cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
jinopfkip@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tlogomas 246 Malang, East Java, Indonesia, Postal Code: 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
ISSN : 24431591     EISSN : 24600873     DOI : 10.2229.
Core Subject : Education,
JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the journal are projected to inspire circles of education in conducting innovation in teaching and learning process.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020" : 10 Documents clear
MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTEK POLA ASUH ORANG TUA BERDASARKAN GENETIC PERSONALITY Kamar, Karnawi; Asbari, Masduki; Purwanto, Agus; Nurhayati, Wakhida; Agistiawati, Eva; Sudiyono, Rachma Nadhila
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.10196

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan genetic personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan genetic personality terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa Taman Kanak-kanak di Tangerang sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) (Robinson et al., 1995) dan (Roman et al., 2015). Instrumen untuk mengukur genetic personality diadaptasi dari (Poniman & Mangussara, 2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari (Poniman, 2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan genetic personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak.
PEMBELAJARAN KLASIFIKASI KLADOGRAM DENGAN METODE TAKSIMETRI UNTUK MEMPELAJARI KEKERABATAN TANAMAN GENUS TILLANDSIA & NEOREGELIA Permana, Fendy Hardian; Nurwidodo, Nurwidodo; Chamisijatin, Lise; Zaenab, Siti; Pantiwati, Yuni; Sulistiarini, Dwi
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.7084

Abstract

Lingkungan SMAN 3 Malang memiliki konsep taman vertikal, sehingga cocok digunakan tempat pembelajaran outdoor learning dan pembelajaran langsung. Hasil observasi menunjukkan pemanfaatan tanaman untuk media pembelajaran belum optimal. Belum optimalnya disebabkan belum adanya informasi nama ilmiah, deskripsi, dan hubungan kekerabatan tumbuhan. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pembelajaran klasifikasi kladogram dengan metode taksimetri: 1) pemanfaatan tanaman tillandsia & neoregelia untuk sumber belajar klasifikasi & kladogram tanaman, 2) jumlah spesies tillandsia & neoregelia, 3) hubungan kekerabatan tanaman tillandsia & neoregelia. Penelitian ini merupakan deskriptif dengan metode survey, melalui pembelajaran klasifikasi & kladogram dengan taksimetri. Teknik analisis data secara deskriptif yaitu identifikasi jenis-jenis tumbuhan menggunakan gambar dan buku kunci determinasi (taksimetri). Hasil menunjukkan bahwa melalui pembelajaran klasifikasi kladogram dengan metode taksimetri diperoleh data sebagai berikut 1) pemanfaatan tanaman dengan ciri morfologi serta persamaan dan perbedaannya menjadi sumber belajar klasifikasi tumbuhan & pembuatan kladogram berlangsung dengan efektif dimana ditunjukkan dengan siswa terampil dalam melakukan klasifikasi tanaman yang ada di lingkungan sekolah dan terampil membuat kladogram dari kegiatan klasifikasi, 2) terdapat 2 spesies tillandsia yaitu Tillandsia lonantha & Tillandsia cyanea serta terdapat 1 spesies neoregelia yaitu Neoregelia spectabilis, 3) hubungan kekerabatannya tanaman tersebut satu family yaitu Bromeliaceae.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN MELALUI METODE SIBOMBER BERBANTUAN KUIS INTERAKTIF PADA PESERTA DIDIK KELAS I-4 SMA NEGERI 3 MALANG Maidah, Binti Ngafifatul; Sugiarti, Sugiarti; Putra, Basuki Agus Priyana
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.8011

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan melalui metode sibomber berbantuan kuis interaktif pada peserta didik kelas I-4 SMA Negeri 3 Malang. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus dengan indikator ketuntasan klasikal 80%. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I-4 SMAN 3 Malang sejumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode sibomber berbantuan kuis interaktif dalam pembelajaran menulis surat lamaran pekerjaan mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata keseluruhan aktivitas pendidik sebesar 72,61% menjadi 86,9% pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 14,29%. (2) Aktivitas peserta didik berdasarkan rata-rata keseluruhan aktivitas belajar yang muncul sesuai indikator mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 66,14% menjadi 81,49% pada siklus II. Hasil peningkatan aktivitas belajar mencapai 15,35%. (3) Peningkatan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 77 menjadi 87,8 pada siklus II. Hasil peningkatan yang diperoleh mencapai 10,8. Hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 70% menjadi 100% pada siklus II sehingga meningkat sebesar 30%. 
COVID-19 DAN E-LEARNING: PERUBAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DAN LINGKUNGAN DI SMP Ichsan, Ilmi Zajuli; Rahmayanti, Henita; Purwanto, Agung; Sigit, Diana Vivanti; Kurniawan, Edi; Dewi, Aryani Kadarwati; Wirdianti, Nina; Hermawati, Farah Muthi; Marhento, Giry
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.11791

Abstract

Corona Virus Diseases (Covid-19) has become an epidemic in Indonesia and even has become a global pandemic in 2020. Various impacts of Covid-19 is one of them changes learning strategy. One of them is the change from conventional learning to internet-based learning or electronic learning (e-learning). The purpose of this study was to describe the e-learning in natural science and environmental learning during the Covid-19 outbreak. The research method used descriptive method and data collection techniques using a survey through Google Form. The study was conducted during March 2020 in Bekasi city and Bandung city, when the Covid-19 outbreak began in Indonesia. The results of this study indicate that there are many limitations. Findings showed that Whatsapp was the highest e-learning media (65.54%). Related to the biggest obstacle is about internet quota in a cellular phone (27.03%). Then students think the video (35.14%) was the best type of file to be shared in e-learning. Then the majority of students (54.73%) thought that the most effective duration for e-learning was 2-3 hours. The results of this study indicate that e-learning was not yet perfect and needs to be improved. The conclusion of this study was e-learning needs to be improved and need innovation.
PENGGUNAAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER UNTUK MENGANALISIS MISKONSEPSI ASAM BASA SISWA SMA DAN MA Fajri, Achmad Yandi Rahmatul; Agung, Salamah; Saridewi, Nanda
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.8445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan miskonsepsi siswa SMA dan MA di kota Serang pada materi asam basa. Data diperolah dari instrumen yang terdiri dari 16 butir soal dan melibatkan 456 siswa kelas XI dari 5 Sekolah Menengah Atas dan 2 Madrasah Aliyah di Kota Serang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi terjadi pada setiap konsep yang ada pada materi Asam Basa, dengan persentase umum rata-rata persentase siswa kategori miskonsepsi sebanyak 36% siswa, termasuk kriteria sedikit siswa mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi yang ditemukan umumnya karena kurang memahami materi konseptual yang dipelajari di sekolah, menggunakan satu teori untuk semua sifat reaksi asam basa, terjadi pemahaman yang terpisah antara konseptual dengan pemahaman algoritma (perhitungan) dan tidak dapat menghubungkan konsep yang dipelajari dengan keadaan lingkingan sekitar.
KOMPETENSI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN GEOMETER’S SKETCHPAD DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT Syaifuddin, Mohammad; Susanti, Reni Dwi; Azmi, Rizal Dian
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.5014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaiamana penggunaan Geometer?s Sketchpad pada pemahaman konsep Matematika dengan authentic asessment dan bagaiama hasilnya. Penelitian ini menggunakan The One-Shot Case Study dan menggunakan tes, observasi dan pemberian angket sebagai teknik pengumpulan data. Penggunaan Geometer?s Sketchpad pada pemahaman konsep matematika dengan menggunakan Authentic Asessment dapat dikatakan sangat membantu dalam proses perkuliahan dan konsep tentang vektor lebih mudah dipahami. Hasil dari penggunaan Geometer?s Sketchpad pada pemahaman konsep matematika dikatakan sangat baik dan terdapat perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan kelas yang tanpa digunakan media Geometer?s Sketchpad dalam kegiatan pembelajaran.
PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI METAKOGNISI DI SD MUHAMMADIYAH 5 BUMIAJI Amelia, Delora Jantung; Anshory, Ichsan; Yunus Saputra, Setiya
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.7168

Abstract

ABSTRAKMetakognisi merupakan kompetensi inti yang harus dicapai pada kurikulum 2013 dengan adanya soal yang terintegrasi pada LKPD dapat mengarahkan siswa untuk menyadari pentingnya kemampuan memahami suatu materi, melatih kemandirian untuk belajar serta menyadari kekurangan dan  kelebihannaya sehingga dapat melakukan kontrol terhadap pengetahuannya. Akan  tetapi LKPD yang digunakan  siswa selama ini belum mencakup semua rangkaian kegiatan metakognisi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD yang berorientasi metakognisi. Model pada pengembangan ini menggunkan Model Dick dan Carey yang terdiri dari 10 langkah, (1) mengidentifikasi tujuan khusus, (2) menganalisis pembelajaran yang akan dilakukan, (3) menganalisis pembelajar dan konteks, (4) merumuskan tujuan khusus mengembangan suatu produk, (5) mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan kebutuhan, (6) mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran yang akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, (8) merancang  dan  melaksanakan  evaluasi formatif  pembelajaran,  (9) merevisi  pembelajaran ketika tidak sesuai,  dan (10) mendesain dan melakukan evaluasi sumatif. Hasil penelitian pengembangan ini memperoleh hasil validasi dari ahli materi dengan kriteria sangat valid (96,5%), hasil validasi desain memperoleh hasil 73,02% dengan kreteria perlu revisi, untuk uji coba kelompok kecil 86,67% dengan kreteria sangat menarik,dan uji coba lapang memperoleh hasil 85 % dengan kreteria baik.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REACT DAN TINJAUANNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORATIF MAHASISWA Taufik, Marhan; Ummah, Siti Khoiruli; Putri Rosyadi, Alfiani Athma
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.10036

Abstract

ABSTRAKPembelajaran untuk mata kuliah pendidikan matematika yang meliputi teori belajar, perkembangan peserta didik, profesi keguruan, selama dua tahun berturut-turut dilakukan dengan metode ceramah, diskusi kelompok dan penugasan berupa pengerjaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Metode ini mengakibatkan mahasiswa jarang melakukan kerja sama untuk mengingat serta memaknai dan mengimplementasikan materi melalui kegiatan microteaching. Inovasi model pembelajaran diperlukan agar mahasiswa mampu berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan serta mengimplementasikan materi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil implementasi model pembelajaran REACT dan tinjauannya terhadap kemampuan kolaboratif mahasiswa melalui kegiatan observasi. Implementasi model pembelajaran dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dan terdapat peningkatan kemampuan kolaboratif mahasiswa. Kemampuan kolaboratif terlihat dari pengerjaan LKM secara berkelompok dan kerja sama dalam pembuatan desain pembelajaran matematika. Kolaborasi juga dapat terlihat dari kontribusi ide penyelesaian masalah, saran, gagasan, serta pertanyaan yang bersifat konfirmasi. Selain itu, pembuatan serta simulasi desain pembelajaran juga merupakan bentuk kolaborasi anggota tim. Kemampuan kolaboratif terlihat paling jelas ketika tahap Experiencing, Cooperating, dan Transfering. Tahap experiencing menunjukkan mahasiswa mampu menjawab pertanyaan yang didasarkan pada pengalaman pribadi. Tahap cooperating menunjukkan mahasiswa berdiskusi aktif menyelesaikan LKM secara berkelompok. Tahap transferring menunjukkan mahasiswa bekerja sama membuat desain pembelajaran serta mensimulasikan. Dengan demikian, melalui implementasi model pembelajaran REACT, mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan kolaboratif.Kata Kunci: model pembelajaran REACT, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring, kemampuan kolaboratif, desain pembelajaran, simulasi ABSTRACTLearning for courses in mathematics education that includes learning theory, the development of the students, the teaching profession, for two years in a row performed by the method of lectures, group discussions, and assignments in the form of a worksheet. This method makes the students rarely do work together to remember as well as interpret and implement the content through the activities of microteaching. The innovation learning model was necessary so that students could collaborate to solve problems and implement the material. The study aimed to describe the results of the implementation of the model of learning REACT and review on the ability of collaborative students through the activities of observation. The implementation of the learning model implemented as many as 8 meetings and there was an increase in the ability of collaborative students. The ability of the collaborative looks of the worksheet in groups and work together in making the design of learning mathematics. C can also be seen from the contribution of ideas problem solving, suggestions, ideas, and questions that are confirmation. Also, the manufacture and simulation for the design of learning is also a form of collaboration team members. The ability of the collaborative was seen most clearly when the stage of Experiencing, Cooperating, and Transferring. The stage of experiencing showed students are able to answer questions based on personal experience. The stage of cooperating showed students discuss actively resolve the worksheet in groups. The stage of transferring showed students working together to make learning design and simulate. Thus, through the implementation of the learning model of REACT, students could improve the ability of the collaborative.Keywords: REACT Learning Model, Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring, collaborative ability, learning design, simulation 
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM INKUIRI UNTUK MATA PELAJARAN MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK Candra, Oriza; Usmeldi, Usmeldi; Yanto, Doni Tri Putra; Ismanto, Femypadillah
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.11756

Abstract

The purpose of this study was to develop a valid, practical, and effective practicum-based learning tool on MRL subjects with the Magnetic Circuit material in SMKN 1 Padang consisting of RPP and LKS. This type of research is development research using a 4-D development model consisting of 4 stages, namely defining, designing, developing, and analyzing. The respondents of this study were students of class X TDTL-B SMKN 1 Padang consisting of 29 students. The results of data analysis obtained from the developed learning tools are categorized valid with the level of validity of the RPP and LKS are 85.42% and 87.50%. Learning Tools developed are categorized as practical with the practicality of teachers and students being 80% and 86.03%. The learning tools developed are effective in increasing students' competencies with classical completeness for cognitive, affective, and psychomotor competencies are 89.66%, 100%, and 100%. It can be concluded as a practicum-based learning tool developed which is a valid, practical, and effective learning tool.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL BENGKEL SASTRA Krisnawati, Vera; Marahayu, Nila Mega
JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 6, No 1 (2020): Mei 2020
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22219/jinop.v6i1.10470

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi menggunakan model bengkel sastra melalui media kotak gambar ajaib. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMP Negeri 4 Purwokerto. Pelaksanaan siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan kualitas proses selama dua siklus dilihat dari aspek keaktifan peserta didik sebesar 65% dan 78%, perhatian peserta didik sebesar 68% dan 80%, dan keterlaksanaan peserta didik sebesar 69% dan 81%. Peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik dapat dibuktikkan dari nilai rata-rata siklus I sebesar 69,81 dan siklus II sebesar 79,59. Dengan demikian, penerapan model bengkel sastra dapat meningkatkan kualitas proses dan kemampuan menulis puisi peserta didik kelas VII A SMP Negeri 4 Purwokerto.

Page 1 of 1 | Total Record : 10