cover
Contact Name
Rendika Vhalery
Contact Email
Rendikavhalery31@gmail.com
Phone
+6281271777755
Journal Mail Official
Rendikavhalery31@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
ISSN : -     EISSN : 28294130     DOI : https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v2i4
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA) merupakan jurnal yang menerbitkan hasil dan karya di bidang C yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat. semua hasil karya orisinil akan di review dan dipublikasikan di Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa (Jurnal PKM BATASA)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa" : 9 Documents clear
POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DI SMK HUTAMA BEKASI Maskhur Dwi Saputra; Septiana Ika Ningtyas
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.2016

Abstract

Media merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain. Media memiliki berbagai bentuk salah satunya poster. Bentuk media poster telah banyak digunakan diberbagai bidang, termasuk pendidikan. Penerapan media poster ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini yaitu demonstrasi kelompok. Hal ini dilakukan dengan cara membagi kelas menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok menunjuk satu anggota untuk maju ke meja guru. Kemudian di meja guru tim PkM menjelaskan materi K3 kepada perwakilan masing-masing kelompok tersebut. Setelah itu masing-masing kelompok kembali ke kelompok asal untuk menjelaskan materi K3 kepada anggotanya dengan menggunakan media poster. Hasil penerapan media poster pada materi K3 ini dilakukan dengan memberikan tes kepada peserta didik. Rata-rata hasil tes sebelum diberikan perlakuan (pretest) sebesar 29,33 dan rata-rata hasil tes setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 68.
PKM PEMBENTUKAN STRUKTUR ORGANISASI DAN OPTIMALISASI TUJUAN ORGANISASI PADA RUMAH PGB JAKARTA TIMUR Ari Wahyu Leksono; Albertus Maria Setyastanto; Rendika Vhalery; Wahyu Utama
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.1938

Abstract

Rumah PGB merupakan rumah penggerak yang menyediakan dan menampung wadah SDM untuk kepentingan dunia usaha, bisnis, dan sebagainya. Dikarenakan Rumah PGB masih baru, diperlukan beberapa persiapan untuk menunjang kinerja Rumah PGB. Oleh karena itu, permasalahan yang perlu ditindak yaitu dibutuhkan struktur organisasi dan penentuan tujuan di Rumah PGB. Struktur organisasi pada Rumah PGB masih belum di tentukan dikarenakan Rumah PGB yang masih baru. Oleh sebab itu, tim PKM ingin memberikan materi tentang struktur organisasi serta membantu Rumah PGB dalam pembentukan struktur organisasi. Kegiatan ini juga bersifat pendampingan agar pemilihan “sub” atau “bagian” dalam struktur organisasi dapat dioptimalkan. Tim PKM juga akan memberikan materi lainnya seperti tujuan organisasi.
PELATIHAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL PADA GURU DI SMK YATINDO BEKASI Nur Rizkiyah; Agus Abdillah; Ahmad Nizar
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.2068

Abstract

Kurang optimalnya capaian pembelajaran dapat disebabkan oleh salah satu faktor yakni media pembelajaran. Capaian pembelajaran yang belum optimal searah dengan kompetensi guru yang belum optimal pula. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, maka sudah menjadi keniscayaan bahwa dalam bidang pendidikan pun harus mengikuti konstelasi zaman, termasuk media pembelajaran yang diterapkan. Media harus memiliki nilai kebaruan, adaptif, inovatif serta efektif dan efisien sehingga hasil belajar siswa optimal. Kompetensi guru yang relative rendah dalam penggunaan media pembelajaran berbasis digital, perlu ditingkatkan. Tujuan kegiatan yakni meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMK dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis digital. Salah satu caranya adalah melalui kegiatan Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Digital pada guru SMK. Kegiatan dilaksanakan di SMK Yatindo Bekasi dengan jumlah peserta keseluruhan sebanyak 25 guru, dari 3 program keahlian. Penyampaian materi pelatihan dilakukan dengan metode blanded learning yakni daring dan luring. Penyampaian materi daring seperti sajian materi disertai tugas-tugas. Penyampaian materi secara luring antara lain; presentasi materi, diskusi dan tugas-tugas lapangan. Dapat disimpulkan bahwa penyelenggaran pelatihan ini terlaksana dengan baik. Hal ini dapat ditinjau dari peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis digital pada pelaksanaan pembelajaran.
PKM KEWIRAUSAHAAN DAN MARKETING BERBASIS SAMPAH PLASTIK DI SMA INSAN KAMIL BOGOR Agus Supandi; Ria Susanti Johan; Witri Lestari; Iin Asikin
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.1784

Abstract

Kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan ssesuatu yang baru dengan cara yang penuh inovasi serta kreatif kemudian bermanfaat bagi orang lain serta memberikan nilai lebih. Sudah banyak orang di dunia ini yang memilih Kewirausahaan sebagai sebuah pekerjaan, dan menjadikannya sebagai profesi atau untuk mata pencaharian. kewirausahaan bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja termasuk di lingkungan sekolah yang dilakukan oleh siswa. Untuk menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha, para siswa terlebih dahulu belajar bagaimana cara menjadi pengusaha yang handal. Untuk menghadapi tantanga tersebut, mata pelajaran Kewirausahaan serta produk kreatif sangan diperlukan terutama di Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. Siswa diharapkan mempunyai pola piker yang strategis yang sangat diperlukan oleh seorang wirausaha agar mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia usaha. Cara yang mudah untuk mengembangkan usaha di lingkungan sekolah adalah dengan mengolah sampah dengan daur ulang sehingga sampah tersebut bisa dipakai kembali. Ecobrick menjadi salah satu solusi yang sederhana dalam mengolah sampah plastik menjadi bermanfaat dilingkungan sekolah serta menjadikan sekolah yang ramah lingkungan. Selain itu produk yang dihasilkan juga bisa dijadikan peluang usaha dan bisa dijual oleh siswa dengan cara marketing online.
BIMBINGAN BELAJAR GRATIS UNTUK SISWA TIDAK MAMPU SEBAGAI USAHA PENINGKATAN HARD SKILL MASYARAKAT DI KABUPATEN BOGOR Dwi Narsih; Nur Rizkiyah; Siti Amaliah Nurjanah
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.2069

Abstract

Pendidikan adalah modal penting yang harus dimiliki setiap orang karena dengannya masyarakat dapat lebih berdaya dan bertahan hidup di masa depan. Namun, saat ini, beberapa orang merasa sulit untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan murah, terutama bagi mereka yang kurang mampu. Namun, seharusnya semua orang dapat mendapatkan pendidikan. Untuk meningkatkan kemampuan hard skill masyarakat di Kabupaten Bogor, penulis dan tim memberikan bimbingan belajar gratis kepada siswa yang tidak mampu. Penulis menyadari betapa pentingnya kemampuan hard skill di pasar kerja. Kegiatan ini dilakukan di wilayah Citayam Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut adalah langkah-langkah yang kami ambil. Kegiatan yang kami lakukan termasuk literasi, numerik, adaptasi teknologi digital, dan meningkatkan motivasi siswa yang kurang mampu di Kabupaten Bogor. Hasil dari analisis pelaksanaan kegiatan ini menunjukkan bahwa tujuan yang diharapkan telah tercapai.
PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN Hengki Satrianta; Dian Renata; Afiatin Nisa
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.2051

Abstract

Penyusunan perangkat pembelajaran dan perangkat layanan bagi guru bidang studi dan guru Bimbingan dan Konseling (BK) senantiasa menjadi masalah dalam unjuk kinerja guru itu sendiri. Perubahan kurikulum yang mendorong perubahan administrasi perangkat menyebabkan guru menjadi kewalahan di lapangan. Khusus bagi guru BK perubahan kebijakan kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka turut memunculkan masalah tersendiri. Guru BK tidak memiliki pedoman yang jelas dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL). Untuk itu kegiatan pendampingan bagi guru BK dalam penyusunan RPL perlu dilakukan agar guru BK memiliki pandangan yang komprehensif mengenai RPL dalam Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaannya kegiatan pendampingan dikemas dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat yang dilangsungkan di SMK Negeri 34 Jakarta. Sasaran kegiatan ini adalah guru BK di Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Pusat. Pendampingan ini diselenggarakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Melalui kegiatan pendampingan diperoleh hasil bahwa: a) pemahaman guru BK dalam penyusunan RPL pada dasarnya belum optimal, b) kegiatan pendampingan memberikan pemahaman baru bagi guru BK dalam penyusunan RPL, dan c) masih tetap dibutuhkan kegiatan lanjutan dalam mendampingi guru BK dalam penyusunan RPL.
PKM KELOMPOK PEMUDA KARANG TARUNA DALAM MENGOLAH MINUMAN HERBAL DI BEDAHAN, SAWANGAN DEPOK UNTUK MENCIPTAKAN PELUANG USAHA BARU PASCA PANDEMI Deden Ibnu Aqil; Askardiya Mirza Gayatri; Tony Margiyanto Adhi; Muzdalifah Muzdalifah; Naufal Abdurrahman Walid
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.1792

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan dan tanaman obat keluarga yang dilanjutkan dengan pelatihan keterampilan melalui praktek langsung bagi kelompok pemuda karang taruna di kelurahan Bedahan Sawangan Depok. Pemuda karang taruna masih merasa bingung dan belum percaya diri dalam memulai usaha. Dengan alasan tersebut tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Indraprasta PGRI yang berjumlah 3 (tiga) dosen dibantu oleh 1 (satu) mahasiswa akan memberikan penyuluhan, pengetahuan, dan pelatihan kepada kelompok pemuda karang taruna di Bedahan Sawangan Depok.yang berjumlah sekitar 26 orang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah diawali dengan pemberian pengetahuan tentang kewirausahaan dan pengetahuan lingkungan termasuk pengetahuan tanaman obat yang rencananya akan dilakukan secara hibrida yaitu tatap muka dengan ikuti prokes dan online. Dilanjutkan dengan praktek langsung membuat minuman/ wedang herbal dan menetapkan harga jual. Bentuk luaran yang diharapkan adalah kelompok pemuda karang taruna di Bedahan adalah mendapatkan pengetahuan kewirausahaan sebagai pembekalan untuk menjadi pengusaha pemula, menambah pengetahuan dalam membuat minuman/ wedang herbal dari tanaman obat sebagai peluang usaha pasca pandemic dan dapat menetapkan harga jual produk wedang herbal.
PELATIHAN TERAPI MEWARNAI UNTUK MEREDUKSI STRES BELAJAR BAGI GURU MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL PAGADEN Sri Utami; Cindy Marisa; Evi Fitriyanti; Anna Rufaidah
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.2052

Abstract

Stres belajar merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh siswa. Banyak metode yang dianggap mampu mereduksi stres belajar yang dihadapi oleh siswa. Namun demikian stres belajar masih tetap saja terjadi. Guru telah banyak melakukan teknik dalam menurunkan stres belajar namun belum menemukan hasil yang optimal. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan pelatihan salah satu teknik yang dianggap mampu mereduksi stres belajar, yaitu terapi mewarnai. Pelatihan ini diberikan kepada guru yang pada akhirnya akan dijadikan sebagai salah satu teknik untuk membantu menurunkan tingkat stres belajar pada siswa. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diberikan kepada guru Muhammadiyah Boarding School Pagaden, Kabupaten Subang. Kegiatan ini melibatkan 27 orang guru Muhammadiyah Boarding School yang dilakukan secara daring. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan workshop. Luaran yang diharapkan dalam kegiatan ini adalah guru mampu memiliki pengetahuan mengenai terapi mewarnai sekaligus melaksanakan teknik ini ketika siswa mengalami stres belajar. 
PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMP NEGERI 3 DEPOK Fadli Rasam; Ani Interdiana Candra Sari; Elin Karlina; Al-Qomari Cahyo
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa Vol 2, No 3 (2023): Jurnal PKM Batasa
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/pkmbatasa.v2i3.1873

Abstract

Dewasa ini banyak para guru melakukan penelitian tindakan kelas tetapi tidak dapat menerapkan hasil dari penelitian yang mereka buat. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yakni memberikan pemahaman mengenai landasan teori/pemikiran dan landasan hukum Penelitian Tindakan Kelas, memotivasi guru dalam melakukan PTK, mendampingi guru dalam merancang PTK, dan membantu para guru dalam menerapkan hasil dari penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dengan ceramah dan eksperimen. Hasil yang didapatkan bahwa dengan abdimas yang telah dilakukan ternyata Guru mampu memahami PTK, mampu memahami permasalahan yang teejadi dikelas yang bisa diangkat menjadi penelitian, mampu membuat proposal penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 9