cover
Contact Name
Elfi Tasrif
Contact Email
elfitasrif@ft.unp.ac.id
Phone
+628116697501
Journal Mail Official
editor.sulben@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Hamka Air Tawar Padang , West Sumatera -Indonesia 25131
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 14116960     EISSN : 27146766     DOI : https://doi.org/10.24036/sb.0450
Suluah BendangJournal is to disseminate the conceptual thoughts, ideas and research results that have been achieved in the area of community services, social sciences, applied science, technology and other relevan field published by LP2M Universitas Negeri Padang. This journal scope contains scientific articles from various disciplines that are adopted in various community service activities, social sciences, applied science, technology, applied research and other relevan fields. Articles published in SULBEN on the original scientific research results and accepting manuscripts of articles in the field of applied research and community service encompassing relevant scientific fields with: social, educational, science, sports, language, business and economics of various academics and researchers both nationally and internationally.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat" : 9 Documents clear
Pelatihan Penulisan Bahan Ajar Berbasis Modul Bagi Guru Sejarah di Provinsi Lampung Maskun Maskun; Ali Imron; Sumargono Sumargono; Yusuf Perdana
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.01190

Abstract

Program pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung ini adalah bertujuan uuntuk meningkatkan kompetensi guru sejarah yang tergabung dalam Asosiasi di Provinsi Lampung dalam membuat modul yang relevan dengan karakteristik peserta didik, sehingga keterampilan guru meningkat dalam menyusun modul sejarah  yang kreatif, inovatif dan menarik serta mengintegrasikan kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah sosialisasi dengan bentuk presentasi yang dilakukan oleh narasumber tim pengabdian sendiri dan pelatihan secara langsung dengan bentuk pendampingan kepada peserta pengabdian. Instrument yang digunakan adalah Materi yang tersaji dalam bentuk power point, Contoh modul dan buku ajar sejarah, dan Lembar evaluasi kegiatan dalam bentuk pre test dan post tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian pengabdian pelatihan penulisan bahan ajar berbasis modul bagi guru sejarah di Provinsi Lampung terlaksana dengan baik dan meningkatnya kreativitas dan kompetensi  guru terhadap modul sejarah.
Pelatihan Service Sepeda Motor Electronic fuel injection bagi Pemuda Putus Sekolah di Nagari Batu Basa Kec. Pariangan kab. Tanah Datar M. Yasep Setiawan; Ahmad Arif; Martias Martias; Milana Milana; Nuzul Hidayat
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.01130

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan kepada pemuda putus sekolah tentang perawatan dan servis sepeda motor electronic fuel injection di Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar sesuai dengan standard operational procedure. Untuk mendapatkan data awal dan akhir sebagai data pembanding, peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Metode yang diterapkan dalam proses kegiatan pelatihan menggunakan metode luring dan daring berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, video demonstrasi dan aplikasi. kegiatan ini dikikuti sebanyak 10 peserta dan rata-rata seluruh peserta antusias dengan penuh disiplin untuk mengikuti pelatihan. Hasil yang sudah ditemukan setelah melalui pelatihan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan pemuda putus sekolah yang berkenaan dengan penguasaan perawatan dan servis sepeda motor electronic fuel injection dan diharapkan bisa diaplikasikan ke dunia kerja. Kegiatan pelatihan ini telah membuat masyarakat khususnya tuna karya merasa terbantu dengan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan secara gratis.
Peningkatan Kemampuan Guru SLB dalam Melakukan Asesmen Keterampilan Berbahasa Anak Autis Melalui Workshop Berbasis Digital Marlina Marlina; Rahmahtrisilvia Rahmahtrisilvia
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0750

Abstract

One of the limitations of children with autism is the limitations in speaking both expressively and receptively. As a result, there are communication problems between teachers and children with autism, children with autism, and parents and caregivers mutually. This article aims to prove the improvement of teacher skills in assessing the language skills of children with autism by special teachers through digital-based workshops. Workshop participants consisted of 25 autistic special teachers in West Sumatra. The data were collected through a questionnaire that was filled in by the participants and a skills test to perform an assessment and analyzed using quantitative descriptive. The workshop results showed that there was a significant increase in teacher skills between the pretest and posttest scores in assessing the language skills of children with digital-based autism.
Online Training Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi SMK Negeri Kota Padang di Masa Pandemi Covid-19 Rifma Rusli; Sufyarma Marsidin; Jasrial Jasrial
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0900

Abstract

Di balik keberaturan tata kelola sekolah yang menghasilkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajara selalu ada Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang bekerja dengan professional. Begitu pentingnya keberadaan TAS sehingga kualifikasi dan kompetensinya di atur melalui peraturan pemerintah (Permendiknas nomor 24 tahun 2008). Berbeda dengan guru, urgensi ruang lingkup kerja TAS dianggap masih berada di bawah tugas-tugas guru. Maka perhatian terhadap peningkatan kompetensi dan profesionalitas TAS baik dari pusat, pemerintah daerah, maupun pada unit terbawah yaitu sekolah masih sangat kurang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TAS khususnya di SMK dalam mengelola, mengembangkan, dan memberikan layanan berbasis mutu di sekolah. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada TAS dalam melaksanakan layanan administrasi sekolah di masa pandemic covid-19. Pelatihan ini mengadaptasi protocol kesehatan selama pandemic covid-19 sehingga dilaksanakan secara daring menggunakan layanan zoom cloud meeting. Pelatihan ini terdiri dari dua segmentasi: (1) penyampaian materi dengan akumulasi 20 jam pelajaran dan (2) penugasan terbimbing dengan akumulasi 12 jam pelajaran. Efektivitas pelatihan diukur dari tanggapan peserta pelatihan terhadap angket efektivitas pelatihan dan penilaian pada hasil kerja peserta pada segmen penugasan terbimbing. Hasi evaluasi akhir dapat disimpulkan terdapatnya peningkatan pemahaman, keterampilan, dan produktivitas TAS dalam melaksanakan tugas masa pandemic covid-19.
PKM Peningkatan Penerapan Iptek dan Keterampilan Tata Rias Pengantin dan Mahendi Berbasis 4.0 bagi Ibu-ibu PKK dan Remaja Putri di Nagari Maninjau Kabupaten Agam Vivi Efrianova; Murni Astuti
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0710

Abstract

Berdasarkan surat permintaan dari Wali Nagari Maninjau kepada pihak Univeristas Negeri Padang untuk dapat melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat di Nagari Maninjau dikarenakan Ibu-ibu PKK dan remaja putri di Nagari Maninjau sebagai mitranya sangat membutuhkan penyuluhan dan pelatihan keterampilan dalam bidang jasa merias pengantin dan mahendi dikarenakan Nagari Maninjau merupakan daerah kawasan wisata yang sering melaksanakan Event budaya dan banyaknya acara pesta pernikahan  yang membutuhkan jasa rias pengantin dan Mahendi. Untuk itu sangat perlu diberikan beberapa bentuk pelatihan yang sifatnya praktis dimasa CORVID-19 ini yang membawa dampak positif bagi mereka untuk dapat belajar dirumah, berlatih mengisi waktu dimasa Lockdown dengan tujuan dapat membuka cakrawala dalam menciptakan usaha sendiri dalam bidang usaha jasa rias pengantin dan mahendi serta untuk menggurangi pengganguran wanita di Nagari Maninjau.Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi permasalahan mitra dengan memberikan pelatihan tata rias pengantin dan mahendi kepada Ibu-ibu PKK dan remaja putri di Nagari Maninjau sesuai dengan keahlian tim pengabdian dibidang Tata Rias dan Kecantikan. Metode dan materi yang akan diberikan saat pelatihan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi mitra sebagai berikut: a).Pelatihan Pemilihan Kosmetika untuk Rias Pengantin dan Mahendi, b)Menentukan warna riasan pengantin dan Desain Mahendi, c) Teknik Merias Pengantin dan Mahendi. Pelaksanaan pengabdian bagi masyarakat digunakan metode yang bervariasi yaitu: 1)Metode ceramah dan tanya jawab tentang  Rias Pengantin dan mahendi, 2)Metode demonstrasi dan praktek ( Pengetahuan kosmetika Rias Pengantin dan mahendi, Pemilihan warna riasan pengantin dan desain mahendi dan Teknik Merias Pengantin dan mahendi), 3)Bimbingan.
Penerapan Google Classroom dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris SMP di Kota Padang Fitrawati - Fitrawati; Sitti Fatimah; Senorica Yulia Sari
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0890

Abstract

Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan hal yang selalu digunakan. Di era industri 4.0 guru dituntut memiliki kemampuan yang cukup dalam mengikuti perkembangan teknologi. Pembelajaran yang berfokus kepada proses tatap muka harus sudah diintegrasi dengan blended-learning. Kondisi ini membuat Google sebagai salah satu web tool terbesar memperkenalkan Google Classroom (GC) pada tahun 2014. Adanya GC diharapkan bisa menjadi solusi untuk permasalahan seperti kurangnya jam pelajaran mata pelajaran Bahasa Inggris ditingkat SMP. Namun sayangnya masih banyak guru yang masih belum mengetahui tentang kebermanfaatan GC. Sehingga melalui pengabdian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang holistik terkait dengan pengunaan GC khususnya dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Lebih jauh, pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris siswa yang meliputi kemampuan menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Metode pengabdian dilaksanakan ada empat tahapan yaitu: a) tahapan analisis, b) tahapan penyusunan materi, c) tahapan pelaksanaan, dan d) tahapan evaluasi. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah banyak guru peserta belum mengenal GC, sehingga guru sangat antusias dan tertarik dengan penggunaan GC. Guru mengetahui flatform yang dapat mereka gunakan dalam pembelajaran yang berintegrasi  dengan blended learning. Guru dapat lebih mudah untuk mengelola tugas kelas dengan cepat dan memberikan umpan balik kepada siswa secara efektif. Akan tetapi, fasilitas seperti ketersediaan koneksi yang baik juga harus didukung demi lancarnya penggunaan GC dalam pembelajaran.
Pelatihan Software Engineering PLC (Programmable Logic Controller) dan HMI (Human Machine Interface) di SMKN 1 SUTERA Fivia Eliza
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0810

Abstract

Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 fungsi guru adalah sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Namun, rendahnya kompetensi guru terhadap penguasaan materi PLC dan HMI menyebabkan proses pembelajaran menjadi terhambat. Untuk itu guru  harus mendapatkan pelatihan terpadu dan komprehensif dalam memanfaatkan komputer sebagai media pembelajaran terutama dalam penggunaan software engineering dan mengoperasikan trainer pembelajaran PLC, termasuk guru-guru SMKN 1 Sutera jurusan Teknik Listrik yang mengajar mata pelajaran sistem kontrol. Dalam pelaksanaan kegiatan diikuti oleh 10 orang guru. Metode yang digunakan adalah drill and practice. Materi pelatihan terdiri dari pengenalan dan penggunaan perangkat lunak PLC dan HMI, dilanjutkan dengan praktek menggunakan trainer PLC. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa lebih dari 95% peserta telah menguasai software PLC dan HMI dalam membuat desain program otomasi untuk diujicobakan ke trainer PLC. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi dan kemampuan guru untuk unjuk kerja, baik dalam hal penggunaan software untuk pembelajaran di kelas dan dalam kehidupan sehari-hari sebagai profesional yang selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensinya
Pengembangan Model Hilirisasi Produk Berbasis Aren dan Berwawasan Lingkungan Pada Masyarakat Nagari Andaleh Baruh Bukik Kabupaten Tanah Datar Zul Azhar; Hasdi Aimon; Hari Setia Putra; Rer Nat Jon Efendi; Syamwil Syamwil; Zadrian Ardi; Anni Farida
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0830

Abstract

Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang di Kabupaten Tanah Datar terkenal dengan produk unggulan daerahnya penghasil gula aren. Tanaman pohon aren hampir merata setiap rumah tangga memiliki pohon aren dengan rata-rata 4-6 batang pohon. Masalahnya masyarakat belum mengetahui manfaat dan kegunaan aren. Terbukti bahwa hasil pohon aren yang diambil masyarakat hanya nira untuk gula aren dan buah untuk kolang kaling, sedangkan hilirisasi produk berbasis aren sangat banyak yang belum dimanfaatkan masyarakat secara ekonomi, kimia dan teknik. Nilai keekonomian pohon aren memiliki multi produk dan multi fungsi. Multi produk hampir seluruh batang tubuh pohon Aren dapat bernilai guna (used value), sedangkan multi fungsi pohon Aren mengurangi banjir, longsor serta tanah tidak mudah kering (hydrologis function). Pengembangan usaha pendapatan masyarakat dan membantu pemerintahan nagari menjalankan perencanaan sesuai dengan RPJM Nagari yang dimiliki, ada 4 kelompok sasaran dari nagari binaan ini antara lain: (1) memberikan pengetahuan dan penyuluhan tentang manfaat dan kegunaan aren  dari sudut pandang ekonomi sumberdaya alam dan kajian lingkungan dan perencanaan pembangunan berwawasan lingkungan, (2) keterampilan dan praktek membuat hilirisasi produk buah kolang kaling untuk berbagai jenis makanan dan minuman, (3) penyuluhan dan pengetahuan pembuatan pupuk kompos dari kulit kolang kaling untuk mengurangi kerusakan lingkungan, serta (4) penyuluhan pada para pelaku pengolah buah kolang kaling, penyadap nira, pembuat gula, ijuk dan sagu aren serta resiko kecelakaan dan keselamatan kerja.
Peningkatan Produktivitas Masyarakat Tani di Nagari Bukik Sikumpa Lima Puluh Kota Melalui Penerapan Alat Pemipil Jagung Hendri Nurdin; Waskito Waskito; Hasanuddin Hasanuddin; Delima Yanti Sari
Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 21, No 1 (2021): Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sb.0770

Abstract

Umumnya kehidupan masyarakat Indonesia dipedesaan adalah bercocok tanam padi yang merupakan sektor pertanian, selain itu ada juga yang berladang jagung. Tanaman jagung merupakan tanaman pangan nasional kedua setelah padi. Jagung sebagai pakan ternak, memiliki pangsa pasar tersendiri di tengah masyarakat sehingga nilai komoditas pasarnya sangat baik. Dampak kondisi ini yang membuat kekuatan bisnis jagung menjadi sangat menguntungkan sehingga masyarakat beralih menanam jagung. Berdasarkan hasil survei dan diskusi dengan kelompok tani Mawar di Nagari Bukik Sikumpa Limapuluh Kota yang sebagian besar masyarakatnya berkehidupan sebagai petani. Perkebunan di Nagari ini lebih cenderung kepada tanaman jagung dikarenakan lebih memilih dalam perawatannya dan harga pasar yang lebih stabil (harga jagung Rp 3.700 per kilogram). Masa pertumbuhan jagung sampai dapat di panen hanya membutuhkan waktu ± 4 bulan. Permasalahan yang terjadi di masyarakat menyangkut dengan proses pemipilan jagung setelah panen. Masyarakat petani kesulitan melakukan proses pengolahan jagung setelah di panen diantaranya mulai dari pengupasan kulit jagung, pemipilan butir jagung, dan penggilingan butir jagung. Biasanya masyarakat petani melakukan proses pengolahan secara manual dengan pekerjaan tangan sehingga membutuhkan waktu yang lama dan melibatkan banyak pekerja dengan pembiayaan upah yang besar. Penerapan teknologi berupa rancang bangun alat pemipil jagung yang disampaikan ke masyarakat petani sebagai upaya meningkatkan produktivitas sehingga berdampak terhadap kesejahteraan dan membangun wawasan masyarakat menjadi sasaran dalam kegiatan program kemitraan masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9