cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
Pengembangan Pelatihan Pembuatan Blog dengan Blogspot dan Wordpress sebagai Sarana Informasi dan Koordinasi Karang Taruna dan Remaja Masjid Rayung Wulan; Eddy Saputra; Ahmad Haris
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4668

Abstract

Dalam menggalang keaktifan berkomunikasi para remaja karang taruna dan remaja masjid agar saling berinteraksi antar remaja perlu digalakkan agar maju dan menjadi remaja sebagai penerus bangsa. Remaja Karang Taruna dalam menggalakkan dibutuhkan sumber informasi yang menjadikan satu sumber untuk saling memberikan informasi serta berita. Dengan pelatihan ini membantu remaja di karang taruna agar aktif dalam berbagai kegitan dan menyatukan pandangan diadakan pelatihan pebuatan blog dengan CMS WordPress dan Blogspot. Pelatihan pembuatan blog dengan CMS WordPress dan Blogspot ini agar membantu para remaja dikarang taruna agar aktif dan tanggap dalam berbagai kegitan dan menggali sumber informasi agar terus belajar dan terus berkembang. Pilar dalam lingkungan sekitar kita adalah remaja yang harus kedepankan dan bekali dengan ilmu yang sangat bermanfaat. Blog yang akan dibuat denga Blogspot atau WordPress ini nantinya akan menjadi sarana informasi dan koordinasi antara remaja masjid Al Ikhlas dan remaja Karang taruna di cibubur Villa 3.
Pemanfaatan Limbah Domestik Sebagai Pupuk Organik Di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa Sukabumi Devi Handaya; Tatun Hayatun Nufus; Noor Hidayati; Muhammad Yusuf Bagus Rasyiidin
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.5097

Abstract

Pondok Pesantren Al Umanaa merupakan salah satu lembaga pendidikan berasrama tingkat SMP dan SMA yang terletak di Sukabumi. Al Umanaa memiliki sistem pengajaran yang berorientasi dengan alam, hal ini dibuktikan dengan pengadaan lahan seluas 6 hektar untuk meningkatkan kemampaun para siswa selain yang disyaratkan pemerintah. Skill tersebut berupa keahlian berwirausaha dalam bidang pertanian dan peternakan. Untuk memanfaatkan secara maksimal potensi lahan, pihak pesantren berharap dapat meningkatkan hasil pertanian.  Untuk menjawab tantangan tersebut, Dosen Jurusan Teknik Mesin PNJ berinisiatif mengadakan pengolahan pupuk organik yang berasal dari limbah domestik di lingkungan pesantren. Tujuan program ini adalah mengurangi limbah serta meningkatkan hasil produksi pertanian yang pada akhirnya akan berdampak pada penghematan biaya operasional pesantren, serta secara tidak langsung dapat meningkatkan kemampuan dasar para siswa dalam hal pertanian dan perternakan.  Kegiatan tersebut berupa pemasangan alat, persiapan alat dan bahan, uji coba peralatan, proses perawatan alat, dan penyuluhan pengopersian alat ke para siswa dan ustadz. Hasil yang didapatkan berupa pengurangan jumlah sampah yang akan dibuang ke TPA, penambahan jumlah pupuk organik yang dampaknya pada penghematan biaya operasional pertanian dan perkebunan serta peningkatan kemampuan dasar para siswa dalam pengelolaan sampah.
PKM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE MATH IS FUN UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DASAR BERHITUNG DI SEKOLAH DASAR NEGERI DEPOK Heriyati Heriyati; Munasiah Munasiah; Ade Lukman Nulhakim
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.3993

Abstract

Dari data hasil survei dan wawancara dengan pihak sekolah yang menyataka bahwa hasil Ujian Nasional Sekolah Dasar di Wilayah Depok dan Bogor baru-baru ini, yang dinilai kurang adalah Matematika. Guru-guru matematika masih menghadapi kesulitan dalam meningkatkan minat siswa terhadap matematika. Solusi yang ditawarkan menghadapi masalah tersebut adalah dengan memberikan  sosialisasi kepada guru tentang bagaimana menggunakan metode hitung cepat metode math is fun untuk meningkatkan kemampuan dasar berhitung peserta didik. Tujuan kegiatan ini adalah Memberikan pengetahuan tentang metode hitung cepat dalam operasi hitung, sehingga menambah ketrampilan dan peningkatan kompetensi guru dalam  pembelajaran matematika. Kemudian Memberikan latihan khusus untuk penggunaan metode hitung cepat math is fun dalam pembelajaran  matematika.  Secara umum dapat dikatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus praktek atau pelatihan khusus dalam pembelajaran matematika. Metode yang akan dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui beberapa tahap, yaitu observasi langsung, wawancara dengan pihak sekolah, presentasi, dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah guru dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran sesuai dengan ilmu yang diperoleh dalam kegiatan sosialisasi ini adalah guru lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode dasar berhitung serta mengoptimalkan kemampuan dasar berhitungnya sehingga dapat meningkatkan minat siswa terhadap matematika
Pengembangan Antisipasi Didaktis dan Pedagogis Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Ayunda Sri Wahyuningrum; Titin Supriyatin; Dita Kameswari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4134

Abstract

Salah satu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah mengembangkan desain pembelajaran. Kemampuan tersebut dilatih melalui workshop berupa pengembangan desain didaktis berdasarkan antisipasi didaktis dan pedagogis. Tujuan dari kajian ini adalah mengembangkan prosedur workshop yang dapat memotivasi guru untuk mengembangkan desain pembelajaran yang sesuai dengan alur berpikir siswa sehingga menggambarkan proses berpikir guru yang mendalam dan komprehensif. Prosedur yang dikembangkan didasari atas teori segitiga didaktis, yakni hubungan didaktis, hubungan pedagogis, serta antisipasi didaktis dan pedagogis. Hasil kegiatan workshop ini berupa kemampuan guru untuk mengembangkan antisipasi didaktis dan pedagogis pembelajaran matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai pedoman dalam mengembangkan desain didaktis. Kemampuan yang dikembangkan adalah mengidentifikasi konsep-konsep esensial dalam suatu permasalahan beserta keterkaitan antar konsep, memprediksi berbagai respon siswa dalam menyelesaikan permasalahan, menyediakan antisipasi didaktis atas respon-respon tersebut, dan mengembangkan alur lesson design pembelajaran matematika dan IPA.
Penguatan Teknik Dasar Fotografi dan Teknik Lampu Studio Pada Sesi Pemotretan Model Wegig Murwonugroho; Salsabilla Atwinita
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.5334

Abstract

Dengan semakin maraknya media sosial digital, muncul fenomena di segala lapisan usia masyarakat untuk tampil narsis berswafoto layaknya model bergaya. Namun oleh karena kurang dikuasainya teknik pemotretan dan minimnya pemahaman komposisi estetika foto yang baik, maka hasil foto dirasakan kurang optimal. Padahal foto memiliki potensi sebagai media yang dapat merekam peristiwa sebagai kenangan menarik dan ada kemungkinan tidak dapat berulang lagi. Seiring dengan relatif makin terjangkaunya harga kamera Single Lens Reflect(SLR), maka banyak masyarakat yang telah memiliki kamera ini dengan harapan kualitas warna dan detail foto lebih baik. Akan tetapi masih banyak usia remaja hingga dewasa pada khususnya yang kurang memahami berbagai fungsi yang dimiliki kamera SLR. Meskipun tips dan trik memotret telah banyak diunggah media Youtube, Instagram, namun tetap ada beberapa kendala teknis yang akan lebih mudah dipahami apabila dilakukan pengenalan teknik pemotretan secara tatap muka. Latar belakang inilah yang menjadi dasar penyusunan penyuluhan dan pelatihan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Program Magister Desain Universitas Trisakti. Metode PKM dilakukan dengan cara diberikan penyuluhan penguatan materi dasar-dasar pemotretan dan pelatihan teknik dasar pemotretan model menggunakan lampu studio. Dari hasil kegiatan PKM ini, terlihat peserta telah memahami teknis pemotretan, sehingga hasil foto terlihat lebih baik, menarik, dan bercerita.
Sosialisasi dalam Penggunaan Aplikasi Manajemen TU SMK Budhi Warman II Jakarta Dwi Dani Apriyani; Syamsiah Syamsiah; Retna Ningsih
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4104

Abstract

Sistem Informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan untuk organisasi bisnis dengan cara yang menguntungkan. Salah satunya adalah sekolah SMK Budhi Warman II Jakarta sangat membutuhkan sistem Manajemen TU yang dapat mengolah data guru dan pembayaran SPP. Aplikasi Manajemen TU ini dibuat menggunakan metode pengerjaan waterfall dan dibantu dengan bahasa pemprograman Java, dan Mysql Luaran yang akan dicapai dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah purwarupa berupa Aplikasi Manajemen TU dalam dalam Mengolah data guru dan pembayaran SPP.  Dengan adanya  aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengajar dalam menfaatkan dan meningkatkan kinerja dalam menjalani ativitas perkerjaan di SMK Budhi Warman II Jakarta
Optimalisasi Kemampuan Guru Menguasai Teknologi Multimedia dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Kecamatan Baturiti Laras Oktaviani; I Putu Suyoga Dharma
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4615

Abstract

Minimnya ketersediaan sarana teknologi merupakan salah satu alasan terbesar guru di SD N 4 Luwus jarang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan tekonologi multimedia. Hal ini juga menyebabkan kemampuan guru menguasai teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA masih kurang. Tujuan kegitan PKMS ini serta target khusus yang direncanakan meliputi empat hal. Pertama, teridentifikasinya konsep-konsep IPA yang esensial yang bisa diajarkan dengan lebih mudah kalau menggunakan media pembelajaran IPA inovatif yang berbasis multimedia. Sebagai kriterianya adalah minimal 25% konsep IPA esensial dapat dibuatkan media berbasis multimedia. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai dan merancang media pembelajaran IPA berbasis multimedia. Kriterianya adalah 60% guru di sekolah mitra harus memilikikualifikasi ‘cukup” dalam memproduksi media pembelajaran IPA multimedia. Ketiga, adanya produk media pembelajaran IPA berbasis multimedia untuk memfasilitasi siswa belajar secara aktif, menyenangkan, dan dilengkapi dengan petunjuk penggunaannya, dengan target produksi media pembelajaran baik dalam bentuk powerpoint atau video dan gambar yang dikumpulkan dari internet. Keempat, adanya peluang para guru untuk memproduksi dan menyebarkannya kepada guru yang lain produk media pembelajaran yang dirancang. Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan tersebut adalah : (a) pelatihan peningkatan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang pembuatan media pembelajaran IPA berbasis multimedia, (b) mendemonstrasikan teknologi pembuatan media pembelajaran IPA baik yang dibuat dalam bentuk microsoft powerpoint dan media yang diambil dari internet, (c) pembimbingan dan praktek pembuatan media pembelajaran IPA, dan (d) pembimbingan cara penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi multimedia dalam pembelajaran IPA di kelas. Hasil dari kegiatan PKMS ini adalah: (1) keterampilan guru menerapkan multimedia dalam pembelajaran IPA meningkat, (2) publikasi di media lokal Bali yaitu Koran Radar Bali, (3) video kegiatan pelaksanaan PKMS, dan (4) artikel ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional.
Mengelola Kelas Online dengan Aplikasi Schoology Ayu Fitrianingsih; Cahyo Hasanudin; Ali Mujahidin; Ali Noeruddin; Dwi Novitasari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.5212

Abstract

Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah 1) mengenalkan aplikasi-aplikasi dalam e-learning kepada guru SMP AT-TAJDID, 2) guru SMP AT-TAJDID dapat mengoperasikan aplikasi schoology. Metode pelaksanaan pengabdian ini disusun secara sistematis mulai dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pelasanaan Pengabdian kepada Masyarakat harus sesuai dengan target capaian dan mencapai luaran yang tepat waktu dan baik. Program Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan pada hari Kamis, 07 November 2019 mulai pukul 09.00 di SMP AT-TAJDID Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh 13 guru yang mengampu mata pelajaran berbeda. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 1) Guru SMP AT-TAJDID dapat mengetahui aplikasi-aplikasi dalam e-learning, 2) Guru SMP AT-TAJDID mampu mengoperasikan aplikasi schoology mulai dari mendaftar, mengisi materi, membuat quiz, dan membagikan kode kelas kepada siswa.
Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Pola Penyajian Saintifik Guru SMK Budhi Warman II Jakarta Erlando Doni Sirait; Puput Irfansyah; Aaan Risdian
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4086

Abstract

Kegiatan pelatihan peningkatan penggunaan media pembelajaran berbasis TIK dengan pola panyajian saintifik ini direncanakan akan dilaksanakan di SMK Budhi Warman II Jakarta ditemukan permasalahan seperti kurang maksimalnya penggunaan komputer/laptop dalam kegiatan belajar mengajar; kurang kreatifitas dan inovatifnya kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta tidak maksimalnya pembelajaran saintifik dalam kegiatan belajar mengajar. Metode pelaksanaan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) dalam penerapan IPTEK adalah kaji tindak partisipasif. Metode ini berarti pengikutsertaan seseorang untuk melakukan sesuatu atau pengambilan bagian dari sesuatu yang harus dilakukan oleh pelakunya. Pembelajaran partisipasif dapat diartikan sebagai upaya pendidik untuk mengikutsertakan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran partisipsif mengandung arti ikut sertanya peserta didik di dalam program pembelajaran partisipasif. Penggunaan komputer/laptop yang semakin sering dilakukan oleh guru selain itu juga guru mendapatkan pengetahuan tentang pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi media pembelajaran yang diberikan sehingga guru dalam melaksanakan pembelajaran semakin kreatif dan inovatif dan guru mendapat pola pembelajaran saintifik semakin terpenuhi dengan adanya pelatihan media pembelajaran tersebut.
Praktik Konseling Perorangan Terhadap Teman Sebaya Mulyadi Mulyadi; Djoni Aminudin; Burhanudin Burhanudin
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v3i1.4157

Abstract

Manajemen organisasi bimbingan dan konseling disekolah merupakan pengendali dan wadah bagi guru bimbingan dan konseling dalam menjalankan aktivitas profesionalnya. Sehingga dengan adanya manajemen organisasi bimbingan dan konseling tersebut bisa dipastikan kegiatan layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan sesuai dengan harapan. Konselor/guru BK harus bersinergi diantaranya dengan wali kelas. Apalagi dengan tanggung jawab guru BK yang mengemban 24 jam per minggunya yakni ekuivalen dengan 2 jam pelajaran. Seharusnya ada 12 kegiatan konseling yang dapat dilaksanakan konselor atau guru BK di kelas dan di luar kelas. Keberadaan konselor atau guru BK di SMK Mahadhika I Jakarta jumlahnya tidak sesuai dengan  rasio 1:150.   Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah  memberikan pelatihan  praktik konseling perorangan kepada teman sebaya, dengan harapan siswa mampu melakukan keterampilan dasar dalam melakukan konseling terhadap teman sebaya. Metode yang digunakan adalah observasi langsung, kemudian memberikan angket sosiometri nominatif untuk memilih siswa yang disukai serta memberikan pelatihan praktik konseling perorangan. Luaran yang diharapkan adalah siswa dapat mengaplikasikan serta merasakan langsung proses pelaksanaan konseling perorangan dalam menerima dan melayani  teman sebayanya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue