cover
Contact Name
Andri Wahyu Wijayadi
Contact Email
edhumanistics@gmail.com
Phone
+6283117937533
Journal Mail Official
edhumanistics@gmail.com
Editorial Address
Jl. Irian Jaya No.55, Cukir, Kec. Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25022709     EISSN : 2615384X     DOI : https://doi.org/10.33752/ed-humanistics
Core Subject : Education,
Jurnal Ed-Humanistics memuat artikel hasil penelitian, kajian pustaka dan gagasan konseptual dalam bidang pendidikan. Jurnal Ed-Humanistics terbit dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019" : 8 Documents clear
MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING Kiki Nia Sania Effendi; Rina Marlina
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1505.378 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.559

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan motivasi belajar siswa SMA dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMA dalam pembelajaran matematika dengan model Brain Based Learning.. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa pada kriteria baik terlihat dari persentase dari hasil skala motivasi siswa dari setiap indikator didominasi oleh persentase yang berada pada  51% - 75%.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP Fitriana Nur Suhailah; Nur Kuswanti; Nur Hayati
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1517.093 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketuntasan belajar peserta didik setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); (2) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Lerning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas dari 10 kelas. Pengambilan data dilakukan di semester 2 di kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experimental design. Desain penelitian adalah posttest-only control design. Instrumen penelitian yaitu instrumen kuantitatif, berupa lembar soal posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes berupa posttest. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata ketuntasan indikator pembelajaran pada kelas kontrol sebesar 76. Sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 89,3. Hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik dengan metode ceramah yang didukung dengan perolehan uji-t yaitu thitung sebesar 4,770  ttabel 2,00. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mempengaruhi hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP.
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATAPELAJARAN PKN MATERI DEMOKRASI DI KELAS VIII SMPN 2 KAMAL Ernawati
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1517.231 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.563

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas siswa, respon siswa dan ketuntasan belajar siswa, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi aktivitas siswa, Angket respon siswa dan tes hasil belajar yang telah divalidasi.Dari hasil pengumpulan data, hasil analisis data dan pembahasan menunjukkan aktivitas siswa selama pembelajaran dalam kategori baik dengan rata-rata 3,37 yang kedua hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran berada dalam kategori positif dengan presentase rata-rata  respon siswa yaitu 74%. Dan hasil penelitian ini juga menggambarkan efektivitas dengan ketuntasan belajar secara klasikal dengan presentase 86% yang menunjukkan bahwa pembelajaran dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ketiga indikator aktivitas, respon, dan ketuntasan belajar siswa berada pada kategori baik, positif, dan tuntas secara klasikal.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINGERMATHIC PADA ANAK USIA DINI Norma Diana Fitri; Indaria Tri Hariani
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1519.424 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.564

Abstract

Proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak masih sangat bersifat konvensional, hal ini ditunjukkan pada kegiatan belajar mengajar di TK Tunas Asri Benowo Surabaya, dalam mengenalkan angka guru masih menggunakan metode ceramah, dan hafalan. Untuk menghitung bilangan anak-anak masih menulis pada buku yang diberikan oleh gurunya. Penelitian yang dilakukan penulis saat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya dengan kegiatan yang menarik bagi anak yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang dibutuhkan untuk anak. Untuk mengatasi permasalahan yang ada di TK Tunas Asri Benowo Surabaya tersebut diadakan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan mengunakan metode fingermathic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fingermathic dapat meningkatkan kemampuan berhitung di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Pada pra siklus sebesar 69,23% yang berada pada kriteria Belum Berkembang (BB), pada siklus I dilakukan tindakan melalui metode fingermathic meningkat menjadi 53,85% pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan meningkat pada siklus II menjadi 84,62% pada kriteria Berkembang Sesuai harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun dengan metode fingermathic di TK. Tunas Asri Benowo Surabaya. Disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang berpengaruh dengan meningkatnya kemampuan berhitung anak.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA BIOLOGI UMUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR MAHASISWA Hefi Rusnita Dewi
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1519.385 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.565

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keefektifan  model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir mahasiswa pada biologi.umum. Inkuiri terbimbing (guided inquiry) merupakan model pembelajaran yang membantu mahasiswa untuk belajar, memperoleh pengetahuan dengan cara menemukan sendiri.. Pendidik lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan alasan lebih menghemat waktu dan semua materi dapat diberikan. Tatap muka untuk kegiatan praktikum juga sangat minim biasanya dilakukan hanya 1 kali dalam satu semester. Selebihnya pembelajaran dilakukan dengan ceramah, padahal banyak materi dalam biologi yang membutuhkan kegiatan eksperimen dan pengamatan. Metode seperti ini kurang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berpikirnya. Kecakapan akademik mahasiswa tidak akan berkembang dalam diri mahasiswa ketika proses pembelajarannya tidak mengakomodasi terjadinya kegiatan ilmiah melalui kegiatan eksperimen sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.Harapan peneliti, bahwa dengan  model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan salah satu cara efektif untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan berpikir. Desain ujicoba menggunakan rancangan pre-test and post-test group. Pre test untuk mengetahui keadaan awal subyek sebelum diberi perlakuan dan post tes dilakukan di akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada Biologi umum, dengan perolehan hasil posttest kemampuan berpikir level relasional dari 0 % meningkat menjadi 47% dan level Abstrak diperluas dari 0 % meningkat menjadi 33 %. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwa Model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada Biologi Umum efektif   terhadap   peningkatan kemampuan berpikir mahasiswa.
PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA TERHADAP MINAT PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS (SURVEY PADA SMK SWASTA KOTA TANGERANG) Fitri Apriyanti
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1519.425 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.568

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh konsep diri dan kemampuan kognitif terhadap minat pada pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional, dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang, yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument pengisian angket dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Y = 42,574 + 0,332 X1 + 0,359 X2 dengan nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari nilai ? = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa regresi berpola linear. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri dan kemampuan kognitif terhadap minat pada pelajaran Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 dah Fh = 16,385. Secara bersama-sama konsep diri dan kemampuan kognitif memberikan kontribusi sebesar 31,9 % terhadap variabel minat belajar Bahasa Inggris. 2)  Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap minat belajar Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,004 < 0,05 dah th = 2,986. Variabel konsep diri memberikan kontribusi sebesar 14,33 % dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap minat belajar Bahasa Inggris, siswa SMK swasta kota Tangerang, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,001 < 0,05 dah th = 3,425. Variabel konsep diri memberikan kontribusi sebesar 17,55 % dalam meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris.
MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS KIMIA DALAM MENGIKUTI MATA KULIAH PRAKTIKUM KIMIA DASAR Ardian Trio Wicaksono; Trining Puji Astutik
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1587.087 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.569

Abstract

Program Studi (Prodi) Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin pada tahun 2018 telah melaksanakan mata kuliah praktikum kimia dasar. Proses pembelajaran praktikum kimia dasar dilakukan di dalam kelas yang seharusnya dilakukan di laboratorium. Hal ini karena Prodi Tadris Kimia belum memiliki laboratorium kimia dasar. Sampai saat ini Prodi Tadris Kimia terus mempersiapkan dan berusaha memenuhi berbagai kebutuhan pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Ketiadaan laboratorium kimia dasar sebagai penunjang mata kuliah praktikum kimia dasar dimungkinkan dapat menimbulkan masalah yakni mengganggu jalannya proses belajar mengajar dan mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa dalam mempelajari kimia dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa Prodi Tadris Kimia dalam mengikuti mata kuliah praktikum kimia dasar dan faktor faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Prodi Tadris Kimia dalam mengikuti mata kuliah praktikum kimia dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Prodi Tadris Kimia dalam mengikuti mata kuliah praktikum kimia dasar tergolong sedang/cukup. Faktor faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Prodi Tadris Kimia dalam mengikuti mata kuliah praktikum kimia dasar terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG TRANSPARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG DI SEKOLAH DASAR Ari Shinta Nafirin; Kamidjan; Claudya Zahrani Susilo
Ed-Humanistics Vol 4 No 2 (2019): Ed-Humanistics Vol 4 No 2 Tahun 2019
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1587.083 KB) | DOI: 10.33752/ed-humanistics.v4i2.570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bangun ruang transparan terhadap pemahaman siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Ngoro 2 yang berjumlah 53 siswa yang terbagi 27 siswa untuk kelas kontrol dan 26 siswa untuk kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonquivalent control group design. Dalam penelitian ini data yang diperlukan adalah data tentang kemampuan pemahaman yang diperoleh melaluites pemahaman bangun ruang. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk engujian hipotesis digunakan uji T dua sampel. Hasil yang diperoleh dari analisis menunujukkan bahwa pemahaman materi bangun ruang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan media bangun ruang transparan lebih baik dari pemahaman materi bangun ruang siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 8