cover
Contact Name
Rahmat Fadhli
Contact Email
rahmat.fadhli@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jump@uny.ac.id
Editorial Address
Educational Administration Department, Faculty of Education, Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta 55281 Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
ISSN : 19781938     EISSN : 25806491     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure and educational facilities (libraries, laboratories, learning resources, etc.), technology and information. • School leadership preparation and development. • School leadership in different contexts culturally, geographically, economically, etc. The journal enocurages manuscripts that discuss innovations, practices, current issues within the scope above. Studies outside Indonesian contexts are welcome if they have implications for broad audience.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): October 2021" : 7 Documents clear
Manajemen Sekolah Hijau di SD Negeri 05 Beji Kabupaten Pemalang Widi Eliyanti; Ghufron Abdullah; Endang Wuryandini; Aris Suharyadi
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.35663

Abstract

Sekolah hijau merupakan bagian dari Program Adiwiyata yang bertujuan untuk memelihara dan membangun kondisi sekolah yang hijau dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah hijau di SD Negeri 05 Beji Kabupaten Pemalang.  Metode penelitian dalam kajian ini menggunakan penelitian kualitatif.  Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, staf, siswa, orang tua wali, dan masyarakat sekitar sekolah.  Obyek penelitian yaitu situasi sosial yang menunjukkan manajemen sekolah hijau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji Keabsahan menggunakan triangulasi teknik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sekolah hijau mencakup kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan sudah terinternalisasi dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan: (1) perencanaan sekolah hijau dilaksanakan dengan memuat aspek pendidikan lingkungan hidup dan melibatkan masyarakat sekitar dalam memberikan pertimbangan dan masukan, (2) pengorganisasian dilakukan dengan pembentukan tim koordinator sesuai dengan program kerja dan peran serta fungsi masing-masing, (3) pelaksanaan diwujudkan dengan adanya berbagai kebijakan dan program kegiatan, pembelajaran terintegrasi lingkungan hidup, peningkatan partisipasi warga sekolah, sarana dan prasarana yang mencukupi dan mendukung pendidikan lingkungan hidup, (4) pengendalian dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi dan monitoring yang dilakukan secara rutin dalam bentuk peraturan terulis, teguran lisan, imbauan, pembinaan, maupun pemberian penghargaan.
Strategi Humas Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah Diah Ayu Prabandari; Ahmad Supriyanto; Ahmad Yusuf Sobri; Rahmat Fadhli
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.45799

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kegiatan humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama An-Nur Bululawang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti model analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Keabsahan data dicapai dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelibatan masyarakat dalam kegiatan sekolah dilakukan melalui kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Media yang digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat yaitu WhatsApp dan surat formal. Langkah kegiatan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Hasilnya yaitu citra sekolah yang baik serta terbangunnya komunikasi positif antara sekolah dengan masyarakat. Kendala yang dihadapi sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu kesibukan orang tua siswa.
Increasing Work Engagement Through Servant Leadership and Organizational Justice Veronika Agustini Srimulyani
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.40122

Abstract

Work engagement is important for teachers. Some factors that need to be considered by school management to improve work engagement are leadership practices and a climate of fairness in schools. This study aims to analyze how servant leadership and organizational justice practices affect the work engagement of permanent teachers at SMAK and SMKK in Cepu, Blora, and Rembang. Central Java. The research sample was 65 permanent teachers at SMAK and SMKK Cepu, Blora, and Rembang. The data analysis techniques used are simple linear regression and multiple linear regression, and the results showed that (1) servant leadership positively and significantly influenced organizational justice with a coefficient value of 0.655; (2) organizational justice positively and significantly affects work engagement with a coefficient value of 0.608; (3) Servant leadership does not significantly affect work engagement with a coefficient value of 0.009. The findings suggest that principals can select servant leadership practices to increase work engagement and build organizational justice, which includes distributive justice, procedural justice, and interactional justice.
Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas Fifit Firmadani
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.48045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan kompetensi profesional guru di Sekolah Menengah Atas di Kota Magelang. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan mengenai strategi pengembangan kompetensi profesional guru. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Magelang dan SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang. Informan pada penelitian ini yaitu dua kepala sekolah dan sepuluh orang guru di setiap sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni sekolah memilki strategi pengembangan kompetensi profesional guru SMA melalui optimalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Pelatihan kompetensi. MGMP dan pelatihan sangat berdampak bagi peningkatan kompetensi profesional guru. Selain itu, kepala sekolah juga berperan penting dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Kontribusi kepala sekolah dioptimalkan melalui perannya sebagai educator, manager, administrator, leader, supervisor, inovator dan motivator. Kepala sekolah juga mengalokasikan anggaran, menciptakan pembaharuan, membangun iklim sekolah serta berinovasi untuk mendukung pengembangan kompetensi profesional guru. 
Principal Leadership Practices in the Early Stages of Covid-19 Pandemic Crisis Dwi Esti Andriani; Ria Annisa; Baiquni Rahmat; Pandit Isbianti; Suyud Suyud; Slamet Lestari; Devi Monita Kristyningsih
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.48430

Abstract

This study aimed to explore principal leadership at the beginning of the Covid-19 pandemic crisis. This study employed a qualitative approach that was exploratory and naturalistic with the purpose of gaining an understanding of a phenomenon in its natural setting. Data collection was carried out by semi-structured in-depth interviews with six elementary school principals who were selected purposefully using certain criteria. The collected data were then analyzed qualitatively using grounded theory methods. The member check technique was applied to assure data credibility. The results showed that principal leadership at the beginning of Covid-19 pandemic crisis was more concerned with achieving health for the school community than academic achievement. Therefore, they provided flexibility to teachers in managing instructions, created safe communication channels among all the school members, directly monitored and evaluated online learning, empowered competent teachers to develop the ICT skills of their colleagues, and fostered collaboration with stakeholders.
Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyyah Swasta Bina Taruna Medan Marelan Febri Nanda Monalisa; Inom Nasution; Eka Lestari; Ihsan Saraini; Lusi Maqfiroh
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.49239

Abstract

Abstrak: Penulis memilih judul Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan tujuannya yang pertama yaitu untuk mengetahui perencanaan program supervisi akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan, yang kedua untuk mengetahui pelaksanaan program supervise akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan, dan yang terakhir yaitu untu mengetahui evaluasi program supervisi akademik di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang sifatnya deskriptif analitik yang mana diperoleh hasil pengamatan, wawancara, analisis dukumen, catatan lapangan dan tidak dibuat dalam bentuk angka. Penelitian ini dilakukan di MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan langsung melakukan wawancara dengan Kepala Madrasahnya. Dari hasil penelitian maka diperoleh bahwa 1) pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan dilaksanakan setiap sebulan sekali dan pelaksanaanya dilakukan secara bertahap pertama mengadakan musyawarah, kedua memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran, ketiga kunjungan kelas dan terkhir adanya tindak lanjut atau evaluasi setelah supervisi dilakukan, 2) pelaksanaan supervisi di MTs Swasta Bina Tuna Medan Marelan menggunakan teknik kunjungan kelas, 3) Evaluasi yang dilakukan Kepala Madrasah MTs Swasta Bina Taruna Medan Marelan untuk meningkatkan kinerja guru adalah melalui penilaian pembelajaran dengan pemantauan hasil ujian para siswa dan diharapkan melalui evaluasi ini guru lebih meningkatkan kinerjanya.
Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah oleh Guru pada Masa Pembelajaran Daring Lia Yuliana; Syntia Indahsari Nurhasanah
Jurnal Manajemen Pendidikan : Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Vol 3, No 2 (2021): October 2021
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jump.v3i2.47989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh guru pada masa pembelajaran daring. Penelitian dilakukan di perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Berbah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan penelitian ini adalah guru mata pelajaran, pustakawan dan kepala perpustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek pemanfaatan sarana perpustakaan, guru menggunakan koleksi perpustakaan sebagai sumber informasi utama, pendukung dan rekreatif. Selain itu guru juga memanfaatkan bahan ajar lain dan alat peraga yang dimiliki perpustakaan untuk mendukung proses pembelajaran daring. Sedangkan layanan sirkulasi dan layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi layanan yang paling banyak dimanfaatkan oleh guru saat pembelajaran daring.

Page 1 of 1 | Total Record : 7