cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman
ISSN : -     EISSN : 24776300     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Jurnal ini terbit sebanyak dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan penelitian dan artikel konseptual yang berkaitan dengan bidang ilmu bimbingan dan konseling, pendidikan, dan psikologi pendidikan..
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2022): June" : 11 Documents clear
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SOSIO-EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR Miranti Widi Andriani; Yunita Hariyani
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.131 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.6511

Abstract

Periode perkembangan akan dapat dilihat perubahannya baik secara, psikis, emosional, dan sosial. Perubahan tersebut mengahasilkan korelasi antara aspek sosial dan emosional anak mengharuskan individu memiliki kemampuan untuk mengenal emosi, memahami emosi dan cara mengekspresikan emosi pada situasi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku sosio-emosional siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Single Subjek Research (SSR). Desain rancangan subjek tunggal yang digunakan adalah desain A-B-A. Hasil penelitian adalah perilaku berbaur dengan teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan, perilaku membuka diri sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan mengalami peningkatan, dan perilaku percaya pada teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan trend/kecenderungan layanan bimbingan kelompok dapat mempengaruhi perilaku sosio-emosional. Implikasi hasil penelitian dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru sekolah dasar agar memperhatikan faktor perkembangan sosio-emosional dengan cara mendiagnosisnya._____________________________________________________________________ The developmental period will be able to see the changes both psychologically, emotionally, and socially. These changes result in a correlation between the social and emotional aspects of children requiring individuals to have the ability to recognize emotions, understand emotions and how to express emotions in social situations. The purpose of this study was to examine more deeply about how the influence of group guidance services on the socio-emotional behavior of elementary school students. This research is an experimental study using a Single Subject Research (SSR) research design. The single subject design used is the A-B-A design. The results of this research are that the behavior of mingling with friends before and after the treatment of group guidance services has increased, the behavior of opening up before and after the treatment of guidance services has increased, and the behavior of trusting friends before and after the treatment of group guidance services has increased. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that the trend of group guidance services can influence socio-emotional behavior. The implications of the research results in this study can be used as input for elementary school teachers to pay attention to socio-emotional development factors by diagnosing them.
HALAMAN DEPAN JBKR VOL. 8 NO. 1 TAHUN 2022 Rudi Haryadi
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.839 KB)

Abstract

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ABILITY POTENTIAL RESPONSE PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 25 BANJARMASIN Rizki Widia Wati; Ririanti Rachmayanie Jamain; Muhammad Andri Setiawan
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.602 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.5520

Abstract

Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar yang dilakukan oleh siswa dengan tidak bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Selain itu, kemandirian belajar juga mempengaruhi kepada hasil belajar siswa, karena apabila rendahnya sikap kemandirian siswa maka hasil belajar yang akan didapatkan juga rendah. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response pada siswa kelas VII di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dan dilaksanakan dalam III siklus. Adapun hasil penelitian yang berhasil dicapai pada siklus III, yaitu aktivitas peneliti mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori baik, dan peningkatan kemandirian belajar siswa mencapai kategori berhasil.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 8 orang siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen data yang digunakan adalah lembar observasi disertai rubrik penilaian, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik ability potential response dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa.____________________________________________________________________ Independent learning is a learning activity carried out by students by not depending on others in completing their tasks. In addition, learning independence also affects student learning outcomes, because if the student's attitude is low, the learning outcomes that will be obtained are also low. The purpose of this study is to increase student learning independence through group counseling services with the ability potential response technique for seventh grade students at SMP Negeri 25 Banjarmasin. The type of research used is guidance and counseling action research and is carried out in cycle III. The results of the research that were successfully achieved in the third cycle, namely the researcher's activity reached the very good category, the student's activity reached the good category, and increased student learning independence reached the successful category. The sampling technique used is purposive sampling. The data instrument used is an observation sheet accompanied by an assessment rubric, interviews, and questionnaires. The data analysis used is qualitative data and quantitative data. The results showed that group counseling services with the ability potential response technique could increase students' learning independence.
PERSEPSI SISWA KELAS IX DALAM MERENCANAKAN KARIER DENGAN BANTUAN MEDIA POHON KARIER Ikke Nurjanah Sinaga; Nurus Sa'adah
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.674 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.5910

Abstract

Saat ini media yang digunakan dalam melaksanakan bimbingan karir dinilai terlalu monoton, sehingga menyebabkan para siswa terlihat kurang antusias dalam melaksanakan bimbingan karir di dalam kelas. Salah satu hal yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki siswa yaitu dengan adanya pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Dalam ilmu bimbingan dan konseling, terdapat empat bidang bimbingan yang diterapkan kepada siswa di sekolah yaitu bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pohon karir dalam mengembangkan perencanaan karir siswa kelas IX. Penelitian ini mengacu pada metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara, adapun teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pohon karir ini mudah dipahami siswa dan mampu meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti proses pelaksanaan bimbingan karir, selain itu media pohon karir ini juga mudah untuk diterapkan oleh para Guru BK dalam mengembangkan perencanaan karir siswa._____________________________________________________________________ Currently the media used in carrying out career guidance is considered too monotonous, causing students to look less enthusiastic in carrying out career guidance in the classroom. One of the things that can help students in developing their potential and abilities is the implementation of Guidance and Counseling in schools. In the science of guidance and counseling, there are four areas of guidance that are applied to students in schools, namely personal, social, learning, and career fields. In addition, this study aims to implement career tree media in developing career planning for grade IX students. This study refers to a qualitative method with a phenomenological approach. Data was collected using observation and interviews, while the data analysis techniques used were data reduction and conclusion drawing. The results showed that the career tree media was easy for students to understand and was able to increase students' enthusiasm in participating in the process of implementing career guidance
ANALISIS MEANING OF LIFE ORANG YANG SEMBUH COVID-19 Afdal Afdal; Nurhayati Nurhayati; Winda Putri Amevi; Yola Risma Andini; Yona Amanda; Wiwin Andriani; Denia Syapitri
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.527 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.5835

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan banyak dampak bagi kehidupan secara fisik maupun psikologis dalam jangka waktu yang berkepanjangan, khususnya terhadap orang yang sembuh dari covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis meaning of life orang yang sembuh covid-19. Subyek dalam penelitian ini adalah orang yang sembuh dari covid-19 yaitu berjumlah 4 orang yaitu 1 orang perempuan berusia 23 tahun, dan 3 orang laki-laki berusia 23 tahun, 25 tahun serta 22. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi, yang mana data dianalisis secara kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang sembuh dari covid-19 mengalami gangguan secara psikologis, seperti stress, adanya kekhawatiran dan rasa takut yang berlebihan serta merasa buruk dalam kehidupan maupun secara fisik, seperti tidak mau makan. Namun demikian, dengan adanya dukungan sosial dari keluarga, teman, maupun lingkungan sekitar yang telah peduli, membuat subyek merasa bahwa kehidupannya lebih bermakna terutama setelah dinyatakan sembuh dari covid-19 sehingga subyek tetap semangat dan semakin termotivasi untuk dapat hidup dalam keadaan normal seperti sebelumnya.Selain itu, orang yang sembuh dari covid-19 menyadari tentang pentingnya makna hidup untuk menjalankan hidup normal tanpa melanggar aturan-aturan yang berlaku terkhusus kesehatan dan ajaran agama. Oleh sebab itu, partisipasi dari semua komponen masyarakat sangat dibutuhkan, seperti peran orangtua,keluarga, dan konselor serta lembaga masyarakat lainnya.
KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING Amallia Putri; Siti Khotimah
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.716 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.7129

Abstract

Pada hakikatnya tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab dan dampak kesulitan belajar yang dialami siswa selama proses pembelajaran daring. Adapun metode penelitian yang dipilih berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan sumber data penelitian merupakan tiga siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Metode yang dipilih berupa studi kasus intrinsik dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat dua faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya motivasi siswa, rasa bosan, dan kurangnya persiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Faktor eksternal berupa terbatasnya kuota internet yang dimiliki. Dampak dari kesulitan belajar antara lain tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, terlambat mengumpulkan tugas bahkan tidak tugas. Dengan demikian, motivasi siswa menjadi aspek terpenting bagi keberhasilan proses pembelajaran daring. Kurangnya motivasi menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar yang berdampak negatif bagi siswa.__________________________________________________________________ In essence, the purpose of this research is to find out the causes and impacts of difficulties experience by students durng the online learning process. The research methode was was chosen is desriptive with a qualitative approach. Informan of research data sources were are three students of class X Madrasah Aliyah Islamiyah Pontianak which were determined through purposive sampling technique. The method used is an intrinsic case study, with data collection techniques including in-depth interviews, observation and documentation studies. The data analysis technique uses an interactive model consisting of stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results showed that there are two factors that cause learning difficulties, namely internal factors and external factors. Internal factors include lack of student motivation, boredom, and lack of student preparation in participating in online learning. External factors in the form of limited internet quota owned. The impact of learning difficulties include not being able to achieve the expected learning objectives, being late in submitting assignments and not even completing assignments. Thus, student motivation becomes the most important aspect for the success of the online learning process. Lack of motivation causes students to experience difficulties in learning which has a negative impact on students.
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KARIER UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA DI SMPN 9 BLITAR Elia Firda Mufidah; Peppy Sisca Dwi Wulansari; Mudhar Mudhar
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1415.201 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.6916

Abstract

Kurikulum merdeka menjadi hal baru yang di dunia pendidikan. Layanan bimbingan dan konseling diharapkan mampu untuk menyesuaikan dengan kurikulum merdeka. Bimbingan dan Konseling sebagai bagian dari unsur yang ada disekolah diharapkan mampu untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka atau merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memaparkan layanan bimbingan karier yang mendukung kurikulum merdeka di SMPN 9 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian yakni 2 guru bimbingan dan konseling SMPN 9 Blitar yang diambil secara purposive sampling. Pengambilan data penelitian menggunakan wawancara dan observasi. Peneliti membuat pedoman wawancara meliputi pemahamn terkait kurikulum merdeka, sumber untuk mempelajari kurikulum merdeka dan bagaimana implementasi layananHasil dari penelitian ini diperoleh data layanan bimbingan dan konseling bidang karier di SMPN 9 Blitar mengadaptasi model project based learing dimana pemberian proyek mading info sekolah lanjutan dan pohon karier. Siswa terlihat aktif dalam mengikuti layanan bimbingan karier yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling._____________________________________________________________________ Kurikulum Merdeka (An independent curriculum) is a new thing in the world of education. Guidance and counseling services are expected to be able to adapt to the independent curriculum. Guidance and Counseling as part of the existing elements in schools is expected to be able to support the implementation of  kurikulum merdeka or merdeka belajar. The purpose of this study is to describe career guidance services that support the independent curriculum at SMPN 9 Blitar. This research uses a case study qualitative approach. The research subjects were 2 guidance and counseling teachers at SMPN 9 Blitar which were taken by purposive sampling. Retrieval of research data using interviews and observation. Researchers made interview guidelines covering understanding related to kurikulum merdeka, sources for studying the kurikulum merdeka and how to implement services. The results of this study obtained data on career guidance and counseling services at SMPN 9 Blitar adapting a project based learning model in which the project provides information on high school information and career trees. Students are seen to be active in participating in career guidance services provided by guidance and counseling teachers.
TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN NILAI KARAKTER MANDIRI BELAJAR SISWA Annisa Khairani; Akhmad Sugianto; Rizky Ildiyanita
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.202 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.7076

Abstract

Siswa yang memiliki nilai karakter mandiri belajar rendah akan mempengaruhi kepada tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskipsikan dan menganalisis keberhasilan dalam menggunakan teknik self-management berbasis konseling model Konseling, Intensif, Progresif, Adaptif, Struktur (KIPAS) untuk meningkatkan nilai karakter mandiri belajar pada siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini mengaplikasikan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif serta model PTBK yang diterapkan pada penelitian ini yaitu model Kurt Lewin serta dilakukan dalam tiga siklus. Sampel diperoleh dari siswa kelas VII sebanyak 6 orang siswa. Sampel ditentukan melalui teknik stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang dimanfaatkan yakni: lembar observasi dengan rubrik penilaian, pedoman wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil rubrik kegiatan peneliti dan siswa, serta hasil tindakan dari pelaksanaan teknik self-management yang telah dibuat, didapatkan hasil adanya peningkatan pada setiap siklus, pada aktivitas peneliti meraih kategori “baik”, pada aktivitas siswa berada pada kategori “aktif”, dan hasil tindakan dari pelaksanaan teknik self-management mencapai kategori “berhasil”. Dari penelitian tindakan yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai karakter mandiri belajar dengan menggunakan teknik self-management.__________________________________________________________________ Students who have low self-study character values will affect the level of student learning outcomes. The purpose of this study was to describe and analyze the success of using self-management techniques based on the KIPAS model in increasing the value of independent learning characters in grade VII students of SMP Negeri 11 Banjarmasin. This research uses the type of Counseling Guidance Action Research (PTBK) using a qualitative approach and the PTBK model used in this study is the Kurt Lewin and carried out in three cycles. The sample of this research is class VII students, totaling 6 students. The sampling technique used is stratified random sampling. Data collection tools used include: observation sheets with assessment rubrics, interview guidelines, and questionnaires.Based on the results of the rubric of research activities, student activities and the results of actions from the implementation of self-management techniques that have been made, the results obtained are an increase in each cycle, the research activity reaches the "good" category, the student activity is in the "active" category, and the results of the action from the implementation of self-management techniques reached the “successful” category. From the action research that has been done, it can be concluded that there is an increase in the value of independent character learning by using self-management techniques.
ANALISIS MINAT BELAJAR MAHASISWA FIP UNG DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MASA PANDEMIK COVID-19 Idriani Idris; Nurul Maulida Alwi; Rifda Mardia Arif; Salim Korompot; Meiske Puluhulawa
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.028 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.6536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa FIP UNG dalam pembelajaran jarak jauh. Desain penelitian menggunakan pendekatan studi cross sectional merupakan bagian dari penelitian deskriptif kuantitatif untuk menghitung persentase minat belajar mahasiswa dari 5 jurusan yang berbeda di FIP UNG. Subyek penelitian sebanyak 271 mahasiswa FIP UNG diperoleh dari 13% dari 2.110 mahasiswa FIP UNG semester genap 2020/2021 jurusan BK, PAUD, MP, PLS dan PGSD. Menggunakan skala likert berjumlah 24 nomor pernyataan yang telah valid dengan skor reliabilitas 0.89. Menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar mahasiswa FIP UNG dalam pembelajaran jarak jauh memperoleh rata-rata 69.88% (Sedang). Pada indikator perasaan senang memperoleh capaian skor 74,3%, keterlibatan memperoleh 71,2%, ketertarikan memperoleh 77%, perhatian memperoleh 71,6%. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar dapat menindaklanjuti dengan memberikan treatment atau perlakuan sebagai solusi untuk meningkatkan atau mempertahankan minat belajar mahasiswa tidak hanya dilingkungan FIP UNG tetapi juga di berbagai fakultas dan universitas lainnya, berupa metode dan strategi belajar yang matching¸menyenangkan dan mudah dipahami dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik covid-19 sehingga mahasiswa aktif dalam pembelajaran._________________________________________________________________ This study aims to determine the learning interest of FIP UNG students in distance learning. This sudy design uses cross sectional study approach that is part of quantitative descriptive research to account the percentage of learning interest students from 5 different departments in FIP UNG. Subjects of study are 271 sudents in FIP UNG students taken from 13% of 2,110 students of the FIP UNG semester 2020/2021 from the Departments of BK, PAUD, MP, PLS and PGSD. This study used an instrument with a likert scale, totaling 24 statement numbers that was valid and with reliability score is 0.89. used descriptive data analysis. The results showed that the learning interest of the students in Faculty of Education, State University of Gorontalo in distance learning showed that  an average of 69.88%, this shows that the learning interest of FIP UNG students in distance learning is in the moderate category. The happy feeling indicator got a score of 74.3%, the involvement indicator got a score of 71.2%, the interest indicator got a score of 77%, the attention indicator got a score of 71.6%. It is recommended for further research that it can be obtained by providing treatment as a solution to increase or maintain student interest in learning not only in FIP UNG but also ini other faculty and university environment and in various other architectures and universities, as like some methods and strategies learning that are matching, fun and easy to understand in distance learning during the covid-19 pandemic so that students are active in learning. 
DAMPAK CLIENT CENTERED COUNSELING TERHADAP REGULASI DIRI SISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI AKADEMIK Frinda Dewi Pertiwi; Nurus Sa`adah
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN Vol 8, No 1 (2022): June
Publisher : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.937 KB) | DOI: 10.31602/jbkr.v8i1.7126

Abstract

Beranekaragamnya perilaku yang dilakukan siswa pasti memberikan dampak positif atau dampak negatif bagi diri, seperti halnya perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik merupakan salah satu tindakan negatif yang dilakukan siswa secara sadar, dengan menunda penyelesaian tugas dengan lebih mengedepankan keinginan atau hal lain sehingga menjadikan kesenjangan dalam waktu. Diantara faktornya, kurang fahamnya siswa terhadap materi mata pelajaran dan pengaruh teman sebaya yang memberikan hasutan untuk mengedepankan keinginan daripada kebutuhan. Salah satu upaya preventif untuk menangani kasus tersebut yakni menyadarkan siswa dengan menerapkan teknik Client Centered Counseling (CCT) dengan tujuan untuk mengasah regulasi diri siswa dengan kasus yang diperbuat. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang diteliti berjumlah 5 siswa yang bertempat di MTs Unggulan Jabal Nur Darussalam. Teknik pengumpulan data menggunakan cara teknik observasi, dan wawancara. Selain itu, analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Adapun hasilnya, ada 4 aspek preventif dalam regulasi diri dari beberapa informan yang melakukan prokrastinasi akademik yakni, dengan regulasi kognitif, regulasi waktu, regulasi sosial, dan regulasi motivasi.____________________________________________________________________ The diversity of behavior carried out by students must have a positive or negative impact on themselves, such as academic procrastination behavior. Academic procrastination is one of the negative actions taken by students consciously, by delaying the completion of assignments by prioritizing desires or other things so as to create gaps in time. Among the factors, students' lack of understanding of the subject matter and the influence of peers who provide incitement to prioritize desires rather than needs. One of the preventive measures to handle these cases is to make students aware by applying the Client Centered Counseling (CCT) technique with the aim of sharpening students' self-regulation with the cases they have committed. The research method used is a qualitative method with a descriptive type. The subjects studied were 5 students who were housed at MTs Unggulan Jabal Nur Darussalam. Data collection techniques using observation techniques, and interviews. In addition, data analysis is carried out by reducing data, presenting data, drawing conclusions. As for the results, there are 4 preventive aspects in self-regulation of some informants who carry out academic procrastination, namely, cognitive regulation, time regulation, social regulation, and motivation regulation.

Page 1 of 2 | Total Record : 11