cover
Contact Name
Roni Herdianto
Contact Email
roni.herdianto@um.ac.id
Phone
+6281555764640
Journal Mail Official
tekno.journal@um.ac.id
Editorial Address
Gedung G.4, Lantai 1 Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Tekno : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan
ISSN : -     EISSN : 26864657     DOI : 10.17977
Core Subject : Engineering,
The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of electrical engineering, informatic engineering, and vocational education, and related topic are welcome
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 27, No 2 (2017)" : 9 Documents clear
Optimasi kendali fuzzy berbasis algoritma sensorless untuk sistem pompa air bertenaga surya yang efisien I Made Wirawan; Slamet Wibawanto; Aripriharta .
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.706 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p133-146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem kendali berbasis fuzzy untuk mengatur pemakaian daya listrik pada pompa air bertenaga surya. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki atau meningkatkan efisiensi energi listrik yang dipakai oleh motor pompa air satu fasa. Selama ini, efisiensi energi pada aplikasi pompa air bertenaga surya sangat rendah, hanya mencapai 40%. Metode sensorless-fuzzy menggunakan pendekatan heuristik berdasarkan pengalaman dan optimasi performa melalui pemodelan. Rekayasa ini sangat potensial untuk mengendali suplai atau pemakaian energi listrik oleh mesin pompa air secara lebih efisien. Sistem ini dapat direalisasikan dengan menggunakan mikrokontroler, sehingga lebih ekonomis dan cocok untuk daerah pedesaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Beberapa penelitian pendahuluan telah dilakukan sejak tahun 2009 dalam rangka mencapai target akhir penelitian ini. Proses penelitian ini dibagi menjadi dua fase. Fase 1 (sudah selesai dilaksanakan) bertujuan untuk menghasilkan perangkat sensorless-fuzzy untuk kendali motor pompa air satu fasa. Fase 1 dibagi menjadi 7 tahapan, yaitu: observasi prilaku motor pompa air, desain algoritma sensorless-fuzzy, desain alat, pembuatan alat, ujicoba performa alat (skala laboratorium), dan implementasi lapangan dan analisis data. Pada penelitian tahap tahun pertama ini menghasilkan sebuah prototipe pengendali pompa air DC menggunakan algoritma sensorless. Prototipe yang dihasilkan cukup stabil dalam mengatur putaran motor dengan menghasilkan error 1.2 % yang lebih kecil nilainya dari nilai error yang ditargetkan (5-7 %). Dari hasil pengukuran dapat dilihat bahwa output rpm  akan melakukan tuning sehingga mencapai setpoint 1500, namun tegangan motor akan berubah ubah. ini dikarenakan untuk membuat putaran motor sesuai yang diinginkan, maka logika fuzzy mengolah data tersebut, kemudian secara otomatis menaikkan atau menurunkan tegangan (dalam hal ini PWM diubah-ubah) motor untuk mencapai set point yang diinginkan.
Halaman Depan Jurnal Tekno - 27 (2) Khoirudin Asfani
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (146.216 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p%p

Abstract

Hubungan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja Winda Cahyaning W; Tri Atmadji Sutikno; Heru Wahyu Herwanto
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.808 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p93-104

Abstract

Orientasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah menyiapkan siswa untuk memasuki dunia industri. Penyiapan ini dilakukan dengan pembelajaran di sekolah maupun di dunia kerja. Pembelajaran di dunia kerja ditujukan untuk mendekatkan kompetensi siswa dengan dunia kerja sehingga siswa akan siap untuk memasuki dunia kerja. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif yang sifatnya korelasional. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi kompetensi keahlian, kesesuaian praktik kerja industri dan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (4) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 353 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Terjadi hubungan yang signifikan antara kompetensi keahlian dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (2) Terjadi hubungan yang signifikan antara kesesuaian praktik kerja industri dengan kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program kahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo. (3) Terjadi hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi keahlian dan kesesuaian praktik kerja industri terhadap kesiapan memasuki dunia kerja pada siswa kelas XII program keahlian Teknik Listrik di SMK Kabupaten Sidoarjo.
Pengembangan bahan ajar E-Learning pada matakuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang Suwasono .; Hari Putranto; Masdea Huda
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1619.606 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p147-161

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang, membuat, dan menguji kelayakan pengembangan bahan ajar E-Learning pada matakuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu model menurut Sugiyono. Populasi dan sampel penelitian ini adalah Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang angkatan 2013 arus kuat. Uji kelayakan terdiri dari validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar E-Learning pada mata kuliah Workshop Instalasi Tenaga Listrik Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang dinyatakan sangat valid sehingga layak digunakan.
Perbedaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan modul ajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan SMKN 1 Blitar Puger Honggowiyono; Hakkun Elmunsyah; Reni Puspita Nurfadmi
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (987.751 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p105-115

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik 1  di SMKN 1 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design atau eksperimen semu, dengan desain penelitian menggunakan simple random sampling dengan pola pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TITL SMKN 1 Bltar yang berjumlah 4 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas X TITL 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran dan variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kompetensi kejuruan. Berdasarkan analisis uji-t dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar ranah Pengetahuan. Tetapi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ranah Sikap dan Ketrampilan. Kemudian untuk motivasi belajar dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran kompetensi kejuruan SMKN 1 Blitar. 
Pengembangan bahan ajar mekatronika untuk program studi D3 Teknik Elektronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Benny Agung Prasetyo; Dyah Lestari; Siti Sendari
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.972 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p162-169

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar untuk Matakuliah Workshop Mekatronika. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku dan modul ajar yang materi pembelajarannya mencakup satu semester. Peneliti menggunakan model pengembangan milik Purwanto yang model pengembangannya diperuntukkan bagi pengembangan modul. Pengumpulan data validasi dan kelayakan dilakukan dengan menggunakan metode angket/kuesioner. Angket/kuesioner ditujukan bagi validator kegrafikan, validator materi, dan mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis data dari hasil validasi dan uji coba dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat valid dan layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran. 
Sistem kendali otomatis mesin penetas telur menggunakan kontroler PID Mokhamad Sholihul Hadi; Syafiq Ubaidilah; Rizky Asillia P Sari; Dwi Puri Fatmala
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1232.265 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p116-124

Abstract

Mesin penetas telur merupakan salah satu peralatan yang banyak digunakan pada bidang peternakan ungags. Alat ini digunakan untuk meninggkatkan kuantitas penetasan telur. Tingkat keberhasilan penetasan telur menurut Daniel Azhari sekitas 82% dan 79%. Kemungkinan presenttasi ini masih dapat ditingkatkan dengan cara pemerataan distribusi temperature yang lebih merata pada alat penetas telur yang digunakan. Pemerataan suhu pada alat penetas telur dapat menggunakan pengendali (penstabil) temperature, dalam pengendalian temperature diperlukan metode PID. PID yaitu sebuah metode yang menggunakan prinsip penguatan proporsional, penguatan integral dan penguatan derivative untuk memperbaiki respon system kendali. Dengan menggunakan PID kita dapat mempertahankan sugu yang akurat sehingga mengurangi kesalahan (error) yang terjadi. Sistem kendali digital berupa control PID berhasil diterapkan pada suhu ruang dengan suhu tertentu dengan set value const int   Sp=38, const float Kp=2, const float Ki=1.5, const float Kd=1, const int Ts=100ms. Kontrol suhu stabil untuk penetasan telur dengan pembalikan telur secara berkala sesuai dengan spesifikasi pengeraman ayam sudah dapat diterapkan dengan kestabilan suhu dengan kisaran 37-390 C. 
Pengaruh interaksi antara faktor minat belajar dengan penerapan model pembelajaran drill and practice dan open ended problems terhadap rata-rata hasil belajar teknik animasi 2d dan 3d pada siswa kelas x SMK PGRI 3 Malang Sheila Ramadani; Setiadi Cahyono Putro; Yuni Rahmawati
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1082.903 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p170-179

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengungkap capaian rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan  Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, (2) mengungkap pengaruh interaksi antara faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended Problems terhadap rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa kelas X Jurusan Multimedia di SMK PGRI 3 Malang, dan (3) mengungkap yang paling berbeda diantara empat kelompok rata-rata hasil belajar Teknik Animasi 2D dan 3D siswa karena faktor minat belajar dengan faktor model belajar Drill and Practice dan Open Ended Problems yang saling diperbandingkan. Hasil an-alisis data yang diperoleh yaitu (1) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan penerapan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai dengan kriteria tertinggi sebesar 50%, (2) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar tinggi dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 60%, (3) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Drill and Practice mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 40%, dan (4) rata-rata hasil belajar kelompok minat belajar rendah dengan model pembelajaran Open Ended Problems mendapatkan nilai kriteria tertinggi sebesar 10%.
Pengembangan bahan ajar mata pelajaran Jaringan Dasar untuk SMK kelas X semester II program keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan berdasarkan Kurikulum 2013 Muhamad Zainal Arifin; Muladi Muladi; Fath Faizal Mubarok
TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan Vol 27, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1298.411 KB) | DOI: 10.17977/um034v27i2p125-132

Abstract

Sistem pendidikan nasional telah menggunakan Kurikulum 2013 sebagai pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pergantian kurikulum tersebut mengakibatkan terdapat mata pelajaran baru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yaitu Jaringan Dasar. Namun, hingga saat ini masih belum tersedia bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk SMK TKJ khususnya pada mata pelajaran Jaringan Dasar kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Dari uraian tersebut, dilakukanlah penelitian pengembangan bahan ajar pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar untuk kelas X semester II TKJ. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan rancangan pembelajaran Dick & Carey. Tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) analisis pembelajaran, (3) analisis pebelajar dan konteks, (4) tujuan umum dan khusus, (5) mengembangkan instrumen, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif, dan (9) melakukan revisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 9