cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
+6285224977367
Journal Mail Official
educatio@unma.ac.id
Editorial Address
Gedung FKIP Universitas Majalengka Jl. KH. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Educatio FKIP UNMA
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 24599522     EISSN : 25486756     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/je
Core Subject : Education,
Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2021)" : 12 Documents clear
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Lelah, Lelah
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3437

Abstract

Pendidikan Agama Islam di SMP adalah membekali siswa kemampuan berbagai cara mengetahui dan suatu cara mengerjakan yang dapat membantu siswa untuk memahami alam beserta isinya secara mendalam, serta untuk terbentuknya peserta didik yang beriman dan bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur. Pendidikan agama Islam dapat berhasil dengan baik, apabila guru telah mampu menjadikan siswanya memahami konsep-konsep agama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Namun beberapa studi menunjukkan hasil belajar siswa pada pendidikan Agama Islam masih rendah. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka. Solusi yang dilakukan permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan menerapkan model Card Sort. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model Card Sort. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar belajar pada setiap siklus meningkat. Dari hasil tersebut maka disimpulkan bahwa metode pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VIIIA SMPN 2 Banjaran Kabupaten Majalengka pada tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Akademik Sholehudin, Sholehudin
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3442

Abstract

Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang dipersyaratkan untuk melakukan tugas pendidikan dan pengajaran. Namun dari hasil pengamatan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, kompetensi profesional guru masih rendah. Hal ini terlihat dari banyak guru yang  kurang terampil dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran yang baik. Atas dasar tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dengan menerapkan supervisi akademis kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan di MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya  Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian  dilaksanakan  dalam dua siklus, dengan mengambil langkah prosedural setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Hasil penelitian tindakan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru MIS Petir Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya.
Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament Pada Siswa Sekolah Dasar Wahyuningsih, Mariyati
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3433

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar matematika siswa siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tonjong I Majalengka. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran teams games tournament. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor minat dan hasil belajar serta aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament pada siklus I dan II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Tonjong I Majalengka.
Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Rukiman, Rukiman
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3438

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon   sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata prestasi belajar Matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon  pada siklus I sebesar 67, pada siklus II sebesar 76 sehingga terdapat kenaikan nilai rata – rata dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan angka sebesar 46,6 % ( 14 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 32 Siswa), pada siklus II sebesar 96,6 % (30 siswa tuntas dalam belajarnya dari seluruh peserta 32 Siswa). Dengan demikian terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tersebut maka dapat dibuat kesimpulan bahwa penerapan metode problem based learning (PBL) dapat meningkatan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelahan Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Fisika Siswa SMA Rahayu, Rahayu
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA dengan menggunakan model pembelajaran PjBL 2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA dengan model pembelajaran PjBL 3) mengetahui besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA 4) mengetahui langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PjBL sehingga dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing dalam 4 tahap, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), Pelaksanaan Tindakan (Action), Pengamatan (Observation), dan Refleksi (Reflection). Instrumen penelitian divalidasi oleh peneliti sebagai guru Fisika yang menajar di kelas X MIPA 1 dan Observer yaitu guru Fisika yang juga mengajar di SMA Negeri 1 Mandirancan. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah 1) penerapan model pembelajaran PjBL pada materi pokok usaha dan energi dapat meningkatkan hasil belajar fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Mandirancan 2) besar peningkatan hasil belajar fisika rata-rata sebelum tidakan sebesar 53,34; Siklus I nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,38 dengan kategori sedang Pada siklus II nilai gain-test yang didapatkan sebesar 0,66 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II 3) siklus I nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 85,6 dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 88,7 dengan kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains dari siklus I ke siklus II 4) langkah-langkah model pembelajaran PjBL yang terdiri dari:   pertanyaan   essensial, perencanaan, menyusun   jadwal, pengawasan, penilaian, dan evaluasi.
Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Problem Posing pada siswa SMP kelas IX Sarilah, Sarilah
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3439

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Percobaan dengan menggunakan Metode Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sumber dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas IXB SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon . Tahun Pelajaran 2020/2021.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dari siklus I adalah cukup baik dan meningkat menjadi sangat baik  pada siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan baik secara individu maupun klasikal. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kurang baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Problem Posing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Percobaan dengan menggunakan Metode Problem Posing pada siswa Kelas IX B SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kursawi, Kursawi
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3435

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan aspek penting yang menjadi sasaran pembelajaran pada setiap jenjang pendidikan. Namun pada kenyataannya, pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia masih menemui berbagai kendala. Salah satunya adalah keterampilan membaca dan memahami bacaan masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitia tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran Bahasa Indonesia  materi Struktur dan Kebahasaan Teks Deskripsi pada siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang  Kabupaten Cirebon. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jamblang  Kabupaten Cirebon  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang  Kabupaten Cirebon  Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada setiap siklus terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di Kelas VII F SMP Negeri 2 Jamblang  Kabupaten Cirebon  Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam pembelajaran Matematika Pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar Hesty, Hesty
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3440

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang menduduki peranan penting dalam dunia pendidikan.  Matematika sebagai ilmu dasar untuk menguasai berbagai macam ilmu pengetahuan. Namun beberapa hasil studi menunjukkan siswa merasa kesulitan dalam mempelajari matematika. Dari hasil pengamatan di Kelas IXF SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon, diperoleh temuan belajar siswa yang rendah, hanya mencapai ketuntasan 37,04% dengan nilai rata-rata 63,70. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam pembelajaran matematika pada siswa Kelas IX F SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon dengan subyek penelitian siswa Kelas IXF yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika meningkat dari mulai pra siklus hingga siklus II. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IX F SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon pada mata pelajaran matematika Pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar.
Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Bergambar Nurbaeti, Nurbaeti
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3431

Abstract

Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang penting dimiliki siswa. Namun masih banyak ditemukan siswa sekolah dasar belum mampu mambaca dengan baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan guru adalah dengan melaksanakan pembelajaran mengggunakan media kartu huruf bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN genteng kabupaten Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas I SDN Genteng Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes unjuk kerja. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, soal tes unjuk kerja, dan lembar penilaian membaca. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dari siklus pertama hingga siklus kedua kemampuan membaca permulaan siswa menunjukkan peningkatan selama pembelajaran dengan media kartu huruf bergambar. Dengan hasil tersebut, disimpulkan bahwa media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Genteng Kabupaten Majalengka.
Penerapan Strategi Context Clue Untuk Memperbaiki Kosakata Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Mandirancan Dewi, Sri Ratna
Jurnal Educatio Vol 7, No 4 (2021)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/je.v7i4.3436

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana kosakata siswa meningkat jika menggunakan stategi Context Clue. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Mandirancam yang berjumlah 36 siswa. Dalam melaksanakan penelitian ini, penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai metodelogi penelitian. Penelitian Tindakan Kelas diadopsi dari Kurt Lewin dan penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus. Menurut Kurt Lewin, desain penelitian tindakan kelas terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengumpulan data kualitatif, instrumen yang digunakan adalah wawancara dan lembar observasi. Wawancara diarahkan untuk murid. Lembar observasi digunakan untuk memantau kegiatan peneliti dan siswa selama pengajaran. Sementara itu, untuk untuk mengumpulakan data kuantitatif, penulis menggunakan test sebagai instrument. siswa telah di uji dengan tiga tes. Yaitu pre-test, post-test 1 dan post-test 2. Hasil dari wawancara dari guru dan siswa, mereka merasa bahwa strategi ini meningkatkan kosakata mereka. Di observasi, disimpulkan hasilnya jika aktivitas pembelajaran selama pengajaran berjalan dengan baik dan menarik. siswa mengungkapkan perhatian mereka lebih baik setelah menggunakan context clue. Kebanyakan dari nilai siswa meningkat dan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Bahasa inggris yaitu 75 (tujuh puluh lima). Nilai rata-rata siswa meningkat disetiap tes-tes yang ada. Dari semua penjelasan di atas, sebagai hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa strategi Context Clue bisa meningkatkan kosakata siswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12