cover
Contact Name
Nurlina Ariani Hrp
Contact Email
nurlinaariani@yahoo.com
Phone
+6281362067516
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No. 126A km.3,5 Aek Tapa Rantauprapat Kab. Labuhanbatu, Sumatera Utara
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
ISSN : 2460593X     EISSN : 26855585     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.JPMS diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran serta matematika umumnya. JPMS adalah publikasi interdisipliner tentang penelitian dan penulisan asli tentang pendidikan yang menerbitkan karya ilmiah ke khalayak nasional peneliti pendidikan, pembelajaran dan matematika.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022)" : 18 Documents clear
Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Fungsi Komposisi dan Invers Kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang Lily Rohanita Hasibuan; Bayana Dalimunthe
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2779

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis tentang kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi fungsi komposisi dan invers, penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mengetahui tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers, (2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, karena data yang dianalisis ialah data kualitatif yaitu berupa kesulitan informasi mengenai kesulitan yang dialami siswa, serta menggunakan persentase untuk melihat tingkat kesulitan yang dialami oleh siswa sesuai dengan tipe kesulitannya dengan subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X MA Alliful Ikhwan SAA Silangkitang yang berjumlah sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode tes yang berupa tes uraian sebanyak 6 butir soal  dan wawancara untuk memastikan kesulitan yang dialami siswa serta faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi dan invers. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa jenis-jenis kesulitan siswa yang berkaitan dengan objek matematika yaitu konsep, pemahaman, operasi, hasil persentase kesulitan pada tipe I yaitu memahami maksud soal didapat sebesar 32% dikategorikan rendah, kesulitan pada tipe II yaitu pemahaman konsep sebesar 40%, dikategorikan rendah, kesulitan pada tipe III yaitu dalam operasi perhitungan sebesar 27%, dikategorikan rendah, faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan menyelesaikan soal yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya yaitu dimana kesulitan yang dialami siswa lebih dominan berada pada siswa itu sendiri sedangkan faktor eksternal ialah meliputi faktor pedagogis yaitu cara mengajar guru dan faktor sosial serta faktor ekonomi orangtua.
Pengaruh Media Pembelajaran Abacus untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Indah Fitria Rahma; Siti Suharni Simamora; Shena Shena
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.2787

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa guru masih menggunakan metode ceramah yang membuat anak jenuh dan kurang antusias untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari 20 anak yang mengikuti pembelajaran, hanya 26,10% atau 6 anak yang hasil belajarnya diatas kriteria ketuntasan minimum yang ditetapkan sekolah. Pelaksanaan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Peneliti bertindak sebagai guru yang terlibat langsung dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1, hasil pengamatan memperlihatkan bahwa kinerja guru sudah baik tetapi masih ada kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki, keaktifan siswa masih kurang maksimal, dan hasil evaluasi belajar siswa yang mencapai nilai ketuntasan ada 14 anak dengan prosentase ketuntasan klasikal 60%. Siklus 2, hasil pengamatan memperlihatkan kinerja guru sudah baik, kekurangan - kekurangan yang ada pada siklus 1 sudah tidak nampak lagi, anak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan anak yang mencapai nilai ketuntasan ada 19 anak dengan prosentase klasikal 87%. Ketuntasan belajar meningkat dari 60% menjadi 87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan perkalian pada materi perkalian memberi dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar anak.
Pengaruh alat peraga kotak matriks (Komat) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar T.A 2022/2023 Diaz Nurhaliza
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3352

Abstract

Siswa akan dapat meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan masalah secara lebih efektif jika salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah untuk melatih cara berpikir dan nalar yang berbeda dalam menghasilkan kesimpulan. Jika guru dalam perannya sebagai fasilitator mampu melaksanakan taktik pembelajaran yang relevan, mudah diingat, dan bermakna, maka tujuan pembelajaran akan efektif. Karena lebih mudahnya siswa mengambil pelajaran ketika bersentuhan langsung dengan pembelajaran dalam bentuk konkrit, maka pendekatan ini akan terjalin jika melibatkan siswa. Siswa akan membentuk strategi ini jika melibatkan siswa. Pembelajaran melalui penggunaan alat peraga adalah salah satunya. Hal ini disebabkan karena dengan bantuan alat peraga, siswa mampu memiliki konsep-konsep abstrak yang disajikan kepada mereka dalam bentuk model berupa benda-benda konkret yang dapat dilihat, dimanipulasi, dan diutak-atik untuk lebih memahami. mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan alat peraga kotak matriks (komat) berpengaruh terhadap tingkat kemampuan penalaran matematis yang dimiliki siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar T.A 2022/2023. Metodologi penelitian kuantitatif digunakan untuk penelitian ini. Penelitian eksperimental yang dilakukan dalam setting quasi-experimental dengan desain kelompok kontrol yang tidak setara dengan kelompok lain adalah metode penelitian yang dilakukan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar yang berjumlah 282 siswa dan sampel berjumlah 69 siswa yakni XI – MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI – MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis siswa bentuk uraian sebanyak 5 butir tes.  Berdasarkan analisis data diperoleh thitung >ttabel (7,039 > 2,651) dengan taraf signifikan0,01sehingga H0 ditolak, Ha diterimaartinya terdapat perubahan siswa dengan pembelajaran menggunakan alat peraga kotak matriks karena siswa bersentuhan langsung dengan hal abstrak sehingga siswa lebih mudah bernalar dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa alat peraga. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan alat peraga kotak matriks (komat) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bandar TA.2022/2023.
Optimasi Biaya Distribusi Menggunakan Metode Transportasi (Matematika Terapan) Olyvia Setiana Saragih
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3317

Abstract

Perum Bulog kantor cabang Pematangsiantar merupakan suatu lembaga pangan di Indonesia yang mengurusi tata niaga beras yang berada dibawah naungan BUMN. Perusahaan mendistribusikan CBP (cadangan beras pemerintah) ke beberapa daerah tujuan. Banyaknya jumlah beras yang akan didistribusikan ke berbagai daerah yang berbeda jauh jaraknya tentu membuat perusahaan mengeluarkan biaya distribusi yang besar. Sehingga diperlukan metode yang dapat meminimumkan biaya pendistribusian. Metode transportasi merupakan salah satu model program linear matematika yang dapat diterapkan dalam mengoptimalkan pendistribusian barang dari beberapa sumber ke beberapa daerah dengan tujuan meminimumkan biaya distribusi. Dalam penelitian ini metode yang akan digunakan adalah metode transportasi dengan perhitungan solusi awalnya menggunakan metode North West Corner ,Least Cost, Vogel’s Aproximation Method. Kemudian diuji keoptimalan hasil solusi awalnya menggunakan metode Modified Distribution. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan metode transportasi alokasi optimal yang didapat adalah dari gudang Nagapita ke Pematangsiantar, Simalungun, dan Samosir masing masing sebesar 126.450, 455.400 dan 106.200 dan dari gudang Balige ke Simalungun, Toba samosir, Humbang hasundutan dan Tapanuli utara masing masing 106.200 Kg, 70.500 Kg, 36.000 Kg, 18.050 Kg. Biaya distribusi yang dikeluarkan perusahaan sebelumnya sebesar Rp.179.442.500 dan sesudah penerapan metode transportasi biaya yang dikeluarkan sebesar Rp.179.336.300.Maka penerapan metode transportasi pada perusahaan dapat menghemat biaya distribusi sebesar Rp.106.200.Kata Kunci : MetodeTransportasi, Metode NorthWestCorner , MetodeVogel’sAproximationMethod , MetodeModifiedDistribution,Matematika, Programlinear
Upaya Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dengan Metode Pemecahan Masalah di Era Pandemi Covid-19 di SD Negeri 60 Banda Aceh Tri Putri Utami; Indah Suryawati
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3208

Abstract

The purpose of this research is to find out the students' efforts in solving math problems with problem solving methods in the Covid-19 Pandemic Era at SD Negeri 60 Banda Aceh. The approach in this study uses a qualitative approach with the type of descriptive research. The subjects in this study were 5 fourth grade students consisting of 2 boys and 3 girls at SD Negeri 60 Banda Aceh. The inability of students to solve problems as above is influenced by the low ability of students to solve mathematical problems. Students are not able to analyze what is known from a question, students are also unable to identify the question of the question and cannot determine the steps that can be taken from the problem. Data collection techniques using problem solving problems, problem solving assessment criteria, interviews, documentation. The data were analyzed using data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the efforts made in solving the problem consisted of several steps. The first step begins with reading and understanding the questions, finding the information contained in the questions and determining the questions from the questions. Students also solve the problem by including the steps of completion or the formula used in order to get the right answer. The last step that students take before submitting the answer sheet to the teacher is to re-examine the answers to the math problems to make sure there are no erroneous data.
Analisis Kesalahan Konseptual Siswa SD Negeri Purworejo dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Vina Damayanti; Mujiyem Sapti; Rintis Rizkia Pangestika
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3270

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa SD Negeri Purworejo dalam menyelesaikan soal cerita perkalian pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Purworejo kelas V tahun pelajaran 2021/2022 yang mempunyai nilai ulangan harian yang rendah dengan materi perkalian pecahan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pemilihan subjek berdasarkan pada nilai ulangan materi pecahan terendah. Subjek yang diambil 6 siswa yaitu 2 laki-laki dan 4 perempuan. Pengumpulan data menggunakan soal materi perkalian pecahan dan lembar wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Analisis data yang digunakan yaitu Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Analisis data yang digunakan yaitu Epoche yang dinamis, transkrip wawancara, dan analisis transkrip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 subjek telah melakukan kesalahan konseptual yaitu 1) tidak menentukan tujuan soal, 2) tidak dapat menuliskan rumus dengan benar, dan 3) tidak dapat menghubungkan fakta-fakta yang ada pada soal. Kata Kunci : kesalahan konseptual, Interpretative Phenomenological Analysis (IPA)  
Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Indeks Card Match Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Papan Statistika Di Kelas VIII MTsN 1 Bireuen Hayatun Nufus; ERNA ISFAYANI; FAJRIANA FAJRIANA; AKLIMAWATI AKLIMAWATI
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 1 Bireuen, sedangkan yang menjadi sampel yaitu siswa kelas VIII/2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan VIII/5 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap kedua kelas.Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan software SPSS 25. Karena salah satu data berdistribusi tidak normal, maka data diolah menggunakanuji non parametric (mann whitney u). Sesuai kriteria pengujiannya yaitu jika nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata skor N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,06 dan pada kelas kontrol yaitu 0,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwapeningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran tipe Index Card Match dengan berbantuan media alat peraga papan statistika lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional dengan berbantuan media alat peraga papan statistika di kelas VIII MTsN 1 Bireuen.
Penggunaan dan Manfaat Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah Amin Harahap; Teguh Setiawan Wibowo; Joni Wilson Sitopu; Moh. Solehuddin; Napsin Napsin
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i2.3782

Abstract

Pembelajaran daring merupakan salah satu solusi dunia pendidikan untuk tetap melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi pandemi sekarang ini. Namun, hal ini pun tidak datang tanpa tantangan, salah satunya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar daring. Untuk meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan bahan ajar yang menarik perhatian siswa sehingga pembelajaran tidak akan membosankan. Canva merupakan aplikasi yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat bahan ajar yang menarik. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam berkreasi untuk menciptakan bahan ajar menggunakan aplikasi canva. Adapun langkah-langkah kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian pada masyarakat ini meliputi beberapa tahapan, diantaranya: a) tahap analisis, b) tahap perancangan, c) tahap pengembangan konten d) tahap pelatihan, dan e) tahap evaluasi.
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Islamiani Safitri; Amin Harahap; Nurlina Ariani Hrp; Diva Karina Simanullang; Nuraisyah Nuraisyah
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.3930

Abstract

Model Problem Based Learning adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah dapat diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dilakukan secara ilmiah. Pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan model Problem Based Learning didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan menggunakan penyelesaian nyata dari permasalahan yang nyata. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa materi prisma di kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t pada data posttest diperoleh t hitung> t tabel  yaitu 2,986 > 2,0054. Dengan rincian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi prisma di Kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba yaitu cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest diperoleh 74,18 dengan variansi 96,82 dan standar deviasi 9,839. Siswa untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Setelah melakukan uji coba dengan menggunakan Problem Based Learning maka dihasilkan ada pengaruh signifikan Model pembelajaran.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Nurlina Ariani Hrp; Laili Habibah Pasaribu; Amin Harahap; Hazriani Hazriani; Nurul Hidayah Ritonga
JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS) Vol 8, No 1 (2022)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Labuhan Batu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/jpms.v8i1.3931

Abstract

Keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari 5 aspek yang diamati dari setiap siswa Pembelajaran model Student Teams Achievement Division mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa, pembelajaran jadi menyenangkan karena adanya penghargaan tim  yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi limas kelas VIII SMP negeri 1 torgamba. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruhnya 176 siswa.  Didapat sampel untuk penelitian ini kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Untuk kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Data rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 57,692 dan rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 66,423 Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,615 dan kelas kontrol sebesar 82,885. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 20,923 dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16,462. Dan untuk tingkat persentase. Aspek pertama, ketiga, keempat, kelima persentasenya < 50 % siswa yang melaksanakannya. Sedangkan aspek kedua persentasenya > 50 % siswa yang melaksanakannya.

Page 1 of 2 | Total Record : 18