Yuli Agustina
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.49216

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi didasari keyakinan yang kuat untuk penyimpulan suatu fakta secara rasional dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran google site yang telah di uji validasi oleh ahli materi dan ahli media guna untuk mengetahui perbedaan berpikir kritis siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode RD dengan model Addie, yang meliputi 4 tahapan yaitu (analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data di analisis menggunakan uji normalitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian ini menghasilkan media pembelajaran google site berbasis case based learning. Media pembelajaran ini telah di uji validitas oleh validator ahli materi dan ahli media serta uji coba terbatas oleh kelompok kecil dengan perolehan kriteria sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan peserta didik kelas kontrol.
Peningkatan Kinerja Guru Oleh Penghargaan Melalui Motivasi Kerja Guru Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Kota Cimahi) Syaiful Fadhilah Hamdani; Hady Siti Hadijah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.49773

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya kinerja guru jurusan OTKP SMK Swasta Kota Cimahi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penghargaan terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja guru jurusan OTKP SMK Swasta Kota Cimahi. Penelitian ini bertipe kuantitatif dan menggunakan metode survey, data dikumpulkan melalui angket. Responden yang di analisis 89 guru guru jurusan OTKP SMK Swasta Kota Cimahi. Teknik analisis data menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penghargaan berpengaruh terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja. Oleh karena itu kinerja guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan pemberian penghargan agar seorang guru dapat termotivasi dalam bekerja dan akan berdampak pada kinerja guru.
Peran Adversity intelligence dalam Bidang Pendidikan: Tinjauan Literatur tentang Pengembangan Pendidikan Nadia Nisa Islamy; Ahman Ahman; Yusi Riksa Yustiana
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.50070

Abstract

Adversity intelligence merupakan kemampuan dan ketekunan individu dalam menghadapi tantangan hidup sehari-hari seraya tetap berpegang teguh pada prinsip dan impian tanpa memperdulikan apa yang sedang terjadi. Individu yang memiliki adversity intelligence rendah tidak mampu mengatasi hambatan dan kesulitan serta pesimis terhadap masa depan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya adversity intelligence di bidang Pendidikan. Tinjauan pustaka yang komprehensif menggunakan metodologi analisis isi digunakan untuk mengeksplorasi tiga aspek publikasi  adversity intelligence dalam pendidikan, antara lain 1) jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian terkait adversity intelligence 2) subjek penelitian yang dipilih dalam penelitian terkait adversity intelligence, dan 3) peran adversity intelligence dalam pendidikan. 20 artikel dianalisis dengan menelusuri dan mereview dari jurnal database terpercaya, yaitu Scopus, Science Direct, dan Researchgate. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adversity intelligence memberikan pengaruh yang besar dalam bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penelitian deskriptif dan eksperimental adalah desain yang paling umum digunakan; 2) partisipan penelitian dalam penelitian adversity intelligence didominasi pada siswa SMA/SMK; 3) peran adversity intelligence pada bidang pendidikan didominasi oleh prestasi belajar. Hasil penelitian ini dapat memberikan referensi kepada konselor/Guru Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan adversity intelligence siswa.
Pengaruh Pemberian Penghargaan dan Hukuman terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Sogaeadu) Windi Niat Clarita Halawa; Nani Sutarni
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.51786

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Sogaeadu yang masih belum optimal. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu pemberian penghargaan (X1), pemberian hukuman (X2) dan prestasi belajar (Y). Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) tingkat efektifitas pemberian penghargaan, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman, (3) gambaran tingkat prestasi belajar siswa, (4) pengaruh pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, (5) pengaruh pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa dan (6) pengaruh pemberian penghargaan dan pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 72 orang siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.Berdasarkan hasil Penelitian, (1) tingkat efektivitas pemberian penghargaan berada pada kategori efektif, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman berada pada kategori cukup efektif, dan (3) tingkat prestasi belajar berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (4) pemberian penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (5) pemberian hukuman berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan (6) pemberian penghargaan dan pemberian hukuman secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Pemanfaatan Fitur Aplikasi Canva dalam Perancangan Media Pembelajaran berbasis Pendekatan Microlearning A. Sobandi; Tjutju Yuniarsih; Rini Intansari Meilani; Resti Indriarti
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.51920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penggunaan fitur aplikasi Canva oleh guru-guru SMK yang mengajar di Program Keahlian MPLB dalam merancang media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning. Penelitian dilakukan kepada 65 orang guru SMK di Jawa Barat. Teknik analisis dengan cara menelaah media pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru-guru dengan menggunakan aplikasi Canva. Fokus analisis merujuk pada 14 fitur yang seharusnya digunakan dalam aplikasi Canca, yaitu meliputi: Template, Ilustrasi dan Icon, PDF Editor, Canva Live, Text Customization, Background, Animasi, Duplikasi, Share serta Unduh, Filter, Canva Teams, Grid Desain dan Foto, Desain Frame. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baru empat fitur yang sudah dimanfaatkan oleh semua guru yaitu: Template, Text Customizationn, pemilihan Background, Share serta unduh, sebaliknya PDF Editor, Canva Live, Duplikasi, Filter, Canva Teams, dan Desain Frame sama sekali,belum ada yang menggunakan, sedangkan prosentase jumlah guru yang tidak menggunaan fitur lainnya masih bervariasi, dengan rincian sebagai berikut:  32% belum menggunakan fitur Animasi, 26% belum menggunakan fitur Grid Desain dan Foto, serta 20% belum menggunakan fitur Ilustrasi dan Icon Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa belum semua fitur aplikasi Canva dimanfaatkan secara optimal dalam merancang media pembelajaran berbasis pendekatan microlearning.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) melalui Fasilitas Pembelajaran Praktikum (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bandung) Sambas Ali Muhidin; Lisda Laula Sa’idah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.52063

Abstract

Motivasi belajar memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, jika tidak ada motivasi siswa tidak akan mengikuti prosesppembelajaranidenganqbaikadanebenar. Artikel ini menyampaikan mengenai tingkat fasilitas pembelajaran praktikum dan motivasi belajar siswa. Selain itu, artikel membahas hasil penelitian mengenai pengaruh fasilitas pembelajaran praktikum terhadap motivasi belajar siswa.kelas.XItJurusanaOtomatisasiqdansTata KelolaxPerkantoran2di SMK.Negeri 1 Bandung..Penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu survei eksplanasi. Dengan teknik pengumpulan data menyebarkan angket kepada 136 responden dan dokumentasi data inventarisasi fasilitas pembelajaran praktikum. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat fasilitas pembelajaran praktikum berada pada kategori cukup layak dan memiliki jumlah yang cukup, tingkatpmotivasi.belajar.siswa.berada,pada’kategori\tinggi. Hasil uji hipotesis menemukan bahwa fasilitas belajar praktikum berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Model Project Based Learning Kontribusinya terhadap Intensi Kewirausahaan Siswa Pada Materi Sistem Layanan Jasa (Studi Kuasi Eksperimen pada SMKN 3 Cimahi) Endang Supardi; Sri Mulyati; Indah Puspita Sari
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpm.v8i1.52066

Abstract

Intensi Kewirausahaan adalah salah faktor penting yang mempengaruhi individu untuk menjadi seorang wirausaha. Sebagai salah satu faktor sangat berpengaruh, intensi kewirausahaan penting ditingkatkan pada guna menciptakan banyak wirausaha dan menekan angka pengangguran. Salah satu cara untuk meningkatkan intensi kewirausahaan adalah melalui Pendidikan yaitu pada mata pelajaran PKK. Pemilihan model pembelajaran sangat penting dalam melakukan pembelajaran PKK. Artikel ini dalam menyuguhkan pembahasan yang disimpulkan dari penelitian ekpperimen semu dengan dessain NonEquivalent Control Group Design yang ditujukan guna mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap intensi kewirausahaan siswa pada materi sistem pelayana  jasa kelas XI OTKP di sebuah SMK di kota Cimahi. Hasil dari analisis angket intensi kewirausahaan siswa yang diberikan sebagai pre test dan post adalah bahwa skor rata-rata siswa yang menggunakan model PJBL lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas yang tidak dengan PJBL. Perbedaan tersebut juga menggambarkan bahwa PJBL berpengaruh secara signifikan. Bila disimpulkan PJBL mampu meningkatkan Intensi Kewirausahaan pada siswa, oleh karena itu Penerapan PJBL bisa digunakan sebagai pilihan alternatif dalam pembelajaran Kewirausahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10