cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Dasar
Published by STKIP Melawi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022" : 15 Documents clear
ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN SINDANG III Firda Yunianti; Riski Ananda; Muh. Husen Arifin; Yona Wahyuningsih
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.487

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keefektifan serta bagaimana pengaruh model pembelajaran bauran (blended learning) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di SDN Sindang III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan wawancara sebagai sumber data, baik itu data primer, data sekunder. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekitar 64% dari total 25 orang siswa kelas V di SDN Sindang III menganggap pembelajaran bauran (blended learning)tidak berjalan dengan efektif terkendala beberapa hal seperti kurangnya fasilitas penunjang yang dimiliki siswa untuk mengikuti pembelajaran bauran ini serta pengaturan pembelajarannya yang masih kurang baik seperti bagian pembelajaran yang berani yang belum dilaksanakan secara semestinya, jam pembelajaran yang terlalu singkat membuat guru sulit untuk melaksanakan pembelajaran yang baik , kerjasama antara guru dengan orang tua siswa tidak berjalan dengan baik, serta pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan model dan media yang kurang variatif. Hal ini mengakibatkan proses pembelajaran yang dilakukan menjadi kurang optimal yang terlihat dari pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi di kelas V SDN Sindang III hanya sekitar 48% yang termasuk dalam kategori sedang.Kata Kunci: Pembelajaran Bauran, Hasil Belajar, Kegiatan Ekonomi
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN Dessy Dwitalia Sari; Tika Puspita Widya Rini
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.489

Abstract

Online learning during the Covid-19 pandemic has an impact on the early reading ability of grade 1 elementary school students. Online learning that is carried out in full makes the teacher unable to find out why students are still not fluent in reading. The data found some students do not know the letters and how to pronounce them. The purpose of this study was to determine the initial reading ability of first graders at SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin using a Montessori reading book. In addition, to determine the significant effect on learning to use Montessori reading books in improving early reading skills. This study uses an experimental method with t-test analysis. The results showed that the students' initial reading ability increased. The results of the t-test showed a value of 0,026 0.05, so it can be said that there was a significant difference in the students' initial reading ability who used Montessori reading books with students who studied without using Montessori reading books. Learning to use Montessori reading books has an effect on students' initial reading ability.
MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER DALAM MUATAN PELAJARAN IPS TEMA “PAHLAWANKU” KELAS IV SEKOLAH DASAR Neng Fitri Andriani; Arifin Maksum; Prayuningtyas Angger Wardhani
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.407

Abstract

This development research aims to: (1) develop digital comic media products based on character values as social studies learning media in the fourth grade of elementary school, and         (2) knowing feasible the digital comic media based on character values that were develop. The research was carried out in class IV SDN Makasar 06 East Jakarta from October 2020 to July 2021. The research method used was the research and development (RD) method with the ADDIE development model. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. The development of research involving multiple respondents, one expert lecturer's material, one media expert lecturer, one lecturer linguist, and learners in grade IV SDN 06 Makasar East Jakarta, amounting to 12 to assess the feasibility of digital comics media products developed. The results showed that digital comic media based on character values was considered very good. This can be seen based on the average value of the material, media, and language expert validation tests of 93.44% in the very good category, and the student trial score of 96.69% in the very good category. Based on the explanation above, this character value-based digital comic media is included in the very good category, so it is feasible to be used as a learning medium in social studies subject matter in grade IV SD.
STRATEGI PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB KEPADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN BELAJAR Reksa Adya Pribadi; Sri Wahyuni; Nuraini Nuraini
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.490

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan hasil meningkatkan karakter tanggung jawab kepada peserta didik melalui kegiatan pendampingan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluasi dalam pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah guru dan 6 orang peserta didik kelas I SDN 2 Kerta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi memperkuat karakter tanggung jawab melalui pendampingan belajar peserta didik yang mampu melaksanakan dengan baik oleh guru serta memberikan hasil yang baik bagi peserta didik terhadap peningkatan karakter tanggung jawab yang diberikan.Kata Kunci: strategi, tanggung jawab, pendampingan
MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS 4 DI SDN GORDA 1 Sulisti Nurfatimah; Ana Nurhasanah; Lukman Nulhakim
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.493

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar, upaya guru dalam meninngkatkan minat belajar siswa danmelihat bagaimana minat belajar siswa dalam pembelajaran daring kelas 4.  penelitian ini merupakan penelitian ini dilaksanakan di SDN Gorda 1 yang terletak di Cikande Serang, Mulai dari pada bulan April 2021. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini  bahwasannya faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar seperti peran orang tua, peran guru, sarana prasarana, dan metode strategi sudah cukup baik dilakukan. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat besar dengan memotivasi dan memberikan apresiasi kepada siswa. Dan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring di SDN Gorda 1 sangat baik dilihat dari perhatian siswa, kesukaan siswa, kesukaan siswa dan ketertarikan siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIKLUS AIR TIGA DIMENSI PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR Nafisha Khoiriyatussoliha; Sutrisno Sutrisno; Prayuningtyas Angger Wardhani
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.409

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran siklus air tiga dimensi yang digunakan untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (RD) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan wawancara serta kuesioner. Penelitian pengembangan ini memelibatkan beberapa responden yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi, dosen ahli bahasa, serta peserta kelas V sekolah dasar. Hasil penelitia  dilihat berdasarkan nilai rata-rata dari uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang memperoleh presentase 90,2% dengan kategori sangat baik, serta uji coba peserta didik memperoleh presentase 95% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, maka media pembelajaran siklus air tiga dimensi termasuk ke dalam kategori sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi kelas V sekolah dasar.
MISKONSEPSI PADA KONSEP RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA: DIGALI MENGGUNAKAN INDIVIDUAL DEMONSTRATION INTERVIEW BERBANTUAN PHET SIMULATION Erlin Eveline; Rindah Permatasari
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.585

Abstract

Abstract: Misconceptions are one of the inhibiting factors in learning science. This study aims to describe preservice elementary school teachers' misconceptions using an individual demonstration interview model on the electrical circuit concept. We used PhET Simulation Kit Circuit construction: DC-Virtual lab, a virtual laboratory for assembling simple electrical circuits for demonstration in this study. A total of 25 preservice elementary school teachers were research subjects. Research data were analyzed by comparing conceptions of students and conceptions of scientists. Students' conceptions that are different from scientists' conceptions are misconceptions that occur by students. The results indicate that students have several misconceptions. Some of these misconceptions were similar to previous studies. Students notice that the lamp can consume the current, and the closer the lamp to the battery, the brighter the lamp will glow. Individual demonstration interview techniques assisted by PhET Simulation can apply to explore students' misconceptions.Keywords: misconceptions, science, interview Abstrak: Miskonsepsi menjadi salah satu faktor penghambat dalam pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dengan menggunakan teknik wawancara model individual demonstration interview pada materi rangkaian listrik sederhana. Peneliti menggunakan PhET Simulation Kit Konstruksi sirkuit: DC-Virtual lab yang merupakan laboratorium virtual untuk merangkai rangkaian listrik sederhana untuk demonstrasi. Sebanyak 24 mahasiswa calon guru sekolah dasar dijadikan subjek penelitian. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan konsepsi mahasiswa dengan konsepsi ilmuwan. Konsepsi mahasiswa yang berbeda dengan konsepsi ilmuwan merupakan miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa. Hasil penelitian menemukan mahasiswa memiliki beberapa miskonsepsi. Beberapa miskonsepsi yang ditemukan sama dengan miskonsepsi yang ditemukan pada penelitian sebelumnya. Mahasiswa menganggap arus dapat dikonsumsi oleh lampu dan semakin dekat lampu dengan baterai, semakin terang nyala lampu. Teknik an individual demonstration interview berbantuan PhET Simulation dapat diterapkan untuk menggali miskonsepsi mahasiswa.Kata Kunci: Miskonsepsi, sains, wawancara
PENGARUH MODELTEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR Puji Rahmawati; Yuli Budhiarti; Roki Roki
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.203

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Team Game Tournament(TGT)terhadap aktivitas belajar matematika dalam materi pecahan pada siswa kelas V SDN 12 Entikong.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, menggunakan model Team Game Tournament(TGT),desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design, model Desain One-Group Pretest-Posttest Design.Hasil penelitian, dipeoleh dari rumus persentase dan uji normalitas serta uji hipotesis untuk mengetahui aktivitas belajar. Hitungan pretest pada kolom Ya 34,82% jika dijumlahkan sebesar 172. Hasil hitungan posttes kolom Tidak 65,18% jika dijumlahkan sebesar 322. Hasil hitungan pretest kolom Ya 39,88% jika dijumlahkan sebesar 197. Hasil hitungan posttest kolom Tidak 59,92% jika dijumlahkan sebesar 296. Berdasarkan hasil uji normalitas sebelum perlakuan yaitu X2hitung = 1.080,53 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitungX2tabel. Uji normalitas sesudah perlakuan yaitu X2hitung = 920, 94 dan X2tabel = 37,65 lalu disimpulkan bahwa X2hitungX2tabel. Kesimpulan uji normalitas yaitu data penelitia ini berdistribusi tidak normal.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK Mufih Kurani Haqih; Zerri Rahman Hakim; Reksa Adya Pribadi
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Multimedia Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline yang diterapkan pada kegiatan pembelajaran tematik dan untuk mengetahui kelayakan serta respon siswa terhadap penggunaan multimedia Interaktif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan prosedur penelitian mengacu pada model 4D dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dilakukan di SDN Bojong dengan subjek penelitian siswa kelas IV sejumlah 23 Orang. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) kelayakan multimedia interaktif oleh validasi ahli dan pendidik. Pada validasi materi memperoleh nilai rata-rata 41,7 dan validasi media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74,3 keduanya termasuk dalam kategori “Sangat layak”, (2) tanggapan siswa terhadap multimedia interaktif pada uji coba perorangan memperoleh rata-rata persentase sebesar 91% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan pada uji coba lapangan kelompok kecil memperoleh rata-rata persentase sebesar 93% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk Multimedia Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline sudah layak digunakan dan mendapatkan respon yang baik dari pengguna untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran tematik.Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Software Articulate Storyline, Pembelajaran Tematik, Kelas IV SD
ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 01 SEMANGET Sukristin Sukristin
JURNAL PENDIDIKAN DASAR Vol 10, No 1 (2022): Juni 2022
Publisher : STKIP Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/jpd.v10i1.744

Abstract

Abstract: this research aims to find out the cause of motivation lack in social science learning in Public Elementary School 01 Semanget, sub-district Entikong. The method is qualitative-descriptive. The results of this research are 1) based on the questionnaire result shows that the good criteria is in 10%, the good enough criteria is in 20% and the inadequate criteria is in 70%. It shows the highest questionnaire result percentage is in the inadequate criteria. 2) and the result of interview shows that the causes of motivation lack in science learning are the student competence, the student environment condition, and the technology development in this era. 3) according to the documentation data shows that the student score from the theme 1 to the theme 3, including the criteria of science learning score is in “the inadequate criteria”. It can conclude that the student motivation is inadequacy and the causes of student motivation lack in social science learning are 1) the student competence, 2) the environment condition, and 3) the effect of technology developmentKeyword : learning outcomes, motivation, technologicaldevelopment Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab kurangnya motivasi belajar IPS di SDN 01 Semanget Kecamatan Entikong.  Metode penelitian ini adalah Kwalitataf dengan pendekatan deskriptif kwalititatif. Hasil penelitian 1) dilihat dari hasil angket menunjukan kriteria baik  berada pada 10%, kriteria cukup  20% dan kriteria kurang berada pada 70%. Presentase hasil angket yang lebih banyak adalah kriteria kurang,  2) hasil wawancara, penyebab kurangnya motivasi belajar IPS adalah karena disebabkan oleh kemampuan siswa itu sendiri, kondisi lingkungan siswa, dan perkembangan teknologi pada saat ini,  3) dari data dokumentasi menunjukan  nilai siswa dari tema 1 sampai tema 3, berserta kriteria nilai IPS siswa adalah masih kurang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa masih sangat kurang, dan penyebab dari kurangnya motivasi belajar IPS siswa kelas V, ada tiga penyebab yaitu: 1) Kemampuan Siswa, 2) Kondidsi lingkungan, 3) Pengaruh Perkembnagan teknologi.Kata Kunci : Hasil Belajar, motivasi, perkembangan teknlogi

Page 1 of 2 | Total Record : 15