cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Terapan Abdimas
ISSN : 25022806     EISSN : 25022784     DOI : https://doi.org/10.25273
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022)" : 19 Documents clear
PELATIHAN MEMBANGUN MINDSET BISNIS SYARIAH PADA IBU RUMAH TANGGA Sholikha Oktavi Khalifaturofi'ah; Laely Aghe Africa; Zubaidah Nasution
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12851

Abstract

Abstract. Being a housewife is a noble position because of her role in taking care of the household and children. However, now there is a distortion. Housewives who are judged to just stay at home, it turns out that they also fill their activities with business. The purpose of this training is to build a sharia business mindset for Muslim women who are married. Women who are married, have children, always struggle with household activities and take care of their husbands and children. Therefore, we need a training that can improve the capability of housewives who are already married so that they can be self-actualized, independent, and have their own income. The method of implementation is preparatory training to start a business based on sharia economic principles, and is equipped with material on the history of the Prophet and why as a housewife should be able to work. The result of this activity is that partners are motivated to be able to do business and increase partner knowledge to build businesses based on sharia principles. Abstrak. Menjadi seorang ibu rumah tangga adalah posisi yang mulia karena perannya dalam mengurus rumah tangga dan anak. Akan tetapi, saat ini mulai terjadi distorsi. Ibu rumah tangga yang dinilai hanya diam saja di rumah, ternyata juga mengisi kegiatan dengan berbisnis. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membangun mindset bisnis syariah pada perempuan muslim yang sudah berkeluarga. Perempuan yang sudah menikah, mempunyai anak, selalu berkutat dengan kegiatan rumah tangga dan mengurus suami dan anak. Oleh karena itu, diperlukan suatu pelatihan yang dapat meningkatkan kapabilitas ibu rumah tangga yang sudah berkeluarga supaya dapat mengaktualisasi diri, mandiri, dan mempunyai penghasilan sendiri. Metode pelaksanaannya adalah pelatihan persiapan untuk memulai usaha berdasarkan prinsip ekonomi syariah, dan dilengkapi dengan materi sejarah Rasulullah dan mengapa sebagai seorang ibu rumah tangga harus dapat berkarya. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra termotivasi untuk dapat berbisnis dan menambah pengetahuan mitra untuk membangun bisnis berdasarkan prinsip syariah.  
PELATIHAN TES MASUK UNIVERSITAS DAN PERSIAPAN LAMARAN KERJA BAGI SISWA SMA Ira Irzawati; Yustien Supartinah; Lisnani Lisnani; Anastasia Ronauli Hasibuan
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.10960

Abstract

Abstract. After graduating from school, students are able to study at the university or start working. However, those that are eager to continue their study to the next level generally encounter difficulty in handling TPA or TOEFL questions as a requirement of admission. Meanwhile, those that are willing to start working find it hard to write an English application letter and anticipate job interview questions. This community service aims to assist the twelfth grader in preparing themselves for studying to the higher level or pursue their career by providing TPA, TOEFL, application letter writing, and job interview training. The training was conveyed through the online presentation, question and answer, and drills. The results showed that the students had positive responses towards the training. The students believed that the training brought benefits and helped them to gain a better understanding and knowledge on the discussed topics. Therefore, the students are more motivated to make a maximum preparation to study at the expected university or pursue a dream work. Abstrak. Setelah lulus dari SMA, siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja. Namun, siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas umumnya mengalami kendala dalam menjawab soal-soal TPA dan TOEFL yang merupakan tes yang dijadikan sebagai salah satu syarat masuk di beberapa perguruan tinggi. Hal yang sama juga dialami oleh para siswa yang ingin melamar pekerjaan, para siswa mengalami kendala untuk menulis surat lamaran kerja dan mengikuti wawancara kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa kelas XI mempersiapkan diri untuk belajar di perguruan tinggi atau berkecimpung di dunia kerja dengan memberikan pelatihan TPA, TOEFL, penulisan surat lamaran kerja dan wawancara kerja. Pelatihan tersebut diberikan melalui presentasi, tanya jawab, dan latihan online. Hasil kuisioner menunjukkan bahwa para peserta pelatihan memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan yang diadakan. Para peserta berpendapat bahwa kegiatan pelatihan ini bermanfaat dan memberikan mereka pemahaman dan pengetahuan mengenai topik yang dibahas sehingga mereka lebih bersemangat untuk mempersiapkan diri dengan baik agar dapat belajar atau bekerja di tempat yang diinginkan.
IMPLEMENTASI TRACER STUDY BERBASIS WEB ROBOT TELEGRAM DI SMKN IHYA ULUMUDDDIN BANYUWANGI Junaedi Adi Prasetyo; Mohamad Dimyati Ayatullah; Galih Hendra Wibowo; I Wayan Suardinata
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12327

Abstract

Abstract. Alumni tracking or what is known as a tracer study is one of the most important activities at this time, especially in vocational-based education. With the link and match carried out in schools with industry, schools will be able to know the quality of their graduates and further information can be used to improve the learning curriculum.Currently, Ihya Ulumuddin Vocational School is conducting a tracer study still using the manual method with paper, when their alumni come to school and the results are not optimal. Completing a study tracker with this method is only able to track less than 15% of the number of graduates each year so that the picture of graduates of SMK Ihya Ulumuddin is very lacking. This data tracking study must also be submitted to the Director General of Vocational Schools at the end of each year and the school always has difficulties in providing this data. From this problem, it is said that the creation of a telegram robot application that is connected to the tracer study web application is the solution to the implementation of this tracer study. The creation of this system begins after building the system with the SMK and the application is complete, trials and implementations are carried out after the alumni graduate. Workshops and training on tracer studies were also carried out to support the implementation of this Telegram-based tracer study system. From the results of this community service, a total of 74% of the graduates were obtained in 2021. With the telegram robot that has been implemented, the tracer study implementation will assist in answering tracer study questions, making it easier to collect data on alumni of SMK Ihya Ulumuddin in an effective and efficient manner in every year.  Abstrak. Pelacakan alumni atau yang disebut tracer study merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan saat ini, khususnya pada pendidikan berbasis vokasi. Dengan adanya link and match yang dilakukan sekolah dengan industri, maka sekolah akan dapat mengetahui kualitas lulusannya dan nantinya informasi ini dapat digunakan untuk memperbaiki kurikulum pembelajaran. Saat ini, SMK Ihya Ulumuddin melakukan tracer study masih menggunakan cara manual dengan kertas, ketika alumni mereka datang ke sekolah dan hasilnya kurang optimal. Pengisian tracer study dengan metode ini hanya mampu melacak kurang dari 15% jumlah lulusan setiap tahunnya sehingga gambaran mengenai lulusan SMK Ihya Ulumuddin masih sangat kurang. Data tracer study ini juga wajib disampaikan kepada Dirjen Vokasi setiap akhir tahun dan pihak sekolah selalu mengalami kesulitan dalam menyediakan data ini.. Dari masalah tersebut disimpulkan bahwa pembuatan sebuah aplikasi robot telegram yang terhubung dengan web aplikasi tracer study adalah solusi dari pelaksanaan tracer study ini. Pembuatan sistem ini dimulai dengan berdiskusi dalam membangun sistem Bersama pihak SMK dan setelah aplikasi selesai, ujicoba dan implementasi dilakukan setelah alumni lulus. Pelaksanaan workshop dan pelatihan mengenai tracer study juga dilaksanakan dalam mendukung implementasi sistem tracer study berbasis tekegram ini. Dari hasil pengabdian masyarakat ini, didapatkan pengisan sejumlah 74% dari jumlah lulusan di 2021. Dengan adanya robot telegram yang sudah diimplementasikan ini, pelaksanaan tracer study akan terbantu dalam menjawab pertanyaan tracer study sehingga mempermudah pengelola dalam mengumpulkan data alumni SMK Ihya Ulumuddin secara efektif dan efisien dalam setiap tahun.
PERANCANGAN DAN EDUKASI SISTEM PENENTUAN PEMILIHAN PESTISIDA UNTUK TANAMAN CABAI DI DUSUN SANGGRAHAN KIDUL, KULON PROGO Sri Rahayu; Yumarlin MZ; Jemmy Edwin Bororing
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12824

Abstract

Abstract. The chili plant is an agricultural commodity that has the highest attractiveness in Indonesia. This is a challenge for farmers to cultivate chili. Sanggrahan Kidul Hamlet is a hamlet located in Bendungan Village, Wates District, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta. One-third of the Sanggrahan Kidul Hamlet area is agricultural land, so most of the residents of Sanggrahan Kidul work as farmers. In order to control, repel, attract, or eradicate pests in their crops, farmers need pesticides. The many kinds and types of pesticides circulating in the market and the various advantages offered by pesticide products to farmers make farmers have to be careful and careful in choosing the right pesticides. The specific purpose of this activity is to educate the farmers of Dusun Sanggrahan Kidul regarding the criteria for selecting the right pesticide product by designing a system for determining the selection of pesticides for chili plants. Based on the results of the analysis of the community service program, it can be concluded that technically the application of decision support for the selection of pesticides on chili plants is categorized as suitable for use by users with a percentage value of 78%. Meanwhile, in terms of benefits, the chili farmers in Sanggrahan Kidul Hamlet are greatly helped by the existence of educational activities with this pesticide selection support system. Farmers can choose suitable pesticides according to the desired criteria. Abstrak. Tanaman cabai merupakan suatu komoditas pertanian yang mempunyai daya tarik paling tinggi di Indoneisa. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi petani untuk melakukan budidaya cabai. Dusun Sanggrahan Kidul merupakan dusun yang berada di Desa Bendungan, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sepertiga wilayah Dusun Sanggrahan Kidul adalah lahan pertanian, sehingga sebagian warga Sanggrahan Kidul berprofesi sebagai petani. Guna mengendalikan, menolak, memikat, atau membasmi organisme penggangu pada hasil panen, petani memerlukan pestisida. Banyaknya macam dan jenis pestisida yang beredar di pasaran dan beragamnya keunggulan-keunggulan yang ditawarkan produk pestisida kepada petani membuat para petani harus teliti dan cermat dalam memilih pestisida yang tepat. Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah mengedukasi para petani Dusun Sanggrahan Kidul mengenai kriteria pemilihan produk pestisida yang tepat dengan merancang sistem penentuan pemilihan pestisida untuk tanaman cabai. Berdasarkan hasil analisa program pengabdian masyarakat tentang dapat disimpulkan bahwa secara teknis aplikasi pendukung keputusan pemilihan pestisida pada tanaman cabe dikategorikan layak di gunakan oleh user dengan nilai persentase 78%. Sedangkan dari segi manfaat, para petani cabai Dusun Sanggrahan Kidul sangat terbantu dengan adanya kegiatan edukasi dengan sistem pendukung pemilihan pestisida ini. Para petani dapat memilih pestisida yang cocok sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN HITUNG ANAK PASCA PANDEMI COVID-19 MELALUI PELATIHAN PERMAINAN KREATIF METODE JARIMATIKA Novia Ariyanti; Nuril Lutvi Azizah; Mohammad Faisal Amir
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12259

Abstract

Abstract. The aim of this program is to solve the problem about the capability of counting number or mathematics problem in the elementary school because of online learning during the pandemic Covid-19. More than 50% the students in elementary school have the problem and difficulty in counting mathematics. In this case, the students lack information how to do fast calculation also exact calculation is given basic Jarimatika. The solution given into this program in order the students do not feel that mathematics is a scary lesson in the school or home. They can study and learning mathematics in their village, around their house without feel not only they are learning mathematic in frightening but in fun learning. This game suitable to the student in grade 3,4,5, dan 6 in RT 05, RW 01, Dukuh Pakis, Surabaya. The method used are including the preparation, implementation, and evaluation stage. First step, the students will be given pre-test to find out how fast they were able to count. The second step, the team give the explanation about the trick to fast counting in mathematics using Jarimatika. The last step, the student implemented the basic counting of Jarimatika in game, like math snake, and ladder game. The result in this program is the students able to count basic operation using Jarimatika method faster than manual counting and feel so fun learning mathematics. Abstrak. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk memecahkan masalah tentang kemampuan menghitung matematika pada anak usia sekolah dasar, hal ini dikarenakan pembelajaran dilakukan secara daring selama pandemic Covid-19. Lebih dari 50% murid pada usia sekolah dasar mempunyai masalah dan kesulitan menghitung matematika. Pada kasus ini, siswa yang kurang informasi bagaimana menghitung cepat dan tepat diberikan pelatihan Jarimatika dasar. Solusi ini diberikan agar siswa tidak merasa bahwa belajar matematika adalah suatu hal yang sulit baik di sekolah maupun di rumah. Mereka dapat belajar matematika di desa dam dilingkungan tempat mereka tinggal tanpa merasa takut tidak bisa akan tetapi menjadi suatu hal yang menyenangkan. Permainan matematika ini dapat diterapkan kepada siswa di kelas 3, 4, 5, dan 6 di RT 05, RW 01, Dukuh Pakis, Surabaya. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini mencakup tiga bagian yaitu persiapan, implementasi, dan tahap evaluasi. Pada tahap pertama, siswa akan diberikan soal pre-test untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan siswa dalam menghitung. Tahap kedua yaitu tim Abdimas memberikan penjelasan dan pelatihan mengenai metode Jarimatika dasar. Tahap terakhir yaitu siswa menerapkan perhitungan dasar Jarimatika menggunakan permainan ular tangga matematika. Hasil dari pelatihan ini, siswa bisa menghitung dengan menggunakan Jarimatika lebih cepat daripada menghitung manual, dan merasa sangat senang belajar matematika.  
PENDAMPINGAN PEMBUATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERKONTEKS BUDAYA MATERI GEOMETRI DI KOTA PAGARALAM Lisnani Lisnani; Ratu Ilma Indra Putri; Zulkardi Zulkardi; Elika Kurniadi; Dewi Rawani; Tria Gustiningsih; Malalina Malalina; Rini Herlina; Chika Rahayu; Arika Sari; Delia Septimiranti; Rita Inderawati
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.11366

Abstract

Abstract. Integrated Community Service (PKM) is a form of service that accommodates a series of activities as a whole. Assistance in making RPP independent learning in a cultural context on geometry material for teachers of SMP, SMA and SMK in Pagar Alam. The purpose of this service activity is to assist teachers in designing learning activities the use of cultural contexts, especially on geometry material. The participants of the integrated PKM activity consisted of 49 people but at the time of mentoring it was only attended by 28 participants. The service activity was carried out for 2 days, on October 5-6, 2021. The methods used during this mentoring activity were the method of presentation, discussion, interactive question and answer, and recitation. The data collection technique used a questionnaire/questionnaire given through a google form consisting of an activity evaluation questionnaire and a participant satisfaction questionnaire for all integrated PKM activities. The results of this service activity showed that 73.48% of the participants had understood the material presented by the resource person. In addition, participants stated that this activity was useful for them, especially in making learning activitis independent in learning to use certain contexts. Abstrak. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terintegrasi merupakan sebuah bentuk pengabdian yang mengakomodir serangkaian kegiatan secara keseluruhan. Pendampingan pembuatan RPP merdeka belajar berkonteks budaya pada materi geometri bagi guru SMP, SMA dan SMK di Pagar Alam. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah membantu guru dalam merancang aktivitas pmebelajaran merdeka belajar yang sesuai melalui penggunaan konteks budaya terutama pada materi geometri. Peserta kegiatan PKM terintegrasi terdiri dari 49 orang tapi pada saat pendampingan hanya dihadiri oleh 28 orang peserta. Kegiatan pengabdian dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 5-6 Oktober 2021. Metode yang digunakan selama kegiatan pendampingan ini adalah metode presentasi, diskusi, tanya jawab interaktif, dan resitasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner yang diberikan melalui google form yang terdiri dari angket evaluasi kegiatan dan angket kepuasan peserta terhadapa seluruh kegiatan PKM terintegrasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa adalah 73,48% peserta telah memahami materi yang disampaikan oleh narasumber. Di samping itu, peserta menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mereka terutama dalam membuat aktivitas pembelajaran merdeka belajar menggunakan konteks tertentu.   
PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM BINAAN YAYASAN CINTA BACA INDONESIA Lulu Setiawati; M. Rachman Mulyandi; Gabriella Mayrene
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12710

Abstract

Abstract. The advancement of digital technology could help the entrepreneurs to sell their business online. However, it still becomes a challenge for them who don’t have the ability to use the digital technology in boosting their businesses. The lack of this ability was an issue for the founders of Small, Medium Business enterprises under the supervision of Cinta Baca Foundation. The purpose for this community service was to give a workshop how to use media social for SME’s at Lampung and West Java, in  particular  using Instagram as promotion platform to sell their products. The workshop was conducted online using zoom platform. The participants for the workshop mostly ladies who have their businesses in tapis and snacks’ products.  The result from pre-test shown that 97,9% of business owners know and use media social to communicate and 72,3% known about digital marketing, but only 10% from the total respondents has used the platform to promote their products. They didn’t know how to use the platform. This first workshop helped them to have more understanding how to optimize the usage of media social, especially Instagram to promote their products. The result from post-test after the workshop shown that 100% or all the participants had understood the concept of digital marketing and the role of Instagram to promote their products. The participants are hoping that there will be more applied trainings to train them how to use the platform.  Abstrak. Perkembangan teknologi digital dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjual bisnis secara online. Namun hal tersebut masih menjadi tantangan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang belum semua memiliki kemampuan untuk dapat memanfaatkan teknologi digital yang ada dalam melakukan bisnisnya. Hal tersebut menjadi permasalahan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan dari Yayasan Cinta Baca Indonesia.  Tujuan  dari  pengabdian  kepada  masyarakat ini  adalah  untuk membantu  memberikan  pelatihan  bagi  para  pelaku  UMKM  di  Lampung  dan Jawa  Barat  untuk memanfaatkan sosial media, terutama instagram sebagai salah alat promosi produk yang mereka jual. Pelaksanaan pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan media zoom. Pada saat pelatihan para peserta sebagian besar adalah para ibu pengerajin tapis di Lampung dan pembuat makanan ringan di Jawa Barat. Pre-test yang dilakukan sebelum pelatihan awal menunjukkan bahwa para pelaku UMKM tersebut 97,9% telah mengenal dan menggunakan media komunikasi yang ada di platform sosial media dan 72,3% mengetahui tentang digital marketing, namun hanya 10% dari total responden yang telah menggunakannya  untuk  menjual  produk  yang mereka  hasilkan. Hal tersebut dikarenakan  mereka  tidak mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Pelatihan awal yang diberikan sangat membantu mereka untuk dapat lebih memiliki pemahaman bagaimana mengoptimalkan penggunaan sosial media terutama instagram di dalam memasarkan produk mereka. Hasil Post-test setelah pelatihan menunjukkan 100% atau keseluruhan peserta telah memahami konsep tentang pemasaran digital dan peran instagram untuk mempromosikan produk mereka. Para pelaku UMKM yang hadir berharap agar ada pelatihan lanjutan yang lebih mengarah ke praktek langsung dalam menggunakan aplikasi.  
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) DENGAN SOFTWARE PAINT 3D BAGI GURU MATEMATIKA SMP Adi Nurcahyo; Naufal Ishartono; Mohamad Waluyo; Sutama Sutama; Fhitri Indah Sari
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.11772

Abstract

Abstract. Augmented Reality (AR) is a technology for implementing 3D objects in real life. 3D objects help students to visualize abstract objects in mathematics so that they are easy to understand. Abstract objects in mathematics that require visualization include geometric material. Software that is easy to use and has a size that is not too large to help visualize abstract objects by creating 3D objects that are Paint 3D. The purpose of the training activities is to improve the competence of mathematics teachers in making learning media with 3D objects. The media created can be a means for teachers to provide understanding for students about geometry material. The target of the training was the mathematics teachers of Muhammadiyah junior high school in Gemolong. The training method used has several stages including problem analysis, preparation, implementation, evaluation, and publication. At the stage of implementing the training using participatory training methods, participants can practice and ask questions related to the obstacles experienced. The results of the training carried out include mathematics teachers who can create learning media in the form of 3D objects and implement them in learning. The results of the post-test of the training activities, 86% of participants clearly understood the delivery of the material presented by the presenters, 94% of the training participants were satisfied with the training activities held. 89% of participants are able to create 3D objects using Paint 3D software based on the delivery given by the presenters and 80% of participants will implement 3D objects in learning.  Abstrak. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi untuk mengimplementasikan objek 3D dalam kehidupan secara nyata. Objek 3D membantu siswa untuk memvisualisasikan objek-objek abstrak dalam matematika sehingga mudah dipahami. Objek abstrak dalam matematika yang membutuhkan visualisasi diantaranya terdapat pada materi geometri. Software yang mudah digunakan dan memiliki ukuran tidak terlalu besar untuk membantu memvisualisasi objek abstrak dengan membuat objek 3D yaitu Paint 3D. Tujuan dari kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru matematika dalam membuat media pembelajaran dengan objek 3D. Media yang dibuat dapat menjadi sarana bagi guru untuk memberikan pemahaman bagi siswa tentang materi geometri. Target dari pelatihan yang dilakukan yaitu guru-guru matematika SMP Muhammdiyah di Gemolong. Metode pelatihan yang digunakan memiliki beberapa tahapan diantaranya analisis permasalahan, persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan publikasi. Pada tahapan pelaksanaan pelatihan menggunakan metode pelatihan partisipatif dengan peserta dapat mempraktekkan dan bertanya terkait kendala yang dialami. Hasil pelatihan yang dilakukan diantaranya guru-guru matematika dapat membuat media pembelajaran berupa objek 3D dan mengimplementasikan dalam pembelajaran. Hasil post-test kegiatan pelatihan yaitu sebanyak 86% peserta memahami dengan jelas penyampaian materi yang disampaikan oleh pemateri, sebanyak 94% peserta pelatihan merasa puas dengan kegiatan pelatihan yang diadakan. Sebanyak 89% peserta mampu untuk membuat objek 3D menggunakan software Paint 3D berdasarkan penyampaian yang diberikan pemateri dan 80% peserta akan mengimplementasikan objek 3D dalam pembelajaran. 
MEMPERSIAPKAN ENTREPRENEUR MUDA SEJAK DINI DI YAYASAN PONDOK PESANTREN AZ-ZAHRA (SMP TULUNG AGUNG) Nita Rislawati; Rolly Rezki Ananda; Rizky Kurniawan Syamat; S.A.S Noor Adhadianawaty; Fitriansyah Fitriansyah
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12414

Abstract

Abstract. The importance of the role of youth to face the future, so they must be equipped and prepared with education about entrepreneurship. The entrepreneurial spirit (entrepreneur) at the basic education level is to develop independent, creative, leadership and hard work traits. To improve and prepare for this, socialization or counseling was carried out at the Az-Zahra Islamic Boarding School Foundation (SMP Tulung Agung) on Jl. Axis Samarinda -Tenggarong Gg. Langsat RT. 002 Jembayan Village, Jembayan, Loa Kulu, Kutai Kartanegara. The socialization will on 28 March 2022. The purpose of this socialization is to provide knowledge about entrepreneurship and build an entrepreneurial spirit. The method used in this activity is to provide education in the form of counseling about entrepreneurship, discussions and questions and answers. The results of this activity obtained from student response data state that students have known about entrepreneurship more broadly and can instill entrepreneurial spirits and interest in entrepreneurs. Abstrak. Pentingnya peranan pelajar untuk menghadapi masa depan, sehingga harus dibekali dan dipersiapkan edukasi mengenai kewirausahaan. Jiwa kewirausahaan (entrepreneur) pada jenjang pendidikan dasar adalah dengan mengembangkan sifat mandiri, kreatif, kepemimpinan dan kerja keras. Untuk meningkatkan dan mempersiapakan hal tersebut dilakukan sosialisasi atau penyuluhan di Yayasan Pondok Pesantren Az-Zahra (SMP Tulung Agung) di Jl. Poros Samarinda -Tenggarong Gg. Langsat RT. 002 Desa Jembayan, Jembayan, Loa Kulu, Kutai Kartanegara. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2022. Tujuan dari sosialisasi ini adalah memberikan pengetahuan mengenai kewirausahaan dan membangun jiwa entrepreneur. Metode yang digunakan pada kegiatan ini ialah dengan memberikan edukasi berupa penyuluhan mengenai kewirausahaan, diskusi serta tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini diperoleh dari data respon pelajar menyatakan bahwa para pelajar telah mengetahui tentang entrepreneur lebih luas lagi dan dapat menanamkan jiwa-jiwa entrepreneur serta ketertarikan terhadap entrepreneur.
IMPLEMENTASI SPSS DALAM ANALISIS DATA BAGI MAHASISWA DI CILACAP Riski Aspriyani; Bryan Pudji Hartono; Mizan Ahmad; Eka Susilowati
Jurnal Terapan Abdimas Vol 7, No 2 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/jta.v7i2.12717

Abstract

Abstract. Statistics is a field of science that can be used as a theory to assist in making research decisions, especially quantitative research. Appropriate statistical tests are needed to analyze research data based on the formulated hypotheses. For this reason, a good ability in analyzing data is needed. The process of data analysis in quantitative research can be assisted using the SPSS statistical program. Most of the students in Cilacap who have an interest in quantitative research still need additional knowledge about the statistical tests used such as the T-test, Analysis of Variance and Regression, and Linear Correlation. In addition, many students have difficulty analyzing data using the SPSS program. Misunderstanding in reading SPSS output results caused many errors to occur. On the other hand, many students do not understand the prerequisites for hypothesis analysis and do not know the procedures or steps for data processing using SPSS. For this reason, a deeper understanding and training are needed to process data using SPSS. The SPSS training was conducted using lectures, question and answer methods, and practicals. In the process, they were very active in asking questions and actively following all the material given by the resource persons. The instrument is given as evaluation material for further service. it was obtained that the achievement of all aspects was classified as good with details on the suitability aspect of statistical tests with problems of 83%, the achievement of variable research aspects of 81%, the achievement of data processing aspects using SPSS of 86%, the achievement of SPSS output interpretation of 89%. Abstrak. Statistika merupakan bidang ilmu yang dapat menjadi teori untuk membantu dalam pengambilan keputusan suatu penelitian khususnya penelitian kuantitatif. Dalam menganalisis data penelitian dibutuhkan uji statistik yang sesuai berdasarkan hipotesis yang dirumuskan. Untuk itu, diperlukan kemampuan yang baik dalam menganalisis data. Proses analisis data dalam penelitian kuantitatif dapat dibantu menggunakan program statistika SPSS. Mahasiswa di Cilacap yang memiliki minat dalam penelitian kuantitatif sebagian besar masih membutuhkan tambahan pengetahuan mengenai uji statistik yang digunakan seperti uji T, Analisis Variansi serta Regresi dan Korelasi linear. Selain itu, banyak mahasiswa yang kesulitan dalam analisis data menggunakan program SPSS. Ketidakpahaman dalam membaca hasil output SPSS menyebabkan tidak sedikit kekeliruan terjadi. Di sisi lain, banyak mahasiswa yang tidak paham akan prasyarat analisis hipotesis, serta ketidaktahuan prosedur atau langkah pengolahan data menggunakan SPSS. Untuk itu, tujuan kegiatan ini dilakukan ialah untuk memberikan tambahan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam mengolah data menggunakan SPSS. Pelatihan SPSS ini dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab serta praktikkum. Dalam prosesnya mereka sangat aktif bertanya dan aktif mengikuti semua materi yang diberikan oleh narasumber. Instrumen diberikan sebagai bahan evaluasi untuk pengabdian selanjutnya. Diperoleh bahwa ketercapaian seluruh aspek tergolong kategori baik dengan rincian pada aspek kesuaian uji statistik dengan permasalahan penelitian sebesar 83%, ketercapaian aspek identifikasi variabel penelitian sebesar 81%, ketercapaian aspek pengolahan data menggunakan SPSS sebesar 86%, serta ketercapaian intepertasi output SPSS sebesar 89%.

Page 1 of 2 | Total Record : 19