cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23375973     EISSN : 24424838     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is firstly published in 2013 and periodically published twice per year on March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022)" : 11 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA VIRTUAL LABORATORY MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5.5 PADA MATERI DIFRAKSI LASER Fleony Dea Amanda; Sri Purwaningsih; Rahma Dani
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4940

Abstract

Pembelajaran fisika yang ideal adalah pembelajaran fisika yang berbasis praktikum. Praktikum secara langsung tidak dapat dilaksanakan secara maksimal di laboratorium pada masa Covid 19. Agar praktikum tetap dapat dilaksanakan maka dibutuhkan media pengganti praktikum yaitu laboaratorium virtual. Laboratorium virtual dirancang menggunakan adobe flash cs5.5. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan laboratorium menggunakan Adobe Flash CS5.5 pada materi difraksi LASER, untuk mengetahui kelayakan laboaratorium virtual sebagai media pengganti praktikum dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Model 4D terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop dan dessiminate. Hasil peneltian ini menunjukkan laboaratorium virtual berada dalam kategori sangat layak dengan presentase kelayakan untuk media, materi dan kebahasaan masing – masing sebesar 91,67%, 100% dan 100% dan respon mahasiswa terhadap laboratorium virtual berada dalam kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika modern dengan presentase pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama masing – masing sebesar 89,79%  dan 84,82%.
Komparasi Penguasaan Konsep Siswa SMA dan Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Materi Vektor Yoga Prawendra; Gepi Sartianis; Sentot Kusairi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4094

Abstract

This study aims to determine the difference in conceptual understanding of high school students and physics education students on vector material. This research is a quantitative research with a descriptive approach. The population of this study includes high school students and physics education students have studied vector material physics in East Java. Sampling was done by random sampling for high school students and physics education students in East Java. The instrument used to obtain the data is a conceptual understanding test in the form of 10 multiple choice questions. The results showed that the percentage level of conceptual understanding in high school students was 24% and physics education students 35%. So that students are included in the low category or do not understand while students are included in the medium category or understand. Thus it can be concluded that there are differences in conceptual understanding between high school students and physics education students. This study recommends that further research be conducted to determine the appropriate learning model in improving the understanding of concepts for high school students and physics education students.
Efektivitas Penggunaan Aplikasi EduMu pada Pembelajaran Fisika Tehadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar Rahmawati Rahmawati; Kurnia Kurnia; Khaeruddin Khaeruddin
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4915

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi EduMu pada pembelajaran fisika terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dengan jumlah 13 orang yang juga merupakan sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilan sampel secara sampling Jenuh. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar respon siswa terhadap penggunaan aplikasi EduMu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi motivasi dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif pada data motivasi dan respon siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi  belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar sebesar 92,5 dengan kategori sangat tinggi sebesar 85%. Sedangkan respon peserta didik terkait penggunaan aplikasi EduMu memiliki persentase tertinggi pada respon Sangat Setuju (40%). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Edumu efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar Fisika.
RANCANG BANGUN PRAKTIKUM GERAK MENGGELINDING PADA BIDANG MIRING BERBASIS SENSOR ARDUINOMIKRO UNTUK MENENTUKAN KONSTANTA INERSIA Yopy Mardiansyah; Taufiq Rahman; Luki Hernando; Delia Meldra
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4807

Abstract

Experiments of rolling motion on an inclined plane in measuring time and speed have used sensors as time triggers on Arduino so that the resulting data is more accurate. However, the design of the tool that has been developed has not been able to respond to objects at higher speeds. The purpose of this study is to optimize the design of the existing inclined plane practicum tool so that it is able to respond to the motion of objects with higher speeds, longer distances, able to display graphs of distance against time, and speed against time in rolling motion to determine the inertia constant. The research method used is to apply an existing tool design with modified sensor updates and Arduino pro micro. The object used as the test object is a solid ball and a hollow ball with variations in the angle of inclination. The percentage of error in the value of the inertia constant is obtained between 4% to 6%.
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Topik Gelombang Bunyi dan Cahaya Tomy Suganda; Parno Parno; Sunaryono Sunaryono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4118

Abstract

Kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa diabad-21. Adanya gambaran kemampuan siswa berpikir kritis dapat menjadi rujukan sebagai dasar pengembangan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengambarkan suatu fenomena kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan tanpa manipulasi. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 88 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Putussibau tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan berupa 5 soal kemampuan berpikir kritis yang telah valid dan reliabel. Pengerjaan soal dilkukan melalui platform online karena pengambilan data masih dalam pandemi Covid-19. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada topik gelombang masih rendah dengan presentase benar dibawah 50%. kemampuan berpikir kritis rata-rata yang tertinggi adalah pada aspek membangun keterampilan dasar  yang terendah adalah pada aspek memberikan penjelasan sederhana. Perlu adanya upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya melalui penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI).
IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DUA DIMENSI DI SMA KECAMATAN LOURA DAN KOTA TAMBOLAKA Melkianus Suluh; Yuliana Sesi Bitu
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4188

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan pencapaian kemampuan berpikir dua dimensi pada mata pelajaran fisika di SMA Kecamatan Kota Tambolaka dan Kecamatan Loura Sumba barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian survei evaluasi dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui implementasi kemampuan berpikir dua dimensi belum terlaksana secara maksimal. Pembelajaran lebih diarahkan pada pencapaian kompetensi dimensi pengetahuan. Dimensi kompetensi keterampilan belum maksimal dilaksanakan disebabkan keterbatasan sarana dan prasarana, alokasi waktu pembelajaran, kesibukan guru melaksanakan tugas-tugas tambahan, serta situasi pandemic covid-19. Instrumen evaluasi pengukuran hasil belajar didominasi oleh instrumen penilaian pengetahuan terutama pencapaian level C1 hingga C3. Instrumen penilaian level kognitif C4 hingga C5 belum dikembangkan secara maksimal.
IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI MITIGASI BENCANA BANJIR SAAT PANDEMI COVID-19 Mufida Miftahul Jannah; Herawati Herawati; Jumadi Jumadi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman materi dan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik melalui implementasi perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir saat pandemi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banguntapan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes uraian untuk mengetahui pemahaman materi peserta didik dan angket untuk mengetahui kesiapsiagaan bencana alam peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir dapat meningkatkan pemahaman materi dan kesiapsiagaan bencana alam peserta didik. Perangkat pembelajaran fisika terintegrasi mitigasi bencana banjir dapat meningkatkan pemahaman materi peserta didik pada kelas pemodelan dengan standar gain 0,55 (sedang), pada kelas implementasi dengan standar gain 0,53 (sedang). Kesiapsiagaan bencana alam peserta didik pada kelas pemodelan meningkat dengan standar gain 0,41 (sedang), pada kelas implementasi dengan standar gain 0,38 (sedang).Kata Kunci: perangkat pembelajaran fisika, mitigasi bencana banjir, pandemi Covid-19, pemahaman materi, kesiapsiagaan
PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MODE DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP ELASTISITAS DI SMA NEGERI 1 METRO Dina Octora Sastaviana; Sutejo Sutejo; Nyoto Suseno; Friska Octavia Rosa; Eko Prihandono
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4876

Abstract

This research aims to improve critical thinking skills and mastery of the concept of elasticity through the application of PBL in online learning. The research was conducted at SMA Negeri 1 Metro in class XI IPA 1 in physics. Collecting data through documentation, pre-test and post-test, as well as questionnaires and interviews. Data analysis includes stages: data collection, data grouping, data checking, data description, synthesis, interpretation and drawing conclusions. This study obtained the results that the application of online mode PBL using google classroom and whatsapp group was effective in improving critical thinking skills and mastery of the concept of elasticity at SMA Negeri 1 Metro. The implication of this research is that it is recommended to use PBL in online mode to improve students' abilities. In addition, it is also necessary to choose online facilities that are affordable by students, and efforts should also be made to meet the needs of online learning facilities.
Penerapan Simulasi Virtual Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Suhu dan Kalor di Masa Pandemi Covid-19 I Putu Yogi Setia Permana; Endang Purwaningsih
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan simulasi virtual di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi dan tes hasil belajar. Angket motivasi yang digunakan berupa angket tertutup. Sampel pada penelitian ini berjumlah 31 orang yang merupakan siswa kelas X TPL 1 SMK di Kabupaten Pasuruan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah cara pengambilan sampel dengan acak sederhana melalui undian. Data kuantitatif diperoleh melalui pretest dant posttest yang meliputi tes hasil belajar. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui lembar angket motivasi belajar siswa. Data di uji dengan analisis N-gain, uji uormalitas, dan uji t berpasangan (paired sample t-test). Berdasarkan hasil analisis N-gain tes hasil belajar menunjukkan rata-rata tes hasil belajar sebelsar 0,59 (kategori sedang). Hasil uji t berpasangan tes hasil belajar motivasi belajar mendapatkan nilai Sig. (2-tailed) yang sama yaitu 0,00 kurang dari 0.05, menunjukkan perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar yang signifikan. Berdasarkan hasil uji ini hasil belajar dan motivasi belajar sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan simulasi virtual fisika menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan simulasi virtual dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan dimasa pandemic covid-19.
IDENTIFIKASI KONSEP FISIKA PADA KEARIFAN LOKAL KAYANGAN API DI KABUPATEN BOJONEGORO Sefia Anggi Lestari; Setyo Admoko; Nadi Suprapto
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 10, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v10i1.4707

Abstract

Kearifan lokal adalah sikap yang tercipta secara alamiah dan berasal dari adat istiadat atau ajaran leluhur. Kayangan api menjadi salah satu kearifan lokal yang dapat dijadikan pengetahuan baru dalam konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan library research. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan didapatkan bahwa kayangan api memiliki konsep fisika yaitu medan magnet dan listrik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kayangan api tersebut terjadi karena adanya medan magnet yang ada dalam bumi menjadi pengaruh abadinya api yang ada di kayangan api. Medan magnet bawah permukaan yang lebih dalam apabila dibandingkan dengan anomali lokal dikenal dengan anomali regional. Medan magnet dan arah magnetisasi merupakan faktor perubahan pada proses reduksi ke kutub arah vertikal. Serta tumpukan batuan dalam kayangan api terdiri atas batu lempung. Aliran listrik yang mengalir karena adanya konsep pemindahan karena adanya fluida gas. Batu lempung yang merupakan batuan berpori berisi air memiliki nilai resistivitas listriknya berkurang yang artinya akan semakin konduktif yang menjadikan api yang ada tidak pernah padam.

Page 1 of 2 | Total Record : 11