cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
Dimas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal bintang manajemen
ISSN : 29636035     EISSN : 29634830     DOI : 10.55606
Core Subject : Science,
Manajemen Sumberdaya Manusia , Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sektor Publik, Manajemen Operasional, Manajemen Rantai Pasokan, Corporate Governance, Etika Bisnis, Akuntansi Manajemen dan Pasar Modal dan Investasi.
Articles 82 Documents
Pengaruh Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 Alya Zalfi; Sefli Diana Roza; Esi Sriyanti
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1675.562 KB)

Abstract

Analisa keuangan perusahaan perlu dilakukan untuk mengetahui prestasi dan kinerja perusahaan yang berguna untuk kepentingan manajemen perusahaan. Dengan mengetahui prestasi dan kinerja perusahaan diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan-keputusan strategis perusahaan sehingga dapat sukses dalam persaingan global baik dalam negeri maupun luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri Sub Sektor Otomotif dan Komponen Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan cara dokumentasi dari dokumen-dokumen yang ada di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini ada 6 perusahaan sub sektor otomotif dan komponen. Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditentukan peneliti terhadap obyek yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur aktiva tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, sedangkan Ukuran Perusahaan berpengaruh positif secara signifikan terhadap Struktur Modal. Secara simultan Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Struktur Modal.
Pengaruh Partisipasi Anggaran, Kapasitas Individu, Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Senjangan Anggaran Desa di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo 2021 Moh. Abdan Syakur Buhungo; Sri Dewi Yusuf
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1117.912 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi penganggaran Kapasitas Individu,Kejelasan sasaran Anggaran terhadap senjangan anggaran Desa di Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 43 responden pada 6 Kelurahan Di Kecamatan Kota Gorontalo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi penganggaran berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran. Sementara, Kejelasan Sasaran anggaran dan kapasitas individu tidak mampu memoderasi hubungan partisipasi penganggaran terhadap senjangan anggaran.
Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SLB Negeri Sasa Kota Ternate Sahnaz Hi. Ahmad; Said Hasan; Ade Haerullah
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.015 KB)

Abstract

Managerial competence will determine the progress of an educational institution. If the principal's managerial competence is good, it will be able to improve teacher performance. This study aims to describe the relationship between principal managerial competency and teacher performance improvement. The method used in this study is to use a qualitative approach. This research was conducted at SLB Negeri Sasa Ternate City. The subjects in this study were school principals and teachers. Data collection techniques were carried out in natural settings (natural conditions), primary data sources, and data collection techniques involved participant observation, in-depth interviews and documentation. The results of this study indicate that the head of SLB Negeri Sasa Kota Ternate is able to optimize school resources, both teachers and staff, direct students to be role models and take full responsibility for school progress. Patience, caring, hardworking, punctual attitude. The principal tries to establish himself as a leader according to the expectations of the teachers and all parties. So that it can be said that the principal already has a management program to improve teacher performance. The performance of a good teacher does not just happen, there are many factors that affect the high and low performance of a teacher, including internal factors and external factors, internal factors depend on the skills of the teacher himself, while external factors influence a lot, one of which is the principal's leadership competence. . This shows that the managerial principal can provide a positive increase in teacher performance.
Determinan Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Shopee Fitri Ngumdatul Robikah; Deni Ramdani
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1765.594 KB)

Abstract

This research was conducted to find out whether product attributes, service quality, and electronic word of mouth affect purchasing decisions for Wardah Liptrik at Shopee. This research is a quantitative research. The sample of this research is Shopee application users who have made transactions more than once on applications that are distributed to 100 respondents. Data analysis was performed using multiple linear analysis techniques which were processed using the SPSS data processing application version 25. The results showed that product attributes and service quality had an effect on purchasing decisions, but the EWOM variable had no effect on purchasing decisions. The results provide managerial implications for business people to add product attributes and improve service quality in order to increase consumer repurchase interest. With increasing purchasing decisions, it is expected that a business that is run can develop and be sustainable.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UD MEDALI MAS BANDAR KIDUL KEDIRI Kheren Tiara Amanda Sukarno Putri
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1358.206 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri, (2) Pengaruh Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri, (3) Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri sebanyak 50 orang yang dijadikan sampel. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan statistik inferensial melalui uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, ujit dan uji f. hasil penelitian ini memperoleh persamaan regresi Y = 17.901 + 0.171X1 + 0.668X2. variabel motivasi kerja secara parsial dan signifikan berpengaruh pada kinerja karyawan UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri dengan nilai thitung sebesar 1.557>t tabel sebesar 2.010 dengan nilai signifikan 0.026<0,05. Variabel kemampuan kerja secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai t hitung 4.269<22.010 dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Secara simultan motivasi kerja dan kemampuan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan UD Medali Mas Bandar Kidul Kediri. Hasil iini dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 22.756 dan nilai signifikan F adalah 0,000 berada < 0,05. Diharapkan perusahaan perlu memperhatikan lagi mengenai motivasi kerja agar dapat meningkatkan kinerja karawan.
Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, dan Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan (studi kasus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok) Wahyu Sabri; Afni Yeni; Seflidiana Roza
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1270.416 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan, Motivasi terhadap Kualitas Pelayanan (Studi kasus Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Solok ). Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh Y= 0,404 + 0,197X1 + (-0,252X2) + 0,201X3 + 0,315X4 + e dan uji t 2,473, [-2,505] ,3,487 dan 4,666 yang artinya bahwa variabel Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan, Struktur Organisasi berpengaruh negatif terhadap Kualitas Pelayanan, Kedisplinan berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan dan Motvias berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan. Dilihat dari nilai R Square 0,570 yang artinya Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan dan Motivasi berpengaruh sebesar 57% terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga 43% dipengaruhi oleh faktor variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari analisis uji f nilai fhitung adalah 21,542 > 2,51 yang artinya bahwa Kepemimpinan, Struktur Organisasi, Kedisiplinan dan Motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan.
Pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight, Dan Customer Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Otentik Di Tangerang Vasco A.H. Goeltom; Josephine Amelia Saputri; Devi Christine
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.073 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh Customer Satisfaction, Customer Delight dan Customer Trust terhadap Loyalitas Pelanggan. Dengan ini, peneliti ingin mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan restoran otentik di Tangerang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan convenience sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan memilih sampel secara bebas sekehendak peneliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dari 155 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari penyebaran kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis multivariat. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan pendekatan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Customer Satisfaction berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, (2) Customer Delight berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, (3) Customer Trust memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pada PT. Pelindo Regional I Cabang Belawan Saha’aro Laia; Ananda Fitriani Dewi
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1449.733 KB)

Abstract

Disiplin kerja adalah suatu alat yang digunakan oleh para manajer untuk berkomunikasi dengan pegawai agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku dan untuk meningkatkan kesadaran juga kesediaan seseorang agar menaati semua peraturan dan norma sosial yang berlaku di sutau perusahaan.dan disiplin kerja terdiri dari beberapa variabel yaitu: Motivasi, kepemimpinan, dan pengawasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kepemimpinan dan pengawasan terhadap disiplin kerja pegawai PT. Pelindo Regional 1 Cabang Belawan. Penelitian ini mnggunakan rumus slovin dan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil analisisdapat diketahui bahwa ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap Disiplin Kerja. Berdasarkan hasil uji SPSS pada data Anova dalam kolom Adjusted R Square = 0.662, maka seluruh variabel berpengaruh terhadap Variabel Disiplin Kerja sebesar 66,2% dan sisanya yaitu 33,8% dipengaruhi oleh Variabel lain di luar persamaan regresi ini atau Variabel yang tidak diteliti.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN MAJU BERSAMA (STUDI KASUS KONSUMEN SWALAYAN MAJU BERSAMA KAPTEN MUSLIM) Adeliyansah Situmorang; Ananda Fitriani Dewi
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1309.789 KB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data koesioner, wawancara, dan observasi. penarikan jumlah sampel menggunakan rumus simple random sampling.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Hsil dari penelitian ini adalah, maka Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Pada Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen. Kemudian dalam penelitian diketahui variabel Harga (X1) dan variabel Kualitas Pelayanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen di Swalayan Kapten Muslim.
Pengaruh Promosi Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pasar Swalayan Maju Bersama JL. Kapten Muslim No. 71 Dwi Kora Kec. Medan Helvetia Febri Theresia Simorangkir; Nahar Maganda Saragih
Jurnal Bintang Manajemen Vol 1 No 1 (2023): Maret: Jurnal Bintang Manajemen
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1360.756 KB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Untuk mengetahui pengaruh promosi dan kelengkapan produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Pasar Swalayan Maju Bersama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda atau statistik deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For Windows. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Secara parsial kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Promosi dan kelengkapan produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.