cover
Contact Name
Nurjanah
Contact Email
nurjanah3434@yahoo.com
Phone
+6281281217150
Journal Mail Official
jurnalpkmunindra@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
ISSN : 2614574X     EISSN : 26154749     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm
Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and humanities, engineering, computers, and social sciences.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat" : 15 Documents clear
PENERAPAN MANAJEMEN K3 DAN HIGIENIS KEPADA ANGGOTA UKM LANTING KEBUMEN JAWA TENGAH Didi Zainuddin; Tulus Widjajanto; Anita Ria
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.11755

Abstract

Anggota UKM Produk Makanan lanting merupakan kumpulan kelompok masyarakat yang aktivitasnya memproduksi lanting yang berada di Desa Lemahduwur Kabupaten Kebumen, dalam memproduksi klanting, mereka belum menerapkan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja dan menerapkan higienitas dalam produksinya, sehingga anggota UKM ini perlu diberikan pelatihan K3 dan Higienitas Produk, agar lanting yang diproduksinya memiliki kualitas yang baik dan sehat. Metode pelaksanaannya melakukan Observasi kepada mitra langsung, memberikan pelatihan mitra, menerapkan pengetahuan dan melakukan praktek bersama, menerapkan hasil training kepada peserts, melakukan evaluasi program tersebut. Adapun hasil dari pelatihan ini bagi mitra, terakhir memberikan evaluasi bersama mitra bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru bagi mitra dan mengaplikasikan di dalam usahanya.
PEMANFAATAN LIMBAH KULIT SINGKONG MENJADI KRIPIK KULIT SINGKONG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 KOTA KENDARI, SULAWESI TENGGARA Dhian Herdhiansyah; Asriani Asriani; Sakir Sakir; Sri Rejeki; Suwarjoyowirayatno Suwarjoyowirayatno
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.7782

Abstract

Masyarakat sampai saat ini belum bisa memanfaatkan secara maksimal seluruh bagian dari singkong. Tujuan kegiatan PKM adalah bagaimana pemanfaatan limbah kulit singkong menjadi kripik kulit singkong di SMKN 5 Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Pelaksanaan  PKM dilakukan dalam 3 tahap: (1) sosialisasi; (2) pemberian materi tentang motivasi berwirausaha, proses pemanfaatan limbah kulit singkong menjadi kripik kulit singkong, dan cara mendesain label kemasan dengan pemanfaatan TIK;  dan (3) pelatihan melalui praktek langsung. Kegiatan pemberian teori dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi interaktif, sedangkan pelatihan pengolahan limbah kulit singkong dilaksanakan dengan metode demostrasi. Berdasarkan hasil PKM bersama mitra menunjukkan hasil kemajuan yang cukup berarti:  (a) pemahaman dan minat siswa tentang kewirausahaan meningkat sebesar 80%,  (b) pemahaman dan pengetahuan siswa tentang pembuatan kripik kulit singkong meningkat sebesar 90%, dan (c) pemahaman siswa tentang cara mendesain label kemasan dengan pemanfaatan TIK meningkat sebesar 85%.
SOSIALISASI PEMBELAJARAN ONLINE KEPADA ORANG TUA MURID DI TK AR RAHMAH Fibria Anggraini Puji lestari; Iis Dewi Lestsri; Riko Riko
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.9070

Abstract

Pembelajaran online saat ini menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga agar kegiatan belajar mengajar tetap berjalan di tengah situasi wabah penyakit yang melanda Indonesia. Pihak sekolah dan orang tua murid harus mampu berkolaborasi agar anak tetap semangat dan memiliki keinginan yang tinggi meskipun belajar secara online. Tidak hanya guru, namun orang tua murid harus mampu bersahabat dengan ragam penggunaan media pembelajaran online. Kegiatan PKM dilakukan kepada orang tua murid di TK Ar Rahmah Jakarta Selatan. Orang tua murid dituntut untuk terlibat dalam kegiatan belajar online serta mampu dan bersahabat dengan media pembelajaran online.Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian di TK Arrahmah  yaitu sebagai berikut: tim dosen mengadakan observasi ke TK Arrahmah untuk mengetahui jenis media pembelajaran yang digunakan secara online, memberikan sosialisasi kepada orang tua murid tentang ragam media pembelajaran online yang dapat digunakan oleh orang tua murid dan guru selama proses pembelajaran daring, orang tua murid dapat menggunakan ragam media pembelajaran online dan menentukan media pembelajaran mana yang tepat digunakan dengan kondisi orang tua murid dan siswanya.  Oleh karena itu, kegiatan PKM yang dilakukan pada bulan Oktober 2020-Januari 2021ditujukan untuk melakukan sosialisasi kepada orang tua murid agar  lebih banyak mengenal dan mampu menggunakan ragam media pembelajaran online untuk mempermudah orang tua murid dalam membimbing anak selama belajar online. Kata Kunci :Sosialisasi, Orang Tua murid, Pembelajaran Online 
UPAYA MENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS DI SD NEGERI 030323 BUKIT TINGGI Bajongga Silaban; Monica Limbong; Ivana Simanungkalit; Viriska Winda S. Silaban; Afriyanti Pakpahan; Layasina Simbolon
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.12798

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim FKIP Universitas HKBP Nommensen sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi dilakukan secara serentak mulai tanggal 02 sampai dengan 26 Februari 2022. Salah satu lokasi tempat yang dipilih yaitu di SD Negeri 030323 Bukit Tinggi, kecamatan Pegagan Hilir, kabupaten Dairi berbentuk bimbingan belajar kepada peserta didik. Sasaran kegiatan yang dilaksanakan adalah pembimbingan bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga membimbing dalam penguasaan bahasa inggris yang sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan sebelum kegiatan ini dilaksanakan, peserta didik masih banyak yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar di saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini merupakan dampak kebiasaan penggunaan bahasa daerah pada kehidupan sehari–hari dan lingkungan keluarga sehingga terbawa-bawa ke sekolah. Berangkat dari hasil observasi tersebut, peserta PkM bersama guru-guru dan peserta didik melakukan terobosan baru dengan memaksimalkan penggunaan bahasa indonesia melalui bimbingan yang dilaksanakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah. Selama kegiatan berlangsung, peserta didik sebagai sasaran PkM sangat antusias, karena tim menggunakan pendekatan secara humanistis baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Di sela-sela kesibukan pembimbingan penguasaan bahasa, tim juga memanfaatkan waktu untuk mengarahkan mereka dalam kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, kekeluargaan, keimanan, kerindangan, kerapihan, dan keindahan). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata peningkatan peserta didik berbahasa indonesia dan bahasa inggris masing-masing 85,55% (sangat baik) dan 62,62% (sedang). Peningkatan yang paling menonjol penguasaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dialami para peserta didik  kelas V dan kelas VI, hal ini karena perkembangan kognitif yang lebih tinggi tingkatannya..  
PELATIHAN LITERASI SUMBER BELAJAR ONLINE DI SMK PARULIAN 3 MEDAN Sapitri Januariyansah; Binsar Maruli Tua Pakpahan; Robert Manullang
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.8346

Abstract

Sumber belajar merupakan prangkat pembelajaran penting yang wajib dimiliki oleh siswa. Pada saat pandemi Covid-19, siswa SMK Parulian 3 mengalami kesulitan untuk memperoleh sumber belajar dikarenakan tempat-tempat untuk memperoleh sumber belajar ditutup, seperti perpustakaan sekolah maupun perpustakaan daerah. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan siswa SMK Parulian 3 keterampilan literasi sumber belajar online yang valid dan benar. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pelatihan ini melalui tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa secara umum hasil evaluasi termasuk dalam kategori baik (mean hitung> mean idela (10)). Secara terperinci hasil evaluasi pelatihan hanya berada dalam dua kategori yaitu sangat baik dan baik. Siswa sangat terbantu dengan pelatihan ini dan siswa meminta agar pelatihan-pelatihan seperti ini dapat selalu diselenggarakan. Kegiatan ini juga menghasilakan buku panduan literasi sumber belajar online dalam bentuk cetak dan elektronik sebagai pedoman bagi siswa. Sumber belajar online menjadi solusi alternatif terhadap permasalahan siswa yang sulit dalam memperoleh sumber belajar. Melalui pelatihan literasi sumber belajar online siswa dapat memperoleh sumber belajar yang valid dan benar.
PELAKSANAAN ASESMEN KESIAPAN SEKOLAH PADA ANAK DI KB/TK BUNGA BANGSA Melina Lestari; Maria Oktasari
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.10511

Abstract

Children are valuable assets as a future for the betterment of a nation. For that, special attention is needed in terms of optimizing the development of children. This effort is done through education in school. However, the development of each child is different, including in terms of school readiness. For this reason, assessment of school readiness in early childhood is important to do. School readiness assessments are carried out face-to-face limited. Instruments are given in the form of intelligent tests and observations of aspects of development. Based on the assessment results that have been done, in general learners are ready to nail level to kindergarten B and elementary school level, but there are some learners who need parental help to optimize the physical aspects of motor, cognitive, social, emotional and moral so that learners can be better prepared to enter the school world. Recommendations for the school should be made at the beginning of the year, mid and end of the school year so that the results can describe the child's development more deeply.
PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA WAYANG PROFESI DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENDIDIKAN NILAI MORAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR Auliya Aenul Hayati; Dede Endang Mascita
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.8067

Abstract

Keberadaan pendidikan nilai moral sebagai esensi utama dari setiap mata pelajaran, keberhasilan capaiannya ditentukan oleh tingkat kemampuan guru sebagai pendidik dalam menggali dan menyuguhkan nilai moral kepada siswa dalam kemasan yang disenangi dan mudah dipahami. Diperlukan kemampuan dan kemauan yang tinggi untuk dapat menyampaikan pesan nilai moral kepada siswa. Namun demikian, tidak setiap pendidik menyadari hal tersebut. Permasalahan lebih kompleks lainnya yaitu diketahui bahwa pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah dasar tidak selalu mendukung peraihan kualitas siswa dalam membangun makna dari suatu pelajaran atau peristiwa, rendahnya kreativitas pendidik dalam mengeksplorasi makna nilai dari suatu materi, pelibatan siswa terbatas fisik tanpa mengindahkan mental dan spiritual, dan juga rendahnya tingkat kesadaran pentingnya penggugahan pendidikan nilai moral dan penggunaan media yang tepat guna kepentingan pembentukan pribadi ideal siswa di masa yang akan datang. Program pelatihan ini berupaya untuk membangun kesinambungan antara pola pembelajaran dengan kualitas membangun makna diri siswa sekolah dasar, mendorong pendidik untuk dapat mengoptimalkan pencarian ragam kreatifitas dalam melaksanakan pendidikan nilai moral dan penyampaian pesan pembelajaran hingga dapat ditangkap sempurna oleh siswa, mengenalkan media yang tepat sasaran dalam pendidikan nilai mampu melibatkan siswa secara fisik, mental, dan emosional sekaligus dalam satu waktu, dan membentuk karakter ideal sumber daya manusia Indonesia sedari dini dengan pendidikan nilai moral melalui pagelaran wayang profesi. Pelatihan dilaksanakan di SDN 1 Padahanten – Majalengka dengan sasaran para tenaga pengajar dan siswa kelas IV sebagai objek dari pendidikan nilai moral.
PEMBUATAN DAN PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF MENGENAL HURUF HIJAIYAH Fanisya Alva Mustika; Yuni Wibawanti; Juliana Juliana
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.8795

Abstract

Media dalam proses pembelajaran berperan mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran. Diharapkan media pembelajaran ini dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapai siswa. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mendukung keberhasilan terlaksananya proses pendidikan. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah mitra belum banyak memanfaatkan media pembelajaran interaktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat melakukan kegiatan kepada masyarakat dengan membuatkan media pembelajaran interaktif untuk mitra, dalam hal ini adalah media pembelajaran mengenal huruf hijaiyah. Metode pelaksanaan pengabdian masyrakat dimulai dengan wawancara, penentuan tema, pembuatan media pembelajaran, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa media pembelajaran mengenal huruf hijaiyah yang dapat membantu guru agar siswa lebih tertarik.
MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENANAMAN DAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SMA NEGERI 1 LEMPUING Ermini Ermini; Suryati Suryati; Ramanata Disurya; Sri Husnulwati; Layang Sardana; Sri Wahyuningsih; Muhammad Najib
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.8094

Abstract

Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah, 1) siswa SMA Negeri 1 Lempuing dapat memahami kembali nilai-nilai Pancasila, 2) karakter siswa SMA negeri 1 Lempuing dapat terbentuk setelah mereka memahami nilai-nilai Pancasila. Adapun kegiatan Pk Mini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi/penyuluhan selama 1 (satu) hari dengan banyaknya peserta berjumlah 40 orang siswa dari SMA Negeri 1 Lempuing. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan PkM ini antara lain dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Selain itu, digunakan kuesioner sederhana untuk mengukur pemahaman siswa sebelum dan sesudah mengikuti sosialisasi. Hasil yang diperoleh selama kegiatan PkM yaitu adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kebangsaan dan program pendahuluan bela negara sebesar 34,5% jika dilihat perbandingan dari hasil pre-test dan post-test.
PENGUATAN KOMITE PEMBELAJARAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK Hendro Prasetyono; Anna Nurfahana; Ira Pratiwi Ramdayana; Tri Anita; Nurul Hikmah
Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/jurnalpkm.v5i2.12111

Abstract

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Universitas Indraprasta PGRI dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pengawas sekolah, kepala sekolah dan guru yang terpilih dalam program sekolah penggerak diangkatan 1. Metode pelaksanaan menggunakan focus group discussion yang dikemas dalam bentuk talk show secara tatap muka langsung. Jumlah peserta 22 orang yang terdiri atas kepala sekolah, perwakilan guru komite pembelajaran dan pengawas sekolah yang berasal dari 7 SMA dan 1 SLB. Kegiatan dilaksanakan pada Sekolah Menengah Pertama 02 Kabupaten Bekasi. Kegiatan yang disusun dalam sesi paparan dan sesi tanya jawab ini memperlihatkan antusiasme para peserta dalam mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang mengimplementasikan kurikulum operasional tiap satuan pendidikan. Para peserta mendapatkan wawasan yang lebih luas dan mendapatkan panduan sederhana yang dapat diimplementasikan kurikulum sekolah penggerak di lingkungan sekolah masing-masing

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 6, No 5 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 4 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 3 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 2 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 6, No 1 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5, No 6 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 5 (2022): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 4 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 3 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 2 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 5, No 1 (2022): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 6 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 5 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 4 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 3 (2021): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 2 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 4, No 1 (2021): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 4 (2020): Jurnal PkM : Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 3 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 2 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 3, No 1 (2020): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 03 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 02 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 2, No 01 (2019): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 03 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 02 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 01 (2018): Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat More Issue