cover
Contact Name
Wari Dony
Contact Email
talentasipil.unbari@gmail.com
Phone
+6285266559852
Journal Mail Official
talentasipil.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Talenta Sipil
ISSN : -     EISSN : 26151634     DOI : https://www.doi.org/10.33087/talentasipil
This journal publishes scientific articles on research results and reviews covering the fields of engineering
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022): Februari" : 23 Documents clear
Analisis Kemampuan Pemerintah Desa dalam Penyusunan Desain Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan Di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci Astrid Puja Yanti; Ade Nurdin; M Nuklirullah
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.875 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.98

Abstract

Pada program Dana Desa telah disediakan fasilitator pendamping yang dimulai dari pendampingan tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan tingkat provinsi. Fasilitator dalam desa yang biasa disebut dengan fasilitator local desa mendampingi tim pengelola kegiatan dan perangkat desa dalam pengelolaan administrasi dan teknis di tingkat desa. Apalagi di bidang Pembangunan. Dahulu, untuk Pembangunan Infrastruktur baik, Cor Rabat Beton, Talud maupun Drainase, penyusunan RAB dan Gambar di serahkan ke Pihak ke tiga atau Faskel. Namun untuk era sekarang ini Perangkat Desa di tuntut untuk bisa membuat dan menyusun Design Gambar, dan RAB, dan segala hal penyusunnya, sehingga sesuai dengan kaidah ilmu Teknik sipil, agar masyarakat desa bisa mandiri dalam membangun infrastruktur dengan murah dan efisien. Dalam penelitian ini tujuan yang ingin disampaikan oleh penulis yaitu untuk mengetahui kemampuan pemerintah Desa dalam penyusunan Desain Anggaran Biaya Infrastruktur Pedesaan di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Setelah dilakukannya penelitian di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci di dapat kan hasil dimana kemampuan pemerintah desa dalam penyusunan desain anggaran infrastruktur masih tergolong dalam kategori rendah, hal tersebut di dapat dilihat dari jumlah responden dalam skor pengkategorian kemampuan lebih dominan pada kategori rendah yaitu sebanyak 18 responden untuk kategori rendah, 17 responden untuk kategori sedang, dan 15 responden untuk kategori tinggi. Hal ini sejalan juga dengan pernyataan Notoatmodjo (2012) bahwasannya terdapat 6 tingkatan pengetahuan yang dicakup dalam domain kognitif yaitu Mengetahui (know), Memahami (comprehension), Aplikasi (application), Analisis, Sintesis, Evaluasi. Dalam penelitian ini sendiri terjawab bahwasannya tingkat pengetahuan yang dominan menjadi kendala dalam kemampuan pemerintah desa dalam penyusunan desain anggaran infrastruktur pedesaan di kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci yaitu pada tingkat mengetahui (know) dan memahami (comprehension), hal tersebut dibuktikan dengan kurang tau dan pemahaman tentang desain anggaran oleh perangkat desa sedangkan untuk aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi sudah berjalan baik sesuai dengan ketentuan dimana sudah di atur oleh faskel atau pihak ketiga dari desa tersebut.
Kajian Dampak Lingkungan Pada Tahap Operasi Perumahan (Studi Kasus: Perumahan Cibungbulang Town Hill, Bogor) Maulana Malik Ibrahim; Feril Hariati; Alimuddin Alimuddin
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.897 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.103

Abstract

Kegiatan operasi suatu perumahan akan memiliki dampak lingkungan dan sosial bagi masyarakat, sehingga penilaian dampak lingkungan sangat diperlukan. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan rona lingkungan di Perumahan Cibungbulang Town Hill pada tahap pra konstruksi dan tahap operasi, menganalisis limpasan yang terjadi pada tahap pra konstruksi dan tahap operasi, memprediksi dampak dan cara meminimalisir dampak yang ditimbulkan pada tahap operasi Perumahan Cibungbulang Town Hill. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan pelingkupan dan analisis limpasan dengan penerapan Zero Delta Q. Hasil penelitian ini adalah rona lingkungan awal menunjukkan bahwa kualitas lingkungan di lokasi penelitian dalam kategori baik. Volume debit limpasan pada tahap pra konstruksi sebesar 0,12 m3dan tahap operasi sebesar 0,84 m3dengan selisih sebesar 3,22 m3. Hal ini disebabkan oleh dampak perubahan tutupan lahan sawah dan pertanian lahan kering menjadi perumahan. Prediksi dampak yang timbul pada kegiatan operasi Perumahan Cibungbulang Town Hill adalah peningkatan perekonomian lokal, penurunan kualitas air tanah, peningkatan debit limpasan permukaan serta timbulnya persepsi masyarakat. Cara meminimalisir dampak negatif dapat dilakukan dengan cara membuka peluang kerja untuk warga lokal di kawasan perumahan, melakukan pemeliharaan saluran secara rutin terutama pada musim penghujan, Penghijauan pada area yang tidak dibangun, membatasi tutupan lahan yang masih terbuka sesuai KBD, melibatkan warga lokal dalam melaksanakan kegiatan tahap operasi.
Kinerja Ruas Jalan Tanpa Lajur Khusus Sepeda Dan Dengan Adanya Lajur Sepeda (Studi Kasus: Jl. Soemantri Brojonegoro Kota Jambi) Helda Riana; Ade Nurdin; Dyah Kumalasari
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.77 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.101

Abstract

Lajur sepeda merupakan bagian dari perlengkapan jalan yang disediakan untuk memfasilitasi pengguna sepeda agar dapat berkendara dengan aman, sejak pertengahan tahun 2020 Dinas Perhubungan dan Pejerjaan umum Kota Jambi membuat lajur khusus sepeda di Kota Jambi, semenjak dibuatnya penambahan lajur sepeda pada ruas jalan tersebut sehingga ruas jalan tersebut menjadi kurang efektif lagi, dikarenakan Sebagian dari badan jalan tersebut sudah dialih fungsikan sebagai lajur khusus sepeda itu sendiri, sehinggga mengurangi kapasitas jalan untuk kendaraan yang lain. Dalam penelitian ini peneliti ingin melihat bagaimana kinerja ruas jalan Soemantri Brojonegoro tanpa lajur sepeda dan dengan adanya lajur sepeda Adapun acuan atau panduan yang digunakan untuk menganalisa kinerja ruas jalan adalah berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 khususnya untuk jalan perkotaan. Survey ini dilakukan selama 4 (empat) hari yakni hari senin dan hari selasa selanjutnya hari sabtu dan hari minggu. Dari hasil survey selama empat hari tersebut dan setelah dilakukan analisis maka diperoleh bahwa volume jam puncak sebesar 1398 smp/jam dengan kecepatan rata-rata terendah hasil survey sebesar 20,52 km/jam dan kecepatan rata-rata tertinggi yaitu sebesar 26,89 km/jam serta nilai Derajat Kejenuhan untuk jalan dengan lajur sepeda sebesar 0,83 maka dapat disimpulkan tingkat layanan jalan berada pada level C. Sedangkan untuk nilai Derajat Kejenuhan tanpa lajur khusus sepeda yaitu sebesar 0,7 maka dapat disimpulkan tingkat layanan jalan berada pada kelas B.
Klasifikasi Parameter Tanah Untuk Pembuatan Peta Detail Di Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Pasar Jambi Dwitya Okky Azanna; Emelda Raudhati
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.982 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.108

Abstract

Klasifikasi parameter tanah merupakan pokok penting dasar yang harus diketahui sebagai acuan dalam pekerjaan awal untuk setiap bidang kontruksi. Penelitian ini bertujuan untuk Pembuatan Peta Tanah Skala Detail di Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatan Pasar Jambi, Kota Jambi berdasarkan hasil analisis penyelidikan tanah dan pengujian laboratorium. Pengklasifikasian jenis-jenis tanah yang digunakan dari hasil uji batas Atterbarg untuk pembuatan peta detail tanah diplotkan dari titik-titik uji sondir dan hand boring yang kemudian dihubungkan agar saling terintregasi. Dengan terhubungnya data tanah pada sebuah daerah maka akan memudahkan pelaksanaan kontruksi. Pengujian ini merupakan pengujian awal dari rangkaian penelitian keseluruhan, dimana hasil awal yang didapatkan digunakan untuk perencanaan instalasi pengolahan limbah dan penelitian selanjutnya bisa menjadi acuan untuk adanya perbaikan tanah baik berupa perkerasan atau perkuatan untuk stabilitas tanah di Kecamatan Jambi Timur dan Kecamatn Pasr Jambi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada daerah yang diuji, parameter tanahnya mayoritas berupa tanah lempung yang dapat dilihat pada peta skala detail.
Perencanaan Rigid Pavement pada Rekontruksi Kapasitas Struktur di Ruas Jalan Bensol Kota Jambi Roby Firmansyah; Amsori M DAS; Wari Dony
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (803.237 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.94

Abstract

Pada Ruas Jalan Bensol , sebelumnya menggunakan perkerasan lentur (flexibel pavement) sebagai jalan utamannya, dan saat ini pada jalan tersebut banyak sekali mengalami kerusakan jalan, kerusakan pada jalan akan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, karena sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan serta banyak menimbulkan korban akibat dari kerusakan jalan yang tidak segera ditangani oleh instansi yang berwenang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan kaku yang dibutuhkan, mengetahui perbedaan hasil perhitungan tebal lapis perkerasan kaku dengan metode Bina Marga Pd T-14-2003 dan metode National Associations of Australian State Road Authorities (NAASRA) dan mengetahui biaya pembangunan perkerasan kaku pada Jalan Bensol Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan melalui survey data lalu lintas harian pada jalur tersebut dan data dari Kementerian Pekerjaan Umum.Berdasarkan hasil perhitungan didapat tebal perkerasan kaku pada Bina Marga 2003 adalah 20 cm dengan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm. Sedangkan National Associations of Australian State Road Authorities (NAASRA) adalah 18 cm dan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm, dan hasil perhitungan analisa harga satuan, diperkirakan biaya yang diperlukan untuk membangun jalan bensol adalah Rp.3.777.319.516, harga sudah termasuk pajak pertambahan nilai 10%.
Pengaruh Emisi Gas Buang Karbon Monoksida (CO) terhadap Derajat Kejenuhan dan Kecepatan pada Jalan Kol. Polisi M. Taher Kota Jambi Syahrial Alfarisi Alamsyah; Ade Nurdin; Yulia Morsa Said
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.38 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.88

Abstract

Kota Jambi mengalami perkembangan pesat dibidang pembangunan salah satunya pada jalan Kolonel Polisi M. Taher. Di mana terdapat beberapa pusat kegiatan seperti pusat perdagangan elektronik, restoran, dan perkantoran. Yang mana membuat meningkatnya volume lalu lintas sehingga sering terjadi kemacetan pada daerah tersebut yang akan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan di sekitar salah satunya berupa emisi gas buang karbon monoksida. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh antara emisi gas buang karbon monoksida (CO) dengan derajat kejenuhan dan kecepatan. Penelitian ini membagi jalan menjadi 2 segmen. Yang mana segmen pertama sepanjang 500 m dan segmen kedua sepanjang 350 m. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survei dan observasi lapangan dengan pengambilan data prilaku lalu lintas antara lain volume lalu lintas, derajat kejenuhan, kecepatan, dan emisi gas karbon monoksida (CO). Dilakukan  selama 3 hari yaitu hari senin, hari kamis dan hari minggu dengan waktu pengambilan data yaitu pada pagi hari pukul 07.00-08.00 WIB, 11.00-12.00 WIB untuk waktu siang, dan 16.00-17.00 WIB untuk waktu sore yang mewakili waktu puncak kegiatan transportasi. Setelah data didapat kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regresi dan korelasi untuk melihat pengaruh antara derajat kejenuhan dan kecepatan terhadap emisi gas buang karbon monoksida (CO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lokasi volume lalu lintas dan derajat kejenuhan tertinggi terjadi pada hari minggu pukul 11.00-12.00 WIB di segmen 1 yaitu 2163,2 smp/jam dan 0,82. Sedangkan kecepatan terendah dan karbon monoksida tertinggi terjadi pada hari dan waktu yang sama di segmen 1 yaitu 36,12 km/jam dan 2062,96 µg/Nm3. Di mana gas karbon monoksida (CO) pada lokasi masih di bawah baku mutu udara ambien sehingga masih dalam kategori aman. Pengaruh prilaku lalu lintas terhadap emisi gas buang karbon monoksida (CO) menunjukkan semakin meningkatnya volume lalu lintas dan derajat kejenuhan, semakin tinggi gas karbon monoksida (CO) yang dihasilkan sedangkan semakin meningkatnya kecepatan kendaraan, semakin rendah gas karbon monoksida (CO) yang dihasilkan.
Rancang Bangun Sistem Pemantauan Kualitas Udara Dalam Ruangan Berbiaya Rendah Berbasis IoT Rady Purbakawaca; Sayed Ahmad Fauzan
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.793 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.104

Abstract

Gas karbon monoksida (CO) merupakan salah satu zat pencemar udara dalam ruangan yang memiliki sifat tak berwarna, tak berbau, dan tak berasa sehingga sulit dideteksi oleh panca indra manusia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang-bangun sistem pemantau kualitas udara di dalam ruanga khususnya gas CO dalam ruangan secara waktu nyata dan akurat. Sistem dibangun menggunakan sensor CO berupa MQ-7, sistem pengendali utama ESP8266 AT2560 Robodyn, sensor temperatur dan kelembaban relatif udara DHT22, penanda waktu RTC, dan dashboard monitoring yang terkoneksi dengan Grafana yang telah dibangun dengan bahasa pemrograman Go-Lang untuk menerima data yang dikirimkan oleh sistem. Hasil pengujian di dalam ruangan bangunan rumah tipe-38 selama 24 jam menunjukkan bahwa kadar CO rata-rata di dalam ruangan sebesar 11ppm dan telah melebihi baku mutu yang ditetapkan oleh PERMENKES Nomor 1077/MENKES/PER/V/2011. Tingkat kenyamanan termal berada pada kondisi nyaman optimal (22.8 – 25.8°C) dengan nilai rata-rata temperatur sebesar 25.7 °C, sedangkan kelembaban relatif rata-rata sebesar 65 % berada pada kondisi diatas kelembaban yang dianjurkan (40 – 50 %). Kinerja pengiriman data menunjukkan bahwa packet loss sistem sebesar 0.83% yang termasuk dalam kategori sangat bagus.
Praksis Implementasi Pemodelan Informasi Bangunan (Building Information Modeling /BIM) dalam Industri Arsitektur, Rekayasa Dan Konstruksi Modern (Architecture, Engineering and Construction (AEC) Industry) Triono Subagio; Dimas Wicaksono; Teguh Prihanto; Eko Budi Santoso
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.655 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.102

Abstract

Persyaratan teknis tentang pedoman pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk bidang bangunan gedung sudah diberlakukan berdasarkan UU No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan UU No. 28 tahun 2002 dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 9 Tahun 2021 tentang Pedoman Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian awal sebagai bentuk respon dari perundangan di industri AEC yang masih sangat baru di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Populasi dan sampel merupakan pihak-pihak yang terlibat dalam industri AEC, khususnya dalam proses pengadaan barang dan jasa di Indonesia. Penelitian ini untuk mendapatkan kajian kritis tentang harapan dan kendala yang dihadapi oleh konsultan, kontraktor dan konsultan perencana yang secara khusus adalah individu-individu yang terlibat di dalamnya, seperti arsitek, site engineer, drafter, konsultan manajemen konstruksi dan lain-lain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang disebarkan melalui platform google-form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi BIM di industry AEC Indonesia masih dalam kategori rendah. Rendahnya tingkat implementasi BIM ini bisa dilihat dari indikator seperti jenis software berbasis BIM yang menunjukkan bahwa lebih dari 40% tidak pernah menggunakan software berbasis BIM. Implementasi BIM di Indonesia juga masih berkisar dalam permasalahan pemodelan 3D (30%). Implementasi BIM di Indonesia belum dikembangkan untuk menyelesaikan permasalahan seperti analisis rencana anggaran biaya (37,8%), manajemen pelaksanaan konstruksi (53,4%), analisis energi (86,6%), manajemen infrastruktur (71,1%). Simpulan dari penelitian ini bahwa permasalahan implementasi BIM di Indonesia sebagai respond dari pemberlakuan perundangan masih sangat terbuka dan menantang, seperti kecukupan tenaga ahli di bidang BIM, kompatibilitas dan ketersediaan hardware dan software berbasis BIM, baik dalam aspek kuntitas dan kualitasnya.
Analisa Metode FAA dan ICAO-LCN pada Perencanaan Perkerasan Runway di Bandar Udara Silampari Lubuklinggau Suci Ryski Nur Afriyani; Viktor Suryan
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.795 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.109

Abstract

Bandar Udara Silampari Lubuklinggau merupakan salah satu Bandar Udara perintis yang ada di Sumatera Selatan, Bandar Udara ini terletak didaerah strategis secara geografis karena terletak dipersimpangan Sumatera bagian Selatan yaitu diantara Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, membuat Bandar Udara ini cukup potensial. Bandar Udara Silampari memiliki panjang Runway 2.225 × 30 dengan klasifikasi runway 4C dengan instrument Non Presisi (1800 ≤ ARFL) (24 ≤ WS < 36 m; 6m ≤ OMG < 9 m). Pada perencanaan perkerasan runway pada Bandar Udara Silampari Lubuklinggau yaitu menggunakan metode FAA secara (Federal Aviation Administration) yang perhitungannya secara grafis dan dengan menggunakan software FAARFIELD, selain itu pada analisa perencanaan perkerasan runway ini juga menggunakan metode LCN (Load Classification Number). Berdasarkan hasil perhitungan perencanaan runway dengan menggunkan perkerasan lentur dan umur rencana perkerasan yaitu 20 tahun didapat hasil yaitu dengan menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) secara grafis didapatkan tebal total perkerasan yaitu 76,2 cm dan pada metode FAA (Federal Aviation Administration) menggunakan software FAARFIELD didapat sebesar 60,99 cm, sedangkan pada metode LCN (Load Classification Number) didapat tebal total perkerasan yaitu 73,66 cm. Adapun material yang digunakan yaitu pada Subbase Course menggunakan agregat alam, lapisan Base Course menggunakan Asphal Concrete-Binder Course (AC-BC) dan Surface Course menggunakan aspal hotmix.
Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Ruas Jalan Hitam Ulu-Mentawak Di Kabupaten Merangin (Menggunakan Metode AASHTO 1993) Riki Rivaldo; Fakhrul Rozi Yamali
Jurnal Talenta Sipil Vol 5, No 1 (2022): Februari
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.491 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v5i1.95

Abstract

Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat penting dalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sehingga perlu direncanakan dengan baik berdasarkan standard dan kriteria perencanaan yang berlaku di Indonesia. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian dibandingkan dengan transportasi air dan udara, sehingga volume kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut harus mampu di dukung oleh perkerasan jalan pada ruas jalan yang dilewatinya. Perencanaan Ruas Jalan yang terletak di di Ruas Jalan Hitam Ulu – Mentawak Kabupaten Merangin ini adalah perencanaan jalan yang menghubungkan satu daerah/ wilayah ke desa lain dan kota , karena kondisi jalan diperuntukkan atau direncanakan dengan ketentuan umur rencana lebih dari sepuluh tahun sesuai program pemerintah daerah Merangin untuk meningkatkan Infrastruktur khususnya sarana transportasi jalan di daerah tersebut maka di rencankanlah perencanaan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement) pada jalan di Ruas Jalan Hitam Ulu – Mentawak Kabupaten merangin Provinsi Jambi yang mampu mendukung beban – beban berat yang masuk di jalur tersebut seperti truck dan alat berat yang masuk di jalur tersebut maka di haruskan dengan merencanakan sebuah perencanaan jalan dengan perkerasan kaku (rigid pavement).

Page 1 of 3 | Total Record : 23