cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
WIDYATAMA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 20, No 2 (2011)" : 15 Documents clear
Upaya Menumbuhkembangkan Pengamalan Kesadaran Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Kepramukaan Suyahman, Suyahman
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Upaya Menumbuhkembangkan Pengamalan Kesadaran Lingkungan Hidup Melalui Kegiatan Kepramukaan ( Studi Kasus Di Wilayah Kwartir Daerah Jawa Tengah ) SuyahmanProgram Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jl. Letjend Sujono Humardani No. 1 Sukoharjo Telp. 0271-593156 AbstraksiLingkungan Hidup adalah Kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dalam rangka membangun kesadaranlingkungan hidup bagi para generasi muda dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non-formal, maupun in-formal. Salah satu bentuk pendidikan non-formal yang dapat dijadikan sarana  tersebut yaitu Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Gerakan Pramuka baik secara substansial maupun material di dalamnya berisikan kegiatan-kegiatan yang bermuara pada kesadaran berlingkungan hidup.Karena itu, dalam suatu kegiatan kepramukaan selalu diupayakan untuk diinternalisasikan keasadaran berlingkungan hidup bagi para anggota pramuka. Dimana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalaian, pemanfaatan, pemeliharaan, pengawasann, dan penegakan hukum Keyword: Lingkungan hidup, Gerakan Pramuka, Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup 
Dampak Pariwisata Waduk Kedung Ombo (WKO) Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Widodo, Yoto; Fandeli, Chafid; Baiquni, M; Damanik, Janianton
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak Pariwisata Waduk Kedung Ombo (WKO)Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Lokal Yoto Widodo1, Chafid Fandeli2, M. Baiquni3, dan Janianton Damanik4  1 FISIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jl.Let.Jend.S.Humardani No 1 Sukoharjo Jawa Tengah 2,4 Prodi Kajian Pariwisata, Universitas Gadjah Mada3 Pusat Studi Pariwisata, Universitas Gadjah Mada Abstrak Pada saat ini pariwisata merupakan suatu kegiatan yang memiliki perkembangan yang sangat cepat. Pariwisata diyakini memiliki potensi besar meningkatkan pendapatan  masyarakat disekitar daya tarik wisata (DTW). Realitas tersebut menarik perhatian para pimpinan pemerintah daerah dalam rangka  meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di daerah masing-masing. Pergeseran minat kunjungan wisatawan dari tujuan pariwisata tradisional ke pariwisata alam, sangat menguntungkan bagi daerah yang banyak memiliki destinasi wisata alam. Penelitian ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan, Apakah keberadaan Obyek Wisata Alam Waduk Kedung Ombo (WKO) dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, yaitu  dengan  tujuan untuk  mengadakan  penjajagan  (eksploratif). Penelitian ini dilakukan di dusun Geneng, desa Rambat, kecamatan Geyer, kabupaten Grobogan dan dusun Boyolayar, desa Ngargosari, kecamatan Sumberlawang, kabupaten Sragen. Dua dusun tersebut merupakan dua daerah yang masyarakatnya terkait langsung dengan keberadaan obyek pariwisata alam Waduk Kedung Ombo (WKO). Hasil penelitian menunjukkan masyarakat di dua dusun mengakui manfaat positif keberadaan Obyek Wisata Alam Waduk Kedung Ombo (WKO). Mereka secara tidak langsung telah melakukan diversifikasi mata pencaharian, untuk responden dusun Geneng para isteri berjualan barang kelontong sedangkan untuk responden dusun Boyolayar para isteri berjualan ikan hasil tangkapan suami. Keberadaan obyek wisata alam WKO dapat meningkatkan pendapatan mereka sehari-hari.  Kata-kata kunci: Pariwisata alam, Kesejahteraan, Masyarakat lokal
Computerized Adaptive Testing (CAT) Suwarto, Suwarto
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Computerized Adaptive Testing (CAT) Suwarto Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoJl. Sujono Humardani No. 1 Jombor Sukoharjo, e-mail: suwartowarto@yahoo.com Abstract Computerized adaptive testing merupakan tes yang digunakan untuk pengukuran prestasi peserta tes, dimana penampilan butir-butirnya disesuaikan dengan kemampuan peserta tes. Pengaturan penampilan butir-butir tes dilakukan oleh komputer. Penentuan skoring hasil penilaian juga dilakukan oleh komputer. Penilaian prestasi peserta tes dilakukan bersamaan ketika peserta tes sedang mengerjakan tes. Peserta tes tidak perlu mengerjakan tes yang panjang, karena komputer akan menyediakan butir-butir yang sesuai dengan kemampuan peserta tes. Apabila butir tes yang diberikan kepada peserta tes sudah sesaui dengan kemampuan peserta tes, maka komputer akan memberikan penilaian prestasi peserta tes. Setiap peserta tes tidak perlu mengerjakan tes dengan jumlah butir yang sama. Kata-kata kunci: computerized adaptive testing.  
IbM Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Univet Bantara Sukoharjo Tari, A. Intan Niken; Hartati, Sri; Siswanti, Siswanti; Suparjono, Suparjono; Suharno, Suharno
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IbM Mahasiswa Teknologi Hasil  Pertanian Univet Bantara Sukoharjo A.     Intan Niken Tari, Sri Hartati, Siswanti, Suparjono, Suharno Fak. Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara  SukoharjoJl. Letjen S. Humardani No. 1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Tel +62-271-593156,fax. +62-0271-591065 Abstract Soft skill  merupakan kemampuan non teknis yang intangible (tidak terlihat) namun sangat diperlukan, salah satunya jiwa kewirausahaan. Bagi mahasiswa THP angkatan baru (2011) jiwa kewirausahaan penting ditanamkan agar lebih siap dan mandiri dalam menghadapi perkuliahan. Sedangkan bagi mahasiswa THP angkatan 2008, 2009 dan 2010, penanaman jiwa kewirausahaan penting dilakukan untuk tujuan :  memperpendek masa tunggu setelah lulus , mempertinggi  daya serap dunia kerja terhadap lulusan dan meningkatkan kemampuan menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah : menanamkan pentingnya pengembangan soft skill melalui jiwa kewirausahaan kepada mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian. Kegiatan dimulai dengan pretest, diikuti  penyampaian  materi/ teori dengan metode ceramah/diskusi tentang pengembangan soft skill dan motivasi berwirausaha di bidang bakery, dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan dengan metode baking visit dan baking class ke perusahaan Roti Ganep,  praktek dan pendampingan kewirausahaan dengan memproduksi roti kering selama 1 bulan dan diakhiri dengan post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang pengembangan soft skill dan motivasi berwirausaha di bidang bakery  sebesar 62,5%. Dari praktek kewirausahaan dengan produksi roti kering selama 1 bulan, dapat disimpulkan bahwa produksi roti kering merupakan kegiatan kewirausahaan yang menjanjikan secara ekonomi, dengan modal Rp 250.000, dapat untung Rp 36.000, PPC 6,9 bulan dan B/C ratio 1,11 Kata-kata kunci :   Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian, Iptek bagi masyarakat 
Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia Sudibyo, Lies
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia Lies Sudibyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  Universitas Veteran Bangun Nusantara. Jl Letjen Sujono Humardani No. 1 Jombor  Sukoharjo 57521. Telp.+62-0271593156, fax. +62-0271-591065 Abstrak Pendidikan merupakan hak asasi manusia (HAM) sebagaimana diatur dalam  Pasal 28C UUD 1945 yakni bahwa setiap warga negara berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Untuk melaksanakan ketentuan pasal-pasal UUD 1945 tersebut dikeluarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam Pasal 11 ayat (1) ditetapkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi. Salah satu upaya untuk melaksanakan amanat UUD 1945 dan ketentuan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ialah menggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan di Indonesia antara lain melalui cara pembelajaran e-learning atau juga cara pembelajaran distance learning. Komponen teknologi informasi merupakan subsistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dibutuhkan setidaknya tiga komponen utama, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan manusia (brainware). Teknologi informasi tidak dapat dilepaskan dari sistem elektronik seperti yang diatur dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Peranan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan menurut PUSTEKKOM meliputi teknlogi informasi sebagai; ketrampilan (skill) dan kompetensi, sebagai infrastruktur pendidikan, sumber bahan ajar, alat bantu dan fasilitas pendidikan, dan manajemen pendidikan. Sedang dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan teknologi informasi meliputi dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif harus diatasi oleh penyelenggara pendidikan (sekolah, guru), orang tua, dan pemerintah. Kata-kata kunci : Teknologi informasi, Pendidikan 
Kajian Dosis Pupuk NPK dan Macam Media Tanam Terhadap Hasil dan Analisis Usaha Tani Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness) Sudarmi, Sudarmi
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian Dosis Pupuk NPKdan Macam Media Tanam Terhadap Hasil dan Analisis Usaha Tani Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness) Sudarmi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Veteran Bangun Nusantara Jl. Letjen S. Humardani No.1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Telp. (0271) 593 156, Fax. (0271) 591065 Abstrak Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji : (1) Pengaruh dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil sambiloto. (2)  Pengaruh macam media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil sambiloto. (3) Interaksi pengaruh macam dosis pupuk NPK dan macam media terhadap pertumbuhan dan hasil sambiloto. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Maret sampai September 2011 di kebun dan di Laboratorium Universitas Veteran Bangun Nusantara. Metode penelitian adalah eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang disusun secara faktorial dengan dua faktor dan tiga ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK, terdiri empat taraf yaitu : tanpa pupuk NPK (A1), dipupuk NPK 100 kg/ha (A2), dipupuk NPK 150 kg/ha (A3), dipupuk NPK 200 kg/ha ( A4). Faktor kedua adalah macam media, terdiri tiga taraf  yaitu : media tanah tanpa pupuk kandang (M1), tanah : pupuk kandang = 1 : 1 (M2) , tanah : pupuk kandang = 2 :  1 (M3). Data dianalisis dengan Uji F dan Kruskal Wallis, dan diuji lanjut dengan DMRT 5 %,  Uji Mood  Median 5 %. Hasil penelitian menunjukkan dosis pupuk NPK 200 kg/ha (A4) berbengaruh sangat nyata terhadap hasil/produksi sambiloto dengan  nilai  tertinggi  “ indikator hasil “ meliputi : berat  berat kering 2,1897 dan berat simplisia 2,0295 gram. Macam media tanam perbandingan tanah : pupuk kandang = 1 : 1 ( M2 ) berpengaruh sangat nyata terhadap  berat kering : 2,3133gram dan  berat simplisia : 2,1374 gram. Hasil analisis usahatani bahwa perlakuan A4M2 ( perlakuan dosis NPK 200 kg/ha dan macam media tanam , tanah : pupuk kandang = 1:1 ) memberikan keuntungan tertinggi yaitu sebesar Rp 800.696,00; / musim dan RC-ratio  1,4054 ( >1)yang berarti  usahatani sambilotomenguntungkan dan mampu berdaya saing. Kata-kata kunci : Dosis NPK , macam media, sambiloto.  
OptimalIsasi Prestasi Peserta Didik Melalui Sistem Pendidikan yang Humanis: Suatu Perbandingan Dengan Negara Maju Kasihadi, Kasihadi
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

OptimalIsasi Prestasi Peserta Didik Melalui Sistem Pendidikan yang Humanis: Suatu Perbandingan Dengan Negara Maju RB Kasihadi Program Studi Teknologi Pendidikan dan PGSD FKIP Univet Bantara SukoharjoJl. Letjen S. Humardani No.1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Telp. (0271) 593 156, Fax. (0271) 591065 Abstrak Artikel ini memberikan gambaran kepada para pemerhati dan pendamba pendidikan yang berkualitas. Tanpa pendidikan yang baik dan bermutu, kehidupan dalam berbangsa dan bernegara akan menemui berbagai permasalahan hidup, karena pendidikan adalah untuk, oleh dan dari manusia itu sendiri. Pendidikan yang humanis, yaitu pendidikan yang memanusiakan manusia. Pendidikan yang memperlakukan dan menghargai keberadaan manusia sebagaimana adanya. Pendidikan bagaimanapun juga harus dapat membantu seseorang untuk dapat menemukan jatidiri yang sebenarnya(learning to be), dan pendidikan adalah membantu mengembangkan potensi phisik dan psikologis setiap siswa semaksimal mungkin. Negara dalam artikel ini adalah contoh pendidikan yang humanis yang mampu mengantarkan para peserta didiknya mengembangkan potensi semaksimal mungkin dan mampu mengantarkan negaranya menjadi negara yang terbaik pendidikannya didunia. Kata-kata kunci: Pendidikan perbandingan, kualitas,  humanis.    
Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru-Guru SDN 3 Kudi dan SDN 3 Tegiri Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri Rahayu, Sri; Sukonsih, Cucu Siti; NS, Pranowo; Sudibyo, Lies
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Bagi Guru-Guru SDN 3 Kudi dan SDN 3 TegiriKecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri  MH. Sri Rahayu, Cucu Siti Sukonsih, Pranowo NS, Lies Sudibyo, Toni Harsan dan Eliana Purti Liebe FKIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoJl. Letjend. S. Humardani No. 1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Telp. + 62 – 271 – 593156, Fax + 62 -  0271 – 591065 Abstrak Tujuan Pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa akan tercapai apabila guru sebagai pelaksana pendidikan memiliki kemampuan profesional. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai guru secara maksimal. Guru yang profesional memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional yang dibuktikan dengan sertifikat pendidik. Pelatihan penulisan proposal PTK diberikan bagi guru-guru SDN 3 Kudi dan SDN 3 Tegiri, Kecamatan Batuwarna, Kabupaten Wonogiri. Kegiatan ini bertujuan supaya guru-guru memiliki pemahaman dan ketrampilan dalam pembuatan proposal PTK serta meningkatkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian dimulai dengan pretest, kemudian penyampaian materi PTK dengan metode ceramah, latihan praktek pembuatan proposal PTK dan diakhiri dengan post test. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman penulisan proposal PTK sebesar 35%. Kata-kata kunci :  Proposal PTK, Pelatihan, SDN 3 Kudi dan SDN 3 Tegiri, Kab. Wonogiri
Pelatihan Pengolahan Aneka Masakan dari Bahan Jamur Tiram Segar Retnaningsih, Nugraheni; S, Catur Rini; Sudarmi, Sudarmi; H, Yos Wahyu
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan Pengolahan Aneka Masakan dari Bahan Jamur Tiram Segar Nugraheni Retnaningsih, Catur Rini S., Sudarmi, Yos Wahyu H. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Jl. Letjend Sujono Humardani No.1 Jombor Sukoharjo 57512. Telp 0271593156, Fax 0271591065 Abstrak Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok PKK di Desa Telukan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo tentang pembuatan aneka resep masakan dari bahan jamur tiram segar yang bernilai gizi tinggi. Kegiatan  dimulai dengan mengadakan sosialisasi kepada ibu-ibu PKK dilingkungan desa Telukan, karena di desa ini banyak dijumpai hasil panen jamur tiram segar. Pelaksanaan kegiatan dengan memberikan penyuluhan dalam bentuk ceramah dan diskusi, selanjutnya dilakukan demonstrasi dengan memberikan pelatihan pembuatan aneka ragam masakan dari bahan jamur tiram segar meliputi: kaloke jamur tiram, krispi jamur tiram, dan bakso jamur tiram. Evaluasi dilakukan kepada peserta untuk mengetahui keberhasilan kegiatan, dengan mengadakan pre test sebelum kegiatan berlangsung maupun post test selelah dilaksanakan kegiatan. Hasil pre test menunjukkan bahwa sebelum pelatihan dimulai peserta masih kurang paham tentang materi dengan rerata nilai 1.941. Setelah melaksanakan pelatihan rerata nilai post test terhadap pemahaman peserta mengalami peningkatan 72.315 % atau menjadi 3.714. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada msyarakat berhasil meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta mengolah jamur tiram segar menjadi aneka masakan yang lezat dan bergizi tinggi. Kata-kata kunci: Pelatihan, aneka masakan jamur tiram
Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu dan Implikasinya Muslikh, Muslikh
WIDYATAMA Vol 20, No 2 (2011)
Publisher : WIDYATAMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu dan Implikasinya Muslikh FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara SukoharjoJln.Letjend.S.Humardani No.1 Kampus Jombor Sukoharjo 57521Telp.+62-271-593156, Fax +62=0271-591065 Abstrak Perencanaan pembelajaran IPS terpadu meliputi : (1) Pemetaan kompetensi dasar , (2) Menjabarkan Kompetensi dasar kedalam indicator pencapaian hasil belajar, (3) Menyusun silabus, (4) menyusun desain/rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran berfokus pada siswa (Student-Centered Learning). Sebagai pusat belajar, siswa harus lebih aktif membangun suatu pemahaman, ketrampilan dan sikap erilaku tertentu (Active Learning). Aktivitas siswa menjadi lebih penting dan bermakna jika disertai dengan pengalaman belajar yang tepat. Penilaian yang dilakukan adalah penilaian berbasis kelas. Penilaian berbasis kelas adalah penilaian autentik atau cara pengumpulan informasi yang digunakan untuk mengukur sejauh mana pembelajaran telah berlangsung dan terintegrasi dengan pembelajar. Untuk melaksanakan pembelajaran IPS terpadu diperlukan pengajar yang bersinergi baik penjampaian oleh satu guru maupun beberapa guru (team teaching). Pembelajaran IPS terpadu memiliki peluang untuk pengembangan kreativitas akademik siswa. Menuntun kemampuan belajar siswa lebih baik, aspek intelegensi maupun kreativitas. Bahan ajar dari berbagai sumber dan dibutuhkannya sarana dan rasarana yang memadai.  Kata-kata kunci : Perencanaan pembelajaran, Pemetaan kompetensi dasar 

Page 1 of 2 | Total Record : 15