cover
Contact Name
Rezky Aulia Yusuf
Contact Email
rezkyauliayusuf@umi.ac.id
Phone
+6285782269756
Journal Mail Official
jmchpascaumi@gmail.com
Editorial Address
Jalan. Urip Sumeharjo. No. 5
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Muslim Community Health (JMCH)
ISSN : -     EISSN : 27744590     DOI : https://doi.org/10.52103/jmch.v3i1
Core Subject : Health,
Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi dan Perilaku Kesehatan, Biostatistik, Epidemiologi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Nutrisi Kesehatan Masyarakat, dan Kesehatan & Keselamatan pekerjaan dan determinan penyakit terkait lainnya. Metodologi ilmiah yang valid dan diterima harus diterapkan. JMCH diterbitkan oleh Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia. Publikasi diterbitkan empat kali setahun. Kami menyambut semua mahasiswa, pakar, praktisi, dan akademisi yang tertarik dengan JMCH untuk mengirimkan artikel terbaiknya. Penulis dapat mengirimkan artikel dengan mengikuti jadwal publikasi JMCH. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)" : 20 Documents clear
Pengaruh Personal Mastery Tenaga Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien di RSUD Syekh Yusuf Gowa Paramita Paramita; Basir Palu; Reza Aril Ahri
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1119

Abstract

Latar Belakang: Personal mastery adalah disiplin memperjelas dan memperdalam visi pribadi kita, memfokuskan energi kita, mengembangkan kesabaran, dan melihat realitas obyektif, kompetensi dan keterampilan. Kualitas pelayanan diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen serta ketepatan penyampaian dalam mengimbangi harapan konsumen. Pasien merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan. kepuasan pasien adalah suatu modal untuk mendapatkan pasien yang loyal (setia). Pasien loyal akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan yang sama bila mereka membutuhkan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Personal Mastery Tenaga Kesehatan dengan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien di RSUD Syekh Yusuf Gowa. Metode: Rancangan penelitian yang digunakan Cross Sectional Study, dengan total sampel sebanyak 88 responden. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian kuantitatif ini ialah Purposive Sampling. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil: Berdasarkan hasil perhitungan diatas diketahui bahwa nilai pengaruh langsung sebesar 0,282 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,438 yang berarti bahwa nilai pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X melalui Y mempunyai pengaruh signifikan terhadap Z. Kesimpulan: (1) Self awareness tidak berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan (2) Flexibility and adaptability berpengaruh terhadap Kualitas pelayanan (3) Self Awareness berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien (4) Flexibility and adaptability tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien
Pengaruh Media Edukasi Terhadap Perilaku Pengasuh Bayi Ibu Bekerja Dalam Upaya Pemberian ASI Perah (ASIP) Muhd Firmansyah; Fairus Prihatin Idris; Andi Asrina; Yusriani Yusriani; Fatma Afrianty Gobel
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1121

Abstract

Latar Belakang: Ibu bekerja memberikan kepercaanya kepada pengasuh bayi, dari ASI menyusui menjadi ASI perah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media edukasi terhadap pengasuh bayi dalam upaya pemberian ASI Eksklusif dan ASI perah. Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian quasi experiment rancangan pre and post-test without control. Jumlah populasi 59 pengasuh bayi dan sampel yang digunakan yaitu 59 responden yang mempunyai bayi pada ibu bekerja. Masing-masing kelompok berjumlah 28 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik puposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariabel dan analisis bivariabel menggunakan Paried t-test dan Independent t-test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Instrumen penelitian ini ialah menggunakan kuesioner. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penggunaan media edukasi leaflet dan media video dengan p-value 0,000 (<0,05). Terdapat perbedaan sikap pada media leaflet dan video dengan nilai p-value 0,000 (<0,05). Tindakan pada media leaflet dan video juga terdapat perbedaan dengan p-value 0,000 (<0,05) sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Sedangkan berdasarkan hasil uji independent t-test diperoleh pada tingkat pengetahuan didapatkan nilai t-test= 0,102 dengan nilai p-value= 0,535 (p>0,05), pada sikap didapatkan nilai t-test= 7,911dengan nilai p-value= 0,782 (p>0,05) dan pada tindakan didapatkan nilai t-test= 0,863 dengan nilai p-value=0,733. Kesimpulan: Terdapat pengaruh media leaflet dan video terhadap pengetahuan,sikap dan tindakan pengasuh bayi tentang ASI Eksklusif dan ASIP, Saran pada penelitian ini ialah pengasuh bayi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ,sikap positif dan tindakan yang peduli terhadap status gizi pada bayi 0-6 bulan dengan tetap melakukan pemberian cukup ASI perah.
Pengukuran Kinerja Petugas Kesehatan Berdasarkan Kriteria Malcolm Baldrige Nur Khafifah Bardi; Nurmiati Muchlis; Alfina Baharuddin; Suharni; Samsualam Samsualam; Reza Aril Ahri
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1122

Abstract

Latar Belakang: Pengukuran kinerja di rumah sakit saat ini merupakan hal yang sangat penting dan perlu dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Persaingan pelayanan kesehatan di rumah sakit sangat ketat terutama terkait dengan kinerja pelayanan, sehingga setiap rumah sakit perlu senantiasa mengukur kinerja pelayanannya dengan baik dan seksama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja petugas kesehatan di Unit Rawat Inap RSUD Labuang Baji berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang di laksanakan di Unit Rawat Inap RSUD Labuang Baji pada bulan Agustus – September 2022. Sampel penelitian ini berjumlah 51 dari total populasi sebanyak 106 orang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan berdasarkan kriteria Malcolm Baldrige yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan narasi untuk membahas hasil penelitian. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja petugas kesehatan berdasarkan tujuh kriteria yang diteliti semuanya berada pada kategori sangat baik. Skor untuk kriteria kepemimpinan adalah 95,2, kriteria strategi adalah 61,2, kriteria pelanggan 62,6, kriteria pengukuran, analisis, dan manajemen pengetahuan adalah 70, kriteria tenaga kerja adalah 67,2, kriteria operasional adalah 67,4, dan kritera hasil sebanyak 337,5. Kesimpulan: Kinerja petugas kesehatan di Unit Rawat Inap RSUD Labuang Baji masuk kriteria Sangat Baik. Meskipun demikian, rumah sakit tetap harus selalu melakukan perbaikan terhadap kinerja pelayanannya agar lebih baik lagi ke depannya.
Pengaruh Media Edukasi Tentang Hak Dan Kewajiban Peserta Terhadap Perilaku Membayar Iuran Segmen Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri Di Kabupaten Enrekang Maisarah Basarang; Andi Asrina; Muhammad Ikhtiar; Fairus Prihatin Idris; Yusriani
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1123

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Media Edukasi berupa penyuluhan dan media leaflet Tentang Hak Dan Kewajiban Peserta Terhadap peningkatan pengetahuan, perubahan Sikap dan perubahan Perilaku Membayar Iuran Segmen Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri Di Kabupaten Enrekang. Metode: Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain two-group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Selanjutnya dilakukan editing, coding, entry, cleaning, dan tabulating data. Analisis data menggunakan uji statistic Paired Samples Test dan independent t-test dengan tingkat kemaknaan 95% ( α : 0,05). Hasil: Penelitian menunjukkan p value Pengetahuan, sikap dan perilaku pada media penyuluhan adalah 0.000 (p value <0,05). Demikian halnya dengan p value Pengetahuan, sikap dan perilaku pada media leaflet adalah 0.000 (p value <0,05) menunjukkan bahwa ada pengaruh media penyuluhan terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku peserta. Perbedaan kedua media terlihat dari angka perubahan perilaku, yakni pada media penyuluhan 100% peserta bersedia melunasi iuran dan tunggakannya, sedangkan pada media leaflet hanya 75% peserta bersedia. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas kedua media terhadap perubahan perilaku membayar peserta. Kesimpulan: ada pengaruh Pengaruh Media Edukasi berupa Tentang Hak Dan Kewajiban Peserta Terhadap Perilaku Membayar Iuran Segmen Jaminan Kesehatan Nasional Mandiri Di Kabupaten Enrekang.
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSUD Tenriawaru Bone Olvin Olvin; Jasmin Abbas; Een Kurnaesih; Reza Aril Ahri; Fairus Prihatin Idris; Andi Muhammad Multazam
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1124

Abstract

Latar Belakang: Ketidakpuasan dapat berasal dari menurunnya kualitas pelayanan yang didapatkan. Hal ini juga dapat berdampak pada minat kunjungan ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSUD Tenriawaru Bone. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional study. Penelitian dilaksanakan di RSUD Tenriawaru Bone, dimulai bulan Juni - September tahun 2022. Sampel sebanyak 90 pasien rawat inap yang dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan menetapkan subjek yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, dan uji regresi linear. Uji hipotesis dengan analisis jalur dan uji Sobel. Hasil: Analisis menunjukkan kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible) (p value 0,000 < 0,05), daya tanggap (responsiveness) (p value 0,000 < 0,05), empati (emphaty) (p value 0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan pasien. Empati (emphaty) (p value 0,005 < 0,05) berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Kepuasan pasien secara langsung berpengaruh signifikan (p value 0,002 < 0,05) terhadap minat kunjungan ulang. Sedangkan hasil analisis pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible) (p value 0,009 < 0,05), daya tanggap (responsiveness) (p value 0,000 < 0,05), empati (emphaty) (p value 0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap minat kunjungan ulang. Kesimpulan: penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible), daya tanggap (responsiveness), empati (emphaty) berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan. Ada pengaruh signifikan kepuasan secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh signifikan empati (emphaty) secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh signifikan empati (emphaty) secara tidak langsung terhadap minat kunjungan ulang yang dimediasi kepuasan. Disarankan keluhan yang masuk dilakukan tindakan konkrit dan monitoring serta evaluasi.
Hubungan Dampak Pernikahan Dini Dengan Gangguan Psikologis Pada Kehamilan Remaja Hesti Yuniati
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1126

Abstract

Latar Belakang: Pernikahan dini adalah pernikahan yang berlangsung pada umur dibawah usia produktif yaitu kurang dari 20 tahun pada wanita dan kurang dari 25 tahun pada pria. Psikologi digunakan untuk menggambarkan keadaan emosional anak, kesehatan mental seperti trauma, gangguan kognitif, pengalaman trauma, dan kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dampak Pernikahan Dini Terhadap Perubahan Psikologi Pada Kehamilan remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Responden dalam penelitian ini adalah Ibu hamil di wilayah Kabupaten Luwu Utara Khususnya di Kecamatan Sukamaju dan Kecamatan Bone-Bone yang berjumlah 55 Ibu hamil di usia remaja. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara sosial dengan gangguan psikologi dengan nilai P Value sebesar p=0,008. Tidak terdapat pengaruh antara keluarga dengan gangguan psikologi dengan nilai P Value sebesar p= 0,913. Terdapat berpengaruh antara ekonomi dengan gangguan psikologi di wilayah Kab. Luwu Utara dengan nilai P Value sebesar p=0,005. Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara sosial, ekonomi dengan gangguan psikologi. Tidak terdapat pengaruh antara keluarga dengan gangguan psikologi
Implementasi Permenkes Nomor 11 Thaun 2017 Tentang Keselamatan Pasien di UPT Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Sengkang Tahun 2022 Andi Nur Azizah; Arni Rizqiani Rusydi; Een Kurnaesih; Wardiah Hamzah; Sumiati Sumiati; Reza Aril Ahri
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1127

Abstract

membuat suatu program kerja untuk di implemnetasikan. Keselamatan pasien merupakan hal yang sangan penting untuk memastikan asuhan pada pasien sehingga pasien merasa aman dan tidak terjadi kejadian yang tidak diiginkan (KTD). Tujuan penelitian untuk mengeskplorasi kebijakan Permenkes Nomor 11 Tahun 2017 Tentang keselamatan pasien di RSUD Lamadukelleng Sengkang Tahun 2022. Metode: Rancangan penelitian kualitatif deskriptif, dengan informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan). dengan pedoman wawancara serta lembar observasi. Hasil: Penelitian menunjukan bahwa Input di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Sengkang tentang sasaran keselamatan pasien telah menerapkan tetapi belum sepenuhnya tercapai dikarenakan adanya beberapa faktor penghambat dalam pelaksaannya seperti SDM yang kurang mematuhi SOP, sarana dan fasilitas yang ada di rumah sakit kurang memadai. Untuk standar keselamatan pasien sudah dilakukan sesuai dengan membentuk Komite PMKP dan Tim SKP serta membuat kebijakan dan SOP tentang keselamatan pasien. Adapun Prosesnya sudah menerapkan tujuh langkah keselamatan pasien. Outputnya Implementasi Permenkes Nomor 11 Tahun 2017 tentang keselamatan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Lamaddukelleng Sengkang telah menerapkan sesuai standar walupun ada indikator yang belum tercapai. Kesimpulan: (1) Implementasi sepenuhnya belum tercapai dikarenakan adanya beberapa faktor penghambat dalam pelaksaannya seperti SDM yang kurang mematuhi SOP (2) sarana dan fasilitas yang ada di rumah sakit kurang memadai (3) Standar keselamatan pasien sudah membentuk Komite PMKP dan Tim SKP (4) Sudah ada kebijakan dan SOP tentang keselamatan Pasien (5) Manajeman risiko serta alur pelaporan perlu disosisalisasikan kembali (6) Melatih dan mendidik staf agar lebih memahami (7) Memberikan reward kepada staf yang sudah patuh dalam melaksanakan dengan baik.
Analisis Kelelahan Kerja Pada Pemandu Lalu Lintas Udara di Airnav Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Ayu Wulandari Pertiwi Hamid; Ruslan Kalla; Fairus Prihatin Idris; Suharni Suharni; Haeruddin Haeruddin; Hasriwiani Habo
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1128

Abstract

Latar Belakang: Safety first merupakan hal yang harus diutamakan dalam dunia penerbangan. Bandar Udara di Indonesia wilayah timur dengan rute penerbangan tersibuk yaitu Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar yang mencapai 500 traffic/minggu. Semakin padat jadwal penerbangan maka tingkat tanggung jawab dan beban kerja pemandu lalu lintas udara semakin banyak dan hal tersebut berdampak pada kelelahan yang dirasakan oleh controller. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis kelamin, masa kerja, jam kerja, usia, indeks massa tubuh (IMT) dan beban kerja terhadap kelelahan kerja pada pemandu lalu lintas udara di Airnav Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar Matode: Sebuah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dan jumlah responden 81 orang. Data diambil dengan cara melakukan wawancara dan pengukuran. Analisis Bivariat menggunakan uji Pearson Chi Square dan analisis Multivariat menggunakan uji regresi logistik Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang memiliki hubungan yang signifikan terhadap kelelahan kerja pada pemandu lalu lintas udara adalah masa kerja (p=0,042), jam kerja (p= 0,008), usia (p= 0,002), IMT (p=0,001), beban kerja (p= 0,000) dan jenis kelamin (p=0,576) tidak memiliki hubungan yang signifikan pada kelelahan kerja pada pemandu lalu lintas udara).Adapun variabel yang paling dominan memberikan pengaruh pada kelelahan kerja adalah beban kerja. Kesimpulan: Diharapkan pemandu lalu lintas udara sebaiknya merubah pola kerja, menambah jumlah tenaga ATC dan mengatur pola makan yang dikonsumsi, memanfaatkan waktu istrhat yang baik di sela sela pengontrolan sehingga dapat mencegah timbulnya kelalahan yang di rasakan.
Determinan Kehamilan Usia Muda Dengan Hiperemesis Gravidarum Terhadap Kejadian Stunting Di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa Praniska; Andi Muhammad Multazam; Een Kurnaesih; Sitti Patimah; Reza Aril Ahri; Arni Rizqiani Rusydi
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1129

Abstract

Latar Belakang: Hyperemesis gravidarum (HG) adalah muntah yang cukup parah yang menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi, dan alkalosis akibat keluarnya asam hidroklorida, dan hipokalemia. Stunting adalah keaadaan gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek dari standar WHO 2005. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa yang menentukan Hyperemesis gravidarum tehadap kejadian Stunting di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif, menggunakan survey analitik dengan rancangan cross sectional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang dilakukan di Puskesmas Somba Opu Gowa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Chi Square dan Odds Ratio. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor hyperemesis gravidarum berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor pendapatan tidak berpengaruh positif atau tidak berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,981 > 0,05. Faktor emosional berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor dukungan keluarga berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor penyakit hereditas tidak berpengaruh positif atau tidak berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,248 > 0,05.
Pengaruh Komsumsi Kurma Ajwa (Phoenix Dactylifera L) Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Pada Kejadian Anemia Remaja Rezkiyanti Bakri; Muhammad Kidri Alwi; Andi Muhammad Multazam
Journal of Muslim Community Health Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52103/jmch.v4i3.1130

Abstract

Latar Belakang: Anemia adalah suatu keadaan dengan kadar hemoglobin (Hb) darah yang lebih rendah dari pada normal sebagai akibat ketidakmampuan jaringan pembentuk sel darah merah dalam produksinya guna mempertahankan kadar hemoglobin pada tingkat normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L) terhadap kadar hemoglobin (hb) pada kejadian anemia remaja di pondok pesantren Tahfidzul Qur'an Wahdah Islamiyyah. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian desain Quasi Eksperimen atau dengan rancangan pretest dan posttest control group. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 responden sebagai kelompok Intervensi dan 15 responden sebagai kelompok Kontrol. Metode analisis yang digunakan yaitu uji Paired T -test. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian kurma ajwa (Phoenix dactylifera L) berpengaruh terhadap kadar hemoglobin pada kejadian anemia remaja pada kelompok intervensi dan tidak berpengaruh pada kelompok kontrol.

Page 1 of 2 | Total Record : 20