cover
Contact Name
Rizki Putri Ramadhani
Contact Email
rizki_putri@polinema.ac.id
Phone
+6281334622521
Journal Mail Official
rizki_putri@polinema.ac.id
Editorial Address
Jalan Selat Sunda IV/D4 Lesanpuro, Kedung Kandang, Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPLED
ISSN : -     EISSN : 28091205     DOI : 10.58737
Core Subject : Education,
Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It includes teaching practice and educational development in early childhood education, basic education, secondary education, higher education, and vocational education in formal, non-formal, and informal education systems. This journal was first published in March 2021, publish quarterly (March, May, August, and November). Changes have been published quarterly since 2023.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development" : 15 Documents clear
Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Bidang Sarana dan Prasarana di SMKN se-Kabupaten Solok Selatan Muthiara Yalfi Putri; Sulastri Sulastri
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.368 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.78

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti yang mengindikasikan kurangnya kompetensi kepala sekolah dalam bidang sarana dan prasarana di SMKN se-Kabupaten Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untk mengetahui seberapa mampu kompetensi manajerial kepala sekolah dalam bidang sarana dan prasarana, dalam aspek: 1) perencanaan, 2) pengadaan, 3) pemeliharaan, dan 4) pengawasan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 153 orang guru, teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling yang berjumlah 64 responden. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil analisis data menunjukkan secara keseluruhan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam bidang bidang sarana dan prasarana di SMKN se-Kabupaten Solok Selatan pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,1. Walaupun demikian, sangat diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dalam bidang sarana dan prasarana untuk memajukan dunia pendidikan.
Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Berbasis Digital Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Padang Panjang Diviona Carolina; Rusdinal Rusdinal
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.461 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.87

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temui di sekolah terkait persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah yang ada di SMA Negeri Kota Padang Panjang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 162 orang. Instrument yang digunakan adalah angket model skala likert yang telah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Hasilnya 45 item angket valid serta instrument penelitian dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean (rata – rata). Hasil pengolahan data diperoleh skor rata–rata pelaksana urusan administrasi kepegawaian  yaitu 4,37, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi keuangan 4,52, skor rata–rata pelaksana urusan admnistrasi sarana dan prasarana  yaitu 4,08, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi hubungan sekolah dan masyarakat yaitu 4,12, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi persuratan dan pengarsipan yaitu 4,29, skor rata–rata pelaksana  urusan administrasi kesiswaan yaitu 4,31, skor rata–rata pelaksana urusan administrasi kurikulum yaitu 4,14. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMA Negeri Kota Padang Panjang sudah mampu dilaksanakan dengan skor rata–rata 4,22.
Persepsei Guru Terhadap Kemampuan Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Berbasis Digital di SMK Negeri Kota Pariaman Indah Mayang Sari; Rusdinal Rusdinal
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.533 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.88

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital tentang: Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana, Administrasi Hubungan sekolah dengan masyarakat, Administrasi Persuratan dan perarsipan, Administrasi Kurikulum, Administrasi Layanan Khusus, Administrasi Teknolgi informasi komunikasi yang dilaksanakan oleh tenaga administrasi sekolah.  Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif. Yang dijadikan populasi penelitian adalah guru di SMKN Kota  Pariaman berjumlah 314 orang guru, menggunakan teknik Simple Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini 76 orang. Instrumen yang dipakai yaitu angket menggunakan skala likert dan dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas.Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menghitung rata-rata dan mengkategorikan tingkat pencapaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik kerja lapangan yang meliputi : (1) administrasi kepegawaian 3,92 (2) administrasi keuangan 4,07 (3) administrasi sarana dan prasarana 3,74 (4) administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat 3,96, (5) administrasi persuratan dan perarsipan 4,03, (6) Administrasi Kurikulum 4,96, (7) Administrasi Layanan Khusus 3,93, dengan teknik Simple Random Sampling. Hasil skor rata-rata digunakan dalam penelitian ini, yang menghasilkan data; 1) administrasi kepegawaian berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,92. 2) administrasi keuangan berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,07. 3) administrasi sarana dan prasarana berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,74. 4) administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,96, 5) administrasi persuratan dan perarsipan pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,03, (6) Administrasi Kurikulum pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,96, (7) Administrasi Layanan Khusus pada kategori mampu dengan skor rata-rata 3,93 Jadi Kemampuan teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMK Negeri Kota Pariaman berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,94.
Persepsi Guru Tentang Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Berbasis Digital Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kota Padang Panjang Dian Putri Septiani; Rusdinal Rusdinal
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.002 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.89

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temui di sekolah terkait kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah yang ada di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Populasi penelitian adalah seluruh guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 122 orang. Instrument yang digunakan adalah angket model skala likert yang telah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabelitasnya. Hasilnya 33 item angket valid dan 12 item angket tidak valid serta instrument penelitian dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean (rata – rata). Hasil pengolahan data diperoleh skor rata–rata  Pelaksanaan Urusan Administrasi Kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,54 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Keuangan memperoleh skor rata-rata 4,35 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Sarana dan Prasarana memperoleh skor rata-rata 4,32 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat memperoleh skor rata-rata 4,29 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Persuratan dan Pengarsipan memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Kesiswaan memperoleh skor rata-rata 3,84 dengan kategori mampu, Pelaksanaan Urusan Administrasi Kurikulum memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori mampu.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi guru terhadap kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMK Negeri Kota Padang Panjang sudah mampu dilaksanakan dengan skor rata–rata 4,29
Pengelolaan Pendidikan Karakter di SMKN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru Yuni Amelia; Rifma Rifma
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.095 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.90

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengelolaan karakter di SMKN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru mengenai bagaimana perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian yang dilakukan pihak sekolah dalam membangun karakter peserta didik. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan fakta, dan penulisan naratif digunakan untuk mengkomunikasikan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil kesiswaan, wakil sarana dan prasarana, dan guru di SMKN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif.Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa SMKN 1 Kecamatan Pangkalan Koto Baru dalam perencanaan pendidikan karakter dilakukan melalui penentuan tujuan, penetapan jadwal kegiatan dan pengintegrasian dalam mata pelajaran, dalam proses pelaksanaan dilakukan melalui pengintegrasian ke dalam kehidupan sehari-hari, pengintegrasian ke dalam program sekolah dan mata pelajaran, dalam evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan memberi peringatan dan catatan dalam buku nilai dan rapor.
Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kepribadian Guru di SMK Kartika 1-2 Padang Ahmad Sidik Akbari; Lusi Susanti; Hanif Alkadri; Ahmad Sabandi
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.688 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.91

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kompetensi kepribadian yang dimiliki guru di SMK Kartika 1-2 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai persepsi siswa tentang: tentang: 1) kepribadian yang berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan, 2) kepribadian guru yang mantap dan stabil, 3) kepribadian yang dewasa, 4) kepribadian yang arif dan 5) kepribadian yang berwibawa. di SMK Kartika 1-2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasinya seluruh siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 243 orang siswa SMK Kartika 1-2 Padang. Sampel berjumlah 78 orang, diambil menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner atau angket model skala Likert yang telah diuji cobakan untuk melihat validitas dan reliabilitasnya pada tingkat kepercayaan 5%. Yang hasilnya dari 40 item pernyataan, 37 item valid dan 3 item invalid, kemudian pernyataan yang tidak valid dianggap gugur serta dinyatakan reliabel. Data diolah menggunakan rumus mean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang: (a) kepribadian guru yang berakhlak mulia dan dapat menjadi teladan 4,40, (b) kepribadian guru yang mantap dan stabil 3,96, (c) kepribadian guru yang dewasa 3,90, (d) kepribadian guru yang arif 3,89 dan (e) kepribadian guru yang berwibawa 3,88. Jadi kompetensi kepribadian guru sudah mampu diterapkan oleh guru di SMK Kartika 1-2 Padang yaitu dengan skor rata-rata 4,01 berdasarkan persepsi siswanya.
Iklim Organisasi Kantor Kementrian Agama Kota Padang Farhan Novry Andani; Nurhizrah Gistituati
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.039 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.92

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilakukan di Kantor Kementrian Agama Kota Padang, yang menunjukan bahwa masih belum kondusifnya iklim organisasi di kantor Kementrian Agama Kota Padang dilihat dari dimensi hubungan (dukungan, keintiman, keterbukaan), dimensi pertumbuhan/perkembangan pribadi (Kepercayaan, Orientasi pada tugas), dimensi perubahan dan perbaikan system). Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai yang terdapat di Kantor Kementrian Agama Kota Padang pada Ujung Gurun, kec. Padang Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah 43 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa iklim organisasi di Kantor Kementrian Agama kota Padang dari, dimensi hubungan aspek dukungan mendapatkan skor rata-rata 4,23 yang sudah berada pada kategori baik, dari aspek keintiman mendapatkan skor rata-rata 4,29 yang sudah berada pada kategori baik, aspek keterbukaan mendapatkan skor rata-rata 4,41 yang sudah berada pada kategori baik, dimensi pertumbuhan/perkembangan pribadi, aspek kepercayaan mendapatkan skor rata-rata 4,49 yang sudah berada pada kategori baik, aspek orientasi pada tugas mendapatkan skor rata-rata 4,48 yang sudah berada pada kategori baik, dimensi perubahan dan perbaikan system aspek pengawasan dimensi mendapatkan skor rata-rata 4,31 yang sudah berada pada kategori baik, aspek kebebasan mendapatkan skor rata-rata 4,46 yang sudah berada pada kategori baik. Secara keseluruhan mendapatkan skor rata-rata 4,39 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa 7 indikator dari 3 dimensi yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,39.
Analisis Kompetensi Profesional Guru Yeni Gusmiati Mia; Sulastri Sulastri
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.067 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.93

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi profesional guru di SMK Negeri 2 Padang yang masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis kompetensi professional guru dalam mengelola desain media pembelajaran berbasis digital, menguasai materi pembelajaran, melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa, mengelola program mengajar, dan faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan kompetensi professional guru di SMK Negeri 2 Padang. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan fakta, dan penulisan naratif digunakan untuk mengkomunikasikan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil manajemen mutu, wakil kesiswaan, guru, dan siswa di SMK Negeri 2 Padang. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Padang: 1) sudah menggunakan desain media pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah seperti komputer, dan menggunakan system mirroring atau system wareless display tanpa menggunakan kabel sebagai penghubung melainkan bisa dengan bluetooth, 2) guru di SMK Negeri 2 Padang dalam menguasai materi melihat kondisi yang ada dan mengaitkan materi pembelajarannya dengan kondisi yang terjadi pada saat ini, 3) dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa guru sudah melakukan dengan memberikan soal latihan maupun tes untuk mengukur kemampuan siswa, 4) dalam mengelola program mengajar guru sudah mengupayakan merumuskan tujuan pembelajaran dan melihat capaian pembelajaran, 5) faktor pendukung dalam kompetensi profesional guru di SMK Negeri 2 Padang adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sedangkan faktor penghambatnya masih ada guru yang belum optimal dalam penggunaan IT, 6) solusi untuk mengatasi persoalan tersebut dengan mengikuti pelatihan, lokakarya, house training, MKG, dan KKG.
Implementasi Program Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Ulya Rahman; Yulianto Santoso
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.664 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.94

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi terkait implementasi program pelibatan keluarga yang dilihat dari aspek menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan; mengikuti kelas orang tua atau wali; menjadi narasumber dalam kegiatan di satuan pendidikan; berperan aktif dalam kegiatan pentas kelas akhir tahun pembelajaran; berpartisipasi dalam kegiatan kokurikuler, ekstrakulikuler, dan kegiatan lain untuk pengembangan diri anak; bersedia menjadi anggota komite sekolah; berperan aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh komite sekolah; bersedia menjadi anggota tim pencegahan kekerasan di satuan pendidikan;  berperan aktif dalam kegiatan pencegahan pornografi, pornoaksi, dan penyalahagunaan NAPZA; memfasilitasi dan berperan dalam kegiatan penguatan pendidikan karakter anak di satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah wali murid berjumlah 335 orang dan sampel sebanyak 78 orang. Penarikan sampel menggunakan rumus Slovin dan diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Kemajuan akademik seorang anak tergantung pada tingkat keterlibatan keluarga, terutama orang tua/wali murid. Pada satuan pendidikan keterlibatan keluarga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi anak. Keluarga harus terlibat dalam proses pendidikan anak, baik mendukung pendidikan sekolah maupun membimbing anak ketika berada di lingkungan keluarga, sehingga ada energi kerjasama antara sekolah dan keluarga.
Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Dewan Perwakilann Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat Rani Refi Nola; Sufyarma Marsidin; Hanif Alkadri; Lusi Susanti
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.185 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v3i1.95

Abstract

Dari hasil penelitian pengamatan penulis pada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat dengan tujuan untuk mengetahui juga menganalisis gambaran disiplin, upaya disiplin, serta faktor penghambat dan pendukung disiplin dan upaya-upaya  yang diharapkan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam melaksanakan disiplin kerja di Sekretariat Dewan perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat.Dengan indikator dalam kajian berupa, ketepatan waktu pegawai Negeri sipil di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera saat bekerja, ketaatan pegawai terhadap peraturan saat bekerja, tanggung jawab terhadap pekerjaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.subjek penelitian adalah sekretaris dewan, kepala bagian,dan pegawai negeri sipil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Seketariat Dewan perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat Pegawai sudah menerapkan disiplin kerja dimana disiplin kerja tersebut sangat penting bagi pegawai. Dengan kedisiplin tersebut pegawai juga lebih terpacu untuk melakukan pekerjaannya dengan sebaik mungkin dan dapat mencapai pekerjaan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Page 1 of 2 | Total Record : 15